skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Blokir Iklan Mengganggu Di PC Dan Chrome

Cara Blokir Iklan Mengganggu di PC, HP dan Google Chrome

Tahukah Anda kalau setiap orang di dunia ini bisa melihat rata-rata 4.000 iklan secara online. Apakah ini terlalu banyak bagi Anda, jika itu memang terlalu banyak, maka Anda bisa mencoba Cara Blokir Iklan dengan menggunakan Ad blocker – Senjata rahasia masa kini yang sangat ampuh untuk melawan iklan yang menggangu.

Iklan yang berlebihan memang kadang sangat menyebalkan, menguji kesabaran dan mengganggu. Tapi sebelum Anda menghentikan iklan-iklan yang muncul ada baiknya Anda mengetahui fakta-fakta atau alasan yang akan saya jelaskan dalam artikel ini, mengapa beberapa orang menampilkan iklan di website, aplikasi atau di video yang mereka upload ke Internet.

Sudut Pandang Pebisnis

Mari kita bayangkan Anda sebagai seorang pebisnis, pemilik toko, pemilik produk atau orang yang menjual jasa. Kira – kira apa yang akan Anda lakukan untuk bisa menjual dan memasarkan produk atau jasa Anda?

Jawabannya adalah beriklan bukan?

Ya, tanpa beriklan, sudah dipastikan produk atau jasa yang sedang Anda coba tawarkan kemungkinan besar tidak akan ada yang mau melihat apalagi sampai membelinya.

Apalagi di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, memasang iklan di internet adalah sebuah keharusan dan menjadi hal yang sangat umum. Ini wajar, karena setiap pemilik bisnis pasti sangat ingin produk atau jasa yang sedang dia promosikan bisa laku dengan sangat keras.

Makannya kita semua bisa sangat sering melihat iklan setiap harinya jika kita terhubung dengan internet. Hal ini bagi beberapa orang memang bisa sangat mengganggu sekali.

Sudut Pandang Pekerja Online (Blogger dan Konten Kreator)

Sekarang mari kita lihat bersama-sama dari sudut pandang seorang yang profesinya sebagai blogger dan konten kreator di YouTube. Meskipun keduanya mempunyai kesamaan tapi sebenarnya konten yang mereka buat sangat berbeda jauh.

Seorang blogger adalah orang yang kerjanya menulis dan mempublikasikan tulisannya ke blog atau website mereka. Blog atau website ini bisa saya katakan seperti sebuah journal online di mana si blogger atau penulis akan berbagi ide, informasi, pemikiran, keahlian serta minatnya di dalam blog atau website yang dikelolanya.

Sedangkan seorang konten kreator YouTube adalah orang yang kerjanya akan membuat sebuah video dan video yang dihasilkannya itu akan di upload ke YouTube. Konten kreator YouTube ini sama seperti blogger mereka senang berbagi ide, pemikiran, informasi, keahlian dan juga minatnya di dalam channel YouTube yang dikelolanya.

Tema dari tulisan dan juga vdeo yang akan di buat oleh seorang blogger dan konten kreator YouTube bisa sangat beraneka ragam, misalnya saja tentang fashion, kecantikan, kesehatan, hiburan, olahraga, perjalanan, desain dan lain sebagainya.

Blogger dan juga konten kreator YouTube biasanya mempunyai media (aktivitas) lain yang akan menunjang blog atau channel yang mereka kelola, misalnya saja seperti Facebook, Twitter, Vlog, Blog dan lain sebagainya. Mereka adalah orang yang bekerja secara independen / freelance.

Dari mana mereka menghasilkan uang?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang, mungkin salah satunya adalah Anda sendiri. Dari mana seorang blogger menghasilkan uang dan bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube?

Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog dan juga video yang mereka buat. Salah satu sumber penghasilan termudah dan yang paling banyak digunakan adalah dengan menampilkan iklan di video dan blog (website) mereka.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan kenapa para pemilik website (blog) dan juga konten kreator YouTube mau menampilkan iklan di blog dan video yang mereka buat!

Informasi, ide dan juga pemikiran yang mereka bagikan secara gratis di hasil tulisan mereka dan juga video yang mereka buat bisa Anda dapatkan secara gratis. bayangkan kalau Anda harus membayar biaya untuk mendapatkan informasi seperti yang mereka bagikan itu?

Pasti akan dibutuhkan banyak sekali uang hanya untuk mendapatkan sebuah informasi bukan? jadi salah satu cara terbaik bagi kita untuk menghargai apa yang sudah mereka lakukan dan kerjakan adalah dengan membirkan iklan tanmpil (tayang) tanpa harus menggunakan software atau browser Ad blocker.

Karena kalau kita mengaktifkan software pencegah iklan muncul (Ad blocker) maka, para penulis dan konten kreator YouTube ini tidak bisa mendapatkan penghasilan. Kasihan kan, mereka sudah bekerja keras, tapi tidak mendapatkan hasil?

Mereka tidak bekerja seperti Anda di kantor atau yang punya toko dari hasil penjualan dan gaji bulanan. Mereka sangat bergantung dari setiap kunjungan dan iklan yang tayang setiap harinya.

Maaf ya, kalau dibagian ini saya menjelaskannya dengan sangat panjang lebar, karena ini memang bagian yang paling penting bagi kami para blogger dan konten kreator YouTube. Jadi tolong jangan menggunakan ekstensi atau browser untuk menghilangkan iklan.

Ada iklan yang memang sangat mengganggu

Nah, sekarang saya akan menjelaskan beberapa iklan yang memang sifatnya sangat mengganggu dan di buat untuk tujuan dan cara yang kurang baik misalnya:

  • iklan yang akan menutup seluruh layar monitor Anda
  • Iklan yang muncul karena sebuah virus berada di dalam sistem komputer Anda
  • Iklan pop up dan tab baru yang tidak bisa di tutup
  • Browsing di bajak dan biasanya saat Anda mengetikkan sesuatu akan diarahkan ke halaman iklan atau halaman lain yang tidak Anda inginkan atau sesuai dengan keyword yang Anda ketikkan

Iklan-iklan seperti itulah yang wajib Anda blokir dengan menggunakan Ad blocker. Jadi Anda hanya perlu mengkatifkan Ad blocker jika hal itu terjadi di komputer atau HP Anda. Tapi saat Anda mengunjungi blog atau channel YouTube tertentu pastikan Anda menggunakan browser yang ramah iklan dan menonaktifkan Ad blocker.

Menghapus Iklan, Pop-up dan malware yang tidak Anda inginkan

Cara untuk menghilangkan iklan yang akan saya tunjukkan ini bisa Anda gunakan untuk semua komputer merek apapun dari pengalaman yang pernah saya alami.

1 Unistall aplikasi yang aneh dan mencurigakan

Dari pengalaman saya, biasnya iklan aneh yang muncul tanpa bisa di atur adalah karena sebelumnya kita pernah mengunduh dan menginstall sebuah aplikasi tertentu di komputer Anda. file yang kita unduh ini bisa dari sumber yang tidak kurang dipercaya dan akhirnya menyebabkan iklan muncul di google chrome atau browser Anda. cara untuk menghilangkan notifikasi iklan yang sering muncul di chrome Anda bisa mengikuti cara seperti ini:

  • Silahkan kunjungi Control panel, kemudian masuk ke bagian uninstall program
  • Anda akan melihat begitu banyak daftar software atau aplikasi yang pernah Anda install.
  • Cari dan pilih satu aplikasi yang baru saja Anda install belakangan ini atau cari salah satu aplikasi yang menurut Anda yang menyebabkan beberapa hari ini iklan sering muncul
  • Setelah menemukannya, klik kanan di aplikasi yang Anda pilih itu dan klik uninstall, atau Anda juga bisa menggunakan menu uninstall yang berada di bagian atas.

2 Menggunakan Scanning Virus

Kita tahu virus bisa datang dari mana saja. saat kita online maupun offline ketika Anda menggunakan flasdisk. Untuk bisa menangkal virus yang masuk usahakan Anda menginstall antivirus yang bagus. Saya secara pribadi lebih senang menggunakan Kaspersky Internet Security. Untuk antivirus ini usahakan untuk tidak menggunakan yang versi crack ya. Beli saja di tokopedia lisensinya banyak yang jual murah-murah tapi original.

Selain antivirus itu Anda juga bisa menggunakan antivirus milik Windows yaitu Windows defender. Untuk mendeteksi dan menghapus virus cukup buka antivirusnya dan klik scan. Saya rasa cara untuk scan sangat mudah ya tapi kalau masih ada yang bingung dan belum tahu Anda bisa melakukan cara ini untuk Windows defender:

 
  • Buka Windows defender yang ada di komputer Anda (PC atau Laptop)
  • Pilih menu Quick dan kemudian klik Scan Now
  • Prosesnya memang membutuhkan waktu, tapi pilihan ini yang paling cepat, jadi tunggu dan sabar saja
  • Jika prosesnya sudah selesai dan Windows defender menemukan hal yang kurang baik dia akan memberitahu Anda untuk menghapus atau melakukan hal lainnya. Jangan ragu untuk menghapus jika itu di sarankan oleh antivirus. Setelah itu Anda bisa mematikan komputer, kemudian hidupkan kembali

Untuk Kaspersky sangat mudah, Anda hanya perlu tekan tombol scan pada software Kaspersky. Selanjutnya tinggal lakukan langkah penghapusan jika memang ditemukan hal-hal yang berbahaya dan di sarankan Kaspersky.

3 Menghapus History dan File Temporary

Komputer yang kita gunakan bisa menyimpan data-data selama kita menggunakan komputer. Setiap komputer akan menyimpan history dan file temporary secara otomatis. Fungsi dari file data ini tentu saja sangat beragam dan ada manfaatnya untuk Anda juga sistem komputer itu sendiri dan juga beberapa data aplikasi iklan.

Bagaimana kita bisa menghilangkan history dan juga file temporary yang ada setelah kita menggunakan komputer?

Ada banyak cara untuk bisa melakukannya. Cara yang paling banyak digunakan adalah dengan cara menghapusnya secara manual dan yang kedua menghapusnya dengan menggunakan bantuan software pihak ketiga seperti CCleaner dan iObit Advanced SystemCare atau software sejenis lainnya.

Di komputer saya menggunakan CCleaner dan iObit Advanced SystemCare di tambah fitur bawaan dari Kaspersky Internet Security yaitu “Privaci cleaner”.

Untuk menghilangkan iklan dengan menggunakan cara manual Anda bisa mengikuti panduan ini:

  • Silahkan tekan tombol bergambar Windows + R
  • Muncul kotak Run, kemudian silahkan Anda ketikkan “temp” kemudian klik OK
  • Nanti secara otomatis akan membuka Windows Explorer. Silahkan hapus semua file yang ada di sana. Jangan takut untuk menghapusnya karena itu memang file yang tidak berguna dan aman sekali jika Anda menghapusnya
  • Kemudian langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah silahkan kembali tekan tombol bergambar Windows + R, kemudian ketikkan %temp% dan silahkan tekan OK
  • Kemudian silahkan hapus semua file yang muncul di windows baru itu
  • Silahkan matikan komputer Anda dan hidupkan kembali

Sebagai catatan, tidak semua komputer setelah melakukan cara di atas (panduan no 3) masalahnya bisa segera terselesaikan. Beberapa komputer masih tetap menampilkan iklan meskipun sudah melakukan cara yang saya tunjukkan di no 3.

Jika iklan masih saja muncul, maka Anda perlu mencari dan menguninstall software atau aplikasi yang mencurigakan seperti yang saya tunjukkan di no 1.

Untuk menghapus history dan juga iklan yang muncul dengan menggunakan bantuan software pihak ketiga seperti CCleaner dan juga iObit Advanced SystemCare Anda bisa melihat panduannya di channel SUBMITClimb TV atau video yang ada di bawah ini.

4 Memblokir Iklan Pop-up di Google Chrome (Fitur bawaan chrome)

Browser google chrome yang Anda gunakan mempunyai settingan atau fitur untuk memblok Ads yang muncul dan mengganggu. Meskipun tidak semua iklan pop-up bisa benar-benar hilang dengan menggunakan fitur ini, tapi setidaknya 90% iklan bisa berkurang.

Caranya adalah

  • Silahkan Anda klik titik tiga yang ada dibagian pojok kanan atas chrome
  • Kemudian silahkan pilih settings atau pengaturan
  • Silahkan scroll ke bawah dan baca pelan-pelan untuk menemukan menu Site setting dan klik itu
  • Pilih dan cari menu po ups dan redirects (di dalam menu itu Anda bisa melihat pilihan beberapa menu, mau menerima iklan atau tidak dengan cara memblokirnya)

5 Menggunakan Extensions AdBlock Saat Online

Untuk menghentikan tampilan iklan yang muncul dari sebuah halaman website tertentu Anda bisa menggunakan Adblock. Adblock ini adalah sebuah ekstensi browser yang bisa di install di browser yang ingin digunakan untuk berselancar di internet.

Adblock ini tidak bisa untuk menghentikan tampilan iklan pop-up yang muncul di dalam komputer kita. Adblock memang sengaja di rancang dan dibuat untuk menghentikan atau memblokir tampilan iklan yang muncul saat kita berselancar di internet mengunjungi sebuah website tertentu. Misalnya saja website detik, kompas atau lainnya di mana website mereka hampir dipenuhi dengan iklan dibandingkan dengan jumlah kontennya sendiri.

Memang bagi sebagian orang yang menggunakan internet unlimited, ada iklan yang tampil dan tidak ada iklan yang tampil mungkin tidak terlalu bermasalah khususnya dalam hal loading. Tapi kalau seandainya saja anda berada di daerah yang mengharuskan Anda untuk menggunakan kuota internet maka ini bisa menjadi sebuah masalah.

Ada beberapa ekstensi Adblock yang saya remomendasikan untuk bisa Anda install di browser yang Anda gunakan:

  1. Adblock
  2. Adblock Plus
  3. uBlock Origin

semua Adblock yang saya sebutkan di atas sampai saat ini masih saya install di komputer yang saya gunakan. Sebagai informasi, uBlock Origin yang belakangan ini sering saya gunakan dan aktifkan jika perlu.

Selain menginstall ekstensi di atas, saya sekarang juga menginstall browser milik CCleaner (CCleaner browser). Browser ini sangat bagus, saat akan mengunjungi website-website yang menampilkan iklan seperti detik, kompas dan lainya. Saya akan menggunakan browser ini. Secara otomatis iklan akan di block (tidak tampil) dan kita bisa membuka website dengan lebih cepat.

Jika kalian ingin menggunakan browser ini, silahkan mengunduhnya di website resmi CCleaner di sini.

Penutup

Memang iklan yang sering muncul karena ulah virus atau yang di tampilkan dengan teknik yang tidak baik seperti yang sudah saya sebutkan di atas bisa sangat mengganggu kita saat bekerja secara online. Dengan tips yang saya berikan di atas, Anda sudah bisa menghilangkan iklan yang sering tampil dan mengganggu.

Tapi juga perlu di ingat, tidak semua iklan yang tampil karena virus. Beberapa blogger dan konten kreator YouTube memberikan panduan dan informasi gratis kepada kita dengan harapan iklan yang ada di blog atau video mereka bisa tampil dan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari kerja keras dan kebaikan yang mereka berikan.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu saya untuk share artikel Cara Blokir Iklan Mengganggu di PC dan Chrome ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga artikel lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top