skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Aplikasi Terbaik Untuk Bekerja Online Dari Rumah Tahun Ini.

Aplikasi Terbaik untuk Bekerja Online dari Rumah Tahun ini.

Aplikasi Terbaik untuk Bekerja Online – Saat-saat terjadi Pandemi dan ingin bertemu dengan tim Anda secara online, Anda mungkin membutuhkan sebuah sarana untuk bisa berkomunikasi secara online yang bisa diandalkan. Kita ingin semua tim atau anggota kita bisa berkumpul secara online dalam satu layar atau halaman yang sama supaya bisa berbagi ide meskipun hanya secara online. Banyak yang sudah terbiasa bekerja dari satu ruangan kantor secara fisik, jadi saat mereka harus bekerja dan bertemu secara online harus membutuhkan beberapa penyesuaian yang diperlukan.

Dalam postingan ini saya ingin membagikan beberapa aplikasi atau tool terbaik untuk bisa bekerja online dari rumah, sekolah online dari rumah dan beribadah online dari rumah. Ada beberapa tool gratis yang mungkin bisa Anda gunakan dalam daftar ini termasuk juga yang berbayar yang bisa memberikan fitur-fitur yang lebih banyak daripada sekedar pesan instan saja.

Perlu Anda ingat, setiap alat komunikasi yang ada ini mempunyai fungsi dan fitur yang berbeda-beda, jadi Anda perlu membaca dan menemukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. mari kita baca masing-masing aplikasi dalam daftar ini.

1, Slack

Aplikasi Slack

Selama beberapa tahun terakhir ini, Slack memang mejadi bintang utama untuk chat application, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang mempunyai karyawan jarak jauh (remote working). Sangat terinspirasi dari IRCQ di mana bisa mengelompokkan chat by channel dan Anda juga bisa membuat atau mempunyai cprivate channel sendiri.

Slack bisa memungkinkan Anda dan saya untuk berbagi file (share files) dan embed photo atau berbagi file dengan beragam jenis tipe file, Anda juga bisa beragam media seperti aplikasi apapun untuk web, mobile atau dekstop. Slack juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi eksternal seperti Google calendar, Gmail, Jira, Github dan Gitlab dan masih banyak lainnya.

Slack memang mempunyai beberapa pilihan paket yang bisa Anda gunakan mulai dari yang Gratis yang tentunya dengan fitur yang terbatas sampai yang berbayar. Jika Anda membutuhkan fitur-fitur premium seperti Group call dengan screen sharing, unlimited app, guest aacount dan share channel Anda bisa mendapatkannya dnegan opsi pilihan berbayar $8/pengguna/month.

2. Basecamp

basecamp

Dari banyak proyek online lainnya, Basecamp kini menjadi sebuah pilihan yang cukup baik untuk perusahaan-perusahaan yang berbasis internet. Layanan Basecamp memungkinkan manager atau pemimpin perusahaan untuk memberikan tugas-tugas secara online, membuat catatan grup, file download, dan juga grup chat. Basecamp adalah sebuah tool yang sangat ampuh untuk mengorganisasi dan mengatur proyek Anda secara online dengan beberapa orang sekaligus.

Basecamp membantu pekerjaan Anda menjadi jauh lebih mudah dan membuat setiap proyek terpisah. Setiap proyek ini mempunya segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan jadi tidak acak-acakan, semua orang atau tim yang ada bisa terlibat juga di dalamnya, seperti diskusi, dokumen, file dan tugas penting mereka masing-masing dan tanggal-tangal penting.

3. Zoom

Aplikasi Zoom

Pasti Zoom akan menjadi pilihan untuk mengadakan pertemuan video secara online atau konferensi. Zoom sangat terkenal karena kemudahan dan kehandalannya jika ingin dibandingkan dengan platform yang lainnya. Zoom terkenal dengan kemudahannya untuk mengikuti rapat.

Admin bisa membuat rapat dan mengundang orang-orang untuk bergabung. Setiap orang yang mendapatkan link undangan bisa mengklik Link undangan yang kemudian akan diarahkan ke dalam room online dimana rapat online akan diadakan, pastikan untuk mengaktifkan Video dan juga Mikrofon di perangkat yang Anda gunakan. Mereka yang mendapat undangan juga bisa menuliskan nama mereka sendiri, usahakan menulis nama Anda yang sebenarnya supaya admin bisa mengetahui Anda.

Selama Pandemi virus corona (COVID-19) Zoom mempunyai peningkatan pengguna yang sangat tajam. Hampir semua sekolah, kantor dan bahkan pemerintahan menggunakan Zoom untuk mulai bekerja dari rumah, sekolah dari rumah dan beribadah secara online dari rumah. Meskipun terbilang mudah digunakan banyak orang yang harus mempelajari cara menggunakan Zoom.

4, Google Meet

Google Meet

Google Meet adalah salah satu produk milik Google untuk melakukan percakapan secara online dengan satu atau beberapa orang sekaligus dalam satu room online. Jika kita bandingkan dengan produk Google yang lainnya seperti Google Hangout yang bisa menampung sekitar 25 orang saja dalam satu grup chat. Google Meet memang sengaja di rancang oleh tim Google untuk keperluan bisnis sehingga dengan demikian hal ini akan memungkinkan Anda untuk meng-host sebanyak mungkin orang yang ingin Anda undang ke dalam rapat atau pertemuan online.

Cara kerja Google Meet sangat mirip dengan Zoom, Anda bisa mengundang sebanyak mungkin pengguna dalam akun Gsuite Anda atau Anda bisa mengirim undangan ke orang lain dengan menggunakan ID rapat untuk mengikuti rapat yang akan Anda adakan. Sayangnya untuk bisa menggunakan Google Meet tidaka da versi gratisnya karena ini bagian dari produk Gsuite.

 

5. Microsoft Teams

Microsoft Teams

Sesuai dengan namanya Microsoft Teams adalah sebuah platform chat dan kolaborasi dari Microsoft yang dirancang untuk segala macam jenis grup. Sebagai bagian dari jajaran Microsoft, Microsoft Teams terhubung ke produk lain termasuk juga ke Office 365.

Microsoft Teams menyediakan paket Gratis yang bisa Anda gunakan dengan fitur yang menurut saya sangat bagus. Paket gratisnya sudah mempunyai gup chat dan tool dengan unlimited chat messages, guest acces, video dan juga panggilan audio, Anda juga bisa mengakses ke versi web Word, Excel dan PowerPoint.

6. Rocket.Chat

rocket.chat

Rocket.Chat adalah salah satu software chat team open-source. Ini gratis, tanpa adanya fitur pembatasan. Anda bisa menggunakan Audio dan video conferencing, Anda juga bisa mengundang orang untuk mengadiri rapat online sebagai tamu, screen dan file sharing, mengatur two-factor authentication (2FA), E2E Encription, SSO dengan puluhan Oauth providers.

Rocket.Chat menyediakan panduan tentang bagaimana cara menggunakan Rocket Chat diberbagai server seperti Ubuntu, RedHat, Docker, AWS dan DigitalOCean.

Menurut saya ini adalah sebuah software untuk mereka-mereka yang sangat menginginkan kontro penuh dari setiap software chat dan yang mengutamakan data. Tetapi untuk Anda yang tidak ingin repot-repot untuk mengatur server chat Anda, Rocket Chat juga menyediakan layanan cloud hosting dengan harga mulai $2 / pengguna / bulan.

7. Chanty

Chanty

Chanty adalah salah satu aplikasi chat untuk membantu kerja online dengan tim Anda yang di dukung oleh AI dan machine learning. Mereka juga mempunyai paket gratis yang bisa Anda gunakan sampai 10 orang pengguna

8. Flock

Flock

Flock adalah salah satu aplikasi chat dan collaboration yang bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam melakukan komunikasi bersama tim Anda untuk membahas proyek-proyek penting pekerjaan secara online dari jarak jauh.

Dengan aplikasi ini Anda bisa memulai percakapan di channel, mengirim pesan langsung atau sebuah pengumuman atau mungkin mengelola mailing list. Selain itu, Flock juga memiliki aplikasi Agenda sehingga Anda bisa mengatur Agenda di satu tempat dan bahkan bisa mengubah sebuah percakapan menjadi sebuah Agenda, ini merupakan sebuah fitur yang cukup bagus dan keren. Anda bisa menggunakan Slcak secara gratis dan grup message, video call sampai 10 channel publik.

Masih ada banyak sekali Aplikasi terbaik untuk bekerja online dari rumah yang bisa Anda gunakan. Pada daftar ini saya hanya memilih dan menampilkan yang saya suka dan menurut saya bagus.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Aplikasi Terbaik untuk Bekerja Online ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca artikel lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top