skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Beberapa Strategi Untuk Meningkatkan Profit Bisnis Yang Sering Dilakukan

Beberapa Strategi untuk meningkatkan Profit Bisnis yang sering dilakukan

Strategi untuk meningkatkan Profit Bisnis – Banyak orang yang mengalami kebingungan bagaimana mereka bisa meningkatkan Profit Bisnisnya. Profit memang tujuan utama setiap pemilik bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama untuk meningkatkan profit bisnis tidaklah mudah. Meskipun susah kita sebagai pelaku bisnis tetap harus berupaya untuk mencari strategi baru untuk meningkatkan profit bisnis.

Semua pemilik usaha kecil harus mau mengubah praktek-praktek yang sudah mereka lakukan saat ini agar bisa meningkatkan profit bisnis yang mereka jalankan jika tidak mau di tinggalkan konsumen mereka.

Jika kita mau jujur banyak sekali pemilik usaha kecil yang tidak mendapatkan keuntungan setiap tahunnya ini membuktikan mereka telah gagal dalam meningkatkan profit bisnis mereka setiap tahunnya.

Bagaimana para pemilik usaha kecil ini bisa meningkatkan profit mereka dan Strategi apa saja yang bisa mereka upayakan untuk bisa meningkatkan keuntungan mereka?

Mereka bisa menerapkan beberapa Startegi kunci sederhana yang bisa mereka terapkan dalam bisnis kecil mereka:

  1. Memangkas biaya
  2. Meningkatkan profit
  3. Memperbaiki semua lini bisnis mereka

Apa itu Profit?

Kita bicara tentang profit tetapi jangan sampai diantara kita yang tidak tahu arti profit sebenarnya. Jadi profit adalah keuntungan finansial yang Anda dapatkan dari jumlah pendapatan yang Anda peroleh dari suatu kegiatan berdagang atau berbisnis yang melebihi biaya produksi dan pajak untuk membuat bisnis Anda tetap terus berjalan.

Profit inilah yang akan menjadi keuntungan bagi si pemilik bisnis. Biasanya nilai profit ini dihitung dari total yang di dapatan kemudian dikurangi dengan total biaya.

Sebelum saya memberikan beberaa tips Strategi untuk meningkatkan profit bisnis ada baiknya Anda juga membaca artikel kami yang lain tentang Cara Meningkatkan Profit Bisnis dengan beriklan di Facebook dan Instagram.

1. Meningkatkan Nilai Jual Produk Anda

Untuk meningkatkan profit bisnis Anda maka Anda bisa meningkatkan nilai jual dari produk Anda kepada para pelanggan Anda. Diharapkan para konsumen ini atau para pelanggan Anda bisa mendapatkan nilai yang lebih jika mereka membeli produk atau jasa dari toko atau perusahaan Anda. Ini bisa kita katakan membuat pelanggan mau lebih loyal dan membeli dari Anda. Caranya bisa seperti:

  1. Membuat pengepakan barang atau pengemasan lebih bagus dari yang sebelumnya atau produk pesaing Anda.
  2. Membuat progra-program khusus untuk para pelanggan yang setia.
  3. Memberikan atau membuat pelatihan seminar yang mungkin berkaitan dengan produk yang Anda jual.
  4. Memberikan penghargaan kepada pelanggan yang Anda pilih dan juga hadiah-hadiah.
  5. Meningkatkan kualitas Jasa atau Profuk Anda.
  6. Mempercepat pelayanan kepada konsumen Anda.
  7.  Memberikan informasi secara tetap tentu dll.

2. Memperluas Bidang Industri Anda

Cara yang banyak dilakukan oleh orang untuk meningkatkan Profit bisnis mereka adalah dengan memperluas bidang Industri yang saat ini sudah Anda kuasai. Dengan melakukan hal ini Anda bisa meminimalisir terjadinya kegagalan dan bangkrut. Contoh sederhanyanya, katakanlah saat ini Anda sudah bisa dan berhasil membangun villa dan bisnis hotel. Dari bisnis yang sudah Anda jalankan itu Anda bisa mengembangkan bisnis Anda yang mungkin masih berhubungan dengan bidang bisnis Anda, misalnya seperti, cafe, agen perjalanan dan kuliner.

3. Mengubah Prosedur Pengoperasian

Untuk mendapatkan profit yang baik Anda harus bisa melakukan lebih banyak penjualan sambil pelan-pelan mengurangi biaya. Anda bisa melakukan cross selling untuk meningkatkan penjualan Anda. Saya setiap membeli sesuatu dari pedagang atau membeli barang elektronik dari toko tertentu sukanya mendekati sang pemilik atau salah satu pelayan yang sudah lama di sana untuk di jadikan seperti teman. Kenapa saya melakukan itu? Karena saya bisa menawar dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika saya membeli di lain waktu. Di beberapa toko dan pedagang saya bisa mendapatkan harga yang lebih baik dan saya kenal dengan mereka dan malah menjadi sahabatnya.

Apa yang bisa Anda pelajari dari sini?

Jika Anda pemilik bisnis cobalah untuk merubah model penjualan yang bisa menjalin hubungan dengan para pelanggan Anda dan bisa membuat mereka mau kembali lagi kepada Anda. Selain itu Anda juga bisa membuat paket layanan bulanan, tahunan atau bundel dengan harga diskon.

Cara lain yang juga efektif adalah dengan merayu atau memberikan informasi kepada pelanggan Anda untuk mencoba produk baru dengan harga spesial atau diskon atau bisa juga memberikan hadiah dengan jangka waktu yang pendek.

 

4. Cost Reduction

Banyak pelaku bisnis yang melakukan hal pengurangan biaya seperti ini. Kantor Anda mempunyai berapa karyawan? Lihat kinerja mereka dan lihat seberapa efisienkah kinerja karyawan Anda? Dalam sehari atau sebulan kira-kira berapa banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan? Ingat jangan sampai Anda mengurangi pekerja yang sudah Anda pekerjakan kecuali jika memang perusahaan Anda benar-benar mau bangkrut. Bayangkan jika orang yang Anda PHK itu adalah Anda sendiri, sedih bukan?

Cobalah untuk membuat sistem yang memudahkan karyawan untuk bisa menambah data dan mengakses data untuk memperbaharui informasi yang berhubungan dengan usaha Anda. Mengotomatisasi bisnis Anda akan membuat usaha Anda berjalan lebih lancar dan akan membantu bisnis Anda untuk mengurangi sumber daya pekerja Anda melakukan pekerjaan di kantor Anda.

5. Memperbanyak Frekuensi Pemakaian

Apa maksud dari memperbanyak frekunsi pemakian ini? Trik ini sebetulnya bukan hal yang baru tik ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar dan biasanya banyak digunakan dalam bidang makanan.

Contohnya seperti McD atau KFC. Anda mungkin sering memperhatikan dan mengetahui mengapa perusahaan sebesar itu punya dan mau mengeluarkan produk minuman atau es krim yang di jual dengan harga yang sangat murah, mungkin dijual sekitar Rp. 15.000 an. Ini akan lebih banyak terjual daripada produk yang di jual dengan harga yang mahal.

Ice Cream Cone Murah

6. Menambah Produk Baru

Menambah varian atau produk baru adalah salah satu strategi yang paling banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan Profit bisnis mereka. Kalau saat ini Anda sudah memiliki bisnis yang sudah berjalan dengan baik ada baiknya Anda menambah produk baru atau layanan baru untuk meningkatkan profit Anda.

Hal yang harus diperhatikan saat akan menambah produk baru adalah harus melakukan riset dulu. Pastikan produk yang Anda tambah adalah produk yang akan di sukai oleh konsumen Anda. Sehingga penambahan ini bisa laku terjual. Kalau sampai Anda salah memilih produk baru ini bisa mengakibatkan Anda merugi karena untuk menciptakan dan menambah produk baru Anda membutuhkan biaya.

Contoh yang paling sering kita temukan ada pada produk makanan dan juga kosmetik dan peralatan mandi. Anda tahu susu kental manis bukan? nah susu kental manis dulu di jual dalam kemasan kalengan. Sekarang Anda bisa menikmati susu kental manis dalam bentuk sachet. Selain susu Anda juga bisa menemukan shampo dalam bentuk botol sekarang sudah tersedia dalam bentuk sachet.

Coba Anda pikir, kalau kita beli sampho ayau susu kental manis dalam bentuk sachet akan lebih cepat boros, memang ini terlihat lebih irit, padahal tidak begitu. Karena Anda membeli dalam jumlah kecil Anda tidak akan merasa kalau harga yang di jual dalam bentuk sachet jauh lebih mahal daripada harga susu dan shampoo dalam bentuk botol dan kaleng.

Nah jadi itu adalah beberapa Tips dari SUBMITClimb kali ini tentang Strategi untuk meningkatkan Profit bisnis Anda. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan memberikan manfaat buat Anda.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top