skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Belajar Pemrograman Web Itu Tidak Susah Asalkan Anda

Belajar pemrograman Web itu tidak susah Asalkan Anda

Banyak orang akan berpikir seperti ini “belajar pemrograman Web itu susah,” harus orang yang mempunyai bakat dan pinter. Kata-kata ini mungkin terlihat ada benarnya juga, tetapi menurut saya secara pribadi kata-kata ini tidak sepenuhnya benar juga.

Mengapa demikian?

Coba pikirkan hal ini…

…Apakah orang jago pemrograman awalnya sudah jago dan tahu bahasa pemrograman?

Saya rasa mereka awalnya sama seperti kita, hanya orang biasa yang sama sekali tidak mengerti kode-kode bahasa pemrograman. Karena belajar dan tekun akhirnya dia bisa dan jago bahasa pemrograman.

Memang untuk menjadi seorang programmer pekerjaannya jauh lebih sulit dari pekerjaan yang lain. Saya sendiri jika harus bekerja sebagai seorang programmer mungkin tidak mau meskipun saya suka bidang ini. Saya hanya ingin menggunakan pengetahuan dasar saya untuk mendukung pekerjaan saya saat ini.

Jika Anda dan saya ada keinginan untuk belajar dan mau belajar pasti bisa. Sekarang ini untuk menjadi seorang programmer dan belajar bahasa pemrograman ada banyak cara mudah yang bisa Anda tempuh.

Dengan kemajuan teknologi dan kemudahan internet sekarang ini, Anda dimungkinkan untuk belajar secara online. Untuk bisa belajar secara online memang dibutuhkan beberapa peralatan penjunjang kerja seperti:

  1. Internet
  2. Komputer

Cara seseorang dalam menyerap sebuah pelajaran juga berbeda – beda, ini dipengaruhi oleh faktor:

  1. Latar Belakang seseorang
  2. Keadaan ekonomi orang masing – masing orang
  3. Kecepatan masing-masing orang dalam menangkap sebuah pelajaran.
  4. Faktor Lingkungan orang itu.
  5. Waktu yang di miliki masing-masing orang untuk belajar.

Ya jadi itu beberapa faktor yang bisa saya sebutkan, mungkin masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi seseorang tertarik dan cepat dalam menerima pelajaran di bidang pemrograman.

Belajar pemrograman itu memang sangat sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Biasanya seorang programmer itu kerjanya mencari masalah dan sekaligus memecahkan masalah itu sendiri. Ingat seorang programmer tidak bisa bekerja sendiri kalau menurut saya, suatu saat Anda aharus membutuhkan orang lain sebagai tim kerja.

Belajar di Tempat yang Nyaman

Sesuaikan gaya belajar Anda saat mempelajari bahasa pemrograman. Menurut saya ini adalah hal yang juga sangat penting. Karena kalau kita tidak bisa menemukan gaya belajar kita maka kita akan cepat bosan dan akhirnya membuat Anda malas untuk meneruskan pelajaran Anda. Memang tidak ada cara yang benar atau salah untuk belajar, saya punya cara tersendiri untuk belajar sesuatu secara online. Saya biasanya suka belajar menggunakan laptop dari rumah, kebun, taman atau di perpustakaan umum yang bisa membuat saya merasa lebih nyaman dan semangat belajar.

Karena saya suka belajar secara online maka tempat saya untuk mencari bahan pelajaran biasanya saya dapat dari internet. Tempat belajar saya sangat banyak, mulai dari forum-forum, website tempat kursus online seperti Udacity, Udemy, Lynda.com dan juga dari YouTube.

YouTube adalah yang paling favorit buat saya, karena saya bisa mencari masalah apapun yang saya hadapi dan menemukannya di sana, dan ini GRATIS! Memang untuk belajar di YouTube kita harus mengumpulkan dari satu masalah ke masalah yang lain, meskipun ini sulit tetapi Anda bisa menarik manfaat dari setiap video yang ada di YouTube.

Proses sampai Anda bisa menjadi seorang programmer tidak gampang, Anda harus melewati proses yang tidak mudah. Saya bukan seorang programmer dan saat artikel ini dibuatpun saya bukan seorang programmer. Lalu kenapa saya menulis artikel ini?

Saya menulis artikel ini karena saya bekerja untuk Google dalam program Google adsense jadi saya sebisa mungkin untuk membuat artikel-artikel baru entah itu setiap hari atau setiap bulan.

Anda mungkin bertanya lagi, jadi apa yang saya bagikan ini belum tentu bagus dan benar karena saya tidak tahu dan tidak bisa bahasa pemrograman?

Tidak, apa yang saya tulis saya ambil dari artikel dan juga video yang pernah saya tonton, supaya saya bisa mengingat apa yang saya pelajari biasanya saya membuat rangkuman dalam bentuk artikel dan juga video seperti yang sedang Anda baca ini, karena dengan melakukan cara-cara itu saya bisa terus mengingat sekaligus belajar dan juga membagikan pengetahuan dari apa yang sudah saya dapat.

 

Ok saya akan membagikan kepada anda beberapa hal yang bisa Anda jadikan untuk mengawali pelajaran Anda dalam pemrograman.

1# Apa itu Pemrograman

Kita tidak mungkin akan belajar tentang sesuatu jika kita tidak tahu dasar-dasarnya terlebih dahulu. Ini sama seperti kita sedang jatuh cinta pertama. Biasanya kita tidak bisa langsung jatuh cinta begitu saja tanpa menyukai sesuatu dari orang yang kita cintai.

Saya suka dengan gadis-gadis dari China, Taiwan, Jepang dan Korea. Dan kebetulan istri saya dari salah satu negara itu. Karena saya suka makannya saya berupaya untuk mencari wanita dari salah satu negara itu dan akhirnya berhasil menikahinya.

Kita tidak suka akan sesutu karena kita tidak mendalami hal itu dan kita tidak mau tahu hal itu. Dan itu wajar mengapa seseorang tidak mau belajar lebih dalam tentang pemrograman. Coba bayangkan, Anda adalah orang yang menciptakan software yang sekarang Anda gunakan, atau website yang sekarang sedang Anda kunjungi. Bagaimana perasaan Anda jika itu adalah Anda yang membuatnya?

Saya rasa Anda pasti senang, karena semua orang akan menggunakan program yang sudah anda ciptakan dan kemungkinan besar Anda menjadi orang kaya karena menciptakan program itu. Anda bisa membuka sebuah perusahaan dan Anda juga bisa memperkerjakan banyak orang.

Lalu apa itu Pemrograman? Pemrograman adalah proses dimana seseorang melakukan pekerjaan menganalisa dan menterjemahkan algoritma kedalam sebuah bahasa yang disebut pemrograman, atau bisa juga dikatakan sebuah perintah (program) untuk menjalankan sebuah komputer dalam menyelesaikan sesuatu yang kita perintahkan.

2# Cari dan Pilih salah satu Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman itu sangat banyak, jika Anda mampu menguasai semuanya itu sangat bagus. Saran saya kuasai salah satunya terlebih dahulu sebelum Anda mempelajari yang lain. Karena ada begitu banyak sekali bahasa pemrograman yang ada, mulai dari bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat rendah, menengah sampai yang ketingkat paling tinggi. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang bahasa pemrograman di halaman Wikipedia ini.

3# Belajar Pemrograman

Setelah Anda mengetahui hal dasar tentang pemrograman sekarang saatnya Anda untuk mulai belajar bahasa pemrograman itu sendiri. Anda bisa belajar dari buku, Video, atau Audio atau bisa juga melalui artikel yang ada di sebuah website yang dikelola secara pribadi maupun perusahaan.

4# Praktek Membuat Program

Selain membaca panduan dalam bentuk buku dan juga video. Anda harus praktek untuk mengerjakan sebuah program, mulailah dari program-program yang sangat sederhana sekali seperti membuat jadwwal lembur, membuat jadwal pelajaran tertentu atau program lainnya.

5# Informasi Selalu Baru.

Kita tidak bisa hanya belajar sekali lalu tidak belajar lagi. Percayalah ilmu pengetahuan itu selalu baru setiap harinya dan selalu di update setiap harinya. Karena informasi yang kita dapat selalu diperbaharui maka Anda juga harus terus mengupdate pengetahuan Anda setiap harinya dengan membaca dan belajar hal yang baru.

Anda bisa mengunjungi dan mengikuti perkembangan baru di website-website yang memang membahas hal yang sama dengan apa yang kita pelajari. Contohnya seperti SitePoint, Mashable, OMG Ubuntu dan website yang lainnya.

Jadi itu adalah beberapa informasi yang berhubungan dengan Belajar pemrograman Web itu tidak susah. Sebetulnya jika Anda ingin membuat website tanpa harus belajar pemrogramanpun bisa juga seperti menggunakan sistem CMS WordPress yang pernah saya bahas dalam artikel di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top