skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Analytics Untuk Bisnis Anda

Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Analytics untuk Bisnis Anda

Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Analytics. Ketika Anda melakukan optimasi mesin pencari (SEO) untuk sebuah website, Anda sebisa mungkin harus menggunakan Google Analytics untuk mengetahui seberapa cepat kinerja keyword yang Anda sedang optimasi. Google Analytics akan membantu Anda untuk membaca dan mengetahui data-data penting lain tentang pengunjung website Anda.

Perlu anda ketahui juga orang-orang yang menggunakan Google Analytics sudah sangat banyak sekali, mungkin lebih dari 27 juta website yang sudah menggunakannya. Dari hari ke hari angka penggunanya terus bertambah banyak, saya adalah termasuk orang yang menggunakan dan memanfaatkan fitur Google Analytics.

Mungkin ada yang bertanya seperti ini Apa itu Google Analytics? Bagaimana saya bisa menggunakan Google Analytics untuk membantu meningkatkan optimasi SEO Website dan Bisnis Saya? nah di artikel kali ini saya (SUBMITClimb) akan coba menjelaskan dari apa yang saya ketahui.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah tool gratis yang bisa digunakan oleh semua pemilik website untuk membantu menganalisa kinerja sebuah website tertentu, melacak data pengunjung seperti: umur, jumlah pengunjung, konten apa saja yang paling banyak di baca dan bagaimana mereka meninggalkan sebuah halaman website. Fitur dan manfaat Google Analytics sebenarnya masih sangat banyak sekali dan tentu akan memberikan manfaat untuk para pemilik website khususnya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Analisa data yang diberikan oleh Google Analytics bisa Anda jadikan untuk perencanaan dan pembuatan konten yang mungkin paling banyak dibutuhkan dan di cari oleh pelanggan Anda. Jadi bisa saya katakan Google Analytics adalah sebuah perpustakaan pribadi Anda yang akan membantu meberikan semua informasi yang Anda butuhkaN sehubungan dengan apa yang menjadi kebutuhan target pasar Anda dan sekaligus membantu mengembangkan website yang Anda miliki.

Saya secara pribadi sangat senang membuat website dengan menggunakan WordPress, selain mudah digunakan dan sangat cepat untuk di optimasi WordPress mudah untuk dipelajari oleh siapa saja yang belum pernah membuat website. Saya pernah membahas hal ini di artikel tentang Cara Membuat Website dengan WordPress.

Ada kabar bagus buat Anda yang mempunyai website dengan menggunakan WordPress, akan sangat mudah saat ingin menambahkan Google Analytics ke dalam website WordPress Anda. Saya sudah membahas hal ini, jadi silahkan mempelajari di artikel yang saya buat itu untuk melakukan prakteknya. Jika Anda kesulitan memasangnya saya siap membantu Anda untuk memasang Google Analytics Anda.

Manfaat Menggunakan Google Analytics

  • Hampir semua pengguna internet mempunyai data atau identitas diri. Identitas diri yang saya maksud di sini lebih kepada data penggunaan internet contohnya, alamat Internet Protocol (IP), Jenis perangkat yang digunakan, aktivitas atau kebiasaan pengguna, lokasi dan beberapa data lainnya. Data-data seperti inilah yang akan kita lihat dan gunakan untuk mengenali para pelanggan.
  • Jadi fungsi utama dari Google Analytics yang akan kita pasang di website kita adalah untuk mendapatkan dan mengetahui informasi yang berhubungan dengan pengunjung website Anda dan juga kegiatan pengunjung pada sebuah halaman website Anda.
  • Google Analytics juga membantu pelaku SEO untuk mengumpulkan segala macam hal yang berhubungan dengan kinerja Search Engine Optimization atau yang sering di sebut dengan SEO pada website Anda di sebuah mesin pencari Google.
  • Gratis dan Bisa digunakan oleh para pemilik website. Meskipun ini gratis fiturnya hampir sama dengan fitur berbayar pihak ketiga lainnya.
  • Bisa memberitahu Anda tentang bagaimana pengunjung website Anda bisa menemukan website Anda.
  • Mampu mengidentifikasi halaman dan link yang mana yang paling sering di klik dan di kunjungi oleh para pengunjung website Anda.

Semua fitur yang terdapat di dalam Google Analytics memang sengaja di rancang untuk membantu para pemilik website untuk bisa mengembangkan website atau bisnis mereka. Fiturnya memang berhubungan dengan kinerja website yang kita kelola.

Beberapa fitur yang yang perlu Anda tahu di dalam Google Analytics adalah:

Manfaat Google Analytics

1# Analytics Intelligence

Apa itu Analytics Intelligence? Ini adalah sebuah fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui data-data yang dibutuhkan yang berhubungan dengan kinerja sebuah website atau bisnis yang sedang Anda bangun. Hebatnya lagi Google Analytics akan selalu memberikan data-data terbaru dalam hitungan sekian detik saja, ini tentu akan sangat membantu kerja kita.

2# Reporting (Laporan)

Ini adalah bagian yang paling dibutuhkan dan mungkin sangat penting untuk para pemilik bisnis atau website. Laporan ini akan membantu anda mengetahui bagaimana seorang pelanggan melakukan interaksi dengan halaman website Anda dan hebatnya lagi laporan yang ada di Google Analytics ini bisa kita share kepada orang-orang lain atau kepada team kerja kita atau klien.

Laporannya juga sangat detail seperti laporan Audience (pengunjung) Advertising (iklan), Acquisition (Akuisisi), behavior (tingkah laku pengunjung), Conversion (konversi), Real Time Reporting (Laporan langsung) dan User Flow Reporting (Diagram Alur Pengunjung). Semua data itu bisa Anda dapatkan dengan mudah di dalam dasboard Google Analytics Anda.

3# Data Collection dan Management

Google Analytics sudah mendukung Library Javascript, Open Measurement (OM) protocol dan Aplikasi SDK. OM Protocol bisa membantu mengimport data dari software atau aplikasi pihak ketiga dan menampilkan datanya di website anda secara langsung atau di fitur si pengembang untuk tujuan kemudahan.

4# Data Analysis dan Visualizatioan

Data analysis yang akan membantu memvisualkan berbagai macam data dan diatur sesuai dengan kebutuhan. Visualisasi akan mempermudah orang untuk melihat gambaran data yang dikumpulkan dengan tampilan yang lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti, bukan dalam bentuk angka-angka atau kode-kode yang membingungkan.

Hal lain yang membantu mempermudah kita adalah mudah di akses. Google Analytics bisa Anda buka dan akses dari mana saja dan menggunakan apa saja asal Anda terhubung dengan koneksi internet.

Belajar Membaca Report Google Analytics

Banyak sekali orang termasuk saya sendiri masih bingung bagaimana sih cara membaca data yang diberikan oleh Google Analytics?

Mungkin ini memang sangat sulit, tetapi sebenarnya Anda tidak perlu mempelajari semua hal tentang Google Analytics.

Anda patut besukur karena data-data yang ditampilkan di dalam Google Analytics tidak semuanya dalam bentuk angka-angka, banyak diantaranya dalam bentuk grafik dan juga cart. Tentu dengan tampilan seperti ini akan mempermudah orang untuk lebih cepat memahami dan mengerti arti dan cara membaca data laporan yang diberikan Google Analytics.

Apa saja sih yang akan kita baca di dalam Google Analytics:

1# Membandingkan dengan Kompetitor

Setelah Anda masuk ke dalam dasboard Google Analytics, silahkan masuk ke dalam menu “Audience” kemudian silahkan klik tab “Benchmark” kemudian klik channel. Di dalam sana nantinya Anda akan melihat trend website di bidang yang hampir mirip dengan yang Anda kelola. Data-data yang dimunculkan atau di tampilkan di sana adalah data yang tentang seberapa baik webiste yang Anda kelola jika dibandingkan dengan website pesaing (kompetitor) Anda.

Benchmark Channel

* Mohon maaf karena website yang kami gunakan contoh masih baru sekali jadi data dan juga informasi yang ditampilkan masih kosong.

Memang data yang akan ditampilkan tidak akan 100% sama lengkapnya dengan pengunjung yang langsung mengunjungi website aslinya, tetapi dengan adanya sotware ini setidaknya bisa membantu Anda membaca dan juga mengetahui siapa saja yang mengunjungi website Anda dan Anda juga bisa mendapatkan sejumlah informasi penting lainnya.

2# Mengenai Lokasi Pengunjung

Mempunyai website mungkin ada yang pernah punya pertanyaan seperti ini, bagaimana saya tahu ada yang mengunjungi website saya hari ini?

 

Itu adalah pertanyaan yang dulu pernah saya tanyakan. Bersukur banyak orang pinter yang mempermudah kita untuk bisa mengetahui siapa saja yang mengunjungi website kita, jam berapa saja dan di halaman mana saja dia datang dan berapa lama di sana.

Google Analytics mempunyai fitur canggih itu. Dan data ini tentu akan sangat membantu Anda untuk memikirkan strategi apa saja yang akan kita lakukan untuk mengembangkan website kita, salah satunya adalah dengan membuat konten-konten yang disukai oleh para pengunjung website kita. ingat konten yang Anda buat sebisa mungkin masih memiliki hubungan dengan produk-produk yang Anda jual.

Mungkin sebagai contoh seperti website MYBALIStory.com, kalau saya perhatikan website iitu membahas tentang wisata yang ada di Bali, maka konten-konten yang dibuat haruslah yang membahas tentang wisata yang ada di Bali dan juga tentang produk – produk yang akan mereka jual.

Tentu saja pengunjung di dalam niche ini bukan hanya ada di lokal saja, tetapi juga berada dan tersebar di seluruh dunia. Tentu alangkah baiknya jika membuat dan merencanakan strategi yang paling tepat untuk mentarget semua audience itu secara merata.

Nah bagaimana Anda bisa melihat laporan yang Anda terima tentang asal pengunjung website Anda? Masih di pilihan yang sama hanya saja kali ini Anda hanya perlu untuk memilih tab yang ada dibawahnya yaitu lokasi.

Geo Location

3# Kompatibel dengan browser apapun.

Indonesia kini sudah menjadi negara yang semakin berkembang dan penghasilan penduduknya juga sudah sangat tinggi. Kalau kita lihat hampir semua orang sudah menggunakan HP yang terbaru, jarang sekali saya melihat orang yang menggunakan HP yang lama.

Mengapa hal ini dibahas dan perlu diperhatikan? Mengetahui jenis perangkat apa saja yang digunakan oleh para pengunjung website Anda tentu akan membantu Anda untuk menyesuaikan kinerja website Anda agar bisa di akses di semua perangkat seperti komputer, tablet atau mobile.

kompatibel dengan device apapun

4# Melihat Kata Kunci Yang Paling Populer.

Saya sudah pernah membahas bagaimana caranya riset keyword dan bagaimana jika sebuah website di optimalkan dengan baik bisa meningkatkan bisnis Anda. Beberapa dari antara Anda mungkin banyak yang tahu kalau kita mentarget kata kunci yang jumlah pencariannya besar tentu traffic yang akan datang juga sangat tinggi. Nah Anda perlu memastikan dan mentarget sebuah kata kunci yang memiliki jumlah pencarian tinggi tetapi tingkat kesulitannya sangat rendah dan Anda berada di halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci tersebut. Apakah Anda sudah melakukan hal ini?

Memang untuk melakukan pengecekan kata kunci apa yang populer bisa menggunakan plugin atau fitur khusus yang di install di WordPress kita, tetapi jauh lebih bagus jika kita juga mengeceknya secara manual dengan menggunakan bantuan aplikasi yang dibuat oleh Google sendiri.

Cara untuk mengetahuinya Anda bisa masuk ke menu tab “Acquisition” lalu klik menu “Search Consule” dan pilih “Landing Pages”. Nanti Anda bisa melihat laporan yang ada di dalamnya dan melihat halaman mana yang punya traffic yang paling tinggi dan dari situ Anda bisa memaksimalkan penggunaannya.

Manfaat google analytics dan search console
untuk bisa menampilkan data harus menghubungkan website dari Search Consule

Sekarang setelah Anda masuk coba silahkan klik salah satu URL yang ada di sana nanti analytics akan memberitahu Anda keyword mana yang berhubungan atau terkait dengan halaman itu.

5# Mengapa Pengunjung Langsung Meninggalkan Website Anda?

Seringkali banyak pengunjung website tidak mau berlama-lama berada di halaman website tertentu yang Anda miliki.

Nah bagaimana kita bisa mengetahui kalau ada pengunjung yang speerti itu?

Tentu saja Google Analytics punya fitur yang bisa membantu Anda untuk mengetahui hal itu dan jika Anda sudah menemukannya Anda bisa langsung memperbaiki halaman itu dengan menambahkan link tambahan atau mungkin merombak halaman artikel itu dengan artikel dan juga penambahan gambar dan juga foto yang bisa lebih menarik orang untuk mau berlama-lama di suatu halaman.

Selain itu dengan mengetahui hal ini Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang hal apa saja yang disukai dan yang tidak di sukai oleh para pengunjung website Anda.

behavior flow Google Analytics

Untuk mengetahui informasi itu silahkan Anda masuk ke dalam Behavior lalu klik menu Behavior Flow. Silahkan lihat dengan teliti dan pelajarai bagaimana alur pengunjung Anda masuk ke dalam website Anda di halaman tertentu.

6# Manfaat Email Marketing setelah Menggunakan Google Analytics.

Saya rasa semua orang sudah tahu kalau email marketing adalah salah satu dari sekian banyak strategi marketing yang banyak digunakan oleh Orang. jika Anda mengetahu di jam berapa para pengunjung website Anda aktif dan hari apa yang paling ramai.

Dengan mengetahui data itu Anda bisa langsung mengirim email kepada mereka agar email Anda bisa sampai dan memberikan efek yang bagus.

Untuk bisa mengetahui fitur ini Anda hanya perlu pergi ke menu “Home” lalu silahkan Anda scroll ke bagian bawah dan nanti di sana Anda akan menemukan beberepa informasi tentang waktu pengunjung mengunjungi halaman website Anda.

Google Analytics When do your users visit

Sampai di sini tentu sudah banyak hal yang tadinya tidak Anda ketahui menjadi Anda ketahui terutama tentang Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Analytics untuk website Bisnis Anda. Anda bisa langsung mempraktekkan untuk membaca data-data yang diperlukan seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Sebenarnya masih ada hal lain yang bisa kita dapatkan di dalam Google Analytics, karena keterbatasan waktu mungkin saya akan membahas fitur lainnya di artikel selanjutnya.

Saya berharap artikel ini bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada Anda yang sedang mencari tahu tentang Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Analytics untuk Bisnis yang Anda jalankan. Buat Anda yang belum mempunyai website jangan tunda lagi, inilah saatnya Anda harus mempunyai website. Jangan menggunakan website gratisan untuk menjalankan bisnis Anda, karena itu akan terlihat tidak profesional.

Pilihlah Hosting yang bagus dan amankan nama website Anda secepatnya. Jika Anda kesulitan atau belum mempunyai pengalaman dalam membuat website Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website di Bali WPBaliweb atau Gunakan Jasa Pembuatan website Gratis dari saya yang ada di halaman ini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top