skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Belajar Facebook Marketing Untuk Mempromosikan Bisnis Di Facebook Ads

Belajar Facebook Marketing untuk Mempromosikan Bisnis di Facebook Ads

Facebook yang dulunya hanya digunakan untuk menjalin hubungan dengan teman dan juga keluarga yang jauh dan sudah lama tidak bertemu kini semakin mengalami perubahan dengan sangat pesat. Facebook kini bukan hanya untuk menjalin hubungan dengan teman dan sahabat saja, Facebook bisa digunakan untuk memasarkan produk dan jasa Anda.

 Banyak sekali orang yang membuka kursus online tentang caraya memasarkan produk di Facebook. Jujur saya sendiri sampai kebingungan tutorial dan tempat kursus mana yang harus saya ikuti, karena semuanya menawarkan keunggulan dari program kursusnya masing-masing.

Tutorial-tutorial Facebook yang sudah ada kemungkinan besar juga harus terus di update mengingat Facebook sangat cepat melakukan update. Bahkan kalau Anda tidak sangat hati-hati Anda bisa menemukan panduan-panduan yang sudah kadaluarsa.

Kenapa saya bilang seperti itu?

Karena informasi yang dibagikan di Indonesia tentang Facebook marketing sangat-sangat lambat jika di bandingkan dengan panduan-panduan yang ada di luar negeri.

Selain itu banyak juga yang salah kaprah soal menjual dan mempromosikan produk di social media khususnya di Facebook. Orang biasanya suka berpikir dan melakukan hal seperti ini “Membuat postingan di Facebook profile (Facebook pribadi bukan Facebook Page) dengan menampilkan produk yang mau di jual. Selain itu banyak juga orang-orang yang LANGSUNG melakukan pemasangan iklan di Facebook Ads.

Memang tidak ada yang LARANG juga Anda mau melakukan hal itu.

TAPI. Jika Anda mau tahu, sebetulnya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dan ketahui sebelum Anda benar-benar ingin menggunakan Facebook untuk melakukan promosi.

Beberapa dari antara Anda semua yang saat ini sedang membaca tulisan saya ini, pasti banyak yang sedang mencari tahu dan ingin belajar Facebook Marketing dengan menggunakan Facebook Ads, ada juga yang sedang mencari bahan untuk tulisan dengan teman yang sama seperti yang di tulis di SUBMITClimb.com (buat yang sedang cari bahan tulisan, jangan asal copy paste ya, tulis ulang dengan gaya bahasa kamu). Seperti yang saya katakan di atas, saya dan Anda mungkin menemukan begitu banyak sekali panduan dan juga tutorial tentang Facebook Ads.

Karena saking banyaknya…

Akhirnya, Anda dan saya seringkali di buat bingung, mana yang harus saya pilih dan dan mana yang harus saya ikuti panduannya?

Semoga dengan adanya panduan yang saya buat ini, bisa membantu teman-teman untuk mengerti meskipun apa yang saya sampaikan ini mungkin sedikit meragukan (berbeda) dari apa yang sudah Anda pelajari dari orang-orang lain.

Di sini saya akan berbagi kepada Anda, tentang pengetahuan dasar dan juga tingkat lanjut cara beriklan di Facebook Ads dengan cara yang sederhana menurut cara saya mengajar (membagikannya)

A# Apa itu Facebook Ads?

Meskipun Anda tahu Facebook Ads digunakan untuk beriklan. Anda perlu tahu arti sebenarnya dari Facebook Ads ini.

Facebook Ads adalah sebuah advertising platform milik Facebook. Tugas dan manfaat Facebook Ads sendiri adalah untuk Anda memasang iklan produk atau jasa dan sekaligus menyebarkan isi dari iklan yang Anda pasang di Facebook kepada sebanyak mungkin orang khususnya kepada orang-orang yang berminat dengan produk dan Jasa Anda yang menggunakan Facebook.

Apa itu Facebook Ads

Lalu bagaimana Anda dan saya bisa menemukan orang-orang itu dan memulai memasang iklan dan menggunakan Facebook Ads? Ada dua hal penting yang harus Anda perhatikan saat ingin menggunaan Facebook sebagai sarana promosi Anda.

  • Non teknis
  • Hal yang menyangkut masalah teknis

B# Saya akan menjelaskan mengenai yang pertama dulu, Non Teknis.

1# Cari tahu apa saja manfaat produk atau Jasa yang ingin Anda jual.

Meskipun Anda tahu produk dan Jasa apa yang akan Anda tawarkan kepada orang lain, banyak orang mengabaikan poin yang satu ini. Sering sekali orang-orang termasuk saya dulunya asal main pasang iklan dan asal jual barang atau jasa tetapi tidak memikirkan hal-hal apa saja sih yang menjadi manfaat dari produk dan jasa yang kita tawarkan kepada orang lain.

Mungkin sebagai contoh saya akan memberikan Jasa Pembuatan Website Gratis kepada sebanyak mungkin orang yang ada di Indonesia dan juga di Negara lain. Hal yang harus saya lakukan sebelum menawarkan dan memasang iklan kepada orang lain saya harus duduk diam dan memikirkan tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan itu:

  • Apa saja kelebihan dari Jasa yang Anda tawarkan kepada orang-orang lain itu, meskipun Jasa yang Anda tawarkan itu tidak di jual?
  • Mengapa orang – orang di luar sana yang tidak kenal Anda harus menggunakan Jasa Pembuatanwebsite Gratis dari Anda? Apakah ini Aman untuk mereka dan apakah ini benar-benar GRATIS buat mereka?
  • Sepenting apa Jasa Pembuatan Website GRATIS ini bagi mereka?

Dengan membuat perenungan dan pertanyaan-pertanyaan seperti ini, pasti akan sangat membantu bagi Anda dan juga orang yang Anda target bisa mendapatkan manfaat sekaligus Anda bisa membuat dan memikirkan iklan-iklan seperti apa yang sebaiknya Anda buat di dalam Facebook Ads.

Untuk membangun sebuah bisnis baru dan yang terus berkembang Anda HARUS memikirkan kepada value.

2# Siapa yang PALING UTAMA akan mendapatkan Manfaat dari produk dan Jasa Anda

Sedikit pusing dan berbelat – belit ya kelihatannya. Mau beriklan di Facebook aja harus memikirkan hal-hal seperti itu.

Memang…

kalau Anda mengetahui value apa yang bisa orang lain dapatkan dari Anda ini akan sangat membantu mereka untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Setelah menemukan dan membuat beberapa value yang di dapat, langkah selanjutnya adalah memikirkan siapa saja orang-orang yang akan mendapatkan manfaat dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan ini? Lihat siapa orang-orang yang PALING UTAMA akan mendapatkan dan merasakan manfaat dari jasa ini?

  • Cari tahu umur mereka?
  • Jenis kelaminnya apa?
  • Hobi mereka apa?
  • Apa pekerjaan mereka?
  • Gadget apa yang bisa mereka gunakan?
  • Bahasa utama yang mereka gunakan apa?
  • Dimana mereka tinggal, Indonesia, Bali, Jogja, atau Eropa?
  • Dan lainnya.

Dengan membuat perincian-perincian yang semakin di persempit seperti itu, ini akan sangat membantu Anda dalam membuat iklan yang efektif. Jangan takut untuk membuat daftar perincian seperti yang saya sebutkan dalam contoh di atas, semakin banyak dan sempit Anda membuat asumsi-asumsi seperti itu, maka akan semakin tertarget orang-orangnya.

Ingat Facebook Ads bukan mesin yang canggih-canggih sekali, Facebook Ads adalah hanya sebuah media bagi Anda dan Saya untuk membantu menyebarkan informasi yang ingin kita sampaikan kepada orang tentang produk dan Jasa yang akan ditawarkan. Kalau di awal saja Anda sudah salah menentukan target orang yang mau di sasar, sudah pasti produk atau Jasa yang Anda tawarkan akan tidak mendapatkan respon yang baik dari orang lain meskipun Jasa yang Anda tawarkan itu bagus atau malah 100% GRATIS.

Belajar dari website Orang lain dan juga Testimoni pelanggan. Saya biasanya menyebut istilah itu dengan nama brainstorming. Saya biasanya melakukan riset yang sangat mendetail dan juga memakan waktu yang tidak sebentar. Waktu risetnya santai aja kalau pas kosong saya riset, kalau lagi sibuk saya fokus pada pekerjaan yang sedang saya kerjakan saat itu. Untuk market luar negeri saya biasanya menggunakan website-website ini:

Untuk pasar lokal saya menggunakan:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Kaskus
  • Shopee juga kadang saya gunakan, tetapi karena banyak orang yang mengeluh susahnya menggunakan Shopee jadi saya jarang sekali menggunakan Shopee untuk riset, karena saya sendiri juga merasa agak ribet menggunakan Shopee meskipun saya bisa menggunakan Shopee.

Banyak dari antara kita yang sudah tahu website-website yang saya sebutkan di atas itu. Mungkin ada juga yang berpikir, bagaimana caranya meriset menggunakan website-website seperti itu, dan apa benar-benar memberikan manfaat buat kita?

Tentu saja banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan meriset menggunakan website-website seperti itu. Saya biasanya suka melihat dan membaca tentang testimoni, keluhan, pujian dan juga pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang sering di tanyakan oleh orang-orang di sana. Meskipun ini mungkin terlihat sepele SEKALI tetapi ini memberikan manfaat buat Anda.

3# Harus Mau Belajar Hal Baru Tentang Facebook Ads Meskipun Gaptek dan sudah tahu

Meskipun memasang iklan di Facebook Ads terlihat mudah tetapi sebenarnya tidak mudah. Saya sering mendengar banyak orang yang bilang, wah gak usah ikut kursus, seminar dan belajar sama orang, wong panduannya ada semua di Facebook.

Meskipun itu benar, kita bisa mendapatkan panduan tentang cara menggunakan Facebook di website resminya tetapi jangan pernah menyombongkan diri. Ingat Anda tidak bisa menggunakan Peta yang sudah lama untuk menuju daerah yang ingin Anda tuju saat ini.

Saya sering melihat orang-orang yang punya pemikiran seperti itu, dan saya memperhatikan, saat mereka mulai praktek banyak melakukan kesalahan dan tidak menghasilkan apa-apa.

Jadi cara yang terbaik adalah meskipun Anda bisa mempelajari tentang Facebook Ads melalui website resminya Anda harus membuang pengetahuan itu dan mau belajar dari yang lain. Siapa tahu apa yang Anda pahami ternyata salah besar.

Saya ingin tanya kepada Anda, katakanlah Anda ingin menjadi seorang AHLI BEDAH jantung, lebih cepat mana belajar dengan orang yang sudah pengalaman dan ahlinya langung atau tanpa orang yang mengajarkan?

Saya harap kalian TIDAK MENJAWAB YANG KEDUA. Bisa- bisa orang yang di bedah bukannya selamat malah MATI nanti.

Sebelum Anda masuk ke hal teknis Anda harus mengetahui beberapa hal yang akan saya sebutkan di bawah ini:

  • Perencanaan Iklan: Apa tujuan GOAL iklan Anda, apa yang ingin Anda dapatkan setelah memasang iklan di Facebook?
  • Pahami Cara Memasang Iklan: Saat memasang iklan Anda perlu mengetahui apa itu campaign “Adset” Ads. Belajar Struktur peletakan dasar iklan di Facebook Ads yang benar.
  • Membaca hasil iklan: Banyak yang asal pasang iklan tetapi tidak mempelajari lapordan dari hasil iklan yang di pasang. Pelajari apa arti CTR, CPM, CPC, CTA, WC, VC, ATC dan lain sebagainya. Meskipun ini tidak penting bagi banyak orang tetapi ini sangat-sangat fundamental.
  • Menganalisa Iklan: setiap iklan yang di pasang belum tentu mendapatkan hasil yang bagus, karena itu penting sekali untuk menganalisa iklan. Apakah iklan A masih layak di jalankan atau tidak perlu lagi. Dari menganalisa ini Anda nanti akan mampu memaksimalkan iklan yang Anda pasang agar tertarget tepat sasaran dan tidak MERUGI. Bahkan anda bisa melakukan perencanaan hal apa yang selanjutnya harus Anda lakukan.
facebook ads split test 2

4# Belajar dan Amati Iklan Orang lain

Memasang iklan di Facebook adalah sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk pengembangan diri Anda dan juga bisnis Anda. Cara terbaik untuk bisa membuat iklan yang baik adalah dengan mengamati iklan-iklan yang di pasang oleh orang lain. Coba amati dan pelajari mengapa ada iklan yang bisa mendapatkan RESPON yang baik dan mengapa ada iklan yang TIDAK MENDAPATKAN RESPON yang baik? Apa saja sih yang lagi tren saat ini di pasar online? Mempelajari semua hal kecil dan juga mempelajari kehidupan pemirsa Anda, membeli produk yang akan di pasarkan sebelum benar-benar menjualnya kepada umum adalah hal yang juga sangat penting, melakukan riset sepele seperti ini akan membantu Anda memiliki peluang untuk sukses dalam berbisnis.

Ingat, keberhasilan seseorang dalam menjalankan iklan online bukan karena di tentukan oleh satu faktor saja, saat Anda mengikuti kursus tertentu itu hanya sebuah dasar atau meletakkan dasar saja, sisanya adalah diri Anda sendiri untuk mau mengamati dan melakukan sesuatu dari apa yang sudah Anda pelajari.

Ini sama seperti Anda sekolah dan kuliah, Anda sukses dan pinter bukan karena di sebabkan oleh di mana Anda sekolah, siapa yang mengajar, tetapi juga di sebabkan oleh faktor lain, yaitu diri Anda sendiri, apakah Anda mau belajar dan mengembangkan diri dari peletakan dasar yang Anda dapat di sekolah dan di tempat kuliah dan terus menerus mau mencoba mengembangkan apa yang sudah Anda pelajari.

Sebelum saya masuk ke dalam materi teknis saya akan memberitahu Anda apa saja yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum memulai pemasaran di Facebook Ads.

1# Mencari Facebook Page Pesaing Anda

Mengapa Anda harus capek-capek mencari Facebook page pesaing Anda?

Orang yang sudah sering menggunakan Facebook dan juga baru main Facebook Ads biasanya langsung main hajar, buat status jualan, pasang foto dan iklankan.

Jika itu yang Anda lakukan selama ini maka sudah pasti salah dan kemungkinan tidak bisa menghasilkan dengan maksimal.

Anda harus mempelajari tentang Facebook Ads atau paling tidak ada orang dalam Anda yang harus tahu.

Cara terbaik untuk mengawalinya adalah dengan mengamati iklan yang di pasang orang lain seperti yang sudah saya singgung di atas. Lihat, amati dan tiru.

Bagaimana cara mencari Facebook pesaing Anda?

Saya rasa Anda pasti banyak yang bisa, tentu saja cara pertama adalah melihat siapa saja yang menjalankan bisnis seperti Anda di daerah Anda, kemudian cari dengan menggunakan nama bisnis mereka di Internet dan juga di mesin pencari Facebook.

Silahkan masukkan kata kunci yang ingin Anda cari di kolom pencarian Facebook.

Mencari page saingan di Facebook 3

Facebook akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan apa yang Anda ketikkan. Memang hasil pencariannya tidak sebanyak dan seakurat mesin pencari Google dan Bing. Kita berharap saja semoga di kedepannya Facebook bisa menampilkan hasil pencarian dengan lebih baik, lebih banyak dan tepat.

TUGAS ANDA SEKARANG: Cari saja sebanyak-banyaknya pesaing Anda, jika Anda menemukan silahkan masukkan ke dalam daftar yang Anda buat di Excel atau Notepad. Kemudian lihat satu – satu dari Page yang Anda temukan itu dan pelajari:

  1. Cara mereka membuat postingan dan bisa mendapatkan banyak like
  2. Sesering apa mereka membuat status di Facebook page mereka
  3. Perhatikan juga di jam berapa saja mendapatkan like
  4. Lihat foto profile yang digunakan dan juga halaman bio atau deskripsi

Dengan mengetahui dan mengati pesaing, Anda nantinya bisa membuat konten iklan yang baik dan sekaligus bisa mentarget orang-orang yang me-like page para pesaing Anda.

2# Buatlah halaman Facebook Page Anda semenarik mungkin.

Kalau Anda jualan di toko offline (bukan online) penampilan toko biasanya selalu Anda jaga kerapihan dan kebersihannya. Selain itu biasanya Toko juga di tata dan di hias sedemikian rupa agar orang tertarik dan ingin masuk ke toko Anda.

Buat cover Facebook Page yang menarik 4

Di dalam dunia online juga sama, oleh karena itu sebaiknya Facebook Page Anda di tata dan di desain sedemikian rua supaya orang tertarik dan percaya. Ingat Facebook yang Anda miliki sekarang ini kemungkinan besar adalah Facebook profile pribadi Anda. Jika Anda masih menggunakan Facebook profile maka Anda harus segera membuat Facebook Page untuk bisnis Anda. Untuk membuat Facebook Page Anda cukup klik menu Create Page atau silahkan kunjungi halaman ini untuk membuat Facebook Page pertama Anda.

Silahkan pilih sesuai dengan kategori bisnis Anda. Setiap kategori yang Anda pilih Facebook akan menampilkan fitur yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk memilih sesuai dengan kategori bidang usaha Anda. (Tenang saja, kalau Anda salah pilih nanti bisa di ganti kok kategorinya)

Tips untuk memilih nama page untuk usaha Anda.

  • Gunakan nama usaha atau bisnis Anda, bukan nama pribadi Anda (Pisahkan Facebook pribadi dan Facebook Bisnis Anda)
  • Pastikan untuk tidak menggunakan nama Facebook page dengan jenis produk atau jasa yang akan di tawarkan ke orang lain. Contohnya Jasa Kontraktor, Jasa Pembuat Website dan lain sebagainya.
  • Gunakan nama page yang singkat. (karena memudahkan orang untuk mengingat

Pastikan Anda mengisi dan melengkapi profile Anda:

  • Gunakan foto profile sesuai dengan logo usaha Anda. Pastikan gambarnya mempunyai resolusi yang cukup baik sehingga tidak terlihat buram.
  • Cover Facebook: Gunakan gambar-gambar yang menarik dan pastikan mempunyai resolusi yang cukup baik agar tidak terlihat buram.
  • Isi hlaman About Us. Banyak orang mengosongkan halaman ini karena mereka bingung mau di isi dengan apa. Isi sesuai dengan usaha Anda dengan singkat, jelas dan menjelaskan tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya setelah selesai membuat Facebook page Anda akan di minta untuk langsung memasang iklan. Jangan lakukan. Karena memang belum saatnya Anda memasang iklan.

3# Tips Cara Membuat Post yang baik di Facebook

Bersukur buat Anda yang tidak suka membuat postingan banyak di Facbook karena kalau Anda terlalu banyak membuat post di Facebook dalam satu hari maka hasilnya juga tidak bagus, ini berbeda dengan Twitter. Mengapa kalau kita membuat post banyak hasilnya kurang bagus?

  1. Post yang dilakukan lebih dari 2 kali biasanya akan mendapatkan jumlah like yang lebih sedikit
  2. Pastikan setiap post yang Anda buat harus berkualitas, karena kita hanya membutuhkan satu sampai 2 post saja dalam sehari maka akan jauh lebih mudah bagi kita untuk memikirkan post yang sangat berkualitas agar hasilnya juga berkualitas dan mendapatkan jumlah like yang lebih banyak. (meskipun tidak selalu begitu)

Agar Anda bisa lebih paham silahkan pelajari panduan berikut ini tentang Strategi untuk meningkatkan Follower dan Like di social Media.

Berikut ini adalah tips bagaimana Anda bisa membuat post yang baik untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung.

Setiap Anda akan membuat status atau post jangan hanya membuat status dalam bentuk teks saja, pastikan untuk membuat teks dengan menempatkan satu atau beberapa gambar pendukung, bisa juga menggunakan video atau link website. Saya biasanya kurang suka dengan postingan yang hanya berupa teks saja, mungkin Anda juga sama dengan saya, apalagi kalau postingannya itu panjang, wah tambah malas aja deh untuk bacanya.

Jika Anda ingin membuat post dengan menambahkan video maka sebaiknya video Anda jangan menggunakan URL dari media social lain contohnya dar YouTube, karena Facebook akan menurunkan jangkauan status (post) yang menggunakan URL dari YuTube. Harap maklum karena YouTube pesaing Facebook.

Hal lain adalah kalau Anda ingin membua post dengan menggunakan gambar sebaiknya gambar yang Anda gunakan memanjang atau mendekati persegi panjang (472×394 px) jika ingin lebih dari itu juga bisa asalkan jangan kurang dari itu.

Satu lagi adalah Post berupa link. Anda pasti sering melihat sebuah postingan di timeline Anda seperti yang ada di bawah ini. Post yang menggunakan link (menyertakan) dengan gambar tidur (landscape) akan jauh lebih banyak mendapatkan engagement yang lebih baik dari pada yang lain.

Post Facebook dengan gambar memanjang 5

Posting di waktu terbaik.

Sebetulnya topik ini buat saya tidak terlalu penting, tetapi tidak bisa juga di abaikan.

Mau kapanpun Anda posting status di Facebok bisa saja dan ini bergantung dari siapa audiens Anda.

Kalau Anda ingin men-target orang-orang yang aktif di internet khususnya di Facebook selama sehari penuh, Anda bisa kapan saja melakukan post.

Tetapi secara umum memang ada jam-jam tertentu di mana orang-orang aktif di media social berdasarkan patokan ini:

  • Pelajar atau Mahasiswa: hari kerja, dan pada malam
  • Pekerja Kantor: Pagi hari sebelum berangkat kerja, Jam istirahat makan siang, akhir minggu dan malam
  • Ibu rumah tangga: hari kerja, siang hari dan malam hari

Apa yang saya tulis itu baru hanya mungkin, masih tidak pasti. Untuk bisa mengetahui dengan pasti Anda perlu melakukan beberapa uji coba sendiri, untuk detailnya bisa Anda baca di bagian selanjutnya.

4# Jangan Malu berpartisipasi di grup yang banyak pengikutnya dan yang sudah populer

Setelah beberapa minggu menerbikan post terbaik Facebook page yang Anda buat, sekarang mungkin Anda mulai merasa, rupanya sama sekali tidak ada orang yang mengunjungi dan melihat status yang Anda buat di Facebook.

Bagaimana perasaan Anda saat ini setelah mengalami hal itu?

Sedih iya, lemes juga iya dan mungkin ada yang patah semangat juga.

Sampai titik ini mungkin ada beberapa dari antara kita yang menjadi bingung dan patah semangat. Apakah saya harus teruskan atau saya harus berhenti?

Apa yang Anda rasakan saat ini juga di rasakan oleh setiap orang termasuk saya juga dulunya. Lantas langkah apa yang harus kita lakukan selanjutnya untuk bisa membuat post kita menjadi lebih banyak di lihat oleh orang. jika anda hanya mempunyai strateg seperti itu saat menerbitkan post Anda, mau 1 tahun atau 2 tahun ke depan akan sama aja, meskipun konten yang Anda buat bagus.

Jadi itu adalah sebuah Kesalalahan saat melakukan social media marketing untuk bisnis yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

Di bagian ini saya akan memberikan solusi tetapi bukan solusi yang pasti akan bisa mengatasi langsung. jadi untuk bisa membuat banyak orang mengenal Facebook page Anda terutama postingan Anda maka Anda harus bergabung di tempat di mana banyak orang yang berkumpul di sana.

Cari grup yang cocok dengan bidang Anda dan yang mempunyai banyak pengikutnya. Pastikan bukan yang banyak spamnya.

Biasanya grup Facebook yang bagus seperti ini:

  1. Sering ada orang yang bertanya dan yang menjawab
  2. Setiap post yang di buat selalu banyak like dan juga ada orang yang memberi komentar
  3. Member-member yang ada di sana sering berbagi informasi
  4. Semua post yang ada di grup selalu berhubungan dengan tema grup

Setelah Anda diterima untuk bergabung di grup – grup itu langkah selanjutnya yang akan Anda lakukan adalah berbagi.

Harus Berbagi?

Mungkin ini menjadi pertanyaan Anda sekarang.

Ya, jangan langsung promosi atau melakukan hal-hal yang sangat di benci orang, apalagi kalau anda masih baru dan belum di kenal di grup itu.

Grup yang ada di Facebook kebanyakan di isi oleh orang-orang yang suka melakukan hal yang jelek (promosi – spam) apalagi di grup yang tidak di kelola lagi oleh para pemiliknya.

Grup yang di kelola dengan baik sudah pasti akan di jaga ketat oleh pemiliknya dan banyak peraturannya. Kalau Anda baru bergabung langsung melakukan hal-hal yang di larang seperti promosi bisa jadi Anda akan langsung di depak dari grup itu dan tidak bisa bergabung lagi nantinya.

Jadi usahakan untuk tidak langsung promosi.

Cara terbaik yang biasanya saya lakukan adalah dengan berbagi informasi bermanfaat. Ini bisa dalam bentuk artikel atau panduan dalam bentuk video atau eBook. Anda bisa lakukan ini selama beberapa hari atau beberapa minggu tanpa menggunakan satu link dari website atau akun social media Anda yang lain.

Saya biasanya melakukan hal ini selama 1 bulan, setelah itu baru saya akan mengajak mereka untuk like page yang saya buat. Cara yang paling baik adalah dengan menggunakan eBook (PDF) di file eBook itu saya menyelipkan link URL yang menuju halaman Facebook page saya.

5# Analisa Facebook Page Anda

Saya yakin setelah Anda melakukan cara di no 3 dan 4 secara ruitn baik itu membuat status (post) secara teratur dan juga ikut berpartisipasi di dalam grup-grup yang ada di Facebook Anda akan mulai bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik (interaksi)

Dari sini Anda akan bisa melihat bahwa ada post yang bisa mendapatkan interaksi banyak dan ada post yang interaksinya tidak terlalu banyak. (Baik itu like, share dan juga komentar)

Apakah ini kebetulan saja?

Tentu tidak!

Memang ada beberapa post yang bisa membuat orang tertarik dan ada post yang tidak bisa membuat orang tertarik.

Dari hasil yang Anda dapatkan itulah yang harus Anda pelajari.

Untuk bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan seperti Like, Share, Komentar, Pembeli dan Pengunjung, maka setiap Anda akan membuat post baru, pikirkan dengan matang post yang seperti apa yang mereka sukai. (Ini bisa Anda tahu dari post yang sudah Anda pernah buat)

Untuk itu maka Anda perlu menggunakan fitur Facebook page untuk mengetahui dan menganalisa post seperti apa yang bisa mendapatkan like, share dan komentar yang baik.

Anda bisa mengunjungi menu “Insight

Analisa Facebook Page 6

Sudah pernah membuka dan melihat menu yang ada di sana?

Jika ini baru pertama kalinya untuk Anda maka segera pelajari dengan mengunjungi halaman Insight Facebook page Anda. Di sana nanti ada hal yang bisa Anda pelajari dan analisa:

  1. Jam berapa orang-orang yang menjadi follower Anda yang online
  2. Setiap hari apa yang paling banyak orang online
  3. Pelajari post mana saja yang paling banyak mendapatkan interaksi
  4. Pelajari juga post mana dari saingan Anda yang paling banyak mendapatkan interaksi terbanyak

Untuk poin no 4 Anda bisa menggunakan fitur yang sudah di sediakan oleh Facebook, silahkan mengunjungi menu Post lalu klik Top Posts from Page you Watch.

Top Posts from Page you Watch 7

Sekarang Anda sudah mendapatkan data-data yang sangat dasar dan penting. Lalu langkah selanjutnya adalah silahkan Anda membuat rencana pembuatan konten yang baik untuk setiap harinya.

6# Optimasi Facebook Page anda untuk Search Engine

Kita akan membahas masalah Facebook page yang mudah ditemukan oleh orang lain. Meskipun ini masih di daerah abu-abu (perlu atau tidak) tidak salahnya kita menerapkan SEO untuk Facebook page bisnis kita.

Buat Anda yang sama sekali belum tahu apa itu SEO saya pernah menulis hal ini “Apa itu SEO” dan “Panduan SEO untuk Pemula

Saya sarankan untuk membaca artikel itu dulu, baru Anda melanjutkan apa yang saya bahas di artikel ini.

Ok kalau Anda sudah membacanya mari kita lanjutkan.

Saya sebetulnya tidak mengoptimalkan SEO di Facebook seperti saya mengoptimalkan sebuah website.

Mengapa?

Karena Facebook ini bukan punya saya, jika saya melakukan kesalahan dan aku saya di tutup maka sia-sia waktu, tenaga dan uang yang saya keluarkan untuk mengoptimasi Facebook secara berlebihan.

Istilahnya saya adalah RUGI BANDAR.

Yang perlu Anda perlu tahu dan pahami adalah saat seorang mengunjungi halaman Facebokk page Anda, mereka bisa dengan mudah mendapatkan informasi utama yang ingin mereka dapatkan dan ingin Anda bagikan.

Nama Facebook Page

Jangan menggunakan nama sembarangan untuk Facebook page Anda. Gunakan nama yang sesuai dengan nama bisnis Anda. Apakah bisa menggunakan nama bisnis dengan menambahkan dengan keyword yang mau kita target?

Tentu saja bisa…

Asalkan itu tidak terlihat aneh.

Contohnya misalnya saya punya jasa desain grafis dan ingin menggunakan nama saya sebagai brand dari usaha saya ”Pramono Desain” nama ini masih terlihat baik dan tidak aneh.

Lalau saya punya jasa pembuatan website, jika saya menggunakan nama saya dan jasa yang ingin saya tawarkan maka akan menjadi seperti ini “Pramono – Pembuatan Website”

Bagaimana menurut Anda?

Buat saya nama itu sedikit dipaksakan sekali bukan?

Jadi meskipun penggunaan nama keyword bisa kita gunakan saat pemilihan nama Facebook page Anda usahakan itu tidak terlihat aneh.

Dan satu lagi yang sering saya perhatikan di Facebook page orang adalah banyak yang menggunakan kata-kata seperti ini: Jual, Beli Jasa dan lain sebagainya. Pastikan untuk tidak menggunakan kata-kata seperti itu.

Meskipun untuk pencarian di mesin pencari menggunakan kata itu lebih mudah untuk di temukan oleh orang lain. Penggunaan nama Facebook page yang seperti itu akan terlihat seperti tidak meyakinkan dan tidak profesional.

Untuk URL page sebaiknya menggunakan yang sesuai dengan nama brand Anda bukan nama Anda. Lalau bagaimana kalau seandainya nama BRAND yang sudah Anda gunakan tidak ada lagi?

Gampang, Anda hanya perlu menambahkan kata kunci sesuai dengan bisnis Anda. Seperti “Pramono desain” atau Anda juga bisa menggunakan kata kunci lokal yaitu nama daerah Anda. Pramono Bali misalnya.

Kolom About

Untuk kolom halaman About ini sebaiknya Anda isi karena ini sama seperti sebuah meta description. Pastikan untuk memasukkan 1 keyword yang ingin Anda target ke dalam kolom deskripsi Facebook page Anda. Dan buat juga deskripsi yang mampu mengundang orang untuk mengklik.

Mengisi Alamat dan nomor telepon

 

Saya paling malas mengisi halaman ini, alasanya apa yang saya tawarkan tidak mengharuskan saya untuk bertemu dengan banyak orang, semua bisa dilakukan secara online.

Tetapi sekali lagi, Anda wajin untuk mengisi kolom yang satu ini.

Untuk SEO lokal, biasanya mesin pencari akan menggunakan no telepon lokal untuk memberikan peringkat di mesin pencari. Maka Facebook akan mengutamakan page yang memang berada di kota yang sama dengan usaha yang di jalankan.

7# Persiapan Menjalankan Facebook Ads (Hal Teknis)

Bagaimana, apakah anda sudah lelah untuk terus membaca artikel saya? saya sengaja membuatnya sepanjang dan sedetail mungkin agar bisa membantu Anda mengerti semua hal tentang Facebook Ads. Kita akan mulai masuk dalam pembahasan teknis, tapi seblum itu ada hal yang harus Anda persiapkan:

  1. Mempersiapkan business manager
  2. Membuat akun untuk iklan
  3. Sipakan metode pembayaran Facebook page Anda
  4. Mulai belajar beriklan

Ke empat hal itulah yang akan kita pelajari dan kita bahas satu persatu. Pastikan Anda membuat catatan di buku agar Anda mudah untuk mengulang pelajaran Anda.

1.1# Membuat Persiapan business manager Facebook Page.

Mungkin buat Anda yang masih baru akan bingung dengan istilah ini. Jadi Business Manager adalah tempat di mana nantinya Anda dan saya akan mengelola akun Facebook Ads. Cara membuatnyapun sangat mudah, seperti Anda membuat akun email dan Facebook. Untuk membuatnya slahkan kunjungi halaman Business.facebook.com nanti setelah sampai di sana Anda hanya perlu melakukan pendaftaran saja. Tidak usah terus membaca, sekarang lakukan saja seperti yang saya katakan melalui tutorial ini.

Oh iya ada yang hampir lupa saya katakan, saat kita akan menjalankan iklan di Facebook ada dua hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Anda bisa menggunakan akun personal
  2. Anda bisa menggunakan akun Business Manager

Meskipun bisa menggunakan keduanya, jauh lebih baik untuk menggunakan akun Business Manager. Dengan menggunakan akun Business Manager Facebook Ads ada fitur-fitur yang nantinya akan sangat membantu Anda dalam mengelola iklan-iklan Anda.

1.1.a Mengetahui ID Business Manager Anda

Setelah Anda mendaftar membuat akun Business Manager. Cobalah untuk login. Silahkan lihak kota URL yang ada di browser Anda. Catat business ID Anda.

Mungkin ada yang bertanya, apa itu Business Manager ID dan apa kegunaannya? Bisa kita istilahkan ini seperti sebuah no identitas yang ada di KTP Anda. Nanti ID yang di berikan Facebook ini akan banyak kita gunakan.

ini ID Business Manager Anda 8

1.1.b Belajar dan Mengenal Business Manager

Untuk bisa mengenal seseorang maka kita harus sering bergaul dengan orang itu. Di dalam bisnis online juga sama. Anda perlu mengetahui segala hal yang ada di dalam dasboard business manager Anda.

tombol home business manager 9

Pencet saja tombol dengan logo Facebook yang di pojok kiri atas itu, ini adalah halaman home Facebook Business Manager Anda.

1.1.c Hal Pertama yang harus dikunjungi saat Masuk Ke Business Manager

Setelah langkah di atas sekarang langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah menuju “Business Manager Setting”. Ini adalah menu yang wajib Anda tahu selanjutnya.

tombol home business manager 10

1.1.d Pelajari untuk membaca peta di Facebook Business Manager

Di dalam Facebook Business Manager ada beberapa menu yang harus Anda hafalkan dan tahu fungsinya untuk apa. Memang Facebook mempunyai panduan yang bisa Anda baca dan pelajari sendiri. Biasanya orang yang belajar akan memakan waktu lebih lama jika di bandingkan dengan orang yang belajar dengan orang lain. Jadi silahkan terus kunjungi website SUBMITClimb dan juga subscribe Channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan informasi dan tutorial terbaru.

halaman dalam business manager settings FB Ads 11

Dari gambar yang Anda lihat itu ada beberapa hal yang mau saya kasih tahu kepada Anda:

  1. People. Yang ada di sini adalah semua orang yang sudah tergabung dalam business manager Anda. Setiap bisnis mempunyai pemimpin (bos) dan karyawan. Anda bisa menentukan siapa saja yang akan menjadi Bos di dalam business manager Anda atau yang dikenal juga dengan admin. Dan karyawan dari perusahaan penyebutannya di juga sama, orang yang menjadi karyawan di business manager Anda disebut dengan Employee. Dengan fitur ini Anda bisa memasukkan karyawan Anda untuk mengelola iklan dan akun Anda. Untuk memulainya sebaiknya Anda sendiri dulu yang menjadi Admin.
  2. Pages. Ini adalah halaman page bisnis Anda (Aset bisnis) di dalam page ini Anda juga bisa memasukkan beberapa orang untuk mengelola page Anda.
  3. Ad Accounts. Ini adalah tempat di mana Anda dan saya akan menjalankan iklan. Saat ini yang perlu Anda pelajari dan tahu adalah hafalkan dulu di mana saja tempatnya dan fungsinya untuk apa. Nanti saya juga akan memberitahu kepada Anda tentang caranya membuat atau mempersiapkan akun iklan Anda. Hafalkan menu ini: Business Settings > People & Assets > Ad Accounts.

1.2# Mempersiapkan Ad Accounts Anda

Untuk mempersiapkan Ad Account sangat mudah sekali, silahkan simak panduan berikut ini:

1.2.a Masuk ke menu Business Settings > Accounts > Ad Account

Di dalam sana Anda bisa melihat akun pribadi Anda. Jika Anda baru pertama kali membuat Business Manager, maka Anda tidak bisa melihat akun apapun di dalamnya. Jangan khawatir saya akan membantu untuk membuatkannya langkah demi langkah.

mempersiapkan Ad Account Facebook Ads 12

Yang Anda lihat di atas adalah tampilan Business Settings yang sempat saya bilang di atas untuk di amati terlebih dahulu. Kita akan membahas 4 hal di sini nantinya.

1.2.b Membuat Ad Account Facebook Business Manager

Di kotak yang paling atas Anda bisa melihat menu Add New Account atau ADD (Untuk versi yang terbaru). Silahkan klik menu itu dan nanti akan muncul kotak menu seperti yang ada di bawah ini:

Membuat Ad Account 13

Jangan bingung-bingung silahkan pilih saja yang Create a New Ad Account. Nanti Anda akan melihat menu seperti yang ada di bawah ini:

Create a New Ad Account FB Ads 14

Selanjutnya silahkan mengisi menu-menu yang ada lihat selengkap mungkin:

  • Ad Account name: silahkan isi sesuai dengan keinginan Anda
  • Advertising on behalf: Silahkan pilih nama business manager Anda (Default)
  • Time Zone: pilih sesuai Anda mau beriklan, jika Indonesia isi dengan Indonesia)
  • Currency: Isi dengan rupiah dan cintai rupiah selain itu lebih aman untuk urusan pajak dll.
  • Payment: ini yang paling banyak di takutkan oleh orang, tenang sekarang ada pilihan untuk pembayaran lewat bank lokal. (untuk sementara Anda abaikan saja dulu)

Sudah ok dengan semua yang Anda isi? Jika sudah silahkan Anda klik Create Ad Account. Jika Anda di Approve Anda akan melihat menu seperti yang ada di bawah ini:

Create Ad Account 15

Di sini Anda bisa memilih siapa saja yang akan menjadi Admin. Ikuti caranya sesuai dengan gambar yang saya cantumkan.

  • Ganti saja default role menjadi admin business manager Anda
  • Centang nama Anda sendiri
  • Klik save changes

Sudah begitu saja caranya Anda membuat Facebook Ad Account.

tampilan setelah membuat ad account 16

Lihat yang saya tandai:

  1. No.1 adalah Ad Account number. Ini beda dengan Business Manager ID yang sebelumnya saya sebutkan. ID Business Mnager adalah seperti sebuah payung yang akan menaungi banyak Ad Account Anda.
  2. No 2 ini adalah sebuah link yang akan membantu Anda menuju ke halaman dasboard Ad Account Anda.

1.2.c Membuat Pixel

Banyak yang bingung soal fitur yang satu ini. Kalian perlu tahu kalau fitur yang satu ini sangat penting untuk membuat setiap iklan yang akan Anda pasang. Saya tidak akan menjelaskan secara detail di artikel ini nanti akan menjadi sangat panjang sekali. Intinya Pixel ini sangat penting dan harus Anda pasang dan siapkan sejak awal (khusus buat mereka yang sudah punya website, tapi tenang aja yang belum punya website juga masih bisa pasang iklan kok).

Membuat pixel di FB Ads 17

Saat Anda membuat Facebook Business Manager, nanti akan muncul menu seperti yang ada di gambar yang di atas itu, kalau baru buat pasti pixelnya akan kosong, nah kita akan membuatnya. Caranya adalah Business Manager Setting > Data Sources > Pixel (punya Anda pasti masih kosong)

Jangan takut, silahkan aja klik ADD. Jika sudah nanti akan muncul menu popup seperti yang ada di gambar ini. Klik Next.

Menambahkan Pixels 18

Nanti setelah Anda klik Next akan muncul lagi keterangan seperti yang Anda lihat di bawah ini:

klik saja pixel 19

Ikuti saja perintahnya untuk klik continue. Setelah itu nanti Anda akan di hadapkan dengan pixel yang sudah Anda buat. Kalau Anda lihat di dalam dasboard Anda masing-masing, nanti Anda akan melihat seperti ada bulatan merah, seperti sebuah peringatan. Jangan takut. Itu artinya PIXEL yang Anda buat sama sekali belum digunakan atau belum Anda install ke dalam website yang Anda miliki. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan pixel itu ke akun yang sudah Anda buat tadi. Mungkin Anda bingung bagaimana cara menghubungkannya?

Gampang, silahkan lihat langkah selanjutnya ini.

1.2.d Menghubungkan Pixel dengan akun Facebook Ads

Kalau Anda lihat di gambar sebelumnya, Anda bisa melihat ada menu yang bertuliskan Assign Ad Accounts. Silahkan langsung klik menu itu. Nanti setelah Anda klik Anda akan melihat tampilan menu seperti yang ada di bawah ini:

menghubungkan pixel 20

Silahkan pilih akun yang sudah tadi Anda buat. Lalu selanjutnya adalah tinggal klik Save Changes. Sudah Anda sudah selesai membuat dan mempersiapkan Pixel Anda. Bagaimana, sangat mudah bukan?

1.3 Menyiapkan Metode Pembayaran Iklan

Langkah selanjutnya sebetulnya bisa kita buat setelah kita memasang iklan. Tapi tidak apa-apa kita akan langsung mempersiapkannya sekarang juga untuk mempermudah pembayaran Anda. Facebook sekarang punya beberapa pilihan yang mempermudah Anda untuk membayar iklan yang Anda pasang. Anda bisa membayar melalui kartu kredit dan juga kartu debit Anda. Jangan khawatir Anda juga bisa membayar dengan cara sistem transfer ke Bank Lokal. Jadi tidak masalah Anda tidak punya kartu kredit.

1.3.a Membuat Metode Pembayaran

Silahkan masuk ke halaman dasboard business settings. Untuk menyiapkan pembayaran Anda, nanti Anda hanya perlu mengunjungi menu pembayaran. Saya sih biasanya tidak melakukan setting ini. Saya biasanya setelah membuat iklan lalu masuk ke pembayaran di sanalah saya akan memilih metode pembayaran saya. Tujuannya supaya saya gonta-ganti metode pembayaran saya.

Tapi tidak apa saya akan tetap mengajarkan bagaimana caranya membuat metode pembayaran default yang Anda sukai. Silahkan klik menu Payment. Tampilannya akan seperti gambar yang Anda lihat di gambar.

Menambah Pembayaran FB Ads 22

Di sebelah kanan Anda bisa melihat ada menu Add. Klik saja menu atau button itu lalu nanti akan muncul tampilan seperti gambar ini.

Select Payment Method FB Ads 21

Silahkan Anda atur:

  • Billing country: Sesuai Negara Anda
  • Currency: Indonesia (Contoh)
  • Masukkan detail card number yang Anda miliki.

1.3.b Menghubungkan Metode Pembayaran dengan Ad Account Anda

Anda boleh mengikuti panduan yang ini atau tidak. Saya biasanya tidak menghubungkan. Untuk menghubungkan metode pembayaran ada beberapa cara.

Pertama Anda harus menuju menu Business Settings > Accounts > Ad Account. Lihat panah yang ada di gambar ini.

klik business setting 23

Nanti stelah Anda memilih dan masuk ke Business settings Anda akan melihat halaman Ad Accounts. Setelah memilih Ad Accounts langkah selanjutnya silahkan pilih akun yang Anda sudah buat di bagian pembuatan Ad Account yang sudah kita pelajari di atas.

Lalu silahkan Anda pilih View Payment Method. Nanti Anda akan melihat petunjuk seperti yang ada di gambar ini:

view payment method 24

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda maka silahkan Anda pilih Add Payment method. Nanti akan muncul tampilan seperti ini:

Add Payment Method 25

Memang secara default pembayaran yang di centang adalah yang menggunakan metode credit card. Anda hanya perlu mengganti dengan memilih Payment Method form Business Manager. Kemudian silahkan klik continue. Setelah itu akan muncul halaman menu pembayaran yang sudah di buat.

Biasanya akan muncul beberapa pilihan metode pembayaran. Kalau seandainya Anda sudah menambahkan metode pembayaran sebelumnya, maka pada tahap ini yang akan muncul hanya 1 metode pembayaran saja, jadi pilih saja metode pembayaran yang sebelumnya itu. Klik continue. Maka langkah yang harus Anda lakukan sudah selesai. Kini akun Anda sudah punya pembayaran yang Anda pilih sebagai metode pembayaran utama.

7#. Cara Memasang Iklan di Facebook Ads

Kini sampailah kita ke tahap tentang cara memasang iklan di Facebook Ads. Saya yakin sudah banyak yang sudah tidak sabar untuk masuk ke bagian ini. Tetapi sayangnya saya tidak akan membahasnya secara mendetail di sini mengingat artikel yang saya tulis ini sudah sangat PUANJANG BANGET dan kepala saya juga sudah puyeng nulisnya. Saya akan membahasnya secara detail di bagian tersendiri.

1.1.a Memilih Objective

Silahkan masuk ke dalam business settings > Accounts > Ad accounts. Pilih Ad Account Anda kemudian silahkan masuk ke dalam halaman Ads Manager milik Anda dengan mengikuti panduan ini View Ad Accout in Ads Manager.

Setelah Anda memilih link itu, nanti Anda akan masuk ke dalam dasboard Ads Manager Anda. Kira-kira tampilannya akan seperti ini *tampilan akan selalu berubah tetapi fungsinya biasanya akan sama saja.

dashboard Ads Manager 26

Lihat pada gambar:

  • Campaign
  • Ad Account: Create new
  • Ad Set: Audience, Placements, Budget & Schedule
  • Ad:
  • Format, media, additional creative

Untuk Ad Account di atas jika ada tulisan Create New, itu tandanya Anda baru pertama kali masuk atau mengakses akun iklan Anda untuk mulai memasang iklan. Jadi jangan heran kalau beberapa yang sudah pernah pasang tidak muncul menu pilihan ini. Buat Anda yang masih baru silahkan menyesuaikan dengan apa yang sudah Anda isi dan masukkan pada bagian awal saat Anda membuat Ad Account.

Pada panduan ini kita akan memilih dan menentukan Objective. Silahkan Anda pelajari tentang Objektif untuk Facebook Page di Artikel ini. Untuk awal silahkan Anda memilih Brand Awarness sebagai pilihan objective. Beda pasti ada dan sudah saya jelaskan di dalam artikel yang saya tulis secara khusus tentang hal itu. Jadi bisa saya katakan iklan pertama yang Anda buat bisa Anda mulai dengan pilihan brand awarness.

1.1.b Mengatur Ad Account

Setelah Anda mengklik Ad Account. Nanti akan muncul menu seperti ini. Silahkan Anda pilih saja negaranya Indonesia semua, karena Anda tinggal di Indonesia dan pasti Anda akan menjual dan memasarkan produk di Indonesia. (Kecuali target Anda di luar Indonesia maka negaranya silahan di sesuaikan saja) selanjutnya silahkan tekan continue.

1.1.c Membuat Ad Set

Ad Set ini adalah tentang audience Anda, placement di mana iklan yang akan Anda pasang di letakkan dan budget juga schedule.

membuat ad set 27

Ini adalah di mana Anda akan mengatur Audience Anda. Silahkan mengisinya sesuai dengan keinginan Anda, tentu orang-orang seperti apa yang akan Anda target. Dalam pembahasan di sini saya tidak akan secara detail membahasnya.

pengaturan Audience 28

Jika Anda sudah selesai mengatur audience, di sini Anda juga bisa mengatur placement setiap iklan yang Anda buat. Kalau Anda ingin membuat pilihan Edit Placements, nanti akan muncul beberapa pilihan – pilhan yang sangat bervariasi. Sampai di pilihan ini sebenarnya Anda sudah bisa meletakkan iklan yang Anda buat pada placement tertentu yang menurut Anda bisa mendatangkan keuntungan.

budget dan scheduling 29

Langkah terakhir adalah Anda hanya akan mengatur masalah budget & schedule iklan. Di bagian ini ada bagian yang sangat penting dan yang harus Anda perhatikan betul-betul khususnya pada bagian budget dan bidding. Di sini Anda bisa memilih budget Anda menjadi harian atau lifetime. Untuk budget iklan terendah di Facebook sendiri sangat beragam sekali untuk setiap objective. Kalau Anda menggunakan pilihan Brand Awarness seperti yang saya tunjukkan dalam panduan ini, maka budget yang paling rendah bisa di angka Rp.10.000. buat Anda ini terlihat murah bukan? ingat, tolong Anda perhatikan pada bagian bidding. Jika Anda masih pemula di sini sata sangat-sangat menyarankan untuk membuat pilihan dengan automatic bidding. Alasannya apa? Mari kita baca penjelasannya di artikel ini.

Buat Anda yang baru pertama kali dan masih bingung, di bagian ini sebenarnya tidak perlu Anda utak atik tidak masalah. Anda bisa mengubag hanya pada pilihan budget saja. Sisanya tidak usah, langsung Anda lewati saja.

1.1.d Membuat Ad

Anda bisa menggunakan dan membuat post baru untuk iklan yang akan Anda pasang, atau Anda juga bisa menggunakan post page yang sudah Anda buat untuk di jadikan iklan.

Use Existing Post 30

Jika Anda lihat pada gambar, Anda bisa melihat ada pilihan Create New Ad atau Use Exiting Post. Silahkan Anda pilih salah satunya. Banyak orang biasanya membuat iklan yang dari post yang sudah pernah di buat oleh mereka.

Jika Anda sudah puas dengan pilihan Anda dan sudah membuat iklan atau memilih iklan yang mau di tayangkan maka langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu menekan tombol Place Order.

Sampai pada tahap ini, iklan yang Anda buat sudah selesai dan sudah Anda ajukan untuk segera di tayangkan. Jika memang tidak ada kesalahan dan sesuai dengan aturan Facebook, maka iklan Anda akan langsung di Approve, tetapi jika materi iklan Anda ada yang melanggar maka Anda harus memperbaiki iklan Anda.

Tips Saat Menjalankan Facebook Ads

Sebetulnya saya mempunyai pembahasan khusus yang ada di halaman ini yang secara khusus memberikan Kursus Facebook Ads Gratis. Tetapi karena ini penting untuk Anda yang masih baru maka saya akan memberikan beberapa TIPS singkat tentang Facebook Ads di sini.

  1. Facebook mempunyai fitur “boost” post yang sudah kita buat. Tujuannya tentu agar memudahkan Anda dan saya untuk dengan cepat membuat iklan. Beberapa orang mengatakan jangan menggunakan fitur ini dari post yang sudah pernah kita buat sebelumnya. Saya kurang tahu apa alasannya yang pasti Facebook membuat fitur ini tentu untuk kebaikan penggunanya juga bukan? jadi Anda bisa menggunakan fitur ini. Tetapi jika Anda ingin beriklan Anda bisa membuat Post baru atau yang di sebut juga dengan istilah “dark Post” melalui power editor Facebook.
  2. Pastikan Anda menggunakan gambar-gambar yang relevan dengan iklan yang Anda buat. Kalau menarik tetapi tidak sesuai nanti bisa membuat iklan Anda menjadi tidak maksimal hasilnya.
  3. Anda boleh menggunakan audiens dari Facebook page pesaing Anda atau yang lainnya.
  4. Pilih target audience yang spesifik, semakin Anda buat lebih spesifik akan semakin tertarget iklan yang Anda buat.
  5. Pastikan untuk memasang remarketing pixel dan juga convertion tracking pixel di website Anda. Kalau kamu belum punya website silahkan buat sekarang. Jika Anda tidak bisa membuat website dan butuh bantuan bisa ke halaman ini.
  6. Gunakan copywriting yang baik, Anda juga bisa belajar copywriting, ini sangat wajib buat Anda yang ingin melakukan pemasara offline dan online.
  7. Ajak orang untuk melakukan (klik, download, beli dan lain-lain) beritahu juga alasannya mengapa mereka harus membeli dari Anda bukan dari orang lain.
  8. Jangan buat hanya satu iklan, buat beberapa iklan dengan variasi yang berbeda-beda, misalnya gambar, dan juga targeting.
  9. Jangan langsung berjualan jika Anda belum di kenal.

Itu hanya tips dari saya, Anda bisa mencoba-coba sendiri nanti dan harus berani mengembangkan apa yang sudah Anda ketahui setelah membaca artikel di SUBMITCLimb ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Pelajari lebih lanjut:

Strategi Instagram Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Online
Kesalahan Saat Melakukan Social Media Marketing untuk bisnis Online
Cara Upload Foto di Instagram lewat Komputer Tanpa Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top