skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Berjualan Online Yang Menghasilkan Setiap Bulannya

Cara Berjualan Online Yang Menghasilkan Setiap bulannya

Berjualan Online menjadi ide yang sangat menarik untuk bisa menghasilkan dari Internet. Mengapa bisa demikian? Karena di Indonesia orang yang menggunakan internet sudah semakin banyak dari hari ke harinya.

Tapi bagi beberapa orang untuk mulai berjualan online menjadi tantangan tersendiri.

Ada yang beralasan mereka tidak bisa menggunakan Internet atau gaptek dan akhirnya mengurungkan niatnya walaupun sebenarnya mereka sangat ingin terjun di bisnis online supaya bisa menghasilkan.

Menurut saya mereka bukan karena tidak bisa menggunakan internet atau tidak bisa, semua orang entah profesinya apa awalnya dari tidak tahu dan tidak bisa bukan…

Tetapi karena mereka belajar dan fokus akhirnya mereka bisa mencapai cita-cita mereka, seperti misalnya menjadi Dokter, Desainer Grafis, Arsitek, Animator dan lain sebagainya.

Beberapa ada juga yang mempunyai alasan wah saya bingung karena tidak ada yang mengajarkannya, panduannya mahal-mahal.

Namanya Ilmu pasti mahal. Tetapi jangan menyerah dulu sebetulnya ada banyak panduan yang bisa kita pelajari dan dapatkan secara gratis di Internet dan YouTube tentang apapun termasuk Cara Berjualan Online Yang Menghasilkan Setiap bulannya.

Dalam artikel ini saya juga akan memberikan sedikit panduan atau tutorial sederhana Cara Berjualan Online Yang Menghasilkan Setiap bulannya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mempelajarinya dan saya yakin setelah Anda membca dan mempelajarinya Anda setidaknya punya dasarnya untuk memulai dan menghasilkan dari internet, meskipun Anda masih baru menggunakan Internet.

Ajaran Yang Kurang Tepat

Sekarang ini membuka bisnis secara online atau berjulan secara online sangat mudah untuk dilakukan, apalagi sejak mendapatkan ide dari luar banyak pebisnis yang mencoba membuka pasar online di Indonesia (marketplace)

Beberapa contoh misalnya OLX, Tokopedia, FJB Kaskus.

Rata-rata untuk mulai berjualan di sana kita hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk mulai berjualan dan mungkin bisa mendapatkan pembeli dari produk yang kita jual.

Selain menggunakan marketplace Anda juga bisa berjualan di social media seperti Facebook dan Instagram. Meskipun ini social media namun belakangan fungsi social media semakin berkembang.

Banyak orang terlena hanya menggunakan social media dan marketplace saja. Padahal kalau mereka tahu keduanya mempunyai kelemahan yang hampir sama.

Memang sampai hari ini kita masih bisa berjualan menggunakan kedua platform itu, tetapi tahukah kalian kalau ke dua platform itu bukan milik kita? Bisa saya katakan kita menumpang jualan di sana.

Mungkin Anda masih ingat dengan Path? Mereka resmi tutup sekarang.

Bayangkan kalau Facebook dan marketplace yang kalian gunakan tutup seperti Path?

Dengan menggunakan kedua platform itu Anda tidak bisa membangun brand Anda sendiri atau Anda tidak dikenal oleh orang lain, jadi apa yang Anda bangun di ke dua platform itu akan menjadi sia-sia. Menurut saya secara pribadi ini SANGAT TIDAK BAGUS UNTUK JANGKA PANJANG, begitu mereka tutup pelanggan Anda akan bingung mau cari Anda ke mana dan kemungkinan mereka tidak akan mengenal Anda, jadi Anda akan sangat sulit untuk berkembang.

Mungkin Anda akan bilang seperti ini “yah selama masih bisa kita gunakan ya gunakan, buktinya masih banyak orang yang mengandalkan kedua platform itu masih menghasilkan dan sukses.”

Itu memang benar…

Tapi apakah mereka menjadi lebih maju atau hanya begitu-begitu saja? (jawablah dengan jujut dan kenyataan)

Jadi bagaimana cara yang baik untuk Berjualan Online Yang baik dan Menghasilkan Setiap bulannya?

Anda bisa menggunakan kedua platform tadi sekaligus membuat sebuah website Anda sendiri. Ingat membangun sebuah website yang besar tidak mudah, ada waktu, ada pikiran, ada uang yang harus dikeluarkan dan komitmen. Anda bisa memanfaatkan kedua platform itu untuk membangun dan mengembangkan website Anda dengan mengenalkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda punya website juga, jadi jangan sungkan untuk belanja juga di website Anda. Berikan kelebihan kalau mereka belanja dari website Anda secara langsung. Dengan begitu orang akan mau datang dan belanja dari website Anda.

[Tweet “Buat Website Anda sekaligus Manfaatkan Marketplace untuk mengembangkan website Anda sendiri”.]

STEP #1 – Bingung Mau Jualan Apa Nih?

Saya dan hampir semua orang pasti awalnya seperti itu bingung mau jualan apa ya dalam bisnis online ini? Semoga dengan artikel yang saya buat ini Anda bisa mendapatkan ide untuk segera menemukan produk apa yang ingin Anda jual.

Coba baca juga artikel saya yang lain tentang:

  1. Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil
  2. Membuat Produk digital

Hal yang paling bagus dalam menjalankan sebuah bisnis apapun adalah mempunya produk atau jasa yang kita kuasai sendiri. Salah satu yang lagi banyak dilakukan oleh orang hampir di seluruh dunia adalah menciptakan produk digital. Memang ini memerlukan banyak waktu di awal saja dan cara membuatnya sebetulnya tidak terlalu repot-repot sekali.

Takut dan tidak punya keahlian?

Seperti yang sudah saya bilang tadi, Anda bisa juga menjual jasa.

Pilihan yang mungkin bisa Anda ambil adalah menjadi reseller atau dropshipper dari produk orang lain.

Orang lain termasuk saya tidak bisa menentukan Anda harus jual apa supaya bisa menghasilkan. Anda sendiri yang harus memilih produk dan jasanya karena memang diri Anda sendiri yang tahu Anda sukanya apa dan ingin menjual apa yang bisa di jadikan peluang untuk bisnis jangka panjang.

STEP2# – Membuat Website Jualan

Masih ingat yang saya katakan di atas? Membangun bisnis di platform yang bukan punya kita sendiri mungkin bisa menghasilkan dan murah, tetapi kita tidak sepenuhnya memiliki dan mengontrol penuh atas bisnis kita di sana untuk jangka panjang.

Jadi sekarang Anda harus mempunyai sebuah website sendiri yang akan Anda jadikan tempat untuk jualan dan mempromosikan produk

Hal lain yang juga sering jadi kendala orang ingin terjun di bisnis online adalah mereka tidak punya modal dan tidak tahu caranya membuat sebuah website.

Untuk membuat sebuah website Anda tidak memang harus mengeluarkan uang dan mempunyai pengetahuan dasar untuk membuat sebuah website sendiri, kalau tidak bisa Anda bisa menggunakan jasa orang lain. Hanya saja jika menggunakan jasa orang lain Anda akan mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi nantinya.

Untuk membuat sebuah website Anda harus mempunyai sebuah domain dan hosting. Harga hosting memang sangat beragam (harga biasanya menentukan kualitas) dengan Rp.20.000 – Rp.30.000 perbulan Anda sudah bisa mempunyai hosting dan untuk domainnya sendiri harganya sekitar Rp.100.000 untuk satu tahun.

STEP 3# Membuat Toko Online Sederhana

Jualan Online tidak harus membuat website yang sangat ribet. Apalagi sampai membuat website seperti Lazada dan sejenisnya.

Kalau Anda hanya mempunyai 1 sampai 5 produk yang ingin di jual Anda hanya perlu membuat website sederhana saja tidak perlu sampai membuat toko online yang rumit-rumit.

Cara yang baik menurut saya sebainya Anda hanya membuat website dengan satu halaman saja, biar website Anda tidak terlihat.

Bagaimana kalau saya tidak pernah membuat website?

Sekarang ini sangat mudah membuat sebuah website. Bisa saya katakan semudah Anda menggunakan email dan mengirim email. Artinya meskipun Anda dan saya tidak pernah membuat sebuah website kita sebenarnya bisa membuat website yang sangat bagus hanya dalam beberapa menit saja.

Anda bisa membaca Artikel saya tentang Cara Membuat Website dengan WordPress

Atau Anda bisa menggunakan bantuan gratis di sini.

Untuk tampilan website / desain websitenya bisa pilih Theme sesuai dengan gaya Anda.

Atau Anda juga bisa langsung download dari dalam website Anda (Dashboard >> Appearance >> Themes >> Add New

Kemudian silahkan Anda membuat halaman baru (page baru) (Dashboard > Pages > Add New) untuk masing-masing produk yang ingin Anda jual secara online. Pastikan Anda menyertakan semua informasi yang dibutuhkan produk tersebut di setiap halaman yang Anda buat termasuk kontak Anda.

Pelajari juga artikel saya yang lain tentang Cara Membuat CopyWriting yang baik untuk Landing Page agar halaman produk Anda bisa menarik sekaligus menjelaskan dan menjawab pertanyaan pelanggan Anda.

Sudah… Anda sudah berhasil membuat sebuah website sederhana.

Hanya saja mungkin halam depan / homepage website Anda masih kosong.

Anda bisa membuat halaman depan dengan mengisi beberapa produk yang Anda jual atau membuat halaman produk yang tadi sudah Anda buat menjadi halaman depan / homepage.

Caranya sangat mudah Anda hanya perlu melakukan langkah ini: Pegi ke Dasboard >> Setting >> klik Reading >> kemudian pilih Front page display ke halaman yang sudah Anda buat lalu klik save.

Itu adalah cara yang sangat sederhana sekali. Anda bisa meningkatkan cara pembuatan website Anda di channel submitclimb klik di sini. Di bawah ini adalah salah satu video saya tentang cara membuat sebuah website dengan menggunakan wordpress.

Saya yakin setelah menonton video seri itu Anda bisa membuat website seperti website ini. Pastikan Anda menonton semua video itu. Karena apa yang di ajarkan di tempat kursus sama seperti video gratis yang saya berikan di halaman channel yang kami kelola.

Memang semua orang yang mau membangun bisnis harus punya modal. Tidak ada yang tidak tanpa modal. Oleh karena itu jika Anda memang sedang ada dana lebih dan ingin serius cobalah menggunakan salah satu platform yang ada di bawah ini:

  1. OptimizePress ($97/tahun)
  2. LeadPages ($25/bulan)
  3. Unbounce ($49/bulan)
  4. Thrive Content Builder ($59)
  5. Visual Composer ($33)
  6. Elemantor (49)

Semua plugin dan juga beberapa tool yang saya sebutkan di atas adalah yang paling banyak digunakan oleh orang untuk membuat sebuah web blog termasuk untuk web toko online. Dengan menggunakan semua tool itu Anda bisa membuat website dengan cepat, indah dan tanpa harus mengerti masalah kode-kodean.

Anda juga bisa melihat lainnya di artikel yang pernah saya tulis dengan judul Drag and Drop Page Builders Terbaik Untuk WordPress.

STEP 4# Membuat Toko Online dengan sistem ecommerce

Membuat website ecommerce mungkin cara yang bisa saya katakan lebih mudah dari pada menggunakan cara yang ada di atas, tapi cara ini bisa dilakukan jika Anda mempunya banyak macam produk untuk di jual.

Dengan sitem ini website yang kita buat sudah terintegrasi dengan sistem belanja online dan pembayarannya juga bisa kita pilih.

Plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online yang paling terkenal adalah WooCommerce.

Jika Anda sudah sering menggunakan WordPress WooCommerce adalah plugin yang cukup baik menurut saya. cara menggunakannya juga sangat mudah.

Anda juga bisa mempelajari cara membuat toko onlinde dengan plugin WooCommerce. Dari tutorial sederhana yang saya buat ini semiga bisa membantu Anda nantinya untuk membuat Toko online dengan sistem WooCommerce.

Memang sekali lagi dibutuhkan sedikit pengetahuan dasar untuk bisa membuat website dengan menggunakan plugin ini.

Anda juga bisa menggunakan Shopify untuk membuat toko online dengan Shopify Anda tidak akan repot atau pusing jika dibandingkan dengan cara menggunakan plugin WooCommerce.

STEP 5# – Membuat Social Media dan Membangunnya

Di zaman yang semakin berkembang dan semua serba online dan digital, membuat social media dan membangunnya adalah suatu keharusan. Anda tidak boleh mengabaikan social media.

Bagi beberapa orang social media adalah senjata yang tidak baik jika di lihat dari sisi lain. Tapi jika kita gunakan untuk keperluan bisnis social media adalah senjata yang ampuh untuk mencapai tujuan-tujuan besar Anda dalam bisnis online.

Meskipun bisa digunakan untuk membantu jualan, tetapi social media bukan tempat pertama untuk menjual produk dan jasa Anda. Social media hanya sebuah alat pemasaran dan juga alat komunikasi yang akan menjembatani Anda dan pelanggan Anda.

Jangan selalu menjual di social media, tetapi ajak dan undang mereka ke website atau landing page yang Anda miliki agar mereka kenal dan tahu.

Meskipun banyak yang berhasil menggunakan social media untuk menjual tetapi tidak semua bisnis dan jasa bisa dipasarkan dengan menggunakan social media. Nah mungkin Anda bingung dengan kata-lata saya ini, kata-kata ini mungkin berlawanan dengan para guru dan master di dunia online yang selalu mengatakan gunakan social media untuk jualan.

Social media yang banyak digunakan untuk pemasaran bisnis online:

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Line
  • Telegram
  • YouTube

Walaupun masih banyak social media yang lain, Anda tidak harus menggunakan dan membuat semua social media. Karena kalau Anda menggunakan semua saya yakin Anda tidak akan bisa fokus karena banyak yang harus di urus.

Anda pastikan dan cari tahu kebanyakan pelanggan Anda menggunakan apa dan aktif di mana? Jika lebih banyak di facebook dan Instagram maka gunakan keduanya untuk menjangkau pelanggan Anda. Ingat pastikan Anda aktif di social media.

STEP 6# – Berhasil Menjual

Untuk membuat dan membangun website dan social media mungkin terbilang mudah. Menurut saya tantangan yang paling berat adalah menjual atau berhasil menjual barang pertama Anda.

Buat saya secara pribadi meskipun bisa menggunakan internet dan menguasai tentang bisnis online hal yang terus menjadi kesulitan saya adalah berhasil menjualnya.

Ya… meskipun saya sudah sering menjual secara online semua kembali kepada si konsumen.

Meskipun sulit ada hal   dasar yang bisa kita gunakan untuk menjual secara online dan berhasil menjualnya.

  • Harga yang bisa bersaing
  • Kualitas barang
  • Pelayanan Ramah
  • Jujur dan Sabar

Karena saya sering menemukan pedagang yang tidak memenuhi ke tiga hal di atas, jadi pastikan Anda memiliki ke tiga hal yang saya sebutkan di atas.

Meskipun sudah memenuhi dan melakukan ke tiga hal yang saya sebutkan di atas bisa jadi Anda dan saya tetap tidak bisa menjual atau belum ada pembeli yang datang.

Ini bisa terjadi karena…

Hampir semua barang yang kita pasarkan di jual oleh orang lain juga. Bisa jadi pedagang saingan kita juga memenuhi syarat ketiga hal yang saya sebutkan di atas. Jadi syarat dasar jualan di atas sudah tidak cocok lagi… harus ada yang lain yang bisa menarik pembeli.

Memang tiga hal yang saya sebutkan seperti harga yang kita jual murah, kualitas barang juga bagus dan pelayanan ramah sudah cukup.

Pastikan Anda ditahu oleh pelanggan Anda. Jadi pastikan ada foto wajah Anda di website Anda untuk membuat pelanggan Anda merasa aman dan lebih yakin. Biasanya jika mereka sudah kenal dan sudah tahu meraka akan merasa aman dan nyaman maka mereka akan membeli dari Anda.

Selain itu

SEO juga penting tapi jangan juga terlalu mengandalkan SEO. Karena jika Anda mengandalkan SEO saja perlu Anda ketahui, SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar, butuh berbulan-bulan untuk mengoptimasi sebuah website.

 

Karena hasil dari sebuah SEO akan datang juga seraya kita optimasi.

Yang perlu Anda lakukan sekarang sambil mengoptimasi website Anda adalah:

STEP 7# – Bergabung di Marketplace (pasar online)

Bingung… kenapa sekarang saya menyuruh Anda untuk menggunakan / bergabung di marketplace? Ini karena marketplace mampu mendatangkan penjual dan mengenalkan produk Anda.

Alasan lain adalah:

  1. karena di marketplace tempat berkumpulnya pedagang dan pembeli.
  2. Produknya akan dikenal dan ditahu
  3. Anda akan mendatangkan pembeli dari sana

Membuat website dikenal oleh orang mungkin butuh waktu dan sulit.

Website yang baru di bangun membutuhkan waktu untuk bisa dikenal oleh orang lain dan menjadi besar. Karena itu dibutuhkan bantuan dari website lain dan trik yang tepat untuk mendatangkan pengunjung dan mengenalkan website Anda kepada orang.

Silahkan bergabung di marketplace ini:

  1. Tokopedia
  2. FJB Kaskus
  3. Bukalapak
  4. OLX
  5. Shopee

STEP 8# – Buat Konten di Website, Social Media dan Situs Komunitas

Banyak orang yang merasa social media, website dan situs komunitas adalah sia-sia setelah mereka mencoba jualan dan melakukan promosi. Saya masih ingat teman saya pernah mengatakan seperti ini kepada saya.

Aku lho sudah melakukan semuanya, sudah promosi di Facebook dan Instagram tapi hasilnya gak ada, mungkin dengan membuat website aku bisa mendapatkan penjualan/pembeli.

Saya merasa kasihan sama dia dan juga banyak orang yang gagal setelah terjun di bisnis online, sudah menggunakan social media untuk promosi dan mengeluarkan uang untuk membuat website tetapi tidak ada hasilnya.

Sampai sejauh itu mereka sudah benar. Tetapi ada hal yang salah karena mereka yang gagal biasanya cara promosinya tidak tepat sasaran atau salah.

Biasanya dulu, saya melakukan hal ini sewaktu pertama terjun dan belum tahu:

Saya langsung mempromosikan link website saya atau halaman tempat saya menjual barang di situs komunitas atau forum-forum.

Apakah Anda sebagai pembaca akan mendapat manfaat dari link yang saya share? Tidak, malah bisa jadi kesel dan menganggap saya spammer.

Anda perlu belajar dan tahu tentang jenis orang yang ada di Internet.

  1. Mencari informasi
  2. Mencari hiburan
  3. Membeli poduk/jasa
  4. Menjual produk/jasa

Kalau Anda masuk ke situs komunitas dan langsung meletakkan link url website Anda saya rasa kurang tepat dan tidak akan menghasilkan apa-apa, karena di situs komunitas adalah tempatnya orang mencari informasi dan mencari hiburan, poin 3 dan 4 tidak ada. Pasti lama-lama Anda akan di ban dan di cap sebagai spammer.

Jadi percuma dan buang-buang energi kalau Anda melakukan hal itu di situs komunitas.

Ingat saya tidak mengatakan kita tidak bisa melakukan promosi di situs komunitas.

Bisa hanya saja dengan cara yang baik dan benar, misalnya…

  1. Cari situs komunitas yang satu tema dengan bisnis Anda, kalau tidak ada bisa di komunitas lain tetapi di kategori yang masuk dalam bisnis Anda.
  2. Cari tahu apa yang menjadi masalah orang-orang
  3. Buatlah konten yang bisa memecahkan masalah mereka
  4. Posting

Anda sendiri ingin mendapat sebuah informasi bukan?

Jadi kalau cara promosi Anda dilakukan dibalik dengan cara yang saya katakan ini bisa jadi Anda akan berhasil melakukan promosi dan akhirnya mendapatkan seorang pembeli. Strategi ini sangat ampuh. Percaya sama saya.

Selain itu dengan cara seperti ini website Anda nantinya akan terkenal dan mungkin akan mudah untuk di temukan di mesin pencari.

Pelajari juga tentang: Cara Membuat content Marketing

STEP 9# – Jangan Takut dengan Facebook Ads dan Google AdWords

Facebook Ads dan juga AdWords adalah platform periklanan yang paling banyak digunakan dan yang paling terbesar di dunia. Pengunjungnya sangat banyak dan kita bisa menyasar orang-orang yang tepat.

Sebaiknya siapkan dana untuk mendapatkan penghasilan yang mungkin lebih cepat.

Pelajari di sini untuk mulai beriklan:

  1. Facebook Ads Guide atau Plajari di sini
  2. AdWords Step by Step Starter Guide atau Plajari di sini
  3. Beginner’s Guide to Facebook Advertising – AdEspresso

Tidak perlu saya kasih tahu Anda pasti sudah tahu fakta kalau melakukan pemasaran iklan berbayar biasanya bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak hanya dalam waktu singkat.

Hanya saja untuk melakukan hal itu Anda harus menyiapkan dana untuk bisa melakukan eksperimen untuk mendapatkan penghasilan yang baik dengan biaya yang minim.

Beberapa orang sering menanyakan pertanyaan ini, termasuk saya secara pribadi.

Bagus mana Facebook atau AdWords?

Jawabannya menurut saya tidak ada…

Ini bergantung dari produk atau jasa yang Anda tawarkan mau di jual ke siapa?

  1. Jika kata kunci yang Anda gunakan lebih banyak di cari di Google, maka lebih bagus Anda menggunakan AdWords
  2. Perlu Anda tahu Interes dan demografi di Facebook sangat akurat timbang Google.
  3. Untuk konversi yang bagus AdWords lebih bagus
  4. Untuk konversi bukan penjualan Facebook yang lebih bagus

Meskipun Anda belajar dari Guru yang paling jago kalau pasang iklan itu seperti sedang bereksperimen jadi kita tidak bisa tahu mana yang lebih baik, Anda sendiri yang akan tahu setelah mencobanya sendiri.

STEP 10# – Gunakan Endorsement dari Selebgram

Saya secara pribadi tidak pernah menggunakan cara ini. Lalu kenapa ini saya masukkan dalam penjelasan di artikel ini? Alasannya untuk menambah pengetahuan saya dan Anda. Banyak orang yang menggunakan hasil yang bagus dari menggunakan endorse.

  1. Cari aku Instagram yang follower mereka sudah banyak dan targetnya cocok dengan Anda.
  2. Berikan produk Anda kepada mereka secara gratis
  3. Nanti mereka akan merekomendasikan produk atau Jasa Anda lewat follower yang mereka punya.

Harganya bisa Anda tanyakan mereka secara langsung, biasanya hanya ada yang memberikan produk saja secara gratis, tetapi ada juga yang memberikan produk gratis dan biaya yang di minta dengan jumlah tertentu.

Apakah ada cara lain selain menggunakan cara di atas?

Ada…

Cobalah buat kontes kecil-kecilan, coba minta kepada pemilik akun Instagram yang followernya sudah banyak bahwa Anda sedang mengadakan kontes.

Contohnya.

Misalnya saya membuat kaos atau punya produk kosmetik, untuk mendapatkan produk saya secara gratis mereka harus mem-follow aku Anda. Nanti pemenangnya akan di pilih dari daftar follower yang ada.

Yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan kontes pastikan di akun Instagram kalian sudah harus ada foto-foto yang menarik dari produk-produk yang Anda jual. Jangan sampai kosong ya.

Untuk belajar lebih lanjut tentang endorsement Instagram coba pelajari di Thread kasuskus ini Anda bisa belajar banyak di sana.

STEP 11# – Endorsement seorang blogger

Ini sebetulnya hampir sama dengan Instagram. Bedanya ini menggunakan blog milik para blogger.

Untuk menemukan orang-orang mempunyai blog bisa dengan cara:

  1. Google: cari dengan menggunakan kata kunci – blogger + “topik”
  2. Komunitas para blogger
  3. Grup blogger di facebook

Yang perlu menjadi perhatian saat mencari blogger adalah:

  1. Konten yang mereka buat (kualitas)
  2. Desain dari web blog yang mereka miliki.
  3. Traffic-nya
  4. Komentar dari setiap artikel yang di posting

STEP 12# – Jadikan Bisnis Untuk Jangka Panjang Bukan Sebagai Seorang Penjual Saja

Banyak orang sangat senang ketika mereka sudah bisa menjual suatu barang, baik itu dengan jumlah sedikit maupun dengan jumlah banyak. Tetapi berhasil menjual suatu bukan mengartikan kita sudah berhasil membangun sebuah bisnis.

Sekarang mungkin Anda bisa menjual dengan jumlah yang cukup banyak, tapi beberapa bulan lagi atau bulan depan belum tentu Anda bisa menjual dan meningkatkan penjualan Anda atau malah penjualan Anda berhenti.

Jadi pastikan Anda membangun bisnis Anda yang bisa jalan sampai hari tua atau jangka panjang.

Kita akan belajar sedikit tentang marketing funnel (perjalanan seorang pembeli)

Kira-kira seperti ini:

  1. Awarness: si pembeli ini sadar dengan adanya jasa atau produk Anda
  2. Interest: mulai tertarik dan ingin mencari tahu lebih dalam lagi
  3. Consideration: Memutuskan untuk membeli atau mencoba
  4. Purchase: Membeli
  5. Retention: di kemudian hari mereka masih menggunakan jasa Anda.
  6. Advocacy: Merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada Orang lain.

Dari beberapa list yang saya sebutkan di atas kita bisa menarik kesimpulan kalau seandainya seseorang hanya bisa menjual saja, maka prose pekerjaan mereka hanya sampai di nomor 4 saja.

Seorang penjual tidak memikirkan bagaimana supaya pelanggan ini suatu saat nanti mau membeli dari saya lagi.

Saya ada contoh pengalaman sewaktu saya membeli furniture di “MITRA SUMBER REJEKI – Wood Teak Furniture” lokasinya di Jl. By Pass Ngurah Rai No. 63B, Kedonganan Bali.

Saya memesan 3 barang dengan total pembelanjaan sekitar 10 jutaan. Tahu apa yang terjadi?

Si Bapak ini yang katanya seorang Pendeta tidak menyelesaikan apa yang saya pesan. Hampir 3 bulan barang yang saya pesan belum jadi-jadi.

Dugaan saya usaha yang dia jalankan sepi jadi uang yang saya berikan, dia gunakan dulu untuk kebutuhan hidup dia dan sebagian baru di gunakan untuk memesan produk furniture yang saya pesan dari dia.

Meskipun sampai artikel ini di tulis (sudah hampir 3 bulan) barang saya belum jadi-jadi dan dikirim ke rumah saya.

Yang mau saya jelaskan di sini bukan masalah yang terjadi. Tetapi si bapak ini bukan seorang yang sedang membangun bisnis apalagi sedang berbisnis, tetapi dia adalah seorang penjual.

Karena si Bapak ini berhenti hanya sampai di no 4 saja. Sebagai seorang penjual dia sudah berhasil menjual kepada saya. tapi hanya berhenti sampai di situ saja.

Saya sebagai konsumen tidak akan mungkin lanjut ke Retention (tetap akan menggunakan produk dia lagi) saya tidak akan mau kembali lagi

apalagi dengan pengalaman yang saya alami tidak mungkin lagi saya akan lanjut ke no 6 Advocacy, merekomendasikan produk dia lagi. Tidak akan pernah terjadi.

Karena si Bapak ini adalah seorang penjual, dia tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan berikutnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Kalau dia sedang membangun bisnis maka hal utama dan yang paling penting dalam bisnis yaitu retention dan advocay akan di perhatikannya… demi kepuasan pelangggan.

Apa akibat yang akan di alami si Bapak pemilik usaha Furniture MITRA SUMBER REJEKI – Wood Teak Furniture” Jl. By Pass Ngurah Rai No. 63B, Kedonganan Bali.

  1. Penjualannya tidak akan berkembang (semakin sepi dari sebelumnya)
  2. Mendapatkan review yang kurang baik dari para pelanggaanya
  3. Sudah dipastikan cepat atau lambat usahanya akan MATI

Retention dan advocay tidak hanya di dapat dari pengalaman pelanggan saja, tetapi juga dari kualitas produk dan harga juga bisa termasuk di dalamnya. Jadi orang tidak akan membeli dari Anda kalau Anda tidak memenuhi semua itu.

Membangun Bisnis itu sulit dan selalu bersaing, kalau hal – hal dasar saja sudah kalah (tidak bisa Anda penuhi) jangan lanjutkan untuk membangun bisnis Anda.

STEP 13# Content Marketing

Percaya atau tidak content marketing menjadi pemegang kendali yang sangat penting dalam siklus funnel marketing.

Contohnya saya kita sudah cukup jelas dari apa yang sudah saya jelaskan tadi, agar orang seperti saya dan Anda mau dan bisa mengenal produk yang sedang di tawarkan maka perlu membuat konten yang memberi manfaat bagi banyak orang.

…ini namanya tahapan awarness.

Ah saya mau pakai iklan saja, gak repot, cepat dan bisa menghasilkan auang dan juga pengunjung.

Betul sekali…

Tapi tahukah Anda tidak semua bisnis bisa dijalankan hanya dengan menggunakan iklan saja. Yang lebih menarik dan menurut saya paling bagus adalah bagaimana kita bisa membuat mereka tertarik dulu dengan produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.

Jadi meskipun Anda menggunakan iklan, Anda juga membutuhkan yang namanya konten, ini tidak bisa di pisahkan.

Jenis konten yang bagus adalah konten-konten yang dibuat dengan baik, yang memberi manfaat atau edukasi.

Contohnya seperti konten yang dibuat oleh Teakblock ini:

content marketing teakblock

Karena jenis bisnis yang sedang mereka jalankan berhubungan dengan penjualan dapur dan tempat tidur, mereka sebisa mungkin membuat konten-konten yang berhubungan dengan dapur (kitchen) lewat blog yang ada di halaman website mereka.

Jadi orang yang tadinya tidak ingin membuat kitchen bisa jadi mau untuk membuat kitchen di website mereka.

Pelajari di sini Cara membuat content marketing

STEP 14# – Bangun List Building dan Email Marketing

ini yang juga tidak boleh Anda lewatkan, apa itu? Mengumpulkan email dari para calon pelanggan Anda atau yang di sebut juga dengan List Building.

Email Marketing adalah proses memasarkan produk atau Jasa melalui email yang sudah Anda bangun.

Mungkin ada yang bertanya apa sih manfaatnya dan keunggulan menggunakan email marketing?

  • Email marketing sangat ampuh untuk mempromosikan produk atau Jasa Anda karena memberi ROI 4.300%
  • Kebanyakan orang memutuskan untuk membeli sesuatu dari hasil promosi lewat email marketing.

Bahkan HP sekarang sudah bisa terhubung dengan email. Jadi sudah di pastikan akan lebih ampuh lagi pemasaran lewat email karena akan di baca langsung oleh orang yang masuk dalam daftar email Anda saat itu juga lewat HP yang dia gunakan.

Prosenya bisa saya jabarkan kira-kira seperti ini:

  1. Ada pengunjung yang datang ke website Anda karena adanya konten marketing
  2. Tertarik dengan konten-konten yang Anda buat maka mereka memasukkan email mereka.
  3. Anda kemudian mengirim email yang isinya tentang konten yang bermanfaat melalui email
  4. Promosi lewat email

Jangan hanya promosi tetapi dengna menggabungkan content marketing dan juga email marketing masih ada hubung, orang akan mendapat manfaat dan Anda juga mendapat manfaat.

Semoga apa yang saya jelaskan dalam artikel Cara Berjualan Online Yang Menghasilkan Setiap bulannya ini bisa memberi manfaat buat Anda. Semua yang saya sudah jelaskan di atas bisa dilakukan sambil belajar. Jika artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman-teman dan orang yang Anda kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top