skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Memahami Berapa Penghasilan Dari Google AdSense Per Seribu Tayang (RPM)

Memahami Berapa Penghasilan dari Google AdSense per seribu tayang (RPM)

Berapa Penghasilan dari Google AdSense – Sebelum benar-benar terjun dan mengikuti program Google AdSense kebanyakan orang akan bertanya terlebih dahlu mengenai “berapa jumlah uang yang akan saya dapatkan dari Google Adsense?” Meskipin ini adalah sebuah pertanyaan yang sederhana dan biasa, menurut saya pertanyaan ini AGAK SULIT DI JAWAB, karena ada banyak faktor yang akan menentukan penghasilan yang akan Anda dapatkan dari Google AdSense. Buat Anda yang baru membaca artikel panduan Google AdSense ini, Silahkan membaca artikel sebelumnya “Kapan Harus Mendaftar Google AdSense.”

2 faktor utama yang akan menentukan besar atau kecilnya penghasilan yang akan Anda dapatkan dari AdSense adalah jumlah impresi yang akan Anda dapatkan dan juga kualitas serta topik dari konten website Anda. Jika penghasildan dari AdSense hanya berdasarkan impresi saja dan tidak dari hal yang lain, maka akan sangat mudah untuk menentukan berapa besar penghasilan yang akan Anda dapatkan secara tetap tentu dari AdSense. Saya yakin sampai di sini banyak yang dibuat bingung dengan jawaban saya. Tapi itu adalah kenyataan dan jawaban yang akan diberikan oleh tim Google juga akan sama dengan jawaban yang saya berikan ini.

Untuk membantu memudahkan Anda memahami apa yang saya jelaskan di sini, saya akan mencoba membantu memberikan beberapa contoh.

Misalnya saja, untuk 1.000 impresi yang Anda dapatkan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan $10. Atau katakanlah website Anda mendapatkan 20.000 impresi untuk setiap bulannya, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan sekitar $200 per bulannya.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah kenapa semua pemilik website atau publisher tidak bisa mendapatkan penghasilan yang sama per 1.000 impresi?

Jawabannya adalah karena setiap pengiklan membayar dengan jumlah yang berbeda-beda bergantung dari topik dan juga kualitas konten website Anda. Ingat! Pengiklan tidak membayar dengan jumlah yang sama untuk mengiklankan iklan pada sebuah website dengan bantuan jaringan iklan. Para pengiklan akan melakukan penawaran pada area-area iklan berdasarkan topik dan juga kualitas dari website tersebut. Mohon bagian ini Anda ingat dan Anda catat.

Sebagai contoh lagi, 1 jaringan iklan bisa jadi terdiri dari 2 pengiklan yang berbeda. Salah satu pengiklan bisa jadi akan mencari tempat untuk mempromosikan kebijakan asuransi melalui iklan di sebuah website. Sedangkan, pengiklan yang lainnya mungkin mencari tempat untuk mempromosikan sebuah produk sikat gigi. Kedua pengiklan ini kemungkinan memiliki model bisnis, margin profit, biaya iklan dan juga strategi yang berbeda. Jika perusahaan asuransi bisa menjual satu kebijakan asuransi saja, maka kemungkinan besar mereka bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Sudah pasti perusahaan asuransi tersebut bisa dan mampu untuk membayar lebih untuk biaya iklan mereka. Misalnya saja, perusahaan asuransi tersebut mampu membayar sampai $10 untuk per 1.000 impresinya.

Sebaliknya sebuah perusahaan sikat Gigi bisa jadi memiliki margin keuntungan yang mungkin lebih rendah dari perusahaan asuransi sehingga tidak bisa menawar dengan harga yang tinggi untuk biaya iklan di Internet. Dari contoh yang saya berikan ini, perusahaan sikat gigi kemungkinan hanya berani membayar $1 saja untuk per 1.000 impresi.

Biaya iklan sebuah website

Sekarang mari kita bayangkan. Jika ada 2 publisher atau penampil iklan yang berbeda. Salah satu dari penampil iklan itu mempunyai sebuah blog yang membahas seputar hukum sedangkan blog yang lainnya membahas seputar kesehatan gigi. Kedua website itu sama – sama mengikuti program Google AdSense. Karena seorang pengiklan hanya mau menampilkan iklan di sebuah website yang sesuai dengan target market mereka, maka perusahaan sikat gigi kemungkinan akan menawar area iklan pada sebuah website yang membahas seputar kesehatan gigi. Sedangkan prusahaan asuransi kemungkinan hanya akan menawar area iklan pada sebuah website yang membahas seputar hukum. Kedua pengiklan tersebut kemungkinan juga akan sama-sama bersaing dengan para pengiklan lain yang bergerak dalam bisnis yang sama dengan harga penawaran yang mungkin tidak jauh berbeda. Misalnya saja perusahaan asuransi dan perusahaan sikat gigi sama-sama memiliki tawaran tertinggi untuks etiap bulannya pada sebuah website yang mereka inginkan. Kemudian bayangkan juga jika masing-masing website tersebut sama-sama menerima impresi yang sama yaitu 20.000 impresi untuk setiap bulannya.

 
pendapatan tiap publisher berbeda beda

Walaupun jumlah impresi yang mereka dapatkan sama, tetapi blog yang membahas seputar hukum akan mendapatkan $200 dari 20.000 impresi yang ia dapatkan karena perusahaan asuransi berani membayar biaya iklan $10 per 1.000 impresinya. Pada waktu yang bersamaan, blog yang membahas seputar kesehatan gigi hanya akan mendapatkan $20 saja dari 20.000 impresi karena pengiklan hanya berani membayar $1 untuk 1.000 impresi.

Dari kedua contoh yang saya tunjukkan ini, Anda bisa melihat bahwa walaupun kedua website tersebut sama-sama mendapatkan jumlah impresi yang sama, namun karena kedua topik website tersebut berbeda, salah satu website mendapatkan penghasilan 10 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan website yang lainnya.

Jadi, dari sini apa artinya hal ini bagi Anda yang menyediakan website untuk menampilkan iklan jika dikaitkan dengan jumlah penghasilan yang akan Anda dapatkan setiap bulannya? Artinya Anda, harus mencoba AdSense setidaknya selama beberapa bulan untuk bisa mengetahui perkiraan jumlah penghasilan yang akan Anda dapatkan setiap bulannya.

Jika saat ini Anda tidak memiliki website dan tujuan Anda hanya untuk melihat seri dari video panduan yang saya buat ini (artikel panduan) untuk mencaritahu berapa sih keuntungan yang akan saya dapatkan dari Google AdSense, Jika penghasilan yang akan Anda dapatkan sangat kecil maka saya sarankan, cobalah untuk mencari perusahaan lain yang mau membayar biaya iklannya lebih besar (topik lain).

Saya akan memberikan sedikit bocoran kepada Anda, biasanya perusahaan seperti yang berhubungan dengan hukum termasuk perusahaan-perusahaan asuransi, biasanya mau mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk biaya iklan online mereka. Tetapi bukan berarti Anda harus membuat website dengan tema-tema seperti itu semua. Tema-tema yang lain juga bagus dan bisa menghasilkan asalkan Anda telaten dan bersabar pada prosesnya.

Ingat, menjadi blogger itu bisa saya katakan membagikan pengetahuan yang Anda miliki kepada orang lain secara Gratis dan Total. Semakin Banyak Anda memberi, semakin banyak yang akan Anda dapatkan.” Ya itu adalah apa yang bisa saya bagikan kepada Anda tentang Berapa Penghasilan dari Google AdSense untuk per seribu tayang. Ingat ya, pembahasan kita belum selesai sampai di sini, karena Kita masih akan melanjutkan pembahasan kita di artikel selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel Berapa Penghasilan dari Google AdSense dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top