skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping Dengan Mudah

Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping Dengan Mudah

Tahukah Anda dropshipping adalah cara termudah untuk menghasilkan uang secara Online sampai tahun ini.

Siapa yang tidak tahu dengan Tokopedia, Bukalapak, Amazon, eBay, Etsy, Shopify, online marketplace dan platform lainnya ini menunjukkan kepada kita kalau siapa saja bisa memulai sebuah toko online hanya dengan modal yang sangat kecil.

Resiko yang sangat kecil dari bisnis dropshipping membuat bisnis ini langsung meledak dan populer, ini mengartikan bahwa banyak pasar sangat kompetitif.

Jika Anda memiliki rencana untuk mulai membangun bisnis dropshipping – entah itu hanya untuk sebagai kerja sampingan atau pengisi waktu luang Anda atau untuk bisa berhenti dari pekerjaan full time Anda di kantor – teruslah membaca artikel Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping yang saya buat ini agar bisa menghemat waktu belajar Anda dan meningkatkan diri untuk bisa menghasilkan dan sukses dengan mengikuti beberapa panduan sederhana yang saya buat di bawah ini.

Di luar sana ada begitu banyak orang yang sudah menghasilkan lima, enam atau ribuan dolar dari bisnis dropshipping dan tidak ada alasan mengapa Anda juga tidak bisa menghasilkan dari bisnis yang sama?

Ini sebetulnya bukan panduan yang jika Anda terapkan akan 100% bisa menghasilkan, tidak. Panduan atau artikel ini saya buat hanya sebagai pengetahuan dasar saja untuk membantu Anda supaya bisa menghasilkan dari rumah dengan menjalankan bisnis dropshipping dengan beberapa langkah mudah dan sederhana:

  1. Cara memilih niche yang profitable
  2. Cara menemukan supplier dropship yang bisa di andalkan dan bisa diajak kerjasama
  3. Memilih platform penjualan yang tepat untuk bisnis Anda
  4. Menerapkan strategi akuisisi pelanggan.

Apa itu Dropshipping?

Memahami cara kerja bisnis Dropshipping adalah hal yang penting, karena bisnis ini berbeda dengan bisnis ritel dan juga eCommerce tradsional.

Ini pengertian dropshipping menurut saya:

Dropshipping adalah sebuah bisnis dengan sistem dimana Anda sebagai penjual meminta seller / supplier Anda untuk mengirimkan orderan barang Anda ke alamat pelanggan Anda dengan mencantumkan nama Anda atau nama toko, Alamat dan No HP Anda sebagai orang yang mengirim barang.

How Dropshipping works?

Cara Kerja Dropshipping

Dalam penjelasan yang lebih sederhana, cara kerja dropshipping itu seperti ini:

  1. Pelanggan membeli barang dari toko Anda dengan harga eceran
  2. Anda menerima pesanan pelanggan dan kemudian Anda meneruskan pesanan itu/membeli produk dari supplier Anda dengan harga grosir
  3. Supplier Anda akan mengirimkan barang / pesanan Anda ke alamat pelanggan Anda dengan nama bisnis dan alamat Anda

Ini berarti Anda – sebagai dropshipper – tidak perlu membeli dan menyimpan barang untuk di jadikan stok yang akan membuat Anda menginvestasikan banyak uang di muka hanya untuk membangun sebuah bisnis.

Cara ini juga bisa menghilangkan resiko membeli barang dalam jumlah banyak dan akhirnya tidak bisa menjual semua produk yang Anda beli yang akan membuat Anda merugi.

Dengan alasan inilah mengapa bisnis dropshipping sangat populer sekali di seluruh dunia – dengan model bisnis ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang sedikit sekali tetapi mendapatkan hasil yang sama banyak dengan model bisnis yang di jalankan secara tradisional.

Dropshipping Statistic: Apakah Mengalami Angka Peningkatan?

Banyak orang yang skeptis tentang bisnis dropshipping ini sebagai bisnis yang layak untuk di tekuni dan di seriusin dan harus bersikap lebih hati-hati untuk bisnis yang satu ini.

Memang ada sedikit informasi sehubungan dengan bisnis dropshipping ini, semoga dengan menunjukkan statistik ini saya bisa membantu dan memberikan Anda sebuah jawaban dari keragu-raguan Anda (and, hopefully, a sense of excitement)

  • 22-33% dari online retailers telah mengadopsi dropshipping sebagai model bisnis utama mereka.
  • Dropshipping menyumbang sekitar 34% dari produk yang di jual di Amazon hanya pada tahun 2011. Itu adalah $14,2 miliar produk yang dikirim hanya dari satu marketplace saja. (Amazon adalah toko online terbesar di dunia).
  • Keuntungan rata-rata dari produsen yang dropship adalah 18,33% lebih tinggi daripada para produsen yang menggunakan model bisnis ritel tradisional.
  • Global eCommerce sales bisa mencapai $2,3 triliun USD. Proyeksi menunjukkan adanya pertumbuhan sampai $4,48 triliun USD pada tahun 2021.
  • hampir 84% penjual online banyak yang mengatakan membangun hubungan positif dengan pemasok dropship adalah penghalang nomor satu untuk memulai sebuah bisnis online.

Berikut ini saya mencoba mengambil data dari Google trend yang terus mengalami peningkatan minat yang sangat besar untuk bisnis dropshipping selama beberapa tahun belakangan ini.

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Dropshipping

Selain memiliki atitude, etos kerja yang baik dan motivasi yang benar untuk berkomitmen menjalankan dan fokus di bisnis yang baru, ada beberapa hal lain yang penting yang Anda perlukan untuk memulai bisnis dropshipping ini.

Ialah:

  • Produk untuk di jual
  • Supplier dari produk yang akan Anda jual
  • Platform untuk menjual produk
  • ID Pajak penjualan

Kita akan bahas lebih detail tentang hal di atas

Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping

Langkah Pertama: Pilih Niche Dropshipping

Niche adalah segmentasi pasar. Sebagai contoh misalnya Speaker bluetooth adalah niche untuk kategori audio market. Anda bisa mengatakan speaker bluetooth outdoor dan waterproof adalah sub-niche dari niche bluetooth. Dan Anda memilih ide niche itu untuk memulai dropshipping. Semakin spesifik niche yang Anda pilih semakin bagus.

Memilih niche adalah langkah pertama dalam memulai bisnis dropshipping ini. Dengan semakin meningkatkanya peminat dalam bisnis ini maka akan semakin sulit juga untuk bisa menemukan niche yang belum banyak di pasarkan oleh orang lain. Produk dan niche baru muncul setiap minggu, sehingga peluan untuk menemukannya hampir tak ada habisnya.

Kesalahan yang paling umum adalah tentang Anda bisa sukses dan menghasilkan keuntungan di niche apapun, sebetulnya itu tidak benar. Jika Anda memilih niche yang sudah banyak orang bermain di sana dan penjualnya juga sudah banyak sekali, maka Anda akan banyak menghadapi kesulitan dalam memasarkan dan menjual produk itu.

Ini beberapa panduan sederhana yang akan membantu Anda memilih niche di bisnis dropshipping yang akan menghasilkan uang secara online yang bisa Anda terapkan di tahun kapanpun:

  • Mulailah dengan minat dan passions Anda: manfaatkan hobi dan minat Anda. Jika Anda menyukai travel atau hiking di alam terbuka, Anda akan memiliki banyak pengetahuan unik dan trend di market tersebut yang bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi niche yang cocok dan akan di pilih.
  • Scratch your own itch: kata ini jika kita artike secara biasa hanya sebatas menggaruk yang gatal. Tapi dalam kata ini ada makna lain yang berhubungan dengan topik yang akan kita bahas, jika Anda memiliki sebuah masalah yang sedang Anda alami kemungkina besar orang lain juga memiliki masalah yang sama dengan Anda. Jika Anda dapat mengidentifikasi produk yang bisa memecahkan masalah itu Anda mungkin telah menemukan niche dropshipping yang bagus.
  • Riset Persaingan: Apakah niche yang Anda pilih sudah banyak orang yang menjual produknya? Jika ya, coba lihat apakah tingkat persaingannya mudah untuk dikalahkan? Saat memilih produk Anda akan sering menemukan kalau niche yang Anda pilih sudah banyak yang memasarkan, tetapi ini bukan berarti Anda tidak bisa ikut untuk menjual dan memasarkan produk itu, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset persaingannya dan jika mudah siaplah untuk memasarkan produk itu dan berkompetisi.
  • Pastikan Niche itu profitable: tujuan dari bisnis apapun adalah menghasilkan uang bukan? Oleh karena itu Anda harus memastikan produk dari niche yang Anda pilih bisa menguntungkan anda. Idealnya margin laba sekitar 40% setelah biaya pengiriman, biaya pajak dan penjualan, tetapi Anda harus memilih / membidik margin 100% atau lebih.

Dropshipping yang bisa bekerja dengan baik di Amazon, eBay, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak

Memang meskipun semua produk bisa di dropship mulai dari tusuk gigi sampai ke kicthen sink, tetapi beberapa produk mungkin ada yang lebih cocok untuk dropshipping daripada produk yang lain.

Produk yang baik untuk di dropshipping pada umumnya:

  • Tidak di dominasi oleh brand besar. Apa yang ada di dalam pikiran Anda ketika berbicara dan memikirkan kata “Smartphone”? mungkin Apple? Atau samsung? Kedua brand besar ini sudah memiliki smartphone market yang sudah terkenal dan kata kunci yang mungkin sulit untuk di saingi. Jadi menurut saya produk dropshipping yang baik itu yang tidak banyak didominasi oleh merek besar sehingga Anda bisa memiliki harapan untuk bersaing dan menghasilkan dari bisnis online yang Anda jalankan.
  • Kecil dan Ringan. Aturan umum yang harus kamu tahu adalah bahwa produk dropshipping yang baik harus bisa masuk ke dalam kotak sepatu dan beratnya kurang dari 2kg (4.4lb), batas berat untuk ePacket. Ini untuk membantu Anda menghemat biaya kiriman tambahan dan barang di tahan di bea cukai (tahu sendiri bea cukai indonesia ribetnya minta ampun)
  • Hindari Barang Musiman. Memang barang musiman itu bagus untuk di jual di waktu dan hari yang cocok saja, di sini saya tidak mengatakan Anda sama sekali tidak boleh menjual barang musiman seperti kain pantai yang bisa digunakan selama musim panas atau dekorasi Natal, tetapi usahakan juga untuk mencari dan menjual barang yang bisa di jual sepanjang tahun.
  • Untuk Harga Ritel antara $15 dan $200. Kisaran harga yang saya sebutkan ini juga dikenal sebagai “sweet spot” eCommerce. Maksudnya adalah apapun yang lebih murah dari $15 kemungkinan besar Anda tidak akan banyak mendapatkan keuntungan dan apapun yang harganya lebih dari $200 biasanya akan lambat untuk di jual secara massal. Memang ada banyak pengecualin untuk aturan ini, dengan panduan ini akan membantu Anda untuk lebih mudah menjalankan bisnis drp

Brainstorm Ide Bisnis

Sekarang Anda sudah mengetahui kriteria untuk memilih niche di bisnis dropshipping, Anda bisa memulai dengan mencari produk dengan mempersempir pencarian di dalam kategori utama produk yang Anda pilih untuk bisnis eCommerce Anda.

Anda harus mencoba melakukan btainstorming setidaknya 10-20 ide produk dan kemudian menggunakan panduan di atas untuk memilih yang terbaik dan membuang yang mungkin sulit untuk di pasarkan.

Jika Anda mengikuti panduan yang sudah saya jelaskan di atas Anda sekarang sudah memiliki beberapa produk yang siap untuk dipasarkan, jika masih belum menemukan silahkan lakukan dari awal lagi sampai Anda benar-benar menemukan produk yang cocok untuk Anda.

Jika Anda memiliki satu ide produk yang bagus, Anda sudah bisa masuk ke tahap yang selanjutnya.

Market Research

Riset pasar penting sekali untuk dilakukan, selain menggunakan cara yang ada di bawah yang akan saya jelaskan Anda juga bisa melakukan riset pasar melalui website supplier Anda.

  • Lihat berapa banyak jumlah produk yang terjual untuk produk A
  • Berapa banyak kompetisi yang ada untuk setiap produknya, ini dilihat dari berapa banyak orang yang menjual produk itu di online seperti di Amazon, eBay, Tokopedia, Bukalapan dan sosial media.
  • Lihat harga eceran rata-rata tiap produk yang sudah di jual secara online
  • Kumpulkan daftar list supplier yang bisa dipercaya

Beberapa orang menggunakan beberapa tool berbayar untuk melakukan riset pasar. Tetapi dengan bantuan website supplier dan data dari Google kita juga bisa menentukan dan memilih produk yang laku untuk di pasarkan.

Memang dengan menggunakan tool berbayar ini akan membantu Anda menghemat waktu berjam-jam hanya untuk melakukan riset pasar untuk menemukan produk secara manual, dengan mengetahui informasi seperti ini akan membantu Anda menemukan produk yang mungkin laris jika di jual di pasar.

 

Bagaimana Cara Mengakali dan Mengalahkan Kompetisi

Jika Anda ingin membuat diri Anda bisa berbeda dari ribuan orang lain yang ingin memulai bisnis dropshipping sekarang ini, Anda perlu memiliki beberapa trik dan pengetahuan.

Anda harus bisa menemukan cara untuk bisa menjadi yang lebih baik dan lebih cerdas dari para pesaing Anda sehingga Anda bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.

Bagaimana cara untuk melakukannya? Sama seperti seorang atlit olahraga, Anda perlu banyak belajar dan latihan setiap harinya untuk mempelajari kompetisi. Saya biasanya melakukan beberapa cara ini:

  • Mengidentifikasi Persaingan: coba cari top seller di dalam niche Anda entah itu di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Amazon dan juga eBay. Perhatikan berapa banyak seller di niche itu
  • Analisa daftar produk mereka: Coba perhatikan bagaimana mereka mengatur daftar produk mereka di toko online mereka? Seperti apa foto-foto produk yang mereka gunakan? Seperti apa sales copy yang mereka gunakan? Temukan cara bagaimana Anda bisa lebih baik dari mereka? Dengan melihat pesaing, Anda bisa belajar banyak dan membuat toko Anda lebih menarik bagi calon pelanggan Anda.
  • Baca Ulasan pelanggan: jangan abaikan ulasan pelanggan di toko pesaing Anda. Coba luangkan waktu untuk membaca ulasan para pelanggan dari toko yang paling laris, catat apa saja yang mereka sukai dan apa saja yang menjadi keluhan mereka sehingga anda bisa menyempurnakan pelayanan Anda kepada pelanggan Anda.

Ketika Anda memulai bisnis dropshipping, Anda harus menyerap sebanyak mungkin informasi dari sebanyak mungkin sumber. Produk listing dan review dari niche yang sama dengan Anda, ini adalah tempat yang cocok untuk mencari ide untuk meningkatkan apa saja yang dilakukan oleh pesaing Anda.

Langkah ke Dua: Menemukan Supplier Dropship

Bagi semua orang (eCommerce entrepreneurs) menemukan supplier yang bisa di Andalkan dan jujur adalah hal utama untuk sukses di bisnis dropship dan hal yang paling sulit untuk menemukan mereka.

Karena Anda akan sangat mengandalkan supplier dalam bisnis dropship untuk menjaga stok produk Anda untuk menjaga agar pesanan bisa dikirim kepada pelanggan secara tepat waktu. Sebagai seorang dropshipper supplier Anda adalah mitra bisnis TERPENTING Anda.

Pelajari juga: Cara Riset Produk dan Supplier Terlaris di Tokopedia

Langkah ke Tiga: Memilih Platform penjualan

Sekarang Anda telah menemukan beberapa produk dan juga supplier untuk memasik produk Anda – sekarang waktunya Anda untuk mulai menjual barang Anda dan menghasilkan uang.

Memilih platform yang tepat untuk penjualan atau marketplace online juga hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Tetapi platform apa yang harus saya gunakan?

Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan platform yang sudah populer atau membuat toko online sendiri.

Marketplace Online Paling Populer

Banyak sekali orang-orang yang menyarankan untuk menggunakan online marketplace yang sudah populer seperti Amazon, eBay, Tokopedia dan Bukalapak untuk pertama memulai. Apa alasannya?

  • Sangat mudah, Anda hanya perlu mendaftar untuk membuat akun dan mulai berjualan
  • Mereka sudah memiliki traffic yang cukup besar (pelanggan potensial)
  • Banyak konsumen sangat percaya dengan platform ini
  • Anda bisa langsung jualan dan menghasilkan uang melalui mereka

Tetapi ada juga kelemahannya:

  • Untuk beberapa marketplace luar kita akan dikenakan biaya untuk setiap penjualan, untuk marketplace Indonesia Gratis.
  • Memiliki kontrol terbatas. (branding, customer service, foto produk dll)
  • Ada banyak penjual yang mungkin memiliki produk yang sama dengan Anda, jadi Anda kemungkinan akan bersaing dengan banyak penjual lain yang bergabung di marketplace itu.
  • Konsumen bisa memilih penjual mana yang akan dia beli barangnya (bersaing harga biasanya)

Beberapa marketplace populer untuk bisnis dropshipping:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Amazon
  • eBay
  • Etsy

Membuat Toko Online Sendiri

Banyak dropshipper yang membuat website toko online mereka sendiri. Meskipun membutuhkan banyak waktu, lebih banyak investasi di awal dengan membuat toko online sendiri ini bagus sekali untuk jangka panjang bisnis Anda untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis Anda.

Ada banyak online tool seperti Shopify yang memudahkan Anda untuk membangun toko online sendiri dan juga WooCommerce plugin untuk WordPress. Jika Anda menggunakan WooCommerce Anda membutuhkan hosting dan juga domain untuk membangun toko online Anda.

Mana yang lebih bagus…?

Dua-duanya sama bagus hanya saja Shopify memang lebih mahal kalau menurut saya, WordPress & plugin WooCommerce adalah yang menjadi pilihan saya.

Keuntungan:

  • Anda memiliki kontrol penuh atas toko online Anda, branding, design layout dll
  • Anda membangun bisnis independen dari platform pihak ketiga
  • Tanpa fee dan bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi
  • Tidak ada persaingan antara penjual lain di satu platform

Kerugian:

  • Membutuhkan biaya untuk menyewa hosting dan domain toko online Anda sendiri
  • Tidak ada jaminan traffic pelanggan seperti di marketplace (itulah mengapa penting untuk juga membangun toko online di marketplace)
  • Membutuhkan waktu untuk bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google dan Anda harus berinvestasi untuk SEO dan marketing

Jika Anda memiliki waktu dan juga dana untuk di investasikan dalam bisnis dropshipping untuk jangka panjang bahkan sampai pensiun maka membangun sebuah toko online sendiri adalah solusi yang tepat sekaligus Anda membangun toko online di marketplace untuk mendatangkan pelanggan.

Step ke Lima: Strategi Mendatangkan Pelanggan

Anda sudah memilih platform yang digunakan dan membuat toko online untuk bisnis dropshipping Anda. Untuk bisa menghasilkan penjualan Anda perlu mendatangkan pelanggan atau pembeli ke toko Anda.

Untuk mendatangkan pelanggan butuh keahlian, seni mempersuasi seseorang. Anda bisa menganggapnya sebagai Advertising dan Marketing. Mungkin ini terdengar mahal, ya? Tetapi tidak seperti yang Anda bayangkan sebenarnya. Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk bisa mendatangkan penjualan seperti hasil yang cepat (berbayar) atau memilih jalur lambat (gratis). Nah kita akan membahas kedua strategi ini.

Hasil yang Cepat (berbayar)

Facebook Ads untuk dropshipping

Facebook adalah salah satu platform social media terbesar di dunia. Ini adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk memperkenalkan produk Anda dan mendatangkan orang yang menggunakan facebook. Sekarang Anda sudah tahu bagaimana Facebook bisa menghasilkan uang, jadi setiap pelanggan yang Anda dapatkan melalui metode ini dikenakan biaya, iklan Facebook adalah pilihan yang tepat, alasannya:

  • Mudah untuk memulai
  • Anda sendiri yang mengontrol berapa banyak uang yang akan Anda gunakan untuk memasang iklan di Facebook setiap harinya
  • Anda bisa target demografi secara spesifik (location, interest, status, relationship dll)
  • Bisa mendapatkan hasil yang cepat
  • Membantu meningkatkan brand awarness

Ikuti: Kursus Facebook Ads Gratis dari SUBMITClimb! (GRATIS)

Google Ads untuk eCommerce

Google adalah mesin pencari paling populer dan banyak digunakan di dunia smapai hari ini. Jika Anda memiliki bisnis online Anda tentu ingin mendaptkan peringkat di halaman pertama mesin pencari Google.

Anda bisa mencapai ini dengan organik atau Anda bisa memasang iklan di Google untuk bisa muncul dihalaman depan mesin pencari Google. Menurut saya memasang iklan Google adalah pilihan yang tepat, alasannya:

  • Anda bisa dengan cepat menduduki halaman pertama di mesin pencari Google
  • Ini adalah platform periklanan yang paling besar di dunia. (Google search, YouTube, Gmail)
  • Anda bisa mentarget demografi yang sangat spesifik seperti (lokasi, bahasa, device dll)

Ikuti: Kursus Google Ads di Sini. (GRATIS)

Menggunakan Selebgram

Saya secara pribadi sebenarnya tidak pernah menggunakan cara ini, tetapi dengan menggunakan cara Endorsment dari selebgram bisa membantu mengenalkan produk Anda. Anda hanya perlu mencari beberapa orang yang cukup trekenal:

  1. Cari orang yang memiliki follower yang cukup banyak
  2. Berikan produk Anda secara gratis dan juga tanya berapa biayanya dan caranya
  3. Setelah itu mereka akan merekomendasikan produk Anda atau toko online Anda

Jalur Lambat (Gratis)

Blog atau Forum Marketing

Cara ini adalah kita mencari website-website atau forum-forum yang satu niche atau yang memiliki topik yaang sama dengan niche Anda. Memang ini butuh waktu untuk kita ikut berpartisipasi di forum itu. Anda tidak bisa langsung mempromosikan link url website atau toko online Anda di forum karena bisa jadi Anda akan dianggap melakukan spam. Cara yang baik adalah dengan mencari pertanyaan orang-orang dan menjawabnya jika itu cocok dengan niche Anda coba arahkan jawaban ke URL website Anda yang memiliki topik jawaban yang sama dengan yang di tanyakan orang-orang yang di forum. Anda juga bisa membuat artikel yang bermanfaat di forum itu dengan menyertakan URL website Anda.

Content Marketing

Membuat konten dengan topik yang berhubungan dengan niche Anda akan membantu meningkatkan kunjungan ke website. Konten bisa di buat di Facebook, YouTube dan blog. Content marketing yang dibuat dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang selain membantu kunjungan juga bisa dikonversi menjadi pelanggan baru. Memang ini tidak seperti memasang iklan yang langsung bisa mendatangkan pembeli, ini lebih kepada melayani atau memberi sesuatu kepada orang lain melalui konten-konten yang kita buat dan bisa di baca untuk publik.

Social Media Marketing

Memang sekarang ini semakin sulit untuk bisa mencapai jangkauan organik di media sosial, meskipun sulit ini masih bisa mungkin. Jika Anda dengan konsisten membuat postingan yang bagus dan bermanfaat di media sosial Anda, Anda pada akhirnya juga bisa mendapatkan follower yang pada akhirnya bisa dikonversi menjadi pelanggan.

Email Marketing

Membangun email list masih merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk bisa mendapatkan pelanggan. Anda memerlukan cara untuk bisa membuat orang-orang mau memberikan alamat email mereka. Setelah Anda mendapatkan daftar email yang baik Anda bisa mengirim email promosi kepada mereka, ingat jangan selalu mengirim email promosi karena orang tidak senang dengan email yang hanya berisi promosi saja, selingkan dengan email yang berisi informasi menarik yang mungkin bisa bermanfaat buat banyak orang.

Saya sudah membahas hampir semua hal dasar tentang dropshipping yang akan bisa membantu Anda memahami tentang bisnis ini dan memulainya.

Memang apa yang saya jelaskan ini mungkin masih jauh dari kata baik dan sempurna dan beberapa dari Anda mungkin ada yang kurang begitu suka dengan panduan dalam bentuk artikel seperti ini, saya juga sudah membuatkan beberapa panduan tentang Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping dengan mudah dalam bentuk video.

Memang belum semua video belum saya selesaikan pada saat artikel ini saya tulis. Buat Anda yang suka menonton panduan dalam bentuk video bisa menuju ke sini dan silahkan klik subscribe untuk bisa mendapatkan update video-video terbaru dari saya.

Untuk Anda yang masih baru meskipun awalnya sulit untuk membangun bisnis dropship, dengan mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini Anda akan memiliki bisnis dropship yang sukses dan terus berkembang.

  • Update website Anda secara terus menerus. Lakukan SEO dan buat konten berkualitas tinggi untuk mendatangkan traffic.
  • Terus pertahankan hubungan baik dengan para supplier Anda. Pantau produk-produk yang Anda tawarkan dan jika memungkinkan cari supplier baru untuk produk baru yang mungkin bisa di jual.
  • Tingkatkan terus layanan pelanggan Anda. Selalu jawab semua email dan pertanyaan yang masuk
  • Selalu gunakan sosial media. Sempurnakan iklan Anda, buat kontes dan terus promosi seperti orang yang gila.

Kami berharap Anda menikmati artikel tentang Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Dropshipping dengan mudah. Apakah artikel ini menginsiprasi Anda? Silahkan tinggalkan komentar di bawah. Dan pastikan untuk tidak lupa membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang ingin punya bisnis online yang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top