skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Cara Mempersiapkan Bisnis Anda Dari Virus Corona

Bagaimana Cara Mempersiapkan Bisnis Anda dari Virus Corona

Cara Mempersiapkan Bisnis Anda dari Virus Corona – Kalau Anda membaca artikel yang saya buat ini, kemungkinan besar Anda sudah tahu dan menyadari krisis kesehatan secara global yang sudah sangat meresahkan ini dan membuat banyak dari antara kita mengajukan banyak sekali pertanyaan – terutam pertanyaan yang diajukan seperti, ‘Bagaimana krisis kesehatan global ini berdampak pada diri saya?’ Selain kekhawatira tentang kematian yang sangat tinggi, banyak masyarakat yang kaya dan sangat mapan berebutan untuk mulai menimbun makanan dan kebutuhan dasar di rumah dan gudang mereka agar mereka sebisa mungkin tetap berada di dalam rumah atau di tempat tersembunyi yang sudah mereka persiapkan sejak lama jika situasi virus ini semakin buruk seperti yang sudah diperkirakan dan di ramalkan. Apakah selama ini Anda pernah melihat rak-rak kosong di toko – toko dekat rumah Anda belakangan ini? Jika rak-rak pajangan barang yang kosong tidak membuat Anda merasa taktut, pertengkaran yang memperebutkan sebuah barang yang dijual misalnya tisu, masker atau barang-barang lainnya.

Selain mengerikan dan sekaligus menghibur kita berita-berita tentang virus corona dan juga tentang pentingnya menjaga kesehatan pribadi Anda selama Virus Corona Pandemi Global terus berlangsung dan membuat tegang. Saya secara pribadi juga heran kalau ada orang dan kalangan berwenang yang mengatakan virus corona ini tidak mematikan. Saya yakin jika ada yang percaya dan mengatakan pernyataan seperti itu “sudah bisa di pastikan mereka sedang mencoba membuat masyarakat tenang dan menutupi berita yang sangat mengerikan di dunia ini”.

Coba Anda bayangkan jika virus covid-19 ini tidak mematikan mengapa kita harus takut? Kenapa ada orang-orang yang sampai mati terkena virus ini dalam hitungan hari atau bulan? Bukankah semua kenyataan ini membuktikan virus corona ini sangat GANAS dan membahayakan kehidupan kita semua?

Anda di suruh menjaga kesehatan Anda oleh pemerintah, tetapi yang ingin saya tanyakan kepada Anda adalah Apakah Anda sudah menjaga kesehatan bisnis Anda? kita sudah melihat dengan sangat jelas kalau perekonomian sudah mulai menyerah dan banyak perusahaan yang sudah gulung tikar dan kasur mereka. Di Bali banyak toko-toko langsung tutup dan menjual aset mereka, ada yang over kontrak ruko dan kantor mereka dan banyak karyawan yang harus kembali ke kampung halaman mereka hanya gara-gara virus corona covid-19. Itu baru di Bali, belum lagi di kota-kota lain dan negara-negara lain yang juga terkena dapak yang jauh lebih parah. Tetapi apakah Anda juga akan ikut menyerah dengan serangan Corona? (* menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Covid-19 alias virus corona belum ditetapkan sepenuhnya menjadi pandemi menyeluruh dan masih di tetapkan sebagai ‘darurat kesehatan secara global’ tetapi beberapa sumber berita dan sebagian besar orang lain banyak yang sudah menggunakan istilah itu sehingga kami juga memutuskan untuk menggunakannya).

Meskipun sebisa mungkin Anda dan saya menghindari kontak secara langsung dengan manusia dalam waktu yang cukup lama kedepan ini, menurut saya jika itu memungkinkan Anda tidak perlu sampai menutup toko atau bisnis Anda. (dalam arti kiasan). Berikut ini saya mencoba membantu Anda untuk melakukan beberapa hal yang mungkin bisa untuk menghadapi implikasi ekonomi dan tempat kerja dari wabah virus corona yang semakin meresahkan ini.

1. Optimalkan Bisnis dan Kantor Anda untuk remote work (pekerjaan jarak jauh)

Beberapa waktu belakangan ini mungkin kita tidak pernah mendengar tentang wabah virus flu tahun 1918 atau mungkin sudah lupa dengan peristiwa itu. Sekarang kita benar-benar harus terus berhati-hati saat akan berinteraksi dengan orang-orang setiap harinya. Kita sekarang mungkin takut untuk berada di tempat keramaian, di ruang konferensi bersama dengan rekan kerja kita yang mungkin baru saja kembali dari liburan karena lagi dapat diskon tiket murah gegara wabah virus corona.

Saya memperhatikan ada banyak teman-teman kuliah saya yang memanfaatkan momen murah ini untuk bepergian ke Jepang dan beberapa negara lain yang tiket pesawatnya sedang murah. Walaupun saya mampu untuk membayar tiket pesawat dengan harga normal saya tidak akan mau pergi saat ada wabah virus corona seperti ini, kenapa? karena saya menyadari cara pemerintah kita dalam merawat dan menangani korban virus corona tidak sama seperti di negara-negara lain (ini hanya pemikiran saya saja dari melihat dan cara menangani hal-hal lain, maaf kalau saya salah dan di sini saya tidak menghina pemerintahan kita, justru pada saat-saat seperti ini kita harus mendukung dan bersatu padu memerangi virus yang mewabah ini). Sebisa mungkin kita tidak kemana-mana selama wabah virus corona.

Mungkin kini sudah waktunya bagi Anda untuk memikirkan opsi pilihan lain misalnya saja seperti bekerja secara remote (jarak jauh) baik itu untuk rapat-rapat dan pada saat bekerja di jam kantor. Memang masyarakat Indonesia belum bisa seperti masyarakat di negara-negara luar yang sudah mulai mempunyai sistem pekerjaan secara remote sejak lama (sebelum wabah corona). Memang tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dengan cara remote tetapi jika memang ada yang bisa dilakukan secara remote sebagian kenapa tidak memulainya dari sekarang? Percayalah Anda harus belajar seperti di negara-negara lain – Facebook, Amazon, Microsoft, Google, Twitter, Square dan masih banyak yang lainnya mereka semua mengatakan kepada karyawan mereka untuk bekerja dari rumah sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Mungkin bagi sebagian orang. bekerja dari rumah (work form home) adalah sesuatu yang sangat menegangkan dan menimbulkan pertanyaan, apakah saya sudah mau diberhentikan dari pekerjaan tetap saya? sedangkan bagi sebagian orang lagi bekerja remote (dari rumah) adalah sesuatu yang menyenangkan dan menikmatinya, tetapi ada juga bagi yang lain mengatakan, pekerjaan remote (jarak jauh) sangat tidak produktif dan membuat kita sama sekali tidak nyaman. Sebenarnya semua ini bergantung dari model bisnis Anda, mungkin bisa jadi bekerja sepebuh waktu secara remote dari jarak jauh mungkin bukan pilihan yang baik.

Sekarang memang sudah sedikit terlambat menurut saya untuk mencegah dan mengurangi virus corona di Indonesia karena kebijakan dan cara Indonesia kemarin-kemarin yang membolehkan wisatawan masuk, berlabuh dan cara menangani tenaga kerja dan mahasiswa yang kuliah di negara lain saat kembali ke Indonesia. Sangat di sayangkan juga pemerintah harus membuat diskon – diskon pariwisata. Tapi ya sudahlah, kita pasrah saja, wong corona sudah masuk Indonesia. Sekarang kita lihat saja mampukah Indonesia menangani masalah kesehatan masyarakatnya? Jawabannya bisa mampu dan bisa tidak, ini semua bergantung dari bagaimana keseriusan dan menghargai kehidupan orang banyak (siapapun dia) untuk menangani mereka yang menjadi korban virus corona ini.

Apapun keadaannya nanti, selalu ada cara untuk kita bisa mengurangi penyebaran virus corona covid-19 antar manusia. Misalnya saja, dengan memindahkan rapat-rapat yang sering Anda lakukan di kantor dengan jarak dekat menjadi rapat online hal ini menurut saya bisa sedikit mengurangi beberapa resiko penyebaran virus corona menjadi lebih besar. mulai hari ini, pikirkan dan rencanakan pilihan yang paling baik untuk Anda dan tim Anda, bicarakan bersama mereka dan dengarkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Jika ada yang mengatakan mereka harus tetap tinggal di rumah untuk menghindari paparan dari virus corona, menurut saya saat ini bukan saatnya untuk memikirkan ego Anda sendiri dan bersikeras untuk membuat mereka tetap harus masuk kerja ke kantor seperti biasanya. Percayala kepada tim dan karyawan Anda yang mencoba memberikan opsi-opsi yang paling baik – Jika memang memungkinkan.

 

Jika Anda seorang penjual online, pekerja online atau seoarang blogger dan affiliate marketer seperti saya, ini adalah sebuah hal yang biasa bagi Anda untuk bekerja secara online karena selama ini Anda memang sudah bekerja secara remote atau online. Tapi bagi mereka yang setia harinya bekerja di kantor, bekerja remote dari jarak jauh adalah sebuah hal yang baru dan mungkin akan sedikit aneh dan melakukan banyak kesalahan pada awalnya. Bagi pemilik bisnis khususnya orang Indonesia, pasti banyak yang tidak akan percaya kalau staf (karyawan) mereka bisa dan akan tetap bekerja dari jarak yang jauh. Apalagi kalau dia adalah orang yang kurang begitu dan mau mengikuti perkembangan teknologi bisa gak bakalan mau dan percaya sama karyawan mereka. Percayalah, bekerja dari jarak jauh (remote) dan mengatur jam kerja Anda sendiri ini bisa membantu mengurangi resiko tertular corona, dan Anda hanya perlu ke kantor jika memang perlu saja dan berkomunikasi menggunakan teknologi yang ada seperti sekarang ini bisa bertatap muka secara online.

2. Segera Menyesuaikan dan Beradaptasi dengan Kesulitan

Saya yakin sekali tidak satupun dari antara kita semua yang meminta virus corona datang dan kemudian sampai membuat pendapatan kita menjadi terpuruk pada tahun pertama 2020 dan pasti tidak ada satupun yang merencanakannya. Jika bisnis yang Anda jalankan saat ini adalah sebuah bisnis yang mengharuskan kontak langsung dengan publik (seperti restoran, hotel dan toko retail) pandemi adalah sebuah skenario yang paling terburuk.

Coba luangkan waktu sejenak untuk memikirkan kira-kira bagaimana caranya Anda bisa mendapatkan dan menjual barang atau jasa Anda kepada orang-orang tanpa harus berinteraksi dengan mereka. Saya yakin dengan semakin banyaknya orang yang menghindari terkena paparan publik, keuntungan yang akan Anda dapatkan akan turun sangat drastis.

Sekarang saatnya untuk mulai beradaptasi dengan mengoptimalkan dan membuat bisnis Anda online. Jika saat ini bisnis Anda belum online cobalah untuk mulai mengonlinekan bisnis Anda. Jika Anda belum mempunyai website cobalah untuk membuat website sekarang juga, minta bantuan teman atau Jasa pembuat website. Jika selama ini Anda tidak pernah menggunakan akun social media untuk berkomunikasi, mempromosikan dan menjual produk atau jasa Anda, cobalah untuk memulainya sekarang juga, cobalah mulai dengan menggunakan Facebook Page dan Instagram. Jika publik tidak bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan sekarang juga dari Anda tanpa harus meninggalkan rumah mereka, menurut saya ini adalah sesuatu yang sangat buruk untuk bisnis Anda, dan cepat atau lambat semua bisnis ke depannya akan online.

Virus corona memang mungkin menjadi sebuah mimpi buruk bagi pemilik toko atau bisnis kecil, kesulitan untuk segera beradaptasi apalagi dalam waktu cepat seperti sekarang ini memang tidak ada cukup waktu untuk bisa segera membuat dan beradaptasi dengan program baru, tetapi mau tidak mau Anda harus bisa segera beradaptasi (ini memang menakutkan)

3. Pentingnya Membuat Karyawan atau Tim Anda Tenang

Tidak perduli jika Anda adalah sebuah perusahaan yang mempunyai karyawan lebih dari 500 orang atau hanya terdiri dari tim yang sangat kecil mungkin hanya beranggotakan 2 – 6 orang saja, semua karyawan dari segala macam bentuk bisnis saat ini sedang mengalami kepanikan yang sama dengan yang Anda alami. Saat panik dan khawatir seperti sekarang ini, penting sekali untuk membuat karyawan atau tim tenang dan berfokuslah pada hal itu.

Salah satu cara untuk bisa membantu meredakan ketegangan dan juga kepanikan ketika wabah virus corona adalah dengan memberitahu mereka kalau mereka tidak akan di hukum atau dikeluarkan dari pekerjaan mereka jika mereka tetap tinggal di rumah karena mereka sakit atau mereka takut tertular virus corona. Jika memang perusahaan Anda mampu untuk membayar penuh gaji mereka atau mengurangi uang gaji mereka jika perusahaan Anda tidak mampu membayarnya, Anda harus memberitahukan kepada mereka secara terbuka di jauh-jauh hari, ini akan membantu keuangan mereka dan juga menenangkan mereka.

Berkomunikasilah dengan mereka sesering dan sebisa mungkin untuk rencana apa yang akan dilakukan dan yang tidak dilakukan selama virus corona ini. beritahu baik dan buruknya tentang situasi-situasi yang mungkin bisa terjadi supaya mereka bisa mengetahui, mengantisipasi dan membuat rencana-rencana yang baik.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah menganjurkan tim atau karyawan Anda untuk menjaga kesehatan, olahraga, makan-makanan yang sehat, tidur yang cukup dan kurangi kegitan-kegiatan yang bisa menimbulkan stres. Banyak istirahat dibarengi dengan memakan vitamin, buah-buahan dan sayur-sayuran. Lakukan segala hal yang bisa Anda lakukan untuk memberitahu karyawan Anda bahwa Anda juga mendukung mereka semua dan memahami saat-saat seperti yang kita alami saat ini memang menjadi sebuah tantangan yang harus di hadapi bersama.

4. Menyusun Rencana yang Baru

Jika bisnis yang Anda jalankan sangat bergantung dari cina apapun itu bentuknya, Anda sudah tahu apa yang terjadi atas ekonomi dari virus corona yang sudah sangat meresahkan dunia ini. dampak ekonomi seperti ini bisa meresahkan dan merusak semua industri yang pada akhirnya merugikan semua pihak. Dengan penutupan pabrik-pabrik hampir di seluruh cina dan perusahaan lain yang tersebar di dunia juga mengalami kerugian yang sama karena mereka harus menutup toko mereka sementara waktu baik itu di daerah yang terinfeksi, kita semua yakin efek dari pandemi ini pasti tidak akan sebentar, mungkin ini akan berjalan dalam waktu yang cukup lama bisa satu sampai dua tahun.

5. Terus Berharap untuk yang terbaik dan rencanakan untuk hal yang terburuk

Pengacau ekonomi seperti bencana alam dan pandemi memang sangat merusak dan membuat masyarakat tidak senang ketika hal itu terjadi karena ini bisa menyebabkan kematian, kehancuran dan gangguan pada aspek lain. Dengan mengingat hal-hal seperti itu kita mungkin sebaiknya tidak hanya berdiam diri saja, tidak pasrah dan membiarkan kecemasan mengatur hidup Anda. meskipun hal itu terjadi kita bisa berupaya sebisa mungkin melakukan hal-hal yang baru dan tidak ada salahnya juga untuk mengharapkan hal terbaik di masa depan.

Membuat rencana untuk apa yang akan terjadi di masa depan baik hal baik atau buruk bukanlah ide yang buruk, ini akan sangat membantu Anda untuk siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan apapun yang bisa terjadi, contohnya seperti kasus virus corona covid-19 ini – Apalagi kalau Anda adalah seorang pemilik bisnis.

Tertarik untuk mengonlinekan usaha Anda dan membuat website, hubungi saya sekarang juga.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Mempersiapkan Bisnis Anda dari Virus Corona ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top