skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Saja Skill Yang Dibutuhkan Untuk Kerja Remote

Apa saja Skill yang dibutuhkan untuk Kerja Remote

Apa saja Skill yang dibutuhkan untuk Kerja Remote – Apakah saat ini Anda sedang mencaritahu apakah keterampilan dan kualitas yang Anda miliki sudah cukup untuk memulai pekerjaan remote (kerja jarak jauh)? Saya akan membantu Anda untuk menemukan jawaban ini meskipun saya bukan orang yang 100% ahli dalam bidang ini. Saya hanya pernah membaca dan menonton video panduan tentang hal ini dan mempraktekkannya dalam pekerjaan saya sampai hari ini. Dari apa yang saya ketahui itu akan saya bagikan kepada Anda dalam tulisan di website SUBMITClimb.com ini.

Karena ini adalah artikel berseri, silahkan membaca artikel sebelumnya di halaman ini.

Dalam artikel ini saya akan berbagi dengan Anda beberapa hal yang perlu Anda miliki seperti misalnya keterampilan manajemen waktu yang baik, Fokus, Komunikasi yang baik, kejujuran, inisiatif dan punya banyak ide sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai dan kualitas Anda sebagai seorang karyawan jarak jauh (remote work).

Pertama-tama mari kita bahas dan bicarakan tentang komunikasi.

Mengapa Anda menginginkan pekerjaan Remote (jarak jauh)?

Saya yakin beberapa dari antara Anda mungkin ada yang menjawab dengan alasan seperti ini, saya tidak perlu berbicara dengan karyawan lain saat bekerja dari kantor. Menurut saya, mungkin jawaban seperti ini kurang tepat. Tetapi ada beberapa perbedaan yang penting dalam berkomunikasi saat Anda bekerja remote (jarak jauh).

Semua pekerja remote harus bisa lebih proaktif untuk berkomunikasi dari jarak jauh. Sebagai contoh, saya pernah bekerja di sebuah kantor di mana ada bos saya akan mengajak saya untuk bercakap-cakap di dapur kantor, kemudian ada seorang manajer dari departemen lain bertanya kepada saya tentang sebuah ide, dan rekan sekerja saya yang lain kemudian menghampiri saya dan menepuk bahu dan bertanya tentang beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Semua hal di atas yang saya sebuktkan itu bisa terjadi secara spontan tanpa harus berinisiaif. Keterlibatan kita secara pasif ini jauh lebih mudah untuk dilakukan di dalam sebuah kantor karena kedekatan kita dengan orang-orang yang sama-sama bekerja di kantor.

Dalam pekerjaan remote atau bekerja dari rumah membutuhkan komunikasi yang lebih aktif dari kita masing-masing agar semua berjalan baik, terlibat dan produktif. Jika ini Anda lakukan maka hal ini menunjukkan kalau Anda mempunyai ketertarikan untuk menjadi bagian dari komunikasi penting setiap pekerjaan dari budaya kerja remote ini.

Kedua kita akan membahas tentang fokus.

Piring kotor, teman sekamar yang berisik, atau anggota keluarga yang berisik, TV, anggota keluarga yang membutuhkan pertolongan, semua hal ini bisa menjadi sebuah penghalang bagi Anda untuk bisa tetap fokus saat Anda bekerja dari rumah. Memang ini tidak mudah apalagi seperti saya yang mempunyai anak masih kecil (umur 3 tahun pada saat artikel ini di tulis), sering saya kali harus berhenti sejenak untuk memberi makan, mengajak bermain sebentar dan mengganti popoknya atau membuat susu di botol. Semua ini tentu tidak mudah bukan?

Anda harus bisa menghindari semua gangguan yang ada dan sebisa mungkin untuk mengurangi interupsi saat bekerja remote (jarak jauh). Jika hal ini tidak bisa Anda lakukan maka Anda sulit untuk bisa fokus saat bekerja dari rumah dan tetap produktif. Rumah saya memang tidak besar saat ini, hanya mempunyai dua kamar tidur, satu ruang tamu dan satu ruang kerja yang sangat kecil dan halaman depan untuk parkir motor dan mobil. Saya biasanya bekerja dari ruang kerja saya yang kecil dan meskipun tidak begitu nyaman saya membuatnya sedemikian rupa supaya saya bisa betah dan senang bekerja dari ruangan ini. kadang-kadang kalau saya bosan di dalam rumah saya suka bekerja dari luar rumah dengan menggunakan laptop saya. Bila perlu beritahu manager atau bos Anda baik itu sedang wawancara kerja atau setelah Anda di terima tentang tempat Anda bekerja dari jarak jauh, ruangan, peralatan dan bagaimana Anda bisa mengatasi setiap gangguan yang ada (distractions and interruptions).

Jika memang Anda ingin bekerja dari rumah, maka Anda perlu menyiapkan ruangan khusus untuk Anda bekerja, meja kursi, lampu, pulpen dan peralatan kerja lainnya.

Ketiga kita akan membahas tentang kejujuran dan transparansi.

Seringkali kalau kita melakukan kesalahan kita akan menyalahkan orang lain. Alasan saya tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan karena saya sedang menunggu tagihan untuk pembayaran pekerjaan saya, selain itu mereka tidak pernah memberi saya informasi yang jelas tentang penugasan yang diberikan untuk saya. menurut saya hal inilah yang tidak boleh Anda lakukan dan katakan. Sebagai orang yang bekerja remote (jarak jauh) Anda harus mempunyai tanggung jawab yang tinggi, transparan, jujur dan menerima segala keputusan yang mereka buat dan Anda harus menerima kegagalan yang mungkin mereka lakukan. Jika Anda melakukan kesalahan jangan sungkan untuk mengatakan maaf, karena kata maaf ini jarang sekali bisa dikatakan oleh banyak orang saat ini.

Mengapa sikap seperti ini harus kita miliki? Karena jika saya adalah manajer Anda saya tidak bisa melihat apa yang Anda lakukan saat ini dan setiap hari kerja. Jika Anda mengalami kesulitan pada saat menerima tugas dan mengerjakan tugas-tugas cobalah untuk segera berkomunikasi dengan mereka dan jelaskan apa yang menjadi kendala Anda sehingga nantinya tidak membuat mereka terkejut. Kemudian langkah selanjutnya adalah Anda dan atasan bisa bekerja sama untuk membicarakan dan menyelesaikan masalah yang terjadi sebelumnya.

 

Hal lain yang juga penting dan biasanya saya lakukan adalah dengan menampilkan status proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda juga bisa memberikan penjelasan jika Anda mengambil sebuah keputusan tertentu yang bisa membuat Anda dan juga bos atau manajer Anda bisa sama-sama mengetahui dan belajar dengan cepat tentang masalah yang sedang dialami dan dari pengalaman sebelumnya untuk membuat hubungan kerja Anda menjadi lebih baik.

Keempat kita akan membahas Manajemen Waktu

Hal yang menurut saya tidak kalah penting dan harus kita miliki adalah manajemen waktu yang baik saat bekerja dari jarak jauh. Ingat bekerja dari jarak jauh (Remote Working) bukan berarti Anda mempunyai kebebasan untuk pergi memancing pada siang hari. Salah satu hal yang paling sering menjadi ketakutan para pemilik bisnis dan juga manajer yang mempunyai karyawan yang bekerja dari jarak jauh (remote worker) adalah mereka tidak mengetahui apakah Anda atau seorang karyawan benar-benar bekerja, dan yang selalu menjadi pertanyaan para manajer saat wawancara kerja dengan karyawan yang ingin bekerja secara remote adalah bagaimana pekerja remote ini akan mengatur waktu mereka di tempat yang tidak bisa di awasi. Mempunyai manajemen waktu selama jam kerja dan bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan sesuai dengan waktunya bisa membangun kepercayaan yang baik antara Anda dan manajer Anda.

Kelima kita akan membahas tentang punya banyak ide dan Inisiaif

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja secara remote maka Anda harus bisa diandalkan dan mampu memecahkan masalah atau mencoba memecahkan masalah Anda sendiri terlebih dahulu. Dan ini akan sangat menjadi bagian yang paling penting dan yang perlu Anda ketahui.

Jadi jika seandainya Anda mempunyai sebuah pertanyaan atau kendala pada saat mengerjakan tugas-tugas kantor dari jarak jauh, kemungkinan besar banyak dari antara Anda yang akan mengajukan pertanyaan dan bertanya kepada bos, manajer atau rekan sekerja Anda dengan email. Mengajukan pertanyaan tidak salah.

Tetapi saya ingin mengajukan pertanyaan kepada Anda, apa yang akan Anda lakukan jika Anda mempunyai kendala atau masalah seperti di atas?

Bisa jadi Anda akan mengirim email atau chat lewat WhatsApp untuk bertanya dan mendapatkan jawaban. Tetapi setelah mendapatkan jawaban tidak berapa lama kemudian Anda mengirim email lagi kepada rekan sekerja Anda untuk bertanya hal yang lain, lagi dan lagi, ini adalah contoh dari seseorang yang tidak mempunya banyak ide dan tidak mempunyai inisiatif. Saya biasanya akan mencoba mencari sendiri terlebih dahulu jawabannya di Google daripada saya mengganggu orang lain. Dalam dunia kerja remote, mereka berusaha untuk menghindari hal-hal seperti itu dengan mencaritahu jawabannya sendiri ini menunjukkan pekerja remote itu tahu caranya tetap bisa produktif.

Pada saat Anda bekerja di kantor, jika Anda mengalami masalah mungkin Anda mudah sekali untuk bertanya kepada rekan sekerja Anda untuk bisa mendapatkan jawabannya dengan menuju ke ruangannya. Beda halnya kalau kita bekerja secara online atau kerja remote, sangat sulit untuk bertanya dan menemukan jawabannya dengan cepat. Jika Anda bisa dan mampu mengatasi ini, maka ini akan menunjukkan Anda adalah seorang pekerja yang bisa diandalkan dan tetap produktif tanpa harus terus menerus meminta arahan atau bertanya kepada mereka.

Ingat pekerjaan jarak jauh bukan untuk semua orang, tetapi jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan ini dan sukses untuk menjalankannya, pada saat wawancara katakan kepada mereka bagaimana Anda bisa mengatasi masalah ini dan sudah sukses mencobanya selama ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Apa saja Skill yang dibutuhkan untuk Kerja Remote ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top