skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Belum Berani Lepas Jadi Karyawan Ketika Ingin Buka Usaha Sendiri

Belum Berani Lepas Jadi Karyawan ketika Ingin Buka Usaha Sendiri

Kita semua Pasti ingin memiliki usaha sendiri tetapi Belum Berani Lepas Jadi Karyawan ketika ingin menjalankan dan mewujudkan mimpi itu. Ada baiknya dan benarnya juga Anda tidak terburu-buru untuk memutuskan keputusan apapun sebelum Anda menimbang-nimbang dan memastikan semua yang kita rencanakan itu memang akan berjalan dengan baik karena sudah kita persiapkan.

Jangan hanya karena modal Anda sudah banyak dan terkumpul, ide-ide sudah kita buat dan kita rancang dengan matang Anda mau mengundurkan diri sebagai karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang ini.

Semua keputusan yang akan kita putuskan sebaiknya kita pikirkan baik-baik jangan sampai Anda menyesal setelah mengajukan surat pengunduran diri. Agar apa yang akan Anda putuskan tidak menjadi penyesalan alangkah baiknya Anda merenungkan beberapa pertanyaan dan penjelasan yang akan kami bahas dalam artikel kali ini.

Apa Kamu sudah Yakin dengan Usaha Yang akan kamu Jalankan ini?

Sebelum kamu benar-benar terjun ke dunia bisnis sendiri pastikan kamu sudah memulai usahamu sendiri sebelum kamu benar-benar lepas dari karyawan di sebuah perusahaan. Jangan sampai hanya karena tempat kerja Anda kurang nyaman, banyak tuntutan, harus lembur, kerjaannya sangat sulit membuat kamu akhirnya berhenti dan memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Ingat menjadi seorang pengusaha tidak segampang yang Anda bayangkan, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dipikirkan. Jika Anda ingin memulai membuka usaha sendiri Anda harus sudah memulainya terlebih dahulu dari sekarang sebelum Anda keluar dari pekerjaan Anda sekarang ini. Lihat perkembangan usaha yang sedang Anda jalankan, apakah berjalan dengan baik dan akan ada peningkatan atau tidak. Jika di rasa semua sudah baik dan terus mengalami peningkatan Anda bisa memikirkan dan memutuskan apakah saya harus keluar sekarang dari kantor tempat saya bekerja?

Selain itu untuk membuka usaha sendiri Anda harus senang dan bahagia dengan pekerjaan yang akan Anda jalani itu. Karena jika kamu sendiri tidak senang dan tidak yakin kemungkinan besar Anda harus memikirkan ulang ketika Anda ingin mengajukan surat pengunduran diri.

Baca Juga Artikel Kami: Ide Bisnis Yang bisa Mendatangkan Penghasilan untuk menafkahi keluarga

Apakah ini Waktu Yang Tepat?

Menjalankan sebuah usaha sendiri memang membutuhkan perjuangan terutama keberanian. Selain itu Anda juga harus memiliki modal dan memilih waktu yang tepat untuk keluar dari kantor. Ingat setelah Anda keluar dari kantor, Anda tidak akan lagi menerima gaji bulanan, tunjangan dan lain-lain. Bayangkan jika istrimu sedang hamil, atau orang tuamu sedang sakit ada biaya untuk semua itu dan Anda harus menanggunggnya. Apakah Anda sudah siap untuk semua hal itu?

Sudah siap Bekerja Lebih Lama dari sebelumnya?

Yang perlu Anda ketahui adalah saat Anda menjalankan sebuah usaha baru rintisan Anda akan bekerja lebih lama dibandingkan saat Anda bekerja dikantor majikan Anda sebelumnya. Waktu kerja untuk memulai usaha baru tidak bisa terbagi, keputusan apapun yang akan Anda ambil tidak bisa diserahkan kepada orang lain, semuanya harus Anda yang memutuskan.

Tetapi ingatlah semua pengorbanan yang Anda lakukan di awal membangun bisnis baru akan terbayar jika pondasinya sudah Anda bangun dengan kuat. Saat usaha yang Anda jalankan sudah berjalan dengan baik Anda akan lebih banyak memiliki waktu bebas untuk Anda nikmati.

Apakah Kamu di dukung Oleh Keluargamu dalam hal Pendapatan?

Saat Anda mulai memutuskan menjalankan bisnis sendiri pastikan Anda mempunyai dukungan pendapatan cadangan sementara jika bisnis yang Anda jalankan kurang baik. Ini adalah faktor yang sangat penting untuk membuat bisnismu menjadi kenyataan dan berjalan dengan baik.

Pastikan juga Anda memiliki uang tabungan lain selama beberapa tahun jika usaha yang Anda jalankan belum menghasilkan dengan baik. Dan jika kamu seorang kepala keluarga seperti saya pastikan istri Anda mendukung keputusan Anda, karena akan ada waktu berkumpul keluarga yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Jika istri Anda bekerja di kantor orang lain selama Anda mulai mengembangkan bisnis baru Anda, menurut saya itu sangat bagus untuk berjaga-jaga jika bisnis yang Anda jalankan ternyata harus tutup atau berhenti.

Apakah kamu Memiliki Disiplin Yang Tinggi?

Banyak Orang yang berpikir jika kita bekerja sendiri maka jam kerja kita bebas kita yang atur dan kita bebas dari tekanan. Jika itu adalah yang ada dalam pikiran Anda maka saya katakan Anda salah besar. Tujuan kita membuka usaha sendiri adalah kesuksesan. Bayangkan jika Anda memiliki pemikiran seperti diatas? Apakah pada akhirnya Anda akan menjadi seorang pemilik bisnis yang sukses?

Sudah dipastikan TIDAK.

Menjalankan usaha sendiri harus memiliki disiplin waktu yang tinggi dan harus mampu menilai hasil dari apa yang sudah Anda kerjakan. Penilaian itu akan membantu Anda maju dan terus berkembang.

Apakah kamu tahu Kesuksesan dan Kegagalan ada di Tanganmu?

Sukses atau tidaknya sebuah bisnis bergantung di tangan Anda sendiri. Semua keputusan dan hal apapun ada di tangan Anda. Jadi pastika kamu benar-benar bijaksana dan memiliki pengertian yang baik akan semua keputusan saat menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda sendiri.

 

 
Bagaimana Jika Anda Gagal?
Jangan Pernah Menyerah Dengan Kegagalan.

Ada begitu banyak orang yang jatuh bangun saat mereka merintis usaha sendiri, namun yang perlu Anda ambil hal baik dari mereka yang jatuh dan kemudian menjadi orang paling sukses adalah mereka tidak pernah berhenti dan menyerah.

Contoh Orang yang pernah jatuh:

  • Walt Disney pernah dipecat dari perusahan surat kabar karena dia dianggap orang yang kurang kreatif. Meskipun pernah dipecat dia tidak pernah berhenti, dia terus berjuang dan pada akhirnya dia sukses membangun usaha sendiri yang dibangunnya.
  • Bill Gates Pada awalnya juga pernah mengalami yang namanya kegagalan, tetapi kegagalan demi kegalan yang dia alami membuatnya tidak kapok. Belakangan dia mulai dengan usaha kecil Microsoft yang kini menjadi Raja dalam dunia teknologi.

Yang saya sebutkan diatas hanya dua saja sebetulnya ada begitu banyak daftar nama orang sukses yang pada awalnya harus jatuh dulu. Jadi jangan pernah patah semangat jika Anda harus mengalami kegagalan dalam memulai bisnis.

Cara Sukses Memulai Usaha Sendiri.

Untuk memulai sebuah usaha ada beberapa tahap langkah yang harus dilakukan, apa saja langkah dasar yang harus kita miliki?

1 Apa Mimpi Anda

Mimpi yang saya maksud disini bukan mimpi yang aneh-aneh tapi lebih ke arah cita-cita dan harapan yang ingin Anda capai. Saya yakin semua yang akan kita lakukan dan inginkan diawalai dari sebuah mimpi. Dengan memiliki mimpi Anda pasti akan berjuang keras untuk mencapai dan mewujudkan mimpi itu.

Dalam dunia bisnis katanya nih “Sebuah mimpi adalah sebuah awal dari kebangkitan”

2 Apa Ide Usaha Anda

Selain mempunyai mimpi Anda memerlukan yang namanya ide usaha. Dan Ide usaha ini sangat penting untuk menggapai mimpi Anda tadi.

Ide bisa berasal dari mana saja, bisa mulai dari penglihatan, pendengaran dan perasaan.

INGAT:

Jauh lebih baik jika usaha yang akan Anda bangun atau jalankan adalah sebuah usaha yang Anda sukai dan bisa Anda lakukan atau kuasai.

Kenapa begitu?

Contohnya saya ingin membuka perusahaan Advertising, tapi pada kenyataannya saya ini tidak mengerti apa – apa tentang dunia Advertising, seain itu saya juga tidak suka dengan dunia advertising. Hal Ini pasti akan menjadi sulit untuk dijalankan apalagi untuk berkembang.

Kita semua tahu sebuah usaha yang sukses biasanya selalu dibangun dengan semangat dan juga kesenangan. Coba bayangkan bagaimana kita akan semangat 45 untuk membangun dan mengembangkan bisnis kita jika kita tidak menyukai usaha dan bidang kerja itu?

Cobalah mulai bisnis dari hobi Anda. Menurut saya yang namanya hobi pasti suka sekali, gak usah disuruh-suruh pasti akan melakukan apapun yang sesuai dengan hobinya. Jika hobi ini Anda jadikan sebuah peluang untuk dibuatkan sebuah usaha saya yakin Anda akan senang untuk bekerja dan usaha Anda juga pasti akan mengalami perkembangan.


 
Ide Bisnis yang bisa Anda tekuni yang berhubungan dengan hobi:

 
  1. Pelihara burung
  2. Olahraga
  3. Menulis
  4. Photography
  5. Melukis
  6. Desain Grafis
  7. Main Game
  8. Memasak
  9. Pelihara Kucing, Anjing (hewan)
  10. Dll

Untuk menemukan ide bisnis yang bisa dimulai dari diri Anda, Anda harus lebih kreatif dan bertanya

  • Cari tahu apa saja kemampuan Anda
  • Coba kumpulkan apa saja hobi Anda
  • Lihat dan jalan-jalan untuk mencari tahu apa saja yang orang lain butuhkan.
  • Lihat apa yang sedang trend saat ini.
  • Catat jika ada orang yang memuji bakat Anda, Bakat itu bisa Anda gunakan untuk membuka usaha baru.

Selain dari hobi Anda juga boleh mencari ide bisnis lain hanya saja jika usaha itu diluar kemampuan Anda maka Anda harus melungkan waktu lebih lama untuk mempelajarinya dahulu sebelum benar-benar terjun di sana.

3 Belajar dan Belajar

Setelah Anda menemukan ide apa yang ingin Anda jadikan sebuah usaha sekarang waktunya mulai menyisihkan waktu untuk mempelajarinya, hal yang paling baik adalah kita perlu belajar dari orang-orang yang mengetahui dan sudah terjun dibidang itu. Dekati mereka agar Anda bisa belajar dari ahlinya.

Anda harus mengeluarkan modal untuk berguru dan belajar dari orang-orang yang akhi dibidang itu, memang biasanya tidak sedikit biaya yang akan Anda keluarkan untuk belajar, tetapi ketimbang kuliah jauh lebih baik Anda mengikuti pelatihan-pelatihan singkat yang bisa langsung praktek dan mulai menghasilkan uang. Anda juga bisa belajar secara online atau mencari panduan gratis di Internet dan juga YouTube, contohnya seperti channel YouTube submitclimb yang selalu memberikan video tutorial gratis.

4 Modal Tidak selalu Uang

Hampir setiap hari jika kita berbicara mengenai membuka sebuah usaha banyak yang mengeluh soal uang untuk modal membuka usaha. Saya setuju dengan Anda, memang uang kita perlukan untuk modal membuka sebuah usaha baru, tetapi menurut saya yang namnya modal untuk membuka usaha tidak semuanya dimulai dari Uang dulu.

Bayangkan jika uang yang jadi kendala Anda maka jangan harap usaha Anda akan dibuka.

Ingat selain uang untuk modal membuka usaha baru ada hal lain juga yang harus kita siapkan dan butuhkan, apa saja modal itu?

  • Pengetahuan
  • Keahlian
  • Pengalaman
  • Keberanian
  • Konsep Usaha Anda
  • Relasi
  • Kreatifitas
  • Semangat dan semangat

Dari daftar diatas Anda bisa melihat modal untuk membuka sebuah usaha baru bukan Cuma uang bukan, bahkan uang berada dalam urutan yang paling akhir? Nah sekarang pertanyaannya adalah apakah Anda sudah menyiapkan modal yang lain yang ada di daftar yang sudah saya sebutkan itu selain uang?

Jika belum, siapkan modal itu lebih dahulu sambil Anda mengumpulkan uang untuk membuka usaha baru Anda.

5 Mulai Dari Yang Paling Kecil

Kebanyakan orang ingin memulai usaha langsung WAH….. dan ada juga yang selalu mengeluh soal UANG.

Jika itu yang Anda alami cobalah mulai segala sesuatunya dari hal-hal yang paling kecil dulu, yang tidak memerlukan banyak modal tetapi kita senang untuk melakukannya. Seperti yang sudah saya katakan diatas jika kita suka dengan pekerjaan itu maka untuk menjalankan dan mengembangkan usaha itu akan sangat mudah.

Memang semua usaha membutuhkan modal, jika ada yang bilang kita tidak membutuhkan modal bisa jadi kata-kata itu tidak benar. Contohnya website SUBMITClimb ini, pekerjaan saya hanya menulis dan memposting setiap artikel yang saya buat di website ini, apakah pekerjaan ini tidak membutuhkan modal?

Saya Tetap butuh MODAL buat bisa menjalankan pekerjaan ini.

Saya butuh sebuah komputer, saya butuh yang namanya internet dan modem untuk bisa melakukan pekerjaan ini.

TAHUKAH ANDA, sekarang ini hanya dengan bermodalkan sebuah HP atau KOMPUTER dan Internet kita sudah bisa membuka usaha secara online, cukup dengan beberapa stok barang saja awalnya. Anda bisa berjualan di marketplace seperti, Tokopedia dan Bukalapak. Usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil dan mudah. Untuk mempelajarinya coba Anda Baca Artikel Cara Jualan di Tokpedia ini dan Tonton Video Tutorial Cara Jualan di Tokopedia secara online.

Menjual Hasil Kebun

Image by AlexRaths istockphoto

Peluang Usaha Di Luar Rumah – Contoh Usaha dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan asal Anda niat bekerja:

  • Menjaga Rumah atau Villa saat pemiliknya bepergian, entah pulang kampung atau urusan bisnis.
  • Membersihkan pertokoan atau perkantoran sebelum kantor buka atau setelah kantor tutup.
  • Buka Bengkel sepeda atau motor.
  • Pertukangan
  • Bekebun: Menanam dan Memetik Hasil panen
  • Merawat tanaman kantor
  • Membersihkan karpet
  • Mengantar koran
  • Jasa Pindah Rumah
  • Sopir Bus Sekolah
  • Fotografi

Peluang Usaha Di Rumah – ini adalah beberapa contoh atau saran pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari dalam rumah atau manapun Anda ingin bekerja.

Mulai Seriuslah Bekerja.

Setelah Anda menemukan ide dan mengumpulkan semua modal seperti yang sudah saya sebutkan di atas kini saatnya untuk mulai bekerja dengan serius. Jika semua itu hanya ada dalam mimpi Anda dan Anda tidak mau mulai bekerja dengan sungguh-sungguh maka Anda akan seperti ini terus tidak akan menghasilkan dan mengalami peningkatan hidup.

Jadi sekaranglah waktunya BEKERJA.

Pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya, jangan biarkan diri Anda bersantai-santai. Semakin Anda menghargai dan menggunakan waktu untuk belajar dan mulai bekerja Anda akan melihat hasil dengan cepat. Pada awalnya Anda akan sangat sulit untuk mempekerjakan karyawan yang bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan ringan, karyawan Anda saat ini adalah diri Anda sendiri, jadi mulailah bekerja dengan keras dan gunakan waktu sebaik-baiknya.

Jangan CUEK dengan yang namanya Teknologi dan Sosial Media.

Saya sering sekali menemukan usaha yang memang sudah berjalan merasa internet tidak diperlukan apalagi menggunakan sosial media. Semua orang menggunakan internet dan mencari informasi di internet. Bayangkan jika mereka tidak bisa menemukan bisnis Anda di Internet.

Semoga semua informasi dalam artikel Buka Usaha Sendiri ini bermanfaat buat Anda yang baru ingin dan memulai usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top