skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Saja Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai Dan Kredit

Apa Saja Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Sebelum kita membahas tentang Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit kita akan melihat sejarah perjalanan alat transportasi terlebih dahulu. Dari jaman dulu umat manusia sangat berminat sekali dengan transportasi. Kita mungkin bisa mengingat sejarah dimana jaman dulu manusia sangat bergantung dengan binatang yang kuat untuk membantu mereka bepergian jarak jauh seperti kuda, keledai dan Sapi, Unta dan binatang lainnya. Semakin berkembang jaman semakin tinggi kebutuhan manusia untuk bepergian dengan cara-cara yang lebih efektif. Unsur yang paling penting adalah sebuah roda yang bisa ditarik oleh kuda. Revolusi alat transportasi tidak pernah dibayangkan akan sehebat seperi sekarang ini.

Menciptakan dan Membuat Mesin Yang Lebih Baik.

Sekitar abad ke 19 Nikolaus August Otto membuat sebuah mesin empat langkah dengan menggunakan bahan bakar bensin yang belum pernah dilakukan oleh manusia jaman dulu, mesin ini kemudian akhirnya menggantikan mesin bertenaga uap dan juga bertenaga listrik yang digunakan pada jaman itu. Perintis pembuatan mobil di eropa Carl Benz dan Gottlieb Daimler dari Negara Jerman. Pada tahun 1885 mobil beroda tiga di operasikan Bens dengan menggunakan mesin dua langkah dengan satu silinder yang mampu mencapai 250 putaran per menitnya. Sedangkan Daimlier membuat mesin berbahan bakar bensin statis sejak tahun 1872. Belakangan Daimlier bersama dengan Wilhelm Maybach kemudian mengembangkan mesin dengan sistem pembakaran internal yang mampu memiliki kecepatan tinggi dengan sebuah karburator sehingga hal ini memungkinkan mesin bisa menggunakan bahan bakar bensin.

Daimler dan Maybach belakangan akhirnya bisa membuat mesin 900 putaran permenit. Dan setelah itu mereka kemudian mencoba membuat mesin yang kedua yang di pasang pada sebuah sepeda dan akhirnya sepeda itu bisa berjalan untuk pertama kalinya pada tanggal 10 November 1885. Tahun 1926 Firma Daimler dan Firma Benz kemudian melakukan merger dan menjual produk-produk yang mereka hasilkan yang kita kenal sampai sekarang ini Mercedes-Benz. Tapi ada hal yang sangat menarik dari kedua orang pria hebat ini, mereka tidak pernah bertemu. (Bisnis memang tidak harus ketemu bisa kok)

Kemudian pada tahun 1890 dua orang asal Prancis yang bernama Emile Levassor dan Rene Panhard memproduksi sebuah kendaraan yang memiliki empat roda d bengkel mereka dengan sebuah motor yang di pasang pada bagian tengah sasis kendaraan. Belakangan mereka kemudian mulai merubahnya dan menempatkan motornya pada bagian ujung depan kendaraan tujuannya agar bisa terlindung dari debu dan juga lumpur jalan yang tidak beraspal pada waktu itu.

Membuat Mobil Tersedia untuk Umum.

Mobil yang dulunya menjadi kendaraan mewah dan harus dibeli dengan harga yang sangat mahal, dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki mobil pada waktu itu, karena harganya memang tidak bisa di jangkau oleh kebanyakan orang. Pada tahun 1908 terjadi perubahan yang dulunya orang tidak bisa membeli sebuah mobil sekarang menjadi mungkin. Henry Ford merevolusi industri mobil pada tahun itu Ia memulai perakitan dan memproduksi sebuah mobil dengan model T atau di kenal juga dengan tin lizzie. Mobil ini tidak semahal mobil yang lain, murah dan sangat serbaguna dan perawatannya sangat mudah, dengan memproduksi mobil model T Hendry Ford bisa membantu orang-orang yang memiliki penghasilan rendah untuk bisa membeli dan memiliki mobil. (Mobil Ford bisa dibeli seharga $260 USD pada tahun 1942, meskipun pada awal pembuatannya harganya sekitar $850 USD)

Sekarang kita sudah tidak menganggap mobil sebagai kendaraan mewah tetapi lebih kepada kendaraan yang memang dibutuhkan untuk mempermudah kita. Meskipun memang tidak dipungkiri mobil juga bisa membuat orang menjadi malas untuk berjalan. Sebuah kajian surat kabar harian Independent London memberitahu bahawa ada banyak orang yang menggunakan mobil hanya untuk perjalanan yang jaraknya tidak terlalu jauh, mungkin hanya sekitar satu meter saja.

Mobil Alat Untuk Mempermudah Perjalan Bisnis dan Rekreasi.

Memang sekarang memiliki mobil bisa menjadi satu hal yang menjadi impian setiap orang selain untuk mempermudah perjalanan bisnis mobil juga bisa menjadi alat yang tepat untuk perjalanan rekreasi dengan anggota keluarga. Mobil memang tidak bisa dibeli dengan harga yang murah, membutuhkan kerja keras untuk bisa membeli sebuah mobil.

Meskipun mahal banyak orang ingin melakukan segala cara untuk bisa memiliki dan membeli sebuah mobil, salah satunya adalah dengan mengkredit mobil. Tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah apa Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit? Sejak jaman dulu kita sudah tahu kalau membeli suatu barang cara terbaik adalah dengan membelinya secara tunai (Prinsip dasar ekonomi). Tetapi jika dengan membeli secara tunai kemungkinan banyak orang tidak banyak yang sanggup untuk membelinya. Nah untuk menjawab pertanyaan itu kami akan mencoba menjelaskannya.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai.

Jika Anda memiliki dan yang lebih cara terbaik adalah dengan membeli kendaraan secara tunai dan jangan membelinya secara kredit. Banyak orang yang tergoda untuk membeli banyak barang dengan cara kredit. Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda membeli barang secara tunai.

1# Tidak Punya Hutang dan Bebas Beban.

Membeli barang secara kredit akan membuat kita menjadi memiliki beban hutang kepada dealer mobil atau penjual mobil. Anda juga bisa terhindar dari ketidaksanggupan membayar cicilan hutang setiap bulannya. Kalau sampai hal ini terjadi mobil yang Anda kredit akan di tarik dan Anda juga akan kehilangan uang yang selama ini sudah di bayarkan. Membeli secara tunai mobil akan langsung menjadi milik Anda saat itu juga dan bukti kepemilikan BPKB akan langsung Anda terima. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang Anda bisa menjual mobil itu karena semua surat-surat kepemilikan sudah ada di tangan Anda.

2# Terhindar Dari Suku Bunga.

 

Angsuran yang kita bayarkan bergantung dari suku bunga kredit yang biasanya di atur oleh BI. Ini akan membuat cicilan yang biasanya Anda bayarkan akan berubah sewaktu-waktu jika ada perubahan peningkatan suku bunga. Jika suku bunga meningkat maka jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan otomatis juga akan menjadi membengkak. Jadi jika Anda mememili dana yang lebih sebaiknya belilah mobil dengan tunai.

3# Ada Diskon

Biasanya dealer mobil suka memiliki program tertentu seperti diskon. Cobalah untuk menghitung dan membedakan membeli secara kredit dan secara tunai. Kalau kita hitung-hitung membeli barang secara kredit biasanya akan menjadi lebih besar ketimbang membeli tunai. Coba tanyakan kepada pihak delaer apakah mereka punya program diskon bulan ini, jika ada Anda bisa memanfaatkan program diskon itu.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit:

Kredit menjadi salah satu solusi untuk Anda yang tidak mampu membeli mobil dengan membayar tunai. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli mobil secara kredit:

1# Bisa Memiliki Mobil dengan Cepat

Dengan membeli mobil secara kredit Anda akhirnya bisa memiliki sebuah mobil. Tujuan orang sangat berbeda-beda, ada yang membeli mobil untuk menambah kegantengan, ada yang membeli mobil untuk menjaga Gengsi Gede-gedean dan ada yang membeli mobil untuk membawa keluarga besar mereka, ada yang membeli mobil untuk tujuan bisnis. Jika tujuan Anda adalah untuk bisnis dengan membeli mobil secara kredit hal ini bisa membantu Anda untuk mendukung bisnis Anda dan perputaran modal.

Anda tidak perlu membayar mobil dengan uang penuh, cukup dengan memberi DP Anda sudah bisa membawa mobil ke rumah Anda.

2# Ringan

Secara psikologis jika Anda membeli barang atau mobil secara kredit ini akan terkesan lebih ringan ketimbang Anda membeli mobil secara tunai.

Kerugian Membeli Mobil Secara Kredit.

Meskipun terkesan menguntungkan membeli mobil dengan cara kredit sebenarnya ini sangat merugikan Anda. Apa saja kelemahan dan kerugian yang akan kita dapatkan jika kita membeli mobil secara kredit:

1# Menambah Pengeluaran

Memang membeli mobil dengan cara kredit bisa mendatangkan beban baru dalam kehiduapan Anda. Mobil yang sudah Anda pegang dan Anda bawa belum sepenuhnya menjadi milik Anda, Anda masih harus membayar cicilan mobil sampai lunas dalam jangka waktu yang sudah di sepakati bersama.

2# Suku Bunga Selalu Berubah.

Ada hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli mobil secara kredit untuk tujuan bisnis, pendapatan Anda setiap bulannya. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dari pada pemasukan Anda, hal ini bisa membuat tunggakan dan angsuran Anda menjadi besar. Jika hal ini terjadi dan Anda tidak mampu membayar lagi Anda akan kehilangan mobil dan juga uang Anda.

Hal lain Yang juga harus kita perhatikan adalah suku bunga, jika suku bunga pinjaman turun terus dan stabil hal ini akan membuat kita aman dan untung. Sayangnya suku bunga tidaklah selalu rendah seringkali akan naik. Sebagai contoh Anda ambil mobil sekarang, ternyata suku bungan turun lagi maka tujuan Anda untuk mendapatkan cicilan ringan sudah tercapai, tetapi biasanya pinjaman khusus untuk mobil berbunga tetap atau flat. Jadi jika Anda mengambil mobil bulan ini dengan bunga 2% untuk setiap bulannya, kemudian 5 bulan kemudian suku bunga diturunkan oleh pemerintah, Anda sebagai peminjam tidak akan merasakan dampak dari hal ini sebab bunga yang berlalu untuk kredit Anda bunga tetap untuk 2% setiap bulannya sesuai dengan perjanjian di awal.

Prinsip-Prinsip Buku Tua Ini Mungkin Berguna dan bermanfaat buat Anda:

Meskipun buku Tua ini (Alkitab) banyak yang bilang sudah ketinggalan jaman, sebenarnya tidak begitu, Alkitab telah membantu kami dan kemungkinan juga Anda untuk menerapkan prinsip yang bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan.

  • Membuat Anggaran dan Rencana. Agar Anda bisa mengeluarkan uang dengan seimbang, Anda harus mengetahui uang yang masuk dan juga uang yang keluar. Amsal 21:5 “Rencana orang yang rajin pasti mendatangkan keuntungan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa pasti menuju kekurangan.” Ada beberapa orang yang memilah uang dengan menggunakan amplop. Amplop A untuk makan, Amplop B untuk bensin dan Amplop C untuk belanja bulanan dan kebutuhan lain. Setiap amplop dipisahkan menurut jenis pengeluarannnya. Ini memang cara yang sangat sederhana tetapi bisa membantu Anda mengatur keuangan Anda.
  • Jangan IRI. Rasa IRI memang sulit sekali untuk kita buang. Percaya atau tidak Anda dan saya punya rasa iri ketika melihat orang lain sukses dan bisa memiliki sesuatu. Kita akan cenderung tergoda untuk memiliki tetangga atau teman kita. Ini bisa membuat Anda mengeluarkan uang yang tidak perlu dengan cara kredit barang. SIAPA tahu tetangga Anda tidak bisa membeli barang itu. Jadi ketimbang ikut-ikut membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan sebaiknya kita menghindari mengeluarkan uang dan membeli barang yang tidak dibutuhkan dengan cara kredit. Amsal 28:22 Memperingatkan ”Mata orang rakus selalu mencari kekayaan, tidak menyadari bahwa nasib sial akan menimpa dia.”
  • Berpuas dengan kebutuhan pokok. Menjaga kehidupan kita tetap sederhana sejalan dengan apa yang di nasihatkan di dalam 1 Timotius 6:8. Asal sudah memiliki makanan, pakaian dan pernaungan hendaknya kita puas.”
  • Menabung sebelum Membeli. Ini sangat terdengar kuno dan mungkin akan membuat kita menjadi tidak sabar. Jika kita menabung untuk membeli barang yang mau kita beli kemungkinan akan memakan waktu. Tetapi dengan menabung kita bisa terhindari dari masalah hutang dan susah untuk membayar hutang. Di dalam bukut tua Alkitab semut digambarkan sebagai seekor binatang berhikmat yang suka mengumpulkan makanan bahkan pada waktu panen untuk digunakan di kemudian hari. —Amsal 6:6-8; 30:24, 25.

Jadi itulah penjelasan kami tentang Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit. Saran kami membeli apapaun sebaiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda tanpa terkecuali termasuk membeli mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top