skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Belajar Google AdSense Untuk Para Pemula

Belajar Google AdSense untuk Para Pemula

Belajar Google AdSense untuk Para Pemula – Saya yakin saat ini setiap Orang sudah bisa menggunakan internet. Saya masih ingat tahun 1997 banyak teman saya yang sama-sama kuliah di Jogjakarta yang belum bisa menggunakan internet bahkan ada juga yang baru pertama kali membuat sebuah email. Saya masih ingat setidaknya ada sekitar 20 orang lebih yang saya ajarkan untuk menggunakan internet, membuat email dan mengirim email. Satu diantara mereka adalah seorang penjaga warung di tempat saya biasa makan siang dan makan malam. Memang sangat sederhana dan basic sekali.

Saat ini hampir semua orang sudah bisa menggunakan Internet. Orang Tua, Remaja dan anak-anak yang masih umur 2 tahun 6 bulan pun sudah bisa dan tahu bagaimana caranya membuka dan menonton YouTube dari Smartphone atau dari tablet orang tuanya.

Meskipun banyak Orang yang bisa menggunakan Internet tetapi tidak semua orang tahu dan bisa memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang, bahkan hanya dari membuat artikel atau membuat sebuah video sederhana. Google AdSense memang sudah lama menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan. Selain itu banyak orang yang ingin mendaftar menjadi publisher Google AdSense. Makannya tidak heran kalau Anda akan menemukan begitu banyak tempat kursus online Google AdSense dan website-website yang membahas tentang Google AdSense di Internet.

Melalui artikel kali ini saya ingin berbagi pengetahuan yang akan membantu Anda untuk memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan Anda setiap bulannya dengan mengikuti program Google AdSense.

Artikel ini sebenarnya merupakan sebuah artikel pendukung dari artikel utama saya yang membahas secara khusus dan lengkap tentang “Kursus Google AdSense Gratis” bersama SUBMITClimb. Silahkan mengunjungi halaman kursus itu jika Anda ingin mempelajari lebih lengkap dan menyeluruh.

Informasi yang terlalu banyak tetapi tidak Lengkap

Setiap harinya ada artikel baru yang ditambahkan ke Internet yang membahas tentang Google AdSense. Orang-orang yang ingin belajar dan mencoba mencari peruntungan dengan mengikuti Program Google AdSense juga semakin banyak setiap harinya. Sayangnya banyak orang yang merasa kebingungan dan tidak tahu di mana mereka bisa mendapatkan informasi tentang Cara Menjadi Publisher Google Adsense dan Cara Menghasilkan uang dari Google AdSense. Meskipun ada begitu banyak website yang membahas tentang Google AdSense orang-orang ini masih bingung karena minimnya informasi yang diberikan di setiap website itu.

Saya bukan seorang yang mahir dan jago di bidang ini. Saya hanya punya sedikit pengetahuan tentang Google Adsense dan sampai hari ini saya masih menjadi Publisher Google AdSense. Dari pengalaman pengetahuan saya yang sedikit itu saya ingin berbagi pengetahuan kepada Anda.

Tempat untuk Bermain Google Adsense

Untuk mengikuti program Google AdSense sebenarnya tidak sulit bahkan bisa kita mulai dari hobby kita atau keahlian kita. Menurut saya yang paling penting dalam mengikuti program Google AdSense adalah ketekunan dan konsisten.

Bagaimana caranya kita bisa mengikuti program Gooogle AdSense?

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk bermain Google AdSense.

  1. Menggunakan YouTube (membuat video)
  2. Menggunakan Aplikasi Android (membuat App)
  3. Menggunakan Website (membuat artikel)

AdSense menggunakan YouTube

Siapa yang tidak pernah mengunjungi YouTube? Saya rasa semua orang tahu dan hampir setiap hari mengunjungi YouTube. Mungkin beberapa dari antara Anda ada yang ingat saat menonton sebuah video di YouTube sering muncul iklan, entah di awal video atau di akhir video. Biasanya si pemilik video atau YouTuber akan memberikan pesan kalau bisa “iklannya jangan di -Skip ya.” Orang ini mengikuti program Google AdSense dengan membuat video di YouTube untuk menghasilkan uang setiap bulannya. Sebetulnya Youtuber ini tidak perlu meminta untuk jangan skip iklan, biarkan saja secara normal.

Sama seperti iklan di koran dan majalah, yang paling penting untuk sebuah agen publishing adalah memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak untuk melihat konten yang mereka buat. Oleh karena itu banyak orang melakukan segala cara untuk membuat dan mendatangkan pengunjung ke channel YouTube mereka. Mulai dari yang benar-benar membuat konten yang serius sampai melakukan cara-cara yang tidak baik dan menyerempet peraturan YouTube.

AdSense menggunakan Android

Sekarang ini era Smartphone. Orang Tua, Anak Muda dan anak-anak kecil sudah bisa mengakses internet dengan menggunakan ponsel pintar dari mana saja. Ini menunjukkan teknologi terus berkembang dan terus bergerak dengan cepat ke arah yang lebih mudah digunakan dan di akses.

Melihat besarnya pengguna Android Google tidak menyia-nyiakan peluang yang ada ini. Hampir semua merk ponsel mau menggunakan Android sebagai sistem operasi di produk yang mereka buat. Google kini bisa meraup keuntungan dengan membuka layanan pemasangan iklan dari setiap orang (Advertiser) yang ingin menggunakan layanannya.

Tidak hanya itu, Google juga memberikan kesempatan untuk para pengembang aplikasi untuk mendapatkan penghasilan dari setiap konten atau aplikasi yang mereka buat.

Kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Google dan pengembang aplikasi. Karena tanpa mereka Google tentu akan kesulitan untuk menempatkan iklan-iklannya.

AdSense menggunakan Website

Cara lain untuk menghasilkan uang dari progra Google AdSense adalah dengan membuat sebuah website. Iklan akan tampil di setiap halaman website Anda. Nanti kita akan membahas lebih lanjut dan lebih dalam tentang hal ini di dalam artikel ini.

Mengikuti Program Google AdSense dengan Mendaftarkan Website

Semua orang bisa mendaftarkan web blog mereka ke program Google AdSense, menurut saya secara pribadi Google tidak memberikan syarat apa-apa sehubungan dengan traffic website yang akan di daftarkan ke program Google Adsense. Karena syarat penting dan dasarnya bukan hal itu. Jadi buat kamu yang websitenya masih belum banyak memiliki pengunjung (traffic) juga bisa mengikuti program ini.

Memang yang menjadi masalah saat Anda mengikuti program Google AdSense dengan website yang masih sepi pengunjungnya adalah hanya pada masalah pendapatan saja (Gaji).

Saat Anda akan mendaftar ke Google Anda akan di minta untuk mengisi form dan setelah itu tim Google akan melakukan review. Jika memang website dan isi konten Anda memenuhi syarat maka Anda bisa mengikuti program Google Adsense dan mulai menghasilkan uang dari sana setiap bulannya.

Mengapa Iklan AdSense Tidak Muncul, Apa yang menjadi Penyebabnya?

Saya sering membaca pertanyaan ini di forum dan juga di group Facebook. Jujur saya katakan, ada banyak sekali yang menyebabkan iklan Google Adsense tidak bisa muncul di website Anda.

Saya bukan seorang yang ahli dan jago. Bahkan saya juga tidak mempunyai kursus online resmi seperti master-master yang lainnya. Saya hanya ingin membagikan pengetahuan saya yang sedikit ini kepada Anda. Iklan Google Adsense tidak bisa muncul memang salah satu kendala yang paling sering di alami oleh orang yang bermain Google AdSense. Pembahasannya bisa Anda baca di artikel Mengapa Iklan Adsense tidak Muncul di website Saya. Silahkan membaca di artikel itu.

Kesalahan Saat Belajar Google Adsense

Saya dan juga Anda mungkin ingin segera menghasilkan uang dari Google Adsense saat mulai mengikuti program Google Adsense. Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang saat masih belajar Google Adsense.

Memang tujuan kita mengikuti program Google AdSense adalah untuk menghasilkan uang dari Google, passive income. Kunci untuk bisa mendapatkan penghasilan secara tetap tentu dari Google AdSense adalah konten dan SEO. Kalau website kita tidak di temukan oleh orang dihalaman depan mesin pencari akan sangat sulit untuk bisa menghasilkan pendatan setiap bulannya.

Jadi hal utama yang harus Anda pelajari adalah SEO. Meskipun Anda tidak jago setidaknya harus tahu tentang dasar-dasar SEO supaya blog yang Anda bangun bisa menghasilkan. Hal inilah yang paling sering dilakukan oleh banyak pemain AdSense pemula:

1. Membuat Artikel yang Kurang Baik

Artikel adalah sumber yang bisa membuat orang mau mengunjungi website Anda dan jika artikel yang dibuat sangat bagus biasanya pengunjung mau berlama-lama berada di halaman website Anda. Bayangkan kalau Anda menganggap bahwa membuat artikel itu mudah bisa jadi Anda jalan di jalan yang salah. Karena untuk menjalankan bisnis AdSense Anda harus siap dalam hal skill dan juga mental. Jika Anda tidak siap dan malas untuk belajar dan bekerja saat menjalankan bisnis Google AdSense maka Anda mungkin akan membuat semuanya berada di tangan orang lain.

Sebagai contoh, Jika Anda tidak menguasai bagaimana cara menulis sebuah artikel yang baik dan tidak mau mempelajarinya kemungkinan besar hasil yang akan Anda dapatkan juga tidak akan baik.

Saya tidak mengatakan saya adalah seorang penulis yang baik. Sampai hari ini saya masih terus belajar bagaimana menjadi penulis yang baik untuk website yang saya kelola. Setiap hari saya terus melatih diri saya untuk menulis. Saya juga bahkan meniru bagaimana orang lain menulis artikel untuk website mereka. Setiap hari saya mencoba menulis artikel dengan panjang artikel setidaknya 1000 kata. Saya tidak mengatakan harus sepanjang itu atau lebih dari itu.

Setiap Artikel yang kita buat berbeda-beda, ada yang membutuhkan penjelasan sampai tuntas sehingga membutuhkan lebih panjang untuk menulis dan menjelaskannya. Tetapi ada juga artikel yang memang pendek karena pembahasannya hanya sampai segitu saja, jadi buat apa menulis artikel lebih panjang kalau penjelasannya memang pendek?

Tulislah artikel sesuai dengan kebutuhannya.

saya tidak mengatakan menulis artikel cukup hanya 300 kata saja. Semua artikel yang kita tulis harus sesuai dengan kebutuhan dan penjelasannya.

2. Hati-hati Saat Membeli Artikel

Kan banyak Jasa penulis artikel. Kita bisa menggunakan jasa mereka kok. Selanjutnya tinggal menunggu hasil kerja mereka dan kita posting artikelnya ke website kita?

Memang ini adalah cara yang akan dilakukan oleh beberapa orang ketika dia:

  • Tidak punya waktu untuk menulis
  • Tidak bisa menulis
  • Sudah kewalahan dengan pekerjaannya

Membeli artikel dari Jasa Penulis Artikel memang tidak salah. Tentunya dengan satu syarat Anda bisa menilai setiap artikel yang mereka tulis untuk Anda. Lihat dan bandingkan setiap penulis yang Anda gunakan. Mana yang paling bagus dan yang paling niat saat mereka menulis artikel. Ketika kamu melihat hasilnya sangat baik, bisa jadi Anda rela untuk mengeluarkan dana yang lebih mahal.

Ada banyak jasa penulis artike murah di Internet. Saya tidak ingin menyebutkan siapa saja. Kebanyakan dari Jasa Penulis Artikel ini, biasanya hasilnya juga akan rendah dengan dana yang kamu keluarkan. Cobalah untuk mengeluarkan sedikit dana untuk mempekerjakan orang lain untuk menulis tulisan yang enak di baca dan bagus.

3. Fokus kepada Traffic

Mungkin Anda sudah tahu kalau Social Media bisa memberikan dampak viral yang sangat bagus terutama Facebook dan Twitter. Cobalah untuk memikirkan untuk mencari dan membuat konten yang bisa menimbulkan viral. Lalau bagaimana kalau kontennya sudah dibuat tetapi tidak viral? Ya tidak apa-apa, kita coba dengan berita yang lain yang mungkin bisa viral.

Mungkin Anda juga menggunakan cara lain yaitu membuat backlink. Website ini dulunya menggunakan backlink yang tidak baik. Saya asal membuat backlink dan sama sekali tidak rapih.

Jika Anda ingin membuat backlink cobalah untuk membangun backlink yang bagus, rapi dan berasal dari website yang terpercaya.

Jangan sampai Anda dipusingkan dengan bagaimana cara mendatangkan traffic source. Cobalah berfokus untuk membuat artikel yang berkualitas yang di dasarkan atas SEO. Barulah setelah itu Anda mulai menerapkan SEO lebih lanjut untuk blog yang Anda bangun dengan cara Organik.

4. Membangun Backlink yang kurang bermutu

Banyak sekali orang yang befokus hanya membuat backlink dan backlink tanpa memikirkan apakah sumber backlink itu bagus atau tidak. Orang-orang yang seperti ini banyak sekali termasuk saya dulunya.

Tetapi setelah waktu berlalu dan terus belajar setiap harinya, saya menjadi lebih paham bahwa saat membuat backlink kita tidak boleh asal menanam backlink di tempat yang tidak jelas. Karena kalau kita salah membuat backlink bisa jadi website kita juga bisa terkena dampak yang buruk.

Membuat backlink memang perlu tetapi bukan asal backlink. Atau Anda bisa juga tergiur dengan Jasa Backlink yang banyak tersedia di forum-forum dan juga di Marketplace, karena harganya murah, dan iming-iming kualitasnya mantab bisa jadi Anda membeli backlink seperti ini.

Jujur saya sekarang sudah jarang membuat backlink sendiri. Saya selalu menggunakan Jasa Backlink dari orang lain. Saat saya membeli backlink saya tahu backlink seperti apa yang akan saya beli dan gunakan untuk website saya. Silahkan membaca penjelasannya di dalam artikel ini.

Sekali lagi, jangan dulu memikirkan soal membuat dan membeli backlink. Fokus saja bagaimana Anda bisa membuat artikel yang bagus dan berkualitas.

5. Optimasi Konten dengan cara-cara yang salah.

Membuat konten dengan tertentu bisa kita buat menjadi lebih panjang dan luas asal kita bisa mem-breakdown setiap tema yang akan kita buat. Setelah itu langkah selanjutnya adalah mulai membuat konten dengan gaya bahasa yang baik dan tentunya enak untuk dibaca.

Menulis konten yang panjang dan bermutu memang sedikit membutuhkan waktu dan juga ketelitian. Jika kalimat yang kita tulis kurang baik, katakanlah kita ulang-ulang di bagian awal dan juga dibeberapa paragraf yang lain tentu ini kurang baik dan akan membosankan para pembaca. Jika yang membaca saja (manusia) bisa tahu apalagi sebuah mesin Google.

Selain itu saat Anda menulis konten jangan menggunakan kata-kata kasar dan hinaan kepada orang lain. Saya sering melihat orang yang JAGO dan PINTAR dalam bidang ini tetapi artikel yang dibuatnya sering menggunakan kata-kata yang merendahkan orang lain, menurut saya konten seperti ini juga kurang baik. Milsanya “Jangan beramal tanpa Ilmu”, “jangan Malas untuk Serach di Google.” Meskipun kalimat seperti itu terlihat biasa, kata-kata itu termasuk kata-kata yang tidak baik dan merendahkan orang lain.

6. Gunakan Template (Theme Website) yang SEO Frinedly

Hal lain yang mungkin sering dilupakan adalah banyak yang menggunakan template tanpa mempertimbangkan user friendly dan juga kecepatan membuka. Sebuah theme yang baik harus lebih mudah digunakan oleh si pemilik website dan juga oleh pengunjung yang mengunjungi website itu, tidak membuat bingung dan enak dilihat. Ini namanya User-Friendly.

Saya pernah mengunjungi sebuah website. Loadingnya lama, banyak iklan dan layout websitenya sangat tidak enak dipandang mata.

Anda bisa menggunakan theme yang gratisan atau yang berbayar. Memang tidak semua theme gratisan bagus. Saat Anda ingin menggunakan theme website gratisan pastikan untuk memperhatikan.

  • Siapa pembuatnya
  • Bersih dan Simpel
  • Mudah digunakan
  • Selalu di update dan
  • Kompatibel dengan plugin yang akan digunakan

Perhatikan Beberapa Hal ini Jika Anda ingin bermain AdSense

Wajar kalau Anda ingin segera bisa menghasilkan uang dari internet. Saya juga seperti itu dulunya. Meskipun bisnis Google Adsense sangat menjanjikan pastikan untuk tidak terburu-buru. Cobalah untuk belajar dasar-dasarnya, paling tidak tahu cara kerjanya.

1. Siapkan Peralatan Kerja Anda

Banyak yang mengatakan bisnis online itu tidak butuh modal banyak. Itu memang ada benarnya. Awalnya memang bisa saja kita memulai bisnis ini dengan menggunakan modal yang sangat minim. Membeli komputer, menyiapkan koneksi internet dan mengerjakan semuanya seorang diri atau dibantu oleh teman hidup Anda. Mungkin Anda bisa menghasilkan uang ratusan atau mungkin ribuan dolar untuk setiap bulannya. (Buat saya ini sudah lebih dari cukup)

Tetapi jika Anda ingin mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih besar dan berkmebang, Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk bisa membangun tim kerja dan biaya operasional lainnya untuk bisa mempercepat dan meningkatkan pendapatan bisnis online Anda. Bukan hanya pendapatan yang akan Anda tingkatkan tetapi reputasi website juga sangat penting.

2. Belajar SEO

Semua pebisnis online harus belajar SEO atau setidaknya memahami SEO– Search engine optimization. Anda tidak perlu menjadi expert, cukup tahu prosesnya dan dasar-dasarnya saja. Ingat saat saya mengatakan Anda harus belajar SEO saya tidak sedang memberitahu Anda tentang proses pembuatan backlink, jumlah kata dalam setiap artikel yang kita buat dan berapa banyak artikel yang sudah kita posting di dalam website kita. tidak hanya itu yang saya maksud, Anda juga harus belajar dan memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat Anda menerapkan SEO di website Anda.

Ingat jangan asal menggunakan theme untuk website AdSense Anda. Gunakan theme yang sumbernya jelas dan bisa dipercaya. Ada banyak theme yang biasanya di susupi script yang bisa membahayakan website Anda. Jadi pastikan untuk benar-benar menggunakan theme yang sumbernya bisa dipercaya.

Menerapkan SEO dengan benar dan yang mengikuti aturan Google hal ini akan membuat website AdSense Anda aman dan bertahan untuk selamanya.

Memang ada banyak faktor yang membuat sebuah website bisa terkena deindex oleh Google. Mungkin Anda sudah membuat artikel sendiri tanpa copy paste atau tidak membuat backlink asal-asalan, tetapi kenapa masih bisa terkena deindex?

Mungkin bisa jadi penyebabnya adalah hal ini:

  1. Menggunakan template website sembarangan. Biasanya kita cenderung mengikuti arus orang. kalau orang bilang A kita akan ikut A karena banyak yang mengikutinya. Jika itu yang terjadi dengan Anda maka Anda harus hati-hati.
  2. Menggunakan script ayau plugin untuk mengakali mesin pencari atau algoritma Google. Contohnya seperti men-generatae artikel dari internet. Buat saya cara ini sudah 100% FATAL PARAH total.

Menerapkan SEO itu memang butuh kesabaran dan bisa kita nikmati dengan jangka waktu yang lama. Jadi nikmati prosesnya santai saja mengerjakannya. Dengan menguasai dan memahami SEO secara utuh Anda bisa tahu mana yang harus Anda buat dan mana yang tidak harus Anda lakukan.

 

3. Bisa Membuat Konten Apapun

Selain bisa membuat artikel dengan menggunakan keyword-keyword yang bisa mendatangkan traffic Anda juga harus bisa membuat konten yang bisa mendatangkan banyak pembaca ke website Anda. Jujur ini memang tidak mudah. Saya saja sampai hari ini harus terus berjuang untuk membuat artikel-artikel seperti ini.

Katakanlah dalam sehari Anda bisa membuat 5 artikel. Mungkin 1 sampai 2 artikel yang Anda buat adalah konten non keyword (konten kreatif) sisanya adalah konten yang dibuat dengan menggunakan keyword.

Untuk bisa menulis seperti ini Anda bisa melihat website-website lain yang ada di internet. Memang penulisan konten non keyword ini sangat bebas, tidak merujuk atas dasar keyword dan traffic yang datang biasanya berasal dari social media.

Konten kreatif ini juga memerlukan teknik yang baik. Mulai dari tulisan, judul dan gambarnya harus bisa menimbulkan rasa ingin tahu, rasa penasaran untuk mengklik. Konten seperti ini harus benar-benar bisa menarik perhatian orang lain yang sedang berselancar di social media. Ketika dia melihat konten Anda mulai dari gambar dan judul harus bisa menghentikan orang itu di konten yang Anda share di social media.

Bisanya konten-konten seperti ini bisa membuat sebuah website menjadi lebih bagus dan mendapatkan jumlah kunjungan lebih besar (traffic). Pengunjung bisa membantu menurunkan bounce rate di website Anda.

Apakah bisa konten kreatif di masukkan keyword juga? Tentu saja bisa dan malah akan jauh lebih bagus. Karena dengan memasukkan kata kunci di dalam artikel itu, nantinya kata kunci itu juga bisa semakin terangkat dan kemungkinan bisa lebih mudah untuk muncul di halaman depan sebuah mesin pencari Google.

4. Perlunya Kesabaran Saat Menjalankan Bisnis Adsense

Saya rasa menjalankan bisnis apapun perlu bersabar saat baru merintis. Saya kalau belanja jajanan di jalan biasanya senang bercakap-cakap dengan penjualnya dan biasanya malah menjadi lebih akrab seperti seorang teman.

Salah satunya adalah penjual cilok. Jujur, ciloknya sangat enak, bersih dan menggunakan bumbu kacang yang pas dan kental. Dia pernah bercerita awal-awal menjalankan usaha ciloknya mau nangis. Sepi tidak ada yang beli. Tidak ada yang beli di sini bukan berarti sama sekali tidak ada yang beli. Ada yang beli tetapi masih sangat sedikit. Malah sering sekali harus membawa sisanya pulang. Boro-boro mau bayar kos, buat makan saja mungkin agak susah. Tapi orang ini tekun, dia bilang dia coba buat ciloknya lebih enak dan menggunakan bumbu yang lebih kental dan mantab. Hasilnya, sekarang dia keluar dagang jam 5 jam 7 atau jam 8 malam sudah pulang ke rumah karena dagangannya sudah ludes terjual.

Sama seperti orang yang menjual cilok itu, Anda perlu bersabar sampai benar-benar menghasilkan dan mengerahkan segala cara yang benar. Jangan selalu tergiur untuk terburu-buru menerapkan cara-cara baru yang diajarkan oleh guru-guru baru yang ada di forum-forum atau di group tertentu.

Cobalah gunakan satu cara saja yang benar-benar masuk akal dan yang sudah terbukti keberhasilannya. Kalau Anda memasukkan semua informasi baru dan mencoba satu-satu nanti bisa jadi Anda tidak melakukan apa-apa, malah diam di tempat.

Ini adalah salah satu penghalang TERBERAT yang harus Anda lawan ketika baru pertama kali memulai sebuah bisnis online. Sekali lagi saya ingatkan, jangan tergiur dengan Screenshot dari guru-guru yang lain. Fokus dengan satu tujuan dahulu baru Anda menjalankan bisnis yang lain.

Bersabar selama merintis bisnis baru memang membutuhkan kerja keras dan juga upaya. Coblah untuk membuat catatan tentang tujuan Anda dan hasil yang ingin di capai dan berpeganglah pada hal itu. Contoh catatan yang bisa kamu buat misalnya seperti ini:

  1. Apakah Anda benar-benar ingin menjalankan bisnis ini?
  2. Apa yang akan Anda capai dari model bisnis itu?
  3. Apa yang akan kamu lakukan dengan website atau bisnis yang kamu jalankan ini?
  4. Hasil seperti apa yang akan kamu capai dari website yang Anda kelola itu?
  5. Hal apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai itu?

Dengan menetapkan tujuan-tujuan seperti itu Anda bisa terus berjalan di jalur yang benar. Langkah selanjutnya adalah mulai bekerja seperti apa yang sudah Anda rencanakan itu dan membuat sistemnya. Mulai dari jam kerja, sistem kerja dan lain sebagainya harus bisa kita taati dan praktekkan. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dari hasil kerja Anda.

Seraya waktu berjalan dan sistemnya sudah terbentuk. Mulailah mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih besar lagi. Membangun tim dengan sistem dan cara kerja yang sudah kamu buat dan jalankan. Akhirnya Anda tidak lagi bekerja seorang diri tetapi akan bekerja bersama tim Anda.

5. Mencari tahu Aset Berharga dan Menyimpannya

Seraya waktu berjalan saya yakin banyak diantara Anda sudah mulai menghasilkan dari Google AdSense. Banyak atau sedikit patut kita sukuri. Jika menurut Anda masih terlalu sedikit Anda hanya perlu meningkatkan kerja Anda untuk mencapai penghasilan seperti yang Anda inginkan.

Saat menjalankan bisnis apaun pasti ada banyak suka dan duka, ada juga hal-hal yang tidak kita duga dan pikirkan tiba-tiba malah datang dengan cara tidak terduga.

Anda mulai memiliki banyak artikel yang bisa mendatangkan sumber traffic ke web blog yang Anda kelola. Entah itu artikel yang menggunakan keyword tertentu ataupun artikel yang dibuat tanpa embel-embel keyword apapun (konten kreatif)

Semua artikel atau konten yang sudah Anda publish ke website Anda adalah sebuah aset yang berharga dan patut Anda jaga.

Percaya tidak percaya. Mungkin Anda akan memiliki satu atau beberapa artikel yang bisa mendatangkan traffic dengan jumlah yang sangat banyak. Bahkan hanya dari satu artikel saja bisa jadi bisa menghasilkan uang sebesar $30 – $100 untuk setiap harinya. Ini adalah sebuah aset digital yang sangat berharga bagi orang-orang seperti kita yang menjalankan bisnis AdSense.

Mungkin ada yang bertanya, di mana saya bisa menyimpan data aset ini? Anda bisa menyimpannya ke dalam file Excel atau tempat lainya yang digunakan untuk menyimpan data atau dokumen penting Anda.

Kita juga bisa menggunakan alat yang sudah di sediakan oleh Google yaitu Google Analytics yang bisa dihubungkan ke akun AdSense Anda. Dengan bantuan alat ini Anda bisa mencaritahu konten apa saja sih yang biasanya paling banyak di kunjungi oleh orang dan yang paling banyak memberikan pundi-pundi uang selama bulan ini. Dengan mengetahui hal itu Anda bisa membuat artikel dan juga strategi baru untuk meningkatkan penghasilan Anda.

6. Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar Termasuk Belajar dari Sesama Pebisnis AdSense

Belajar memang kadang membosankan, apalagi kita sebagai orang Indonesia yang tidak punya budaya gemar membaca seperti negara lain pasti akan sangat sulit sekali untuk belajar dan belajar setiap harinya. Saya secara pribadi terus mencambuk diri saya untuk mau membaca dan belajar hal baru setiap harinya.

INGAT, Kita akan membangun sebuah bisnis, bukan bermain dan iseng mendapatkan uang sampingan. Bagi banyak orang orang AdSense bukan sebuah bisnis, tetapi bagi saya ini adalah bisnis yang besar dan sangat menguntungkan jika kita tahu bagaimana cara bermain dan mengelolanya.

Kita tidak akan membuat sembarangan website untuk bisa menghasilkan uang dengan cepat dengan cara-cara yang kotor atau mencari-cari celah supaya bisa mengakali Google.

Tidak…

Sekali lagi saya katakan kita sedang tidak membuat website seperti itu.

Kita butuh uang dan pekerjaan. Jadi bangunlah Bisnis Google AdSense dengan cara – cara yang benar dan yang bisa menunjang kehidupan kita untuk selamanya.

Anda bisa belajar dari orang-orang yang sudah sukses menjalankan bisnis AdSense atau dari website-website lain yang mengikuti program Google Adsense dengan cara-cara yang benar dan baik. Anda tidak perlu sampai datang ke rumah atau ke tempat mereka berasal. Cukup membaca kisah-kisah yang mereka ceritakan dari internet.

Kalau kita cari di internet ada begitu banyak sekali website yang mengikuti program Google AdSense. Mulai dari yang di kelola oleh sebuah perusahaan sampai yang di kelola oleh perorangan seperti saya. contohnya seperti website BoredPanda yang berani membayar penulis konten tetapnya sebesar 1.800 euro atau kalau kita uangkan ke mata uang kita ini senilai dengan Rp.25 juta rupiah untuk setiap bulannya. Pasti konten yang dihasilkan si penulis sangat luar biasa bagusnya kalau sang pemilik website berani menggaji penulisnya sebesar itu. Selain itu ada juga website yang paling saya suka seperti WikiHow.

Selain itu di Indonesia sendiri juga ada website-website yang mengikuti program Google AdSense, contohnya seperti Merdeka, Tribunnewes, Kompas, Dream.co.id dan juga beberapa website yang dimiliki oleh kly.id (kapanLagi Network).

Lalau kalau website yang di kelola oleh seorang blogger contohnya apa saja? Sebetulnya ada banyak sekali kalau kita mau list ke dalam daftar, saya akan menyebutkan beberapa saja di dalam artikel ini dan sisanya bisa Anda lihat di halaman ini. (buat Anda para blogger, jika website Anda belum di masukkan ke dalam daftar ini silahkan beritahu saya). MaxManroe, SUBMITClimb, MYBALIStory, Liburmulu, Omkicau dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa belajar dari mereka dan melihat website mereka. Coba pelajari bagaimana mereka membuat konten, bagaimana mereka mendatangkan pengunjung ke website mereka dan di mana saja mereka menempatkan iklan dan juga hal lain yang bisa Anda pelajari tanpa tatap muka dan tanpa bertanya ke mereka.

7. Target Keyword-keyword dengan Jumlah pencarian yang tinggi

Sebenarnya tidak ada cara yang lebih baik kalau menurut saya secara pribadi. Semua cara bisa kita gunakan dan mempunyai keunggulannya masing-masing. Beberapa Orang yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis ini dan mendalami SEO mengatakan seperti ini. Coblah untuk mencari keyword dengan search volume yang rendah agar bisa menduduki peringkat atas di beberapa halaman utama mesin pencari kemudian Anda buat konten sebanyak mungkin.

Bagi saya cara ini tidak salah. Saya juga menggunakan cara ini untuk beberapa website yang saya kelola.

Beberapa orang lainnya ada yang mengatakan coblah untuk membidik keyword dengan Search volume yang besar agar Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar juga. Mentarget keyword dengan jumlah pencarian yang tinggi dengan penghasilan $100 perharinya pasti akan sangat berbeda dengan membidik keyword yang jumlah pencariannya sedikit dan penghasilannya $500 untuk setiap bulannya.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan setiap harinya $50 – $100 caranya adalah Anda harus membidik keywor-keyword yang paling populer. Tetapi keyword-keyword seperti ini mempunyai tingkay persaingan SEO sangat tinggi, agar Anda dan saya bisa menang dalam persaingan di keyword seperti ini maka Anda harus membangun sebuah website Authority.

Saat Anda bisa menduduki halaman depan mesin pencari dengan keyword yang jumlah pencariannya tinggi sudah dipastikan Anda akan kebanjiran traffic website.

8. Bangun Bisnis untuk Jangka Panjang Bukan Jangka Pendek

Saya sudah menyinggung sedikit tentang ini di atas. Anda bukan sedang membangun kerja sampingan, Anda sedang membangun sebuah bisnis yang besar. ingat kata-kata saya ini. Jadi sebaiknya lupakan dan jangan pernah menggunakan teknik-teknik yang salah seperti AGC, Membuat backlink spam, mencoba mengakali traffic website, meng-copy paste artikel orang lain dan menempatkan artikel itu di website Anda. Atau Anda menggunakan software untuk meng-generate artikel dari internet agar bisa terlihat unik di mata search engine dan manusia.

Meskipun cara-cara itu bisa Anda lakukan, tetapi waktunya sangat terbatas. Anda bisa meraup untung saat ini untuk beberapa waktu tetapi di waktu yang lain Anda harus memulai kembali dari awal.

Menurut saya cara yang satu ini sangat membuang waktu dan tidak tenang.

Banyak sekali Jasa Backlink dan Jasa Link Building di Internet. Saya sudah menggunakan dan mencoba-coba semuanya. Kebanyakan dari mereka menggunakan cara-cara yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Google. Selain itu link yang merka gunakan kebanyakan adalah link yang tidak bagus (Masuk dalam kategori spam).

9. Menggunakan Template Website

Bagi banyak orang menjalankan bisnis AdSense harus mempunyai template yang bagus dan mempunyai layout yang enak dipandang mata.

Pendapat itu menurut saya bagus sekali. Tetapi jangan terlalu berfokus pada tampilan website Anda. Gunakan template yang sederhana, yang nyaman buat banyak orang saat mengunjungi dan membaca artikel di website Anda. Jadi jangan terlalu pusing dan membuang waktu untuk membuat tampilan website sebagus mungkin.

10. Buat Backlink Sambil Jalan saja

 Percaya sukur tidak percaya ya sudah. Saat ini saya sudah tidak lagi seperti pertama kali saya terjun di bisnis online. Dulu sehabis membuat website biasanya saya langsung membuat backlink untuk website itu selama beberapa bulan. Dan itu saya lakukan setiap hari, dari pagi hingga tengah malam. Bayangkan berapa banyak backlink yang bisa saya buat waktu itu secara manual?

Sangat banyak.

Sekarang saya tidak seperti itu lagi. Tetapi bukan berarti saya tidak membuat backlink sama sekali untuk setiap website yang saya miliki.

Saya lebih berfokus pada pembuatan konten artikel di website saya.

Bahkan saya juga sangat pemilih untuk setiap orang yang saya hire untuk menulis di beberapa website yang saya kelola.

Mengapa saya sangat memperhatikan konten yang bagus dan benar-benar memberi manfaat kepada banyak orang?

Jawabannya karena konten yang bagus mampu membuat orang datang ke website kita dan berlama-lama di halaman tertentu website kita. ini akan membantu Bounce rate website kita menjadi sangat kecil.

Saya ingin mengingatkan kepada Anda!

Waktu kunjungan atau yang disebut juga dengan Time On Site dan Bounce Rate adalah salah satu faktor yang paling penting bagi website Anda untuk menjadi website Authority. Hal ini jugalah yang akan membuat website kita cocok atau tidak berada di halaman depan mesin pencari.

11. Berfokus Pada Satu Website

Saya dulu pernah bertanya kepada sahabat saya sewaktu kami melakukan pelayanan rohani dari rumah ke rumah. Saat istirahat makan sore saya sempat bertanya padanya. Apakah bisa saya hanya mengandalkan satu website dan bisa menghasilkan uang yang agak besar?

Jawabannya bisa.

Sejak saat itu saya selalu berfokus pada satu website sampai benar-benar jadi baru saya akan berpindah ke website yang baru untuk membangunnya sampai bisa menghasilkan.

Meskipun kita bisa membuat banyak website, kalau Anda berfokus hanya pada satu website yang Anda kelola, Anda bisa menghasilkan uang yang cukup untuk hidup Anda.

Saya biasanya mentarget 1 website $300 – $500, ada juga yang saya target sampai $1000 perbulan. Setelah saya mencapai target yang saya tetapkan baru saya membangun website baru dengan target yang baru.

12. Belajar SEO dari sumber yang Benar

Sulit memang menemukan sumber yang benar di Indonesia. Meskipun sulit bukan berarti kita sama sekali tidak bisa belajar di forum dan juga di Group Facebook yang ada di Indonesia.

Cobalah belajar SEO dari beberapa website besar yang ada di luar, contohnya seperti website ini: SEO by the Sea, SEJournal, Seland, Moz, Distilled dan lain sebagainya.

Jadi itu kira-kira yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini tentang Belajar Google AdSense untuk Para Pemula. Meskipun saya bukan orang yang ahli dan punya penghasilan yang besar, tetapi informasi yang saya sampai mudah-mudahan jauh berbeda dengan orang-orang lain yang Anda pernah baca. Dengan mengikuti apa yang sudah saya jelaskan di atas, mudah-mudahan Anda bisa menghasilkan dan membangun sebuah bisnis yang sangat menjanjikan ini.

Jika Anda suka dengan artikel tentang Panduan Belajar Google AdSense untuk Para Pemula dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top