skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Disable Start Screen Di Photoshop CC 2019 Yang Hangs

Cara Disable Start screen di Photoshop CC 2019 Yang Hangs

Cara Disable Start screen di Photoshop CC 2019. Hari ini saya ingin berbagi tutorial yang sederhana yang mungkin hal itu bisa berguna untuk kalian. Adobe Photoshop terus memperbaharui software mereka dan semakin banyak fitur baru yang ditambahkan ke photoshop untuk mempermudah pekerjaan kita.

Di Adobe Photoshop CC mulai Photoshop CC 2015 sampai Photoshop CC 2019 ada hal yang baru yang muncul di layar saat pertama kali kita membuka Photoshop. Fitur baru ini mungkin berguna dan bermanfaat buat mereka yang masih baru menggunakan photoshop.

Sebelum fitur ini muncul kita sudah terbiasa membuka file dari Photoshop dengan beberapa cara, jadi fitur baru yang ditambahkan ini bisa jadi kurang begitu bermanfaat buat saya dan juga beberapa teman-teman yang sudah lama menggunakan Photoshop.

Adobe mungkin tahu kalau tidak semua orang menginginkan fitur yang baru ini, karena fitur ini bisa sangat mengganggu pekerjaan mereka, oleh karena itu Adobe menyertakan pengaturan untuk menghilangkan Start screen yang muncul setiap kita membuka Photoshop CC 2019 yang akan saya tunjukkan sebentar lagi kepada Anda.

Ya kita bisa menonaktifkan Start Screen di Photoshop 2019, tetapi bagaimana kita bisa membuat dokumen baru? Bagaimana cara kita membuka gambar? Bagimana cara kita membuka file kita kembali yang sudah kita edit?

Nah dalam tutorial kali ini kita akan sama – sama belajar bagaimana kita bisa melakukan itu semua dengan sangat mudah bahkan dengan panduan dan cara-cara yang lama.

Yang perlu Anda ingat adalah saya sama sekali tidak ingin mencoba meyakinkan Anda untuk sama sekali berhenti tau tidak menggunakan Start Screen yang muncul di Photoshop CC 2019. Jika Anda menyukai fitur itu, ini sangat bagus! Ini memang fitur yang benar-benar bermanfaat buat banyak orang.

Menonaktifkan Home Screen atau Start Screen di Photoshop CC 2019

Secara default, Start Screen Photoshop akan selalu muncul setiap kali kita membuka photoshop CC tanpa harus memberikan perintah membuka gambar atau dokumen. Setiap file apapun yang baru saja kita kerjakan atau buka akan muncul sebagai thumbnails di tengah layar.

Untuk menonaktifkan home screen atau start screen ini yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak memilihnya di menu Preferences Photoshop. Untuk pengguna windows silahkan buka menu Edit, kemudian pilih preferences lalu pilih General.

Ini akan membuka menu preferences dialog box yang akan menampilkan General Option, kemudian pilih Disable the Home Screen.

home screen non aktif

Ya jadi itu saja yang perlu kita setting supaya Home screen atau Start screen yang selalu muncul di photoshop tidak muncul lagi. Nanti kalau Anda membuka photoshop lagi menu home screen tidak akan muncul lagi.

 

Bagaimana Cara Membuat Dokumen kerja baru di Photoshop

Untuk membuka dokumen baru di Photoshop dengan start workspace di nonaktifkan, caranya sangat mudah sekali, kita hanya perlu pergi ke menu file dibagian atas layar dan pilih New. Atau Anda juga bisa menggunakan cara cepat dengan menekan tombol CTRL + N.

file new - photoshop

Photoshop akan membuka dokumen baru dimana nantinya kita akan dapat membuat dokumen baru kita baik itu melalui preset, template atau dengan memasukkan nilai custom yang kita inginkan sendiri.

file new pilih preset

Bagaimana Cara Membuka gambar di Photoshop

Untuk membuka gambar tanpa menggunakan fitur Start screen yang perlu kita lakukan adalah dengan membuka menu file di bagian atas layar dan kemudian pilih OPEN. Atau gunakan cara cepat dengan menekan tombol CTRL + O (win). Ini adalah perintah open yang sama untuk semua software yang kita gunakan termasuk photoshop.

Setelah Anda klik open, gunakan file Explorer di PC Windows atau Finder untuk pengguna Mac, silahkan cari file yang mau Anda buka di data lokal Anda.

Bagaimana Caranya membuka Recent File

Kita sudah belajar banyak di atas, sekarang bagaimana caranya kita membuka kembali file yang baru saja kita buka atau baru saja kita edit? Jika fitur Start Screen tidak kita matikan maka akan sangat mudah, tetapi bukan berarti dengan mematikan fitur ini kita akan kesulitan. Caranya sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah hanya perlu pergi ke menu file, kemduain klik Open Recent, kemudian silahkan pilih file yang akan Anda buka.

Kalau kita menggunakan fitur Start screen file yang baru saja dibuka akan muncul berupa thumbnails kecil sedangkan kalau kita tidak menggunakan fitur start screen kita hanya akan melihat file yang baru dibuka dalam bentuk tulisan saja atau nama.

Ok jadi begitulah panduan kali ini yang bisa saya share kepada kalian tentang Cara Disable Start screen di Photoshop CC 2019. Semoga dengan panduan sederhana ini bisa membantu kalian mendapatkan infromasi baru yang mungkin bermanfaat untuk diterapkan saat menggunakan software photoshop.

Buat teman teman yang ingin mendapatkan program photoshop terbaru bisa kunjungi salah satu akun sosial media kami di halaman facebook ini, nanti di halaman itu Anda bisa membaca dan mencari software, plugin atau apa saja yang mungkin sedang Anda cari dan butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top