skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Caranya Tetap Produktif Saat Bekerja Jarak Jauh

Bagaimana Caranya Tetap Produktif Saat Bekerja Jarak Jauh

Caranya Tetap Produktif Saat Bekerja Jarak Jauh – Working from Home bisa mendatangkan banyak tantangan unik bagi tiap orang, terutama bagi orang-orang yang baru pertama kali menjalankannya. Percayalah Anda harus belajar bekerja dari rumah, dari meja makan Anda, dari halaman depan atau belakang rumah Anda, dan pastikan Anda tidak terganggu oleh panggilan dari pasangan Anda tercinta atau dari anak-anak terkasih Anda. cobalah untuk memberitahu istri dan anak-anak Anda agar mereka tidak mengganggu Anda selama jam kerja. Saat saya duduk di meja makan dengan menggunakan sebuah laptop, itu bukan berarti saya sedang menjelajahi website, tetapi saya sedang bekerja.

Sebagai seorang pekerja online (blogger & IM) dan freelancer dari beberapa perusahaan yang sudah saya lakukan sejak tahun 2011, saya setidaknya tahu bagaimana caranya supaya bisa sukses bekerja dari rumah. Saya juga mempunyai beberapa orang yang membantu saya bekerja untuk menulis konten dan memposting beberapa blog wordPress yang saya miliki atau melakukan pekerjaan lain yang saya berikan. Saya dan mereka bisa mengatur jadwal kerja mereka sendiri-sendiri, terserah kapan atau jam berepa mereka ingin bekerja di hari ini, saya dan juga bos saya membebaskan kami bekerja.

Jika saat ini Anda mempunyai banyak waktu di tengah-tengah kesibukan Anda, cobalah untuk membaca artikel yang saya buat ini. waktu inilah yang paling tepat dan mungkin bisa menjadi sebuah ide bagi Anda, jadi inilah saatnya untuk meningkatkan pekerjaan Anda dan kebiasaan Anda.

Saya memang bukan orang yang sangat sukses dan ahli dalam pekerjaan remote. Hasil yang saya dapatkan dari online bisnis juga hanya cukup untuk makan hari lepas hari saja. Tetapi dari pengetahuan saya yang sedikit ini saya ingin membagikan pengetahuan dan saran untuk semua blogger, pemilik website dan siapa saja yang ingin menjadi lebih produktif saat bekerja dari rumah.

1. Belajar dan Perbaiki kesalahan

Cobalah untuk berhenti membuat jadwal kerja yang sama, itu tidak akan membuat Anda berhasil. Cobalah untuk membuat hal-hal yang berbeda dan jangan stres jika diri anda sampai beberapa hari dan bulan pertama tidak produktif. Setelah itu, sekarang saatnya Anda mulai bekerja keras dan membangun rutinitas yang baru. Belajarlah untuk mulai melatih otak dan diri Anda untuk memisahkan mana pekerjaan kantor dan mana pekerjaan rumah Anda sehingga Anda menjadi lebih produktif di hari-hari yang sangat menantang ini. Perusahaan tempat Anda bekerja saat ini sangat membutuhkan Anda di saat perusahaan yang lainnya sudah sedikit mati dan tertinggal.

2. Buat Ruang Kerja yang Nyaman dan Terlindungi

Sudah banyak sekali pekerja jarak jauh yang sudah menyiapkan dan mempunyai ruang kerja yang mereka pilih di rumah mereka, apakah itu kamar tidur sebagai cadangan yang mereka gunakan sebagai kantor mereka atau mungkin salah satu area yang ada di ruang tamu atau keluarga. Bagi saya yang rumahnya sangat mungil dan kecil ruang kerja saya memang tidak senyaman dan seperti yang saya impi-impikan, khususnya sampai saat ini. meskipun begitu saya membuat senyaman mungkin ruangan kecil ini untuk membuat saya bisa betah dan fokus bekerja. Banyak orang-orang yang baru memulai biasanya bekerja dari sofa dengan menggunakan laptop, tetapi menurut saya cara bekerja seperti ini sangat kurang kondusif.

Buatlah atau belilah meja dan kursi dan pilih salah satu ruangan yang ingin Anda gunakan sebagai ruang kerja Anda atau “kantor” jika Anda bisa. Segera beritahu keluarga Anda kalau salah satu ruangan atau meja yang ada di ruang makan atau ruangan manapun itu adalah ruang kerja atau kantor Anda. semua makanan akan Anda makan di meja makan atau ruang dapur Anda. area ini sekarang terlarang bagi orang lain kecuali Anda. beritahu juga kepada keluarga Anda, ketika Anda sudah duduk di sana mereka tidak boleh mengganggu Anda, karena Anda sedang bekerja dan sedang tidak menjelajahi internet.

3. Tetapkan Jadwal Kerja

Membuat jadwal kerja tepat akan menjadi sebuah tantangan sulit untuk kita lakukan di awal-awal. Saya masih ingat awal-awal bekerja dari rumah mempunyai jadwal kerja yang tetap di rumah adalah salah satu yang menjadi tantangan saya waktu itu. Tetapi seraya waktu berlalu dan Anda mulai memahami cara anda bekerja dan apa yang yang paling baik dengan situasi Anda, segera beritahu keluarga Anda.

Saya selalu bekerja on / off kapan saja, misalnya pada saat saya harus memberi makan anak saya pada jam 9 atau jam 10 pagi saya akan menghentikan pekerjaan saya, setelah selesai memberi makan saya akan kembali ke ruang kerja saya dan membiarkan anak saya bermain di ruangan yang bisa saya lihat. Pada saat anak saya minta susu saya akan meninggalkan sebentar pekerjaan saya dan setelah itu saya akan kembali ke meja kerja saya. Pada saat anak saya tidur pagi atau siang, itu adalah waktu bagi saya untuk bekerja lebih lama dan fokus.

Jam 6 sore istri saya pulang dari kantor. Biasanya setelah dia masak, kami mandi dan makan malam, saya biasanya akan kembali ke ruangan kerja saya untuk bekerja. Biasanya di mulai dari jam 7 atau jam 8 malam sampai jam 10 malam atau jam 12 malam (jam selesainya selalu berubah-ubah sesuai dengan keadaan)

 

4. Gunakan “Pakaian” untuk bekerja

Tips lain yang sering saya gunakan saat bekerja dari rumah adalah saya tetap mengenakan pakaian kerja meskipun bekerja dari rumah. Memang pakiannya tidak seperti saya bekerja dari kantor, tetapi sebisa mungkin saya mengenakan atasan kemeja atau kaos yang berkerah dan menggunakan celana panjang, jujur saya lebih sering menggunakan celana pendek saat bekerja dari remote dari rumah. Mengapa saya melakukan ini? karena ini akan membantu saya dan mengingatkan saya bahwa saya sedang bekerja dan saya juga menghargai orang-orang yang bekerja sama dengan saya jika perlu bertatap muka secara online.

5. Gunakan Fitur Status dari software chatting yang Anda gunakan

Cara yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda tetap terhubung saat bekerja dari jarak jauh adalah dengan menggunakan beberapa fitur status dari beberapa perangkat lunak Chat yang Anda gunakan misalnya saja Skype, Slack dan juga Facebook Messanger yang bisa di tampilkan di akun Anda dan ini bisa selalu kita perbaharui (kita ganti) contohnya pada saat makan siang (lunch), busy dan masih banyak lainnya. Karena banyak orang yang belum tahu tentang bekerja online jadi saat melihat Anda online di Internet mereka mungkin akan tergoda untuk menyapa Anda dan mengajak ngobrol Anda lebih dulu. Padahal Anda pada saat itu sedang bekerja, jadi pastikan mereka tahu Anda sedang tidak bebas atau sedang bekerja pada waktu itu.

6. Gunakan Waktu untuk Mempelajari Sesutau yang Baru

Sebagai pekerja remote Anda harus selalu mempelajari hal-hal yang baru setiap harinya untuk membantu meningkatkan penghasilan Anda dan sekaranglah waktunya yang tepat untuk Anda mempelajari sesuatu yang baru yang berhubungan dengan blog atau bisnis sampingan Anda. mungkin Anda ingin Anda ingin belajar tentang Photoshop, CSS atau apapun itu sehingga Anda bisa membuat sesuatu dengan tangan Anda sendiri. Saya yang dulunya tidak bisa membuat blog sekarang bisa membuat blog WordPress yang tampilannya sesuai dengan keinginan saya.

Apapun itu, selalu buat jadwal atau waktu yang tepat untuk mempelajari tentang sesuatu yang baru. Jadi jangan campur waktu Anda untuk bekerja sambil belajar, gunakan waktu yang terpisah, kecuali kalau itu sebuah proyek dan ada hal yang belum Anda pahami Anda bisa mencoba menerapkan hal yang baru sambil belajar. Saat bekerja jangan menggunakan waktu Anda untuk menonton YouTube, Facebook atau lainnya. Ini yang sering menjadi masalah bagi beberapa orang, sering kali mereka bekerja sambil menonton dan membuka Facebook. Ini bisa membuat Anda menjadi tidak produktif.

Sebagai Penutup dari Saya

Bekerja remote (jarak jauh) bukan berarti Anda harus meninggalkan keramaian, Anda bisa bekerja dari tempat-tempat yang Anda sukai asalkan Anda bisa fokus dan bekerja. Dalam masa – masa yang sulit seperti sekarang ini, mencari kerja sulit, ada banyak kejahatan, penyakit, wabah virus corona dan lain sebagainya, sebenarnya masih ada banyak cara bagi Anda untuk tetap sibuk dan tetap produktif dengan blog pribadi yang Anda kelola atau website eCommerce Anda. meskipun ini sulit teruslah berjuang untuk bisa melakukannya. Karena bukan Anda satu-satunya!

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Caranya Tetap Produktif Saat Bekerja Jarak Jauh ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga artikel lain:

  1. Pengenalan Remote Job
  2. Hal yang harus dipersiapkan untuk mencari remote job
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top