skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Cara Membuat Tags Video YouTube

Bagaimana Cara Membuat Tags Video YouTube

Cara Membuat Tags Video YouTube. YouTube selalu mempertimbangkan user engagement (seperti jumlah views dan user retensi), tetapi yang perlu Anda ketahui adalah memberikan tag di dalam video Anda adalah “langkah pertama” untuk menentukan peringkat video Anda di mesin pencari YouTube. Nantinya dari situ Anda bisa berharap untuk mendapatkan peluang yang bagus untuk bisa mendapatkan peluang berada di halaman depan secara Universal.

Tag membantu pengguna untuk menemukan video Anda ketika mereka mencari di internet. Saat pengguna mengetikkan kata kunci yang yang terkait dengan tags yang ada di video Anda, maka video Anda akan muncul di hasil pencarian mereka.

Apa itu YouTube Video Tags?

Tags Video yang juga dikenal dengan ‘Tag YouTube’ adalah sebuah frase dan kata yang digunakan untuk membantu mesin pencari memahami kontesk video YouTube Anda. Tag Video ini dianggap sebagai faktor penentu untuk menemukan peringkat sebuah video di algoritma pencarian YouTube.

Mengapa Tags Video YouTube sangat penting?

Seperti halnya metadata lainnya, tags video yang Anda buat adalah peluang untuk memberikan informasi kepada mesin pencari YouTube dan juga Google tentang video Anda… ini bisa termasuk topik video, kategori dan banyak hal tentang video Anda.

Cara Membuat Tags Video YouTube

Tags Pertama: Keyword Utama

Ketika mesin pencari YouTube mengunjungi video Anda, YouTube akan memberikan perhatian khusus kepada beberapa tags video pertama Anda.

Khususnya pada tag pertama yang Anda tulis.

Tempatkan tag utama di bagian pertama

Jadi, pastikan bahwa tags pertama di video anda adalah kata kunci utama yang ingin Anda target dan merangking.

Sebagai contoh, katakanlah anda ingin memberi peringkat pada video Anda untuk kata kunci “How to Find affiliate products”

Anda tentu ingin menempatkan tags pertama Anda dengan istilah yang tepat:

Gunakan penggabungan Tags Broad dan Keyword Utama (yang di fokuskan)

Penggunaan fokus tags contohnya seperti “Cara Membuat Website” atau “Cara Jualan Online”, akan membantu YouTube mencari tahu dan mempelajari topik video Anda secara spesifik.

Dan penting juga untuk menggunakan broad tags. Mengapa? Karena penggunaan broad tags akan membantu memberikan konteks penting kepada YouTube tantang video Anda.

Sebagai contoh, misalnya saja keyword utama Anda untuk video yang baru Anda buat adalah: ‘How to make money online’.

Anda ingin menggunakan kata kunci itu dan (variasi) itu di dalam tag:

tag luas

Dan mungkin Anda juga ingin memasukkan beberapa tag luas yang akan menggambarkan kategori luas dari video yang anda buat atau high level topic. Dalam kasus ini penggunaan tag luas akan menjadi seperti ini kira-kira: business dan internet.

board tags

ini Cara Membuat Tags Video YouTube yang saya lakukan sejak pertama kali saya bermain video YouTube. Memang tidak akan selalu berhasil menduduki peringkat pertama di mesin pencari YouTube dengan melakukan Cara Membuat Tags Video YouTube seperti ini, masih ada beberapa faktor lain yang bisa membuat sebuah video berada di halaman pertama mesin pencari.

Jangan menggunakan Tags berlebihan

Memasukkan tag ke dalam video dengan jumlah yang berlebihan adalah sebuah kesalahan yang biasanya dilalukan oleh banyak orang pengguna YouTube.

Jika berlebihan ini bisa membahayakan dari pada hal yang baik.

Perlu kita ingat: Tag di rancang untuk membantu YouTube memahami konten video Anda. Jadi jika Anda memberikan lebih dari 15 tag, kemungkinan YouTube akan bingung dan bisa jadi akan kesulitan mengetahui, sebenarnya video Anda ini kontenya tentang apa?

Sebagai contoh coba lihat Tag Video ini:

terlalu banyak tag yang dimasukkan

Coba Anda bayangkan Anda adalah YouTube. Dengan adanya tag-tag ini, apa yang akan Anda katakan tentang video itu? Satu mengatakan video itu tentang blogging, tetapi di tag yang lain video itu mengatakan tentang business women dan CSA, apa Anda tidak akan bingung?

Inilah alasannya banyak pemula yang bertanya dan sering pusing, kok video saya tidak ada di mesin pencari ya, sulit banget bersaing sama channel yang sudah besar, atau bagaimana sih caranya supaya views kita banyak?

Jawabannya ada di atas…

Jadi, Jika Anda saja bingung, apalagi YouTube, dia juga pasti akan bingung. Jadi jika Anda membanjiri video Anda dengan banyak tag, Anda hanya akan membuat peringkat video Anda menjadi lebih buruk.

Cukup masukkan 5-8 tag saja ke dalam video Anda yang cocok dan sesuai dengan topik video Anda. Ini harus campuran dari kata kunci utama yang Anda target dan kata kunci luas yang Anda temukan saat melakukan riset keyword untuk video Anda.

Sebagai contoh, mari kita lihat video untuk kata kunci “Sony E PZ 18-105mm f/4 G OSS Lens” yang mendapat rangking #1

Sony E PZ 18-105mm f4 G OSS Lens

Video ini tidak banyak menggunakan tag apalagi sampai membanjiri video dia dengan banyak tags. Sederhana tetapi efektif.

Buat Semua Tag Video Anda 2-3 Kata saja

Sebaiknya berapa panjang tag yang Anda gunakan?

Berdasarkan data yang saya dapat dari internet di Briggsby, panjang tag yang bagus untuk seo adalah 2- 3 kata.

Dari sini, apakah ini mengartikan semua video yang kita buat harus menggunakan format tag seperti itu semua?

Tentu saja tidak.

Dalam penerapan beberapa video, untuk penggunaan tag yang lebih luas anda bisa menggunakan tag yang lebih pendek 1-2 kata saja.

Mungkin ada yang bertanya, seberapa panjang dan banyak tag harus dibuat untuk keyword general?

Kalau terlalu pendek, bisa jadi itu tidak cukup memberikan informasi kepada YouTube tentang video saya.

Jika saya terlalu panjang saat membuat tag video, mungkin ini akan memberikan informasi yang terlalu berlebihan untuk YouTube.

Saya akan memberikan contoh, katakanlah saya baru selesai membuat sebuah video dengan keyword “manfaat kopi untuk kesehatan’.

Anda bisa menempatkan dan membuat tag dengan kata tunggal seperti ini: ‘kopi’ dan ‘kesehatan’ dan lengkapi juga dengan tag deskripsi di video Anda dengan menambahkan tag: ‘manfaat minum kopi untuk kesehatan’ dan ‘apakah kopi menyehatkan’.

Nah dari apa yang saya jelaskan di sini, saya harap Anda bisa memahami apa yang saya maksud dan menggunakan tag dengan cara yang tepat untuk membantu meningkatkan video Anda di mesin pencari YouTube.

 

Memang nanti pada prakteknya, apa yang akan kita lakukan ini akan selalu menguasai mesin pencari YouTube. Tetapi dengan menggunakan cara ini Anda dan saya bisa berharap semua video yang dibuat bisa ditemukan di mesin pencari YouTube dan juga Google.

Mencari Genaral Tag dengan Menggunakan Alat bantu (Tools)

Menemukan dan mencari tag yang cocok memang kadang susah-susah gampang. Untungnya sekarang Anda bisa mencari dan menemukan kata kunci (tag) yang baik dengan menggunakan alat bantu untuk meningkatkan SEO video Anda.

Ada beberapa tool yang bisa membantu Anda mencari tag dengan mudah sesuai dengan kata kunci yang ingin kita target.

1# TagTube

TagTube adalah tool gratis yang bisa membantu anda dan saya untuk menghasilkan daftar tag yang berhubungan dengan kata kunci di video Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah cukup memasukkan kata kunci yang ingin ditarget ke dalam tool ini.

software youtubetag

…dan dalam beberapa detik saja Anda bisa mendapatkan pilihan tag yang bisa digunakan.

hasil youtube tag

VidIQ Boost

VidIQ Boost adalah fitur yang sangat membantu sekali untuk membuat video YouTube dalam melakukan riset keyword.

Saya menginstall Extension VidIQ di komputer saya untuk mempermudah saya bekerja dalam melakukan riset kata kunci yang cocok dan tepat. Anda bisa melihat tag yang digunakan pesaing Anda dalam video yang Anda temukan atau yang sedang Anda lihat.

Dengan kata lain Anda mendapatkan saran-saran kata kunci langsung di browser Anda.

Saya secara pribadi tidak menggunakan VidIQ yang berbayar di website, saya hanya menggunakan extension vidiq untuk chrome untuk versi enterprise dan Boost. Tetapi saya lebih sering menggunakan yang versi enterprise secara gratis dengan sedikit trik yang tutorialnya bisa Anda lihat di dalam halaman Facebook Page SUBMITClimb di sini. Untuk panduan VidIQ dalam bentuk artikel bisa Anda baca di sini.

Dengan melihat video panduan di atas itu, Anda bisa mengklik tanda plus untuk memasukkan tag ke dalam video Anda dengan menggunakan extension vidiq chrome. Cukup mudah bukan? Anda tidak perlu mengetik banyak cukup klik tanda plus untuk setiap tag yang Anda ingin masukkan ke dalam video Anda.

Sangat bermanfaat bukan extension chrome ini?

Tips dan Strategi Advanced

Coblah untuk membaca tag video Anda: sekarang saya akan menunjukkan tips yang jarang dikasih tahu oleh orang-orang dan ini adalah cara yang saya terapkan sendiri untuk beberapa channel utama saya. cara ini terbukti manjur dan bermanfaat untuk meningkatkan video YouTube kita. cobalah Anda membaca tag video Anda. Jangan melihat judul dan deskripsi video Anda, abaikan dulu semua itu. Cukup baca bagian tag saja, jika Anda memahami apa isi video Anda hanya membaca tag video Anda maka Anda sudah menempatkan tag video yang tepat untuk video YouTube Anda. Ini adalah Cara Membuat Tags Video YouTube yang sering saya lakukan setiap hari untuk beberapa channel YouTube saya.

Tambahkan Long Tail Keyword: Jika Anda masih memiliki ruang untuk menambahkan 1-2 kata lagi untuk variasi keyword anda silahkan tambahkan setelah kata kunci utama yang anda buat sebagai tag.

Sebagai contoh: katakanlah saya akan mencari resep sayur asem, untuk makan siang ini, karena saya belum pernah memasak sayur asem maka saya akan mencari informasinya di YouTube atau di Google dengan kata kunci: ‘resep sayur asem”.

Ok katakanlah saya akan menggunakan YouTube untuk mempelajari cara masak dan resepnya dengan memasukkan kata kunci utama ke kota pencarian YouTube. Lihat apa saja yang di sarankan oleh YouTube untuk long tail keywordnya:

youtube suggested

Suggestion yang diberikan YouTube ini adalah long tail keyword yang sangat sempurna dari kata kunci utama yang digunakan sebagai tag.

Gunakan Tag yang Tepat: ini adalah hal yang paling lucu yang pernah saya lihat di banyak channel orang. saya tidak tahu apakah Anda juga termasuk orang yang menggunakan cara ini atau tidak, jika iya maka apa yang akan saya katakan ini akan merubah pemikiran Anda. Saya melihat banyak orang memasukkan tag dengan menambahkan nama channel YouTube pesaing mereka (mungkin mereka berharap ini bisa membantu video mereka muncul di sebelah video dari channel pesaingnya sebagai video yang disarankan).

Bahkan beberapa orang menggunakan tag dengan nama artis terkenal untuk tujuan yang sama. Meskipun ini mungkin bisa berhasil pada saat ini, menurut saya ini bukanlah cara yang benar dan aman untuk channel Anda. YouTube sendiri mengatakan, penggunaan tag yang menyesatkan bisa membuat sebuah video akan di hapus.

Copy Tag dari Video Populer: Tag yang Anda pilih dan masukkan ke dalam video Anda tidak hanya penting untuk pencarian di YouTube saja. Mereka juga bisa membantu membuat video Anda masuk dalam video yang di sarankan (suggestes Video) khususnya jika video Anda cocok dengan video tag dari video yang populer itu, kemungkinan besar video Anda bisa muncul di sebelahnya.

Cara Membuat Tags Video YouTube dengan copy tag

Jadi saran saya, jangan takut untuk menggunakan beberapa tag yang relevan dari video-video yang populer sebagai tag Anda.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan TubeBuddy untuk melihat tag orang lain dan mengcopynya ke video Anda.

Cara Membuat Tags Video YouTube dnegan tubebuddy

Pelajari Lebih lanjut:

Pentingnya Membuat Judul Video Yang Menarik: Pembahasan tentang bagaimana Anda bisa membuat Judul Video yang menarik penonton dan mengapa hal itu sangat penting.

Menulis Deskripsi Video, Mengapa itu penting?

Cara Memberi Tag Video Anda dengan benar: Ini adalah panduan yang sangat bagus bagaimana memberi tag baik dan benar. Video dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top