skip to Main Content
Apakah Bisa Media Sosial Untuk Jualan Online

Apakah Bisa Media Sosial untuk Jualan Online

Pernahkah Anda memperhatikan belakangan ini, Media Sosial banyak digunakan untuk jualan dan mempromosikan barang dagangan, baik itu berupa produk maupun Jasa? Sekarang ini untuk menjual barang kita tidak harus menjualnya secara offline di pasar tradisional yang banyak kita jumpai di dekat tempat tinggal kita. Memang ada modal yang harus kita keluarkan untuk bisa berjualan secara online menggunakan Media Sosial.

Modal Penting Untuk Jualan Online:

  1. Komputer
  2. HP
  3. Tablet
  4. Modem
  5. Pulsa Internet
  6. Kamera

Sebenarnya fungsi Media social adalah untuk berinteraksi atau berbagi informasi. Namun semakin ke sini Media Sosial semakin banyak digunakan untuk berjualan dan berpromosi. Jika kita kumulkan Media social akan sangat banyak sekali. Kita akan membahas yang paling popular dan banyak digunakan oleh Orang-orang. Menurut pendapat banyak orang sosial media inilah yang paling banyak digunakan baik untuk berinteraksi maupun untuk berbisnis online.

Facebook – Media Sosial untuk Jualan Online

Hampir dari kita semua sudah mengetahui yang namanya Facebook, bahkan mungkin kita mempunyai akun Facebook juga. Siapa sangka Facebook yang tadinya hanya untuk dijadikan sarana untuk menjalin hubungan dengan kawan-kawan yang jauh atau mencari teman baru kini semakin banyak digunakan untuk sarana promosi dan jualan. Bagi mereka yang sudah pernah mencoba dan menggunakan Facebook Ads pasti banyak yang setuju jika Media sosial yang satu ini sangat GURIH untuk menjual dan mepromosikan barang dagangan kita secara online.

Kita bisa berjualan di facebook dengan dua cara, ini menurut pendapat saya sendiri ya. Pertama kita bisa berjualan di Facebook dengan menggunakan akun pribadi kita. Dan yang kedua kita bisa berjualan di facebook dengan membuat Facebook fans page, ini adalah page khusus yang di sediakan facebook untuk bisnis online yang akan Anda jalankan secara online. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari Facebook kita harus memanfaatkan fitur facebook Ads.

Kita juga bisa bergabung di Group Facebook dengan topic tertentu, atau jika bisa dan memungkinkan kita bisa membuka Group Facebook. Nanti isinya bisa kita atur sesuai dengan topic yang mau kita angkat atau target atau produk yang akan kita jual secara online.

Instagram – Media Sosial untuk Jualan Online

Media Sosial yang satu ini menduduki peringkat kedua sebagai media sosial terbaik yang bisa gunakan untuk berjualan online. Instagram sebenarnya media sosial berbagi gambar dan juga video. Tapi entah kenapa orang mulai merubah dan memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan bisnis mereka. Caranya sangat mudah, kita tinggal mengambil gambar yang menurut kita unik dan bagus untuk dilihat orang, maka dengan sendirinya mata banyak orang akan tertuju kepada gambar kita. Jangan lupa untuk menyertakan gambar dan keterangan seperti no handphone dll agar orang bisa membeli atau menghubungi Anda.

Coba perhatikan melalui akun instagram Anda, ada begitu banyak orang yang mencoba mempromosikan barang dagangannya. Dan tidak hanya dalam bentuk barang, dalam bentuk digital, jasa dan lainnya juga bisa  dipasarkan melalui instagram.

Silahkan baca artikel saya tentang Cara Menghasilkan Uang dari Instagram.

Twitter – Media Sosial untuk Jualan Online

Katanya sih Twitter menduduki peringkat ke tiga untuk jualan online? Mmmm kok rasa-rasanya saya kurang suka ya. Tapi tidak apa, ok kita bahas dulu mengapa media sosial yang satu ini sangat popular dan banyak digunakan orang untuk menjadi sarana promosi bisnis mereka.

Saingan berat Twitter adalah facebook. Mereka selalu berlomba-lomba untuk meraih perhatian dari orang-orang yang menggunakannya. Meskipun twitter juga digunakan untuk berjualan secara online tapi menurut saya masih kalah jauh jika dibandingkan dengan pengguna facebook.

Memang sangat dibutuhkan upaya untuk berjualan online menggunakan twitter, kita harus benar-benar berinteraksi dengan orang-orang yang menggunakan akun twitter mereka.

YouTube – Media Sosial untuk Jualan Online

Mungkin banyak yang tidak percaya kalau Media Sosial yang satu ini juga bisa dijadikan untuk promosi dan jualan. Mmmmmm… caranya bagaimana ya????

Pergeseran dari yang suka membaca menjadi suka menonton semakin terlihat jelas. YouTube salah satu situs yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Hamper setiap jam orang menyempatkan diri untuk membuka YouTube. Ini mengapa saya menyebut bahwa YouTube juga bisa dijadikan sarana promosi dan jualan. Banyak perusahaan besar yang menggunakan YouTube untuk memasang iklan. Pernah dong lagi lihat video yang ada di YouTube tiba-tiba muncul iklan kecil di dalam video atau di sebelah kanan video? Itu adalah iklan yang di pasang oleh perusahaan besar untuk memasang iklan mereka. Bukan hanya iklan, para pengusaha yang masih merintis dan baru berkembang juga menggunakan YouTube sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis mereka. Untuk membuat video dan mengupload di YouTube kita tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, kita bisa membuat video menggunakan kamera HP kita. Jangan lupa untuk meletakkan keterangan pada bagian deskripsi yang sudah disediakan oleh YouTube agar orang bisa menghubungi Anda.

Baca Juga Artikel Saya: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Yang perlu Anda perhatikan saat berjualan online adalah kualitas foto, kalau bisa jangan mengambil gambar terlalu kecil atau buram. Karena hal ini akan membuat akun social media Anda terlihat amatir dan mungkin terkesan kurang dikelola dengan baik. Jika Anda memiliki waktu dan dana, Anda bisa menggunakan jasa fotografre dan videographer atau yang lebih irit lagi adalah Anda belajar motret atau kursus fotografi 1 tahun. Lalu yang manakah Sosial Media yang paling populer untuk jualan? Menurut saya adalah Facebook dan Instagram.

Back To Top