Kenapa Ada Bunyi Beep Pada Komputer

Bunyi Beep pada komputer Apa Penyebabnya

Ada Bunyi Beep pada komputer Saya.




Sekitar jam 10 pagi seorang teman baik saya menelpon saya, dia bertanya aku tadi menghidupkan komputer tiba-tiba komputerku bunyi beep dan tidak mau menyala atau komputer tetap menyala tapi bunyi tidak mau hilang, itu kenapa ya bro? Pernahkah kalian mengalami hal yang sama dengan yang dialami oleh teman saya? Beberapa pasti menjawab pernah. Pernah tidak kita berpikir bagaimana caranya sebuah komputer kalau dia sakit memberitahu kita? Kalau komputer kena virus pasti sudah jelas kita semua tahu. Tetapi ini yang bermasalah bukan karena virus.

Seperti yang di alami oleh teman saya pada hari ini, komputernya mengalami sakit. Ada Bunyi Beep pada komputernya dia. Teman saya merasa terganggu dengan suar itu, tetapi ada juga mungkin yang cuek saja. Tetapi kebanyakan dari kita pasti akan merasa terganggu dengan suara itu dan mulai bertanya-taya ini kenapa ya dengan komputer saya. Apa yang akan Anda lakukan? Mematikan komputer dan menghidupkannya lagi?

Bagaimana Mengetahui Masalah Bunyi Beep pada Komputer

Untuk mencari tahu mengapa komputer kita mengeluarkan suara Beep biasnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Untuk mengatasi masalahnya Anda akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda ada yang memakan waktu berjam-jam dan ada juga yang hanya memakan waktu beberapa menit saja, semuanya bergantung kepada apa masalahnya.

  1. Hidupkan Komputer Anda atau restart jika komputer Anda sudah hidup.

  1. Dengarkan suara Beep yang berbunyi dengan baik-baik saat komputer Anda hidupkan (mulai boot)

  2. Restart sekali lagi komputer Anda jika Anda ingin mendengarkan sekali lagi suara Beep itu. Ingat Anda tidak akan mengalami masalah yang lebih parah hanya karena Anda harus merestart komputer Anda beberapa kali. Percayalah.

  1. Tulis suara Beep itu untuk membantu Anda mengidentifikasi arti suara Beep, terserah cara Anda bagaimana harus menuliskannya karena ini akan membantu Anda untuk mengetahui bunyi Beep panjang dan pendek berapa kali.

  2. Important:  Memperhatikan atau mendengarkan jumlah bunyi Beep pada PC entah itu panjang atau pendek (atau semua panjang) apakah ada bunyi Beep pada PC lagi atau tidak karena ada perbadaan arti antara bunyi “Beep-Beep-Beep dan Bunyi Beep seperti ini “Beep-Beep”.

    Mungkin Anda bilang ah mana bisa saya membedakan bunyinya, semua bunyinya terdengar sangat sama. Ya memang sedikit mirip dan terdengar sangat konyol untuk mendengarkan bunyi Beep pada komputer kita, tetapi percayalah inilah satu-satunya cara komunikasi komputer kepada kita tentang kerusakan yang sedang terjadi. Jika Anda mengabaikan hal ini bisa jadi Anda tidak bisa menemukan masalah atau kerusakan apa yang terjadi di komputer Anda.

  1. Langkah selanjutnya adalah kita hanya perlu mencari tahu perusahaan apa yang memproduksi Chip BIOS yang ada di komputer Anda. Sayang sekali Industri pembuat komputer tidak pernah mau apalagi menyetujui untuk menggunakan cara yang sama (bunyi Beep yang sama) untuk berkomunikasi kepada para penggunanya jika terjadi masalah, padahal jika ini dilakukan akan membantu kita dengan mudah untuk mengetahuinya.

  2. Cara yang paling mudah untuk mengetahui adalah dengan menginstall salah satu free system information tools, yang akan memberitahu kita dengan benar BIOS apa yang Anda gunakan, AMI, Awar, Phoenix atau yang lainnya. Jika cara ini tidak berhasil pada Anda silahkan menggunakan cara manual dengan mengintip atau melihat secara langsung chip BIOS yang Anda gunakan di motherboard komputer Anda, biasanya nama perusahaan dicetak di sana.

    Important: Pembuat komputer Anda tidak sama dengan pembuat BIOS yang ada di komputer Anda dan pembuat motherborad Anda. Jadi jangan selalu menganggap Anda sudah tahu jawaban yang benar untuk pertanyaan ini. Banyak orang menyamakan hal ini.

  3. Setelah Anda mengetahui perusahaan pembuat BIOS Anda, sekarang kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, membaca panduan untuk mengatasi masalah bunyi Beep pada komputer kita. Silahkan pilih panduan yang ada di bawah ini kemudian klik untuk membaca:

  • AMI Beep – (AMIBIOS) [Artikel sedang dibuat]

  • AWARD Beep – (AwardBIOS) [Artikel sedang dibuat]

  • Phoenix Beep – (PhoenixBIOS) [Artikel sedang dibuat]

Gunakan panduan informasi bunyi Beep khusus yang ada di keterangan itu untuk mengetahui arti dari bunyi BIOS yang dibuat oleh masing-masing perusahaan. Dengan membaca panduan itu Anda akan mengetahui masalahnya pada apa, apakah itu pada RAM, Video card atau masalah pada hardware yang lain.