skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Bagaimana Cara Membuat Artikel yang SEO friendly

Bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly? Itu adalah pertanyaan yang paling sering di tanyakan banyak orang, khususnya mereka yang baru pertama kali membangun blog atau website mereka. Membuat konten yang ramah SEO tidak harus sulit atau memakan waktu yang lama, asalkan Anda mengetahui bagaimana cara kerja SEO pada sebuah halaman website dari konten yang Anda buat. Berikut ini adalah caranya membuat artikel yang akan di sukai oleh audience Anda dan juga search engines.

Membuat dan mempunyai konten yang baik itu sangat penting, tetapi yang juga penting adalah bisa merangking dengan baik di mesin pencari jika Anda ingin menjangkau audience yang lebih banyak (luas). Mari pelajari bersama-sama cara membuat konten yang SEO friendly.

Bagi pelaku SEO, kualitas selalu menjadi hal yang paling penting setiap Anda membuat konten baru, tetapi dengan bantuan SEO Anda bisa menjangkau audiens yang Anda target.

Bagi banyak orang membuat konten yang ramah SEO (SEO-friendly) sangat sulit, sebenarnya jika Anda memahami betul tentang SEO untuk membuat konten yang SEO friendly tidaklah sesulit yang kita bayangkan apalagi sampai memakan waktu.

Buatlah konten yang original

Banyak orang yang berupaya untuk bisa menghasilkan sebanyak mungkin artikel baru dan menerbitkannya. Menurut saya itu bagus, tetapi semua itu akan percuma jika konten yang Anda buat tidak otentik dan menonjol dari artikel lain yang sudah ada di internet lebih dulu. Bahkan jika Anda membuat konten yang sama sekali baru dengan prespektif yang berbeda dan unik, menurut saya ini sangat bagus, karena semakin unik konten yang Anda buat akan semakin menambah nilai dari topik tertentu yang Anda buat.

Copyscape adalah salah satu tool berbasis web yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah konten yang Anda buat unik dan original atau tidak. Duplikat konten, pada umumnya, tidak dihargai oleh mesin pencari manapun dan sama sekali tidak akan membantu Anda untuk bisa merangking dengan lebih baik di mesin pencari. Baca juga website alternatif selain Copyscape dan Cara melaporkan pencurian artikel ke Google DMCA.

Memang tidak semua orang bisa menghasilkan ide untuk membuat konten baru, berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda menemukan inspirasi untuk membuat topik selanjutnya.

Optimasi Judul konten Anda

Judul artikel yang paling pertama menjadi perhatian banyak orang, setelah melihat judul yang menarik saat dia menemukan website Anda di mesin pencari, setelah itu baru dia akan mengklik URL website Anda untuk membaca artikelnya lebih lanjut. Pasti ini membuat judul menjadi sangat penting, dan ini akan sangat membantu jika Anda membuat beberapa variasi judul dan memilih salah satunya untuk menjadi yang paling terbaik.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan judul Anda dengan menggunakan beberapa bantuan plugin SEO, Yoast SEO dan All in One SEO Pack adalah yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di website mereka.

Menggunakan focus keyword di headline adalah cara bagus untuk mengoptimalkan konten Anda, tetapi jangan terlalu memaksakan untuk menempatkannya jika memang tidak mungkin. Gunakan kata-kata yang meyakinkan dan hindari pengulangan kata atau kombinasi kata yang tidak perlu di dalam judul Anda (Redundancy). Usahakan untuk membuat judul tidak lebih dari 55 – 60 karakter, karena ini adalah jumlah kata yang akan di tampilkan di hasil pencarian Google.

Juga, pastikan Anda menggunakan URL yang relevan dengan judul yang Anda buat, daripada Anda membuatnya dalam urutan angka yang terlihat agak rumit.

Perhatikan Struktur

Sama seperti sebuah buku yang sering kita baca, mempunyai struktur dan susunan yang rapi dan jelas akan membantu orang dan juga mesin pencari memahami sepenuhnya konten yang Anda buat. Struktur yang bagus dan jelas juga akan membantu mesin pencari menentukan website mana yang akan mereka tampilkan lebih dulu di halaman depan hasil pencarian. Jadi buat judul, struktue dan paragraf yang baik akan lebih di sukai oleh para pembaca website Anda dan search engines.

Heading dan struktur artikel

Meskipun terlihat tidak terlalu penting, headings sangat membantu mesin pencari mendapatkan gambaran umum tentang isi konten Anda, maka penting untuk setidaknya menempatkan satu fokus keyword di bagian ini.

Penting juga untuk menempatkan struktur H1 sampai H6, tapi saya yakin kebanyakan dari antara kita cukup menempatkan H2 dan H3 pada bagian tertentu yang masih berhubungang dengan isi artikel kita, selalu membuat struktur yang jelas seperti ini juga penting meskipun bagian ini bukan sepenuhnya penentu peringkat sebuah website di mesin pencari.

Menggunakan Keyword

Dulu, penggunaan keyword sangat dianjurkan dan di haruskan karena ini akan membantu mesin pencari untuk merangking sebuah website dengan keyword tertentu (kata kunci). Meskipun belakangan banyak yang mengatakan penggunaan keyword di sebuah website sudah tidak terlalu penting lagi, menurut saya tidak ada salahnya kita tetap memasukkan dan menempatkan keyword di website kita.

Plugin Yoast sudah menghilangkan fitur untuk menambahkan keyword, mereka menggantinya dengan focus keyword. Pelan-pelan saya sekarang mulai tidak menggunakan Yoast, saya mulai menggantinya dengan All in One SEO Pack dan Platinum SEO Pack, karena kedua plugin ini masih mempunyai fitur ini jika kita aktifkan.

Melakukan riset keyword sebelum membuat sebuah konten sampai hari ini masih sangat penting. Riset keyword membantu Anda menentukan topik apa yang bisa meningkatkan dan menarik audiens Anda. Memasukkan kata kunci ke dalam konten yang Anda buat sangat penting asalkan dalam penggunaan yang wajar dan tepat. Jika penggunaan keyword tidak tepat apalagi berlebihan, hal ini bisa menjadi kebalikan dari apa yang Anda harapkan di mesin pencari.

Buat untuk mudah di baca

Konten yang baik adalah konten yang mudah untuk di baca dan mempunyai kesederhanaan dalam bahasanya, penggunaan tata bahasa dan struktur kalimat juga sangat penting. Jujur, sulit untuk melakukan hal ini bagi kebanyakan orang termasuk saya sendiri.

 

Untuk saat ini jangan pusing dulu. Silahkan tulis saja konten sesuai dengan kemampuan Anda. Sambil jalan, kita akan belajar bagaimana kita bisa mempelajari bagian ini. kalau Anda perhatikan, sampai hari ini, apa yang saya tulis ini masih kurang bagus malah jauh dari kata sempurna. Tetapi saya berusaha untuk tetap menulis dan menghasilkan uang dari apa yang saya kerjakan.

Satu hal yang ingin saya bagikan dibagian ini, untuk membuat artikel yang mudah dipahami dan di baca oleh orang adalah “siapa usia yang membaca” artikel Anda? Jika Anda ingin menjangkau orang dengan umur tertentu, maka sesuaikan gaya bahasa yang akan Anda gunakan agar mereka paham apa yang Anda katakan – ya, sesederhana itu.

Sertakan Link Internal dan Eksternal

Membuat internal link bisa membantu Anda untuk membuktikan authority website Anda dalam bidang tertentu dengan mengurutkannya secara logis dari satu postingan yang satu ke postingan yang lain. Ini bisa menambah nilai tambah, sehingga bisa membantu mesin pencari untuk lebih memahami topik utama di dalam artikel tertentu.

Eksternal link atau outbound, link akan membantu mengindikasi kalau Anda tahu benar topik yang sedang Anda tulis, link keluar ini untuk mendukung informasi yang lebih detail (bukti) dari sumber lain yang mungkin bisa di percaya untuk mendukung konten Anda. saya sarankan untuk membuat eksternal link ke website yang mempunyai reputasi yang baik. Ini menyangkut kredibilitas website Anda.

Meskipun penggunaan eksternal dan internal link baik untuk SEO, jika digunakan secara berlihan akan membawa dampak yang sebaliknya. Pastikan setiap link yang Anda buat mepunyai tujuannya masing-masing untuk konten Anda.

Mengoptimalkan Gambar di Website

Sebuah website tidak lepas dari yang namanya gambar, apalagi jika itu sebuah blog review atau lainnya. Jika website Anda menggunakan banyak gambar, pastikan untuk mengoptimalkan gambar yang Anda gunakan. Mengoptimalkan gambar Anda bisa menambah peluang tambahan untuk muncul di hasil pencarian, khususnya dalam pencarian gambar.

optimalkan gambar dengan mengisi title

Dari waktu ke waktu konten visual menjadi semakin menonjol dan penting, karenanya, hal itu juga tidak lepas dari SEO. Untungnya, untuk bisa mengoptimalkan gambar kita tidak perlu memakan waktu banyak. Yang harus Anda lakukan adalah selalu menerapkan beberapa tips yang selalu saya lakukan untuk semua website yang saya kelola:

  • Pastikan untuk membuat nama file gambar relevan dengan konten atau topik artikel yang sedang kita bahas.
  • Hati-hati dengan penggunaan ukuran file gambar, karena ini bisa memberikan efek besar pada kecepatan website Anda.
  • Jangan lupa dan jangan lupa untuk menambahkan add alt text, atau setidaknya membuat title untuk gambar Anda.
  • Fokus kepada kualitas gambar dan hindari yang generik.

Pikirkan Penggunjung Website Anda

Setiap akan membuat konten selalu rasakan dan pikirkan apa yang pengunjung Anda inginkan dan harapkan. Hal ini juga berlaku bagi SEO saat ini. Anda mungkin bisa saja egois untuk membuat konten apa saja sesuka hati Anda tanpa memikirkan dua hal yang saya sebutkan itu.

Bebas, ini kan blog gue, jadi semau gue lah…

Memang tidak ada yang melarang. Tapi sebenarnya Anda pasti punya tujuan dan harapan dengan membuat blog itu bukan? entah untuk menghasilkan uang atau untuk tujuan lainnya misalnya saja pemasaran.

Jadi Anda tidak boleh semau gue. Ini menurut saya. saat Anda akan membuat konten baru pastikan tanyakan hal ini kepada diri Anda sendiri:

  • Apa sih yang diharapkan audiens dari blog yang saya buat ini?
  • Bagaimana saya bisa meningkatkan user experience?
  • Apakah konten yang Anda buat tidak memberikan manfaat bagi orang lain?

Semua pertanyaan itu yang selalu saya ajukan setiap saya akan membuat sebuah konten baru. Jika Anda selalu memikirkan pertanyaan-pertanyaan itu, konten yang Anda buat kemungkinan akan bermanfaat buat orang lain dan dihargai. Google sendiri sangat menghargai website yang mengutamakan pengalaman pengguna, jadi jangan pernah menganggap sepele apalagi sampai meremehkan kekuatan pengunjung website Anda.

Tips dari saya untuk Anda

Jika Anda ingin membuat konten yang SEO-friendly, atau bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat artikel yang seo friendly berikut beberapa hal bisa Anda gunakan dan ingat:

  • Selalu otentik
  • Fokus kepada user intent
  • Beri perhatian khusus pada struktur konten Anda
  • Gunakan kata kunci dengan bijak
  • Tujukan untuk pembaca bukan hanya untuk SEO saja
  • Optimalkan gambar
  • Gunakan internal dan eksternal link

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Bagaimana Cara Membuat Artikel yang SEO friendly ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top