skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Berhenti Merokok Dan Apa Saja Pemicu Untuk Merokok Lagi

Cara Berhenti Merokok dan apa saja pemicu untuk Merokok lagi

Apakah Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok? Teruslah membaca artikel ini yang menjelaskan tentang bagaimana Anda bisa berhenti merokok dan yang lebih penting adalah Anda bisa mengalahkan kecanduan merokok dan sangat beresiko tinggi untuk kesehatan.

Sahabat Palsu

rokok-adalah-sahabat-palsu

image dari jw.org/id

Rokok bisa di umpamakan seperti seorang sahabat, rokok bisa membuat Anda merasa nyaman dan selalu membantu Anda saat stress, disaat yang lain tidak bisa menemani Anda, rokok selalu ada dan “melegakan”. Anda benar – benar dibuat menjadi bergantung kepadanya dalam banyak keadaan dan juga situasi.

Belakangan Anda baru mengetahui kalau sahabat Anda ini memiliki sisi gelap. Sahabat ini selalu menuntut Anda agar Anda dan ia selalu bersama – sama, meskipun sahabat ini selalu membuat Anda lebih lega, santai dan dewasa, ia selalu mengorbankan kesehatan diri Anda dan yang lebih parah lagi adalah sahabat Anda ini telah mencuri sebagian besar uang atau gaji Anda.

Mengetahui hal itu, belakangan Anda berusaha untuk mencoba memutuskan hubungan dengan sahabat palsu Anda ini, apa yang terjadi? Sahabat Anda tidak mau. Boleh kita katakan dia kini telah menguasai Anda dan dia telah menjadi majikan Anda… kini Anda sangat menyesal telah berkenalan dengannya.

Saya Lebih Suka di Temani Rokok Ketimbang Orang

Seorang wanita yang bernama Earline mengenang masa – masa itu, katanya Ia lebih suka ditemani rokok ketimbang orang. Rokok baginya lebih dari sekedar sahabat lama, lebih seringnya rokok selalu bisa menemaninya dan satu – satunya yang menjadi sahabat dia. Sewaktu Earline menyadari bahwa rokok yang selalu menemaninya itu adalah sahabat yang palsu dan kejam. Ia mulai mencoba menghentikan kebiasaan buruknya itu, apalagi ketika Ia tahu bahwa merokok buruk dalam pandangan Allah [TUHAN] karena bisa mencemari tubuh yang sudah diberikan oleh sang Pencipta — 2 Kor 7:1

Seorang Pria yang bernama Frank yang dulunya seorang perokok akhirnya juga memutuskan untuk berhent merokok demi menyenangkan sang Pencipta (Allah). Ia menceritakan kembali sehari setelah dia berhasil berhenti menghisap rokok terakhrinya, ia mulai merangkak mencari cari puntung rokok yang jatuh melalui sela – sela lantai rumahnya. “itulah saatnya Frank harus membuat keputusan,” kenangnya. Sewaktu dia mengingat dirinya mengais – ngais tanah hanya untuk mencari puntung rokok, dia merasa jijik terhadap dirinya. —Frank tidak mau dan tidak pernah merokok lagi sejak itu.”

Mengapa Pengaruh Tembakau Sangat Kuat?             

Berdasarkan penelitian dari para peneliti, mereka telah menemukan sejumlah alasan mengapa pengaruh tembakau sangat begitu kuat?

  1. Tembakau bisa mencandu
  2. Nikotin yang kita hisap, bisa mencapai otak kita hanya dalam 7 menit.
  3. Merokok sudah menjadi bagian dalam hidup manusia, alasannya karena bisa dihisap sambil minum, makan, mengobrol dan merokok katanya nih bisa melepaskan stress dan segudang alasan.

Meskipun begitu alasannya, kita bisa meniru teladan dari Earline dan Frank dan juga orang lainnya yang telah berhasil membebaskan diri dari kecanduan merokok, Anda juga bisa mulai mengambil keputusan untuk berhenti merokok atau berhenti dari kecanduan yang sangat membahayakan ini. Jika saat ini Anda ingin atau sedang ingin berhenti merokok, membaca artikel ini dapat menjadi langkah awal dari kehidupan yang lebih baik, yang baru bagi Anda.

Berniat Berhenti Merokok,
Perkuat Motivasi diri Anda Dahulu
.

berhenti-merokok-sekarang

image dari jw.org/id

Jika Anda ingin benar – benar berhenti merokok, Anda harus mulai memiliki motivasi dalam diri Anda sendiri. Coba Anda bayangkan dan pikirkan, jika suatu saat Anda berhasil berhenti merokok Anda akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik keadaannya. Selain itu apa saja manfaatnya jika Anda berhasil berhenti merokok?

Menghemat Uang. Jika Anda dalam sehari menghisap sebungkus rokok, Anda akan mengeluarkan banyak uang dalam 1 tahun. Misalnya dalam 1 hari Anda menghabiskan 1 bungkus rokok, misalnya harga 1 bungkus rokok Rp.30.000 x 1 x 360 hari = Rp.10.800.000. Coba mulai hari ini Anda mulai menghitung – hitung berapa banyak rokok yang Anda habiskan dalam 1 hari dan coba mulai hitung uang yang Anda keluarkan hanya untuk membeli rokok—Saya menjamin Anda pasti tidak akan pernah membayangkan sebanyak itu uang yang Anda habiskan dalam 1 tahun hanya untuk rokok.

Lebih Bisa Menikmati Kehidupan. Ketika Anda mulai berhenti merokok Anda akan bisa merasakan perbedaannya yang pasti kehidupan Anda jauh lebih baik. Indera Perasa dan juga penciuman seseorang yang berhenti merokok akan jauh lebih tajam ketimbang mereka yang merokok, selain itu tenaga dan juga penampilan fisik orang tersebut akan jauh lebih baik dan segar. Mungkin ada yang pernah mengatakan begini, ah sama saja merokok dan tidak merokok, badan tetap sehat dan kuat. Tetapi jika Anda mau jujur dan sedikit merenungkan Anda pasti akan sangat setuju perbedaan yang jauh sewaktu masih merokok dengan sesudah berhenti merokok.

Jauh Lebih sehat dan Bugar. Sudah pasti jika Anda berhenti merokok akan ada hasil dan manfaatnya, terutama kesehatan yang jauh lebih baik.

Lebih Percaya Diri: saya berhenti merokok karena saya ingin menjadi majikan bagi diri saya sendiri kata —Henning, denmark.

Sahabat, keluarga dan Orang disekitar Anda akan memperoleh Manfaat. Merokok sudah pasti akan merusak kesehatan bagi diri Anda sendiri dan juga bagi orang lain yang ada di sekitar Anda. Sudah banyak penelitian dilakukan dan hasilnya memperlihatkan kepada kita bahwa menghirup asap rokok orang lain hal ini telah menyebabkan kematian ribuan orang setiap tahunnya karena kanker paru – paru dan juga penyakit jantung—Lembaga Kanker Amerika.

Anda akan menyenangkan Pencipta Anda. Sebuah buku tua (Kitab suci —Alkitab) mengatakan seperti ini “Saudara-saudara yang kami kasihi, biarlah kita membersihkan diri dari setiap pencemaran daging (2 Korintus 7:1) “Persembahkan tubuhmu kudus, diperkenan Allah.” —Roma 12:1

Jika kita lihat dari kata-kata yang dicatat dalam buku tua itu (Kitab Suci —Alkitab) bahwa Pencipta kita sangat mengecam hal-hal yang mencemari tubuh kita. Jika kita mengasihi sesama dan juga Pencipta kita maka kita pasti akan mentaati kata-kata atau perintahnya, karena perintahnya ini masuk akal, jika kita mencemari tubuh pasti akan ada hal yang membahayakan tubuh kita, entah itu efeknya tidak saat ini tetapi pasti—tunggu waktunya saja.

Memang benar hanya sekedar motivasi atau keinginan dari diri sendiri saja untuk bisa berhenti merokok tentu sangat sulit sekali, oleh karena itu kita membutuhkan bantuan orang lain yang bisa menolong kita ini termasuk keluarga dan juga sahabat yang mendukung Anda. Lalu Apa yang bisa mereka lakukan?

 

Cari dan Mintalah Bantuan

 Sama seperti seorang tentara yang sedang berperang kita akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk menang jika kita meminta dukungan atau bantuan dari orang lain untuk melawan musuh. Alangkah lebih bijaksana jika Anda meminta bantuan dari keluarga dan sahabat Anda—atau siapa saja yang kira-kira orang tersebut bisa mendukung Anda dengan tulus dan sabar untuk bisa berhenti merokok.

Coba berfikir siapa kira-kira orang yang bisa membantu saudara, Anda juga bisa meminta bantuan dari orang-orang yang dulunya pernah merokok dan sudah berhenti merokok, karena orang-orang semacam ini sangat berempati, selain itu mereka kemungkinan besar siap untuk mendukung Anda. Dukungan dari rekan-rekan seiman yang memiliki kasih yang tulus bisa memantu Anda berhenti merokok. Memang adakalanya dukungan yang kita dapatkan dari para keluarga dan juga sahabat belum cukup.

Cobalah untuk meminta bantuan dari Sang Pencipta. Seorang Pria yang bernama Bhagwandas mengatakan dia sudah merokok selama 27 tahun, dia sudah melakukan konseling, dia juga berupaya mengurangi teman-teman yang merokok dan sedikit demi sedikit dia juga mulai mengurangi merokok, tetapi semuanya itu sia-sia, tidak ada satupun yang berhasil katanya. Tetapi karena Ia mempelajari Alkitab secara Gratis, dan dia mulai mengetahui bahwa Allah mengecam kebiasaan yang najis dan mulai berdoa Kepada TUHAN agar membantu dia berhenti merokok. Dan iapun berhasil!

 

Bersiap untuk Menghadapi Tantangan Baru

tempel-tanda-dilarang-merokok

image dari jw.org/id

Seperti yang telah kita baca dari pengalaman Yoshimitsu, semua orang yang sedang berupaya untuk berhenti merokok akan mendapatkan banyak tantangan dan juga rintangan. Dan berdasarkan hasil penelitian juga membuktikan bahwa 90% orang yang kembali merokok, pada akhirnya mereka akan meneruskan kebiasaan merokok mereka. Jadi jika Anda saat ini sedang berupaya untuk mencoba berhenti merokok dan melawan rintanganya kemungkinan besar Anda akan berhasil dan bisa berhenti merokok. Namun untuk melawan rintangan itu Anda harus bersiap – siap melawan rintangannya, sama seperti tentara yang melawan musuh, mereka telah bersiap – siap sebelumnya untuk melawan musuh itu. Nah apa saja rintangan yang akan Anda hadapi ketika berupaya untuk berhenti merokok?

Hasrat akan nikotin sangat kuat: berdasarkan pengalaman keinginan untuk merokok timbul dan memuncak dalam 3 hari setelah Anda terakhir berhenti merokok dan akan mereda setelah 2 minggu. “Selama waktu yang kami sebutkan di atas, hasrat ingin merokok sangat kuat dan melanda bagaikan ombak dilaut, kalau kita perhatikan ombak di laut tidak pernah berhenti datang, nah seperti itulah keinginan kita akan merokok selama hari – hari perjuangan Anda mulai berhenti merokok. Setelah sekian tahun berlalu bisa jadi keinginan untuk merokok bisa saja timbul kembali, dorongan itu datang lagi dan lagi, ingat jangan pernah untuk menyerah. Jika Anda menyerah saat ini, maka perjuangan Anda akan jauh lebih berat lagi. Sebagai pengingat, ketika dorongan untuk merokok datang kembali diamlah, tenangkan diri Anda kemudian tunggu sekitar 5 – 10 menit, dan keingingan itupun akan hilang. Coba terapkan hal ini.

Berhenti Merokok Tetapi Gejala Lain Datang: Setiap orang yang sedang berjuang untuk berhenti merokok akan merasa lebih sulit untuk berkosentrasi, mereka juga biasanya akan mengalami bertambahnya berat badan, nyeri – nyeri, gatal dan berkeringat, kadang – kadang batuk juga dan yang lebih terlihat adalah adanya perubahan suasana hati seperti tidak sabar, mudah marah dan depresi. Itu adalah gejala – gejala yang akan timbul akibat Anda berhenti merokok. Tetapi biasanya semua gejala itu akan hilang dalam waktu empat sampai 7 minggu saja.

Nah selama masa – masa ini datang, Anda bisa melaukan beberapa hal praktis ini untuk membantu Anda lebih baik, apa saja itu, sebagai contoh:

  • Tidur lebih lama.
  • Banyak Minum air putih, jus dan makanlah makanan yang Anda suka atau yang sehat.
  • Olahraga yang rutin.
  • Tarik Napas yang dalam di kebun atau taman kota yang sepi bisa juga di tepi pantai dan saat Anda menarik napas bayangkan udara yang bersih yang Anda hirup itu masuk ke dalam paru paru Anda.

Pemicu untuk Merokok Lagi: Berikut ini adalah berbagai macam kegiatan yang bisa menjadi pemicu atau pendorong untuk mengambil sebatang rokok dan mulai merokok. Apa saja itu? Misalnya nih Anda mungkin biasa menghisap rokok sambil minum kopi atau minum – minuman keras. Jika itu yang sering Anda lakukan, ketika Anda sedang mencoba untuk berhenti merokok usahakan jangan minum terlalu lama atau hindari minum kopi berlama lama. Lama kelamaan Anda bisa menikmati minum dengan suasana lebih santai tanpa adanya godain untuk merokok.

Konon (kata konon ini bisa mengartikan benar bisa juga tidak atau belum tentu kebenarannya) keterkaitan psikologis kemungkinan besar bisa tetap ada bahkan lama setelah Anda sudah tidak lagi merokok. Torben mengatakan “19 tahun setelah ia berhenti merokok kadang – kadang ia masih tergoda untuk merokok pada saat dia istirahat atau santai sambil minum kopi.” Yang perlu Anda ketahui secara umum sebenarnya keterkaitan mental antara merokok dan aktifitas lain yang kadang kita lakukan, pada akhirnya akan melemah dan bisa jadi menghilang.

Jika Anda berbicara mengenai Alkohol, bisa jadi saat Anda sedang berupaya untuk berhenti merokok Anda sebaiknya dan seharusnya juga berupaya untuk menghindari teman – teman yang suka minum – minuma alkohol, Anda juga perlu menghindari tempat – tempat yang sering menyajikan minuman keras (beralkohol) karena kalau Anda tidak menghindari teman – teman atau tempat – tempat yang menyajikan minuman beralkohol, kemungkina besar Anda untuk merokok akan jauh lebih besar dan sangat sulit untuk menolaknya. Mengapa bisa demikian, bisa jelaskan alasannya?

  • Jika kita minum sedikit, alkohol bisa membangkitkan rasa nikmat dari nikotin (merokok)
  • Saat acara ramah tamah, pesta perkawinan di kebun atau di pantai banyak orang – orang yang suka minum sambil merokok.
  • Alkohol bisa merusak pertimbangan baik dan bisa mengurangi pengekangan diri. Alasan yang sangat masuk akal yang di sebutkan dalam buku Tua (Kitab Suci atau Alkitab) mengatakan “Anggur menyingkirkan motif baik” —Hosea 4:11.

Pergaulan: Saat kita berteman dengan orang – orang yang merokok atau minum minuman keras Hendaklah Selektif dan bijaksana. Maksudnya adalah Anda perlu menghindari bergaul dengan para perokok untuk sementara waktu dan juga kepada orang – orang atau sahabat – sahabat palsu yang sering kali menjatuhkan kita ketimbang mendukung upaya kita untuk berhenti merokok. Bisa jadi dan seringkali mereka suka mengejek Anda. Ahhh gak gaul loe, ahhh sok alim loe, halah sampai hari ini gue sehat sehat aja dengan merokok…..

Emosi diri: Dari hasil penelitian, dua pertiga orang yang kembali kamuh merasa diri stres dan marah persis sebelum mengalaminya. Jadi jika perasaan tertentu membuat Anda untuk merokok lagi. Usahakan untuk mengalihkan perhatian Anda dengaan minum air putih misalnya, ada juga orang yang suka mengunyah permen karet, yang lain ada yang menghabiskan waktunya dengan berjalan – jalan. Selalulah upayakan isi pikiran Anda dengan hal – hal yang baik, misalnya membaca buku, olahraga, membantu membetulkan pagar atau mengecat rumah orang yang sudah tua. Yang lebih penting adalah Anda harus terus berdoa memohon bantuan TUHAN atau membaca Firman Allah. Mazmur 19:14

Dalih – Dalih Yang Harus Anda Hindari

  • Kan Cuma satu isapan saja
  • Kenyataan: Meskipin Anda berfikir satu isapan tidak apa apa, pada kenyataannya satu isapan rokok bisa memuaskan Anda hingga 50% reseptor nikotin dalam otak kita selama kurang lebih 3 jam. Dampaknya biasanya kita akan kambuh total. Jadi jika ada yang beralasan seperti ini, keterangan ini bisa menjadi hal yang patut kita pertimbangkan.

  • Merokok bisa membuat saya menjadi lebih tenang (menghilangkan stres)
  • Kenyataan: hasil dari banyak penelitian yang telah dilakukan adalah nikotin rupanya meningkatkan kadar hormon stres (nah beda dengan alasan kita ya)

  • Ah sudah terlambat kalau saya berhenti merokok sekarang
  • Kenyataan: kebanyakan orang pesimis akan apa yang sudah mereka rencanakan, biasanya sikap pesimis itu menggerogoti kemauan. Buku Tua (kitab suci atau alkitab) mengatakan, “apakah engkau kecil hati pada hari kesesakan? Kekuatanmu akan kurang.” (Amsal 24:10) Siapapun Anda jika Anda ingin benar – benar berniat berhenti merokok dan mencoba menerapkan prinsip – pronisp praktis yang di sebutkan dalam artikel yang kami tulis ini pasti akan BERHASIL. Jadi pastikan Anda menghindari dan membuang jauih – jauh pikiran yang negatif.

  • Sangat sulit Bagi Saya untuk menahan Gejala akibat saya menghentikan ketagihan.
  • Kenyataan: Kita semua pasti tahu, pastinya akan sangat sulit untuk menghentikan suatu kebiasaan yang buruk apalagi jika itu kebiasaan yang sifatnya mencandu, tetapi semua kesakitan dan keusilitan itu akan mereda hanya dalam beberapa minggu saja, setelah itu Anda memiliki hidup baru yang lebih sehat. Jika suatu saat perasaan untuk merokok timbul kemabli hal itu pasti akan berlalu juga namun kali ini hal itu akan hilang hanya dalam beberapa menit saja tidak seperti awal – awal Anda berjuang untuk berhenti merokok —dengan syarat Anda tidak menyalakan rokok dan mulai menghisapnya lagi.

  • Saya seorang penderita penyakit mental.
  • Kenyataan: Jika Anda memang benar menderita gangguan kesehatan mental seperti skizofrenia & depresi Anda bisa meminta bantuan dokter Anda untuk berhenti merokok. Dokter Anda pasti akan dengan senang hati untuk membantu Anda berhenti merokok.

  • Saya pasti akan kambuh, dan saya pasti akan merasa gagal
  • Kenyataan: Wajar jika Anda sudah berusaha dan tiba – tiba kambuh lagi dan mulai merokok. Tetapi ingatlah situasi Anda itu bukan berarti tanpa harapan. Bangkitlah dan Anda harus teru melangkah maju. Jika Anda saat ini jatuh itu bukan berarti Anda sudah gagal total. Anda gagal 100% jika Anda benar – benar tidak mau bangkit kembali. Jadi teruslah berupaya untuk maju. Akhirnya Anda akan berhasil seperti saya!

Pengalaman ini diceritakan oleh Romualdo, dia sudah merokok selama 26 tahun lamanya, dia berhasil berhenti merokok lebih dari 30 tahun lamanya. Katanya “saya tidak lagi berapa kali saya kambuh untuk merokok lagi.” Dia menambahkan “setiap kali saya kambuh lagi, perasaan saya sangat tidak enak sekali, seolah – olah saya tidak pernah tertolong lagi. Namun dia membulatkan tekad untuk bisa memiliki hubungan yang baik dengan sang pencipta (TUHAN-salinan nama Allah Orang Israel) dan juga sering berdoa untuk meminta bantuan, dia akhirnya berhasil berhenti merokok.  Dari kisah Romualdo ini kita diyakinkan bahwa kita bisa berhenti merokok karena kita mengasihi diri kita dari pencemaran dan bahaya dari rokok.

Dalam artikel selanjutnya yang berjudul “Anda bisa Berhasil Berhenti Merokok” kita akan membahas tentang orang – orang yang dulunya merokok mereka bisa berhenti merokok dan menjadi mantan perokok yang sangat berbahagia termasuk Anda nantinya. jika artikel ini bermanfaat buat Anda dan buat teman Anda, silahkan share kepada mereka agar mereka bisa mendapatkan manfaat dan saran praktis untuk berhasil berhenti merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top