skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Download Video Youtube Yang Sudah Di Upload Ke YouTube

Cara download Video Youtube yang sudah di Upload ke YouTube

Cara download Video Youtube – Buat Anda yang suka menonton video di YouTube dan ingin memiliki video yang ada di YouTube Anda sebenarnya tidak boleh dan tidak bisa mendownload video-video milik orang lain yang ada di YouTube. Anda hanya diperbolehkan:

  1. Menonton secara online di YouTube
  2. Menonton secara offline di aplikasi YouTube jika Anda sudah menjadi membership YouTUbe Premium.

Mungkin Anda bertanya, kenapa banyak orang yang membuat panduan tentang cara mendownload video dari YouTube, bukankan itu mengartikan kita boleh mendownload video milik orang lain yang ada di YouTube.

Benar, memang banyak orang yang membuat panduan tentang Cara Mendownload Video dari Youtube tetapi sebenarnya itu adalah cara yang tidak diperbolehkan oleh YouTube sendiri jika Anda tidak percaya silahkan membaca tentang hal ini di halaman resmi Google.

Membuat sebuah video bisa jadi memakan waktu dan pikiran sang pembuat video. Selain itu mereka membuat video dan menguploadnya ke YouTube untuk banyak tujuan. Tetapi dari sepengetahuan saya banyak yang mengupload video ke YouTube untuk tujuan supaya mereka bisa menghasilkan uang dari sana. Jadi kalau Anda mendownload video yang mereka buat dan menontonnya di HP atau komputer Anda secara online maka si pemilik video kemungkinan besar tidak bisa mendapatkan keuntungan dari video yang dia buat dan di upload ke YouTube, itulah mengapa sebaiknya Anda tidak mendownload video milik orang yang ada di YouTube.

Bagaimana Cara Download Video yang sudah di Upload ke YouTube

Buat Anda yang mempunyai channel YouTube sendiri dan ingin mengunduh atau download video-video yang sudah pernah Anda upload ke YouTube Anda bisa mendownloadna dengan mudah.

1 Silahkan masuk ke Akun YouTube Anda

2 Klik Profile Picture Anda lalu pilih YouTube Studio (Beta – pada saat saya menulis artikel ini)

3 Di menu bagian kiri Anda bisa memilih dan melihat menu Videos, klik itu

4 Silahkan cari dan pilih video yang ingin Anda download dengan cara mendekatkan kursor mouse Anda ke video yang ingin Anda download kemudian select di menu kemudian pilih Download

Anda juga perlu tahu kalau tidak semua video yang Anda upload ke YouTube bisa di download meskipun itu adalah video buatan Anda sendiri dan Anda yang menguploadnya.

  1. Video tidak bisa Anda download jika video itu sudah di hapus oleh YouTube atau
  2. Video itu terkena masalah Copyright atau Community Guidelines strike
  3. Anda juga tidak bisa mendownload video jika Anda sudah mendownload 5 video dalam 24 jam terakhir. Tetapi tenang saja, setelah lewat satu hari biasanya Anda sudah bisa mendownload video Anda lagi.

Ya sudah jadi begitu saja Cara download Video Youtube yang sudah Anda Upload.

Nah buat Anda yang ingin download video milik orang yang ada di YouTube juga bisa mendownloadnya dengan bantuan beberapa software atau bisa juga menggunakan aplikasi yang ada di handphone Anda. tetapi sekali lagi ingin saya ingatkan ini adalah sebuah cara yang tidak menghargai si pembuat video dan juga cara yang tidak diizinkan oleh pihak YouTube.

1. Safefrom.net

Bagi saya mendownload video yang ada di YouTube dengan menggunakan bantuan dari website ini sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu:

Safefrom untuk download video
  1. Copy URL video YouTube yang ingin Anda download
  2. Paste URL video YouTube yang ingin Anda download ke website safefrom.net
  3. Kemudian silahkan pilih format yang ingin Anda download kemudian tinggal klik download saja.

2. Menambahkan huruf “SS” di depan url video

Cara yang kedua ini sebetulnya sama dengan cara yang saya tunjukkan di no 1 itu, hanya saja cara yang kedua ini menurut saya jauh lebih cepat tanpa harus menuju website safefrom.net terlebih dahulu.

  1. Silahkan menuju YouTube dan buka video yang ingin Anda download.
  2. Di bagian depan URL video yang ingin Anda download silahkan tambahkan huruf “SS”. Contohnya seperti ini https://www.ssyoutube.com…
  3. Tunggu sebentar setelah Anda menekan tombol enter karena Anda akan diarahkan ke website safefrom.net untuk mendownload videonya.
  4. Silahkan pilih ukuran video yang ingin Anda download

3. Menggunakan website Vidpaw

Cara download video YouTube dengan menggunakan Vidpaw ini sebenarnya sama dengan cara kita mendownload video dari safefrom.net. Anda hanya perlu melakukan hal ini:

  1. Copy url video yang ada di YouTube
  2. Paste url video ke website Vidpaw
  3. Tunggu sebentar kemudian pilih ukuran video yang ingin Anda download
vidpaw untuk download video

Selain mendownload video Anda juga bisa memilih apakah Anda ingin mendownload audionya saja atau beserta videonya juga.

4. Menggunakan Extension Chrome atau Add-ons Mozilla Firefox

 

Cara lain agar Anda bisa mendownload video dari YouTube dan beberapa website lain adalah dengan menggunakan bantuan extensions browser Chrome dan Firefox. Saya tidak ingin menyebutkan yang mana yang bisa Anda gunakan karena biasanya extension-extension download video sering datang dan pergi, jadi silahkan Anda ketikkan saja YouTube Downloader di kotak pencarian extension browser kemudian silahkan pilih salah satu yang menurut Anda bagus. Saya secara pribadi tidak menggunakan extension untuk browser saya lebih banyak menggunakan software Internet Download Manager dan juga program UmmyVideoDownloader di komputer saya, dari ke dua software itu saya lebih banyak menggunakan Internet Download Manager sedangkan UmmyVideoDownloader hanya saya gunakan untuk mendownload lagu dengan format MP3 dari YouTube.

5. Menggunakan Ummy YouTube downloader (Paling saya suka)

Ummy YouTube downloader

Dari sekian banyak cara dan software yang ada di internet untuk download video YouTube adalah dengan menggunakan Ummy YouTube downloader. Software ini gratis, cara menggunakannya juga sangat mudah dan fitur-fitur yang ada menurut saya sudah cukup bagus kalau kita hanya ingin download video dari YouTube. Bahkan dengan menggunakan software ini Anda juga bisa memilih apakah ingin mendownload video dan lagu atau hanya lagu saja dalam format MP3. Saya sangat merekomendasikan software ini untuk Anda install di komputer Anda.

6. Menggunakan Internet Download Manager

Saya rasa ini bukan software yang asing bagi banyak orang karena ini mungkin software wajib yang harus ada di komputer setiap orang. Jika Anda baru pertama kali mendengar dan baru tahu tentang software ini maka mulai hari ini sebaiknya Anda menginstall software yang satu ini. Sayangnya software ini berbayar dan kalau Anda mau mencoba menggunakan software ini ada masa trial selama 30 hari. Kalau Anda ingin mendapatkan jamunya bisa bergabung di Facebook group SUBMITClimb.

7. YouTube Downloader HD

Mengapa saya memasukkan daftar software YouTube Downloader HD ke dalam artikel ini? alasannya saya tertarik dengan tampilan software ini dari tampilannya seperti software ini sangat bagus dan bisa di andalkan. Tetapi jujur saya secara pribadi belum pernah menggunakan software yang satu ini. tapi saya yakin dari hanya melihat tampilan softwarenya saja sudah bisa dipastikan ini sangat bagus. Mudah digunakan dan Anda juga bisa mengconvert video ke format FLV to AVI atau FLV to MP4. Cara menggunakannya juga sangat mudah Anda hanya perlu mengcopy url video YouTube yang ingin Anda download lalu silahkan klik download.

Dari semua daftar software dan aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas mana yang saya gunakan dan mana yang paling bagus?

Seperti yang saya katakan di atas saya hanya menginstall software Internet Download Manager saja di komputer saya untuk mendownload semua video yang ada di internet. Mengapa saya hanya menggunakan satu software ini saja? Karena memang ini adalah software yang sangat bagus, tidak ribet, mudah digunakan dan bisa muncul secara otomatis.

Selain itu saya menggunakan juga menginstal software UmmyVideoDownloader di komputer saya untuk mendownload lagu-lagu yang ada di YouTube dan software ini juga bisa mendownload video YouTube juga hanya saja saya menggunakan software ini karena Cuma ingin mendownload lagu MP3 saja di YouTube.

Itulah yang bisa saya share hari ini untuk Anda tentang cara download video YouTube yang sudah Anda upload ke YouTube dengan beberapa cara yang bisa Anda gunakan sekarang juga. Silahkan mencobanya satu persatu dan kemudian pilih satu saja yang akan Anda gunakan untuk seterusnya. Jika Anda mempunyai cara lain yang jauh lebih mudah dan tidak perlu berbayar silahkan beritahu kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara download Video Youtube yang sudah Anda Upload ke YouTube ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top