skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Bekerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif

Cara Bekerja dari rumah agar tetap produktif

Cara Bekerja dari rumah agar tetap produktif – Sudah hampir lebih dari 6 tahun saya bekerja dari rumah. Sekarang sejak adanya pandemi coranvirus banyak orang yang harus bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Memang tidak mudah untuk melakukan dan mentaati perintah ini bagi banyak orang. Selain kita tahu sendiri orang Indonesia tidak seperti orang-orang dari bangsa lain yang lebih maju. Banyak rakyat Indonesia yang tidak mempunyai peralatan untuk mendukung bekerja dari rumah dan sekolah dari rumah. DI tambah lagi banyaknya kepercayaan yang semuanya tidak mempunyai tujuan, ketaatan kepada kalangan berwenang yang lebih tinggi dan kurangnya pengetahuan dan juga pemahaman yang sama dan baik.

Memang tidak semua orang saat ini bisa bekerja dari rumah, masih ada yang harus bekerja dari kantor mereka. Bagi beberapa orang lainnya yang tersebar di seluruh dunia sekarang ini mereka sedang menyesuaikan diri dengan cara bekerja yang baru. Jadi saya mencoba menulis dan mengumpulkannya di sini menjadi sebuah tips bagaimana saya tetap produktiv saat bekerja dari rumah – atau di manapun Anda bekerja semoga tips ini bisa bermanfaat buat Anda.

Rancang Tempat Kerja Anda

Banyak orang senang bekerja sambil menempatkan komputer mereka di meja makan atau dapur Anda, beberapa ada yang senang duduk di sofa sambil bekerja. Tetapi tahukah Anda, jika Anda mempunyai tempat khusus untuk Anda bekerja ini bisa membantu otak Anda untuk mengasosiasikan tempat kerja (bau, pemandangan dan mungkin suara-suara) ini akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Coba letakkan beberapa foto keluarga atau teman Anda. Beli mousepad baru yang Anda sukai, atau jika memang ada dana lebih saya biasanya membeli peralatan komputer yang saya suka dan desainnya menarik bagi saya. saya biasanya juga meletakkan beberapa makanan kecil (camilan). Silahkan menghias dan menata ruang kerja Anda senyaman mungkin agar Anda betah berada di sana. Saya sebisa mungkin mengurangi bekerja dengan menggunakan laptop dari tempat tidur karena ini akan membuat saya lebih santai daripada melakukan pekerjaan, itulah mengapa saya menggunakan PC saat bekerja dari rumah.

Gunakan Hangout Meet atau Zoom

Mungkin aplikasi atau software seperti Zoom dan Hangout meet dulu jarang digunakan oleh orang saat mereka kerja. Sekarang ini mau tidak mau Anda mungkin akan jauh lebih sering untuk menggunakan banyak obrolan video dengan menggunakan aplikasi seperti ini. saya secara pribadi menggunakan beberapa aplikasi yang sudah pernah saya bahas di dalam artikel Aplikasi Terbaik untuk Bekerja Online ini. Memang yang menjadi kendala saat kita akan bekerja dari jarak jauh adalah soal koneksi internet. Jika itu yang Anda alami cobalah untuk mematikan video Anda jika belum diperlukan dan menghidupkannya pada saat Anda bicara atau diperlukan. Bisa juga dengan menurunkan kualitas video Anda. ingat ini bukan pertemuan yang formal jadi Anda hanya perlu menyediakan waktu untuk bisa mengobrol satu sama lain.

Berlatih untuk fokus pada satu kerjaan

Pada saat bekerja online salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah membuka tab browser terlalu banyak. Jika itu memungkinkan buka hanya yang Anda perlukan saja dan jika Anda sedang menerima panggilan video tutuplah bagian lain yang tidak diperlukan untuk memperlancar pembicaraan Anda secara online lewat video. Hindari untuk mencoba melihat-lihat status orang lain di Facebook atau instagram selama Anda bekerja.

Lakukan Tugas Anda seperti biasanya

Kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang saat bekerja dari rumah adalah banyak yang senang bekerja dari tempat tidur, bangun tidur langsung kerja lagi di tempat tidur – menurut saya ini cara yang tidak baik untuk tetap membuat pikiran atau mood Anda bagus apalagi produktif. Tetaplah berupaya untuk melakukan rutinitas sehari-hari Anda seperti biasanya, bangun tidur mungkin nyapu, ngepel, mandi, mungkin ada yang memasak dulu, sarapan lalu mulai ke ruang kerja untuk bekerja.

 

Manfaatkan Jadwal Kosong Anda

Hal yang paling bagus kalau kita bekerja dari rumah adalah kita tidak perlu membutuhkan waktu untuk berangkat kerja dengan menggunakan kendaraan ke kantor. Gunakan waktu yang ada ini untuk melakukan kegiatan yang lain misalnya membersihkan rumah, olahraga atau mengerjakan sesuatu yang lainnya. Jadi bisa saya katakan produktivitas adalah bukan hanya tentang apa yang Anda lakukan hari ini tetapi yang paling penting adalah apakah semua pekerjaan itu sudah Anda selesaikan. Bagi beberapa orang ada yang suka bekerja pada malam hari, jika itu yang Anda lakukan cobalah gunakan waktu sore hari Anda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih penting sebelum mulai bekerja pada malam hari.

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda harus bekerja sepanjang waktu

Salah satu hal lain yang juga menjadi masalah bagi beberapa orang termasuk saya adalah untuk mengikuti jadwal kerja seperti di kantor. Karena kantor saya ada di rumah jadi saya selalu tergoda untuk menuju ruang kerja dan bekerja kembali pada malam harinya. Ini adalah cara yang salah dan membahayaka kesehatan kita. Bekerjalah pada jam kerja dan jika sudah habis jam kerja Anda, matikan komputer dan berkumpullah dengan keluarga atau melakukan kegiatan lain yang harus Anda lakukan.

Membuat Daftar Tugas Sehari sebelumnya

Saya biasa mempunyai jadwal yang tertur untuk melakukan pekerjaan saya setiap harinya, biasanya sehari sebelumnya saya membuat apa saja yang akan saya lakukan buat besok. Hal ini sangat membantu saya untuk tetap fokus dan mencapai apa yang menjadi tujuan saya pada hari itu. Memang gak sulit pada awal-awal membuat jadwal ini, tetapi seraya waktu berlalu kita akan terbiasa untuk menjadwalkan pekerjaan apa yang akan kita lakukan untuk besok.

Hindari untuk bermain dengan keluarga pada saat jam kerja

Masing-masing dari antara kita mempunyai fasilitas dan kendala yang berbeda-beda. Ada orang yang hanya mempunyai satu kamar saja dan tinggal di situ selama satu hari penuh. Ada juga yang tinggal dengan istri, anak atau hewan peliharaan mereka dan saya masuk dalam kategori yang ini. kita tidak bisa tidak tergoda untuk selalu bermain-main dengan mereka dan ini menurut saya sebuah tantangan yang sulit. Berupayalah untuk tetap terhubung dengan tim kerja Anda, fokus pada apa yang harus Anda selesaikan dan kerjakan pada hari itu. Tetapi sekali lag setiap orang mempunyai cara yang terbaik untuk membuat pekerjaan mereka berjalan dengan baik dari rumah.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Bekerja dari rumah agar tetap produktif ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top