skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu SSL

Apa itu SSL dan Perlukah Anda Menggunakan SSL?

Saat kita mengunjungi sebuah website tertentu di internet belakangan ini sering muncul peringatan di browser yang kita gunakan seperti ini “This site is not secure”. Tenang saja, jangan panik dan langsung meninggalkan website itu. Website itu 100% aman untuk kita kunjungi. Lalu kenapa muncul peringatan seperti itu? Hal ini di sebabkan hanya karena masalah SSL saja. Apa itu SSL? Saya akan menjelaskannya di dalam artikel ini.

Memang saat ini kalau kita mau cek satu persatu, hampir semua website sudah menggunakan SSL untuk beragam alasan misalnya saja untuk membantu meningkatkan keamanan sebuah website, mendukung SEO website tertentu dan membantu menambah kepercayaan orang saat mengunjungi sebuah website tertentu.

Apa itu SSL dan TLS?

SSL sendiri adalah kependekan dari kata Secure Socket Layer. SSL adalah salah satu dari beberapa komponen penting yang harus dimiliki oleh website tertentu. Kalau menurut pendapat pribadi saya, tidak semua website harus menggunakan SSL, tapi jika bisa menggunakan SSL jauh lebih bagus apalagi sekarang ini hampir semua browser menambahkan fitur baru yang bisa menditeksi apakah sebuah website mempunyai dan menggunakan SSL ini.

SSL seperti sebuah penjaga yang akan membantu menjaga keamanan berinternet setiap orang yang berbasis enkripsi untuk memberikan privasi dan otentikasi.

Jika sebuah website mempunyai dan menggunakan fitur SSL ini maka URL website itu akan berubah menjadi dari HTTP menjadi HTTPS. Saat terjadi pertukaran data SSL akan berfungsi sebagai jaringan pengaman internet.

Lalu apa itu TLS?

TLS ini bisa saya katakan adalah SSL juga, fungsinya sama. Kalau mau tahu lebih dalam lagi, sebenarnya SSL ini sudah lama tidak digunakan lagi, fiturnya sudah diperbaharui menjadi lebih baik dan namanya diganti dengan TLS (lebih tepatnya SSL sudah digantikan dengan TLS).

Karena banyak orang sudah lama tahu SSL dan lebih familiar dengan istilah SSL, maka perusahaan dan banyak orang lebih senang menggunakan itilah itu. Tapi buat informasi Anda, sebenarnya fitur enkripsi yang digunakan adalah TLS (Transport Layer Security).

Mengapa Sebuah Website Perlu Menggunakan SSL/TLS?

Seperti yang sudah saya katakan di atas, SSL diperlukan website untuk membantu memberikan keamanan website dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal paling besar yang menurut saya memberikan manfaat saat Anda memasang SSL adalah hal itu memberikan dampak positif pada pengalaman pengguna Anda, dan sekaligus memberikan rasa kepercayaan saat seseorang mengunjungi website Anda.

Saat pengunjung tiba di website Anda, mereka biasanya akan membuat penilaian tentang kepercayaannya terhadap website yang dikunjunginya. Biasanya, hal ini terjadi secara tanpa sadar. Agar hal ini tidak memberikan penilaian yang kurang baik ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya – dengan memasang sertifikat SSL untuk meningkatkan rasa aman dan kepercayaan kepada website yang Anda kelola.

Memang saat ini, semua orang bisa tahu saat mereka mengunjungi website tertentu apakah website itu sudah terpasang sertifikat SSL atau belum karena browser yang mereka gunakan akan memberitahu kalau website yang dikunjungi itu aman atau tidak.

Indikator yang akan menunjukkan tentang hal itu adalah dibagian atas browser mereka akan melihat “https://” muncul dibagian depan sebuah website bukan http://. Untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

green address bar saat menggunakan SSL

Perhatikan, jika pengunjung website Anda menggunakan google chrome, maka website Anda kemungkinan akan selalu menampilkan peringatan seperti ini saat dikunjungi seseorang. Sebelum benar-benar membuka website (Anda pesan ini akan di tampilkan).

pesan your connection is not private jika tidak menggunakan SSL

Bayangkan jika seseorang terus menerus melihat peringatan ini saat pertama kali mengunjungi website Anda. Untuk orang-orang yang punya pemahaman baik seperti saya, mungkin akan mengabaikan peringatan ini dan tetap mengunjungi website Anda, tapi coba bayangkan orang yang tidak punya pemahaman yang baik tentang berinternet kemungkinan besar tidak jadi mengunjungi website Anda karena mereka akan menganggap website Anda tidak aman. Padahal tidak semua peringatan seperti itu benar-benar menunjukkan sebuah website tidak aman.

Berikut ini beberapa alasan website Anda harus menggunakan SSL atau TLS

1. Untuk Menghindari Pencurian Data

SSL atau TLS ini yang akan membantu website atau kegiatan online Anda dari pencurian data-data. SSL atau TLS ini akan mengenkripsi atau mengacak data-data yang sensitif sehingga orang yang iseng akan lebih sulit untuk menterjemahkannya. Tapi bukan berarti tidak bisa di curi ya.

2. Membantu Menghindari Salah Kirim Data

Bukan hanya itu saja SSL atau TLS ini juga mempunyai fungsi lain untuk engotentikasi (authentication). Artinya SSL atau TLS ini akan benar-benar memastikan saat Anda mengirim informasi atau data ke sebuah server yang benar atau sesuai tujuannya. Jadi dia tidak akan mengirim ke server lainnya.

3. Memberikan Rasa Percaya untuk Pemilik dan Pengunjung Website

Ketika website Anda sudah terinstal SSL atau TLS browser apapun yang digunakan untuk membuka website itu. Browser itu akan menunjukkan notifikasi aman atau tertentu. Tapi saat ini notifikasi ini hanya bisa dilihat kalau di klik saja. Notifikasi peringatan bahaya hanya muncul kalau sebuah website tidak terinstal SSL atau TLS.

Jadi website yang sudah menggunakan SSL atau TLS akan mempunyai tanda hijau di bagian address bar, ini biasanya muncul jika Anda menggunakan Internet Explorer.Sedangkan kalau Anda menggunakan Google Chrome atau Firefox akan muncul icon bergambar gembok hijau atau warna lainnya. Sebenarnya SSL atau TLS ini banyak digunakan untuk website-website toko online. Tapi karena sekarang sudah bisa menggunakan SSL gratis, kebanyakan website sudah menggunakan SSL semua.

4. Meningkatkan Rangking Website di Mesin Pencari

Sebenarnya seperti yang saya katakan sebelumnya SSL tidak perlu digunakan untuk semua website. SSL lebih cocok untuk digunakan pada website-website yang melakukan transaksi pembayaran atau pengiriman data seperti website keanggotaan dan lain sebagainya. Jika website itu hanya sebuah informasi atau sekedar memberikan informasi saja, menurut saya tidak perlu menggunakan SSL tidak apa-apa. Ini menurut pendapat pribadi saya ya.

Tapi karena Google adalah hukum bagi semua website maka algoritma Google dibuat untuk lebih menyukai website-website yang sudah menggunakan SSL atau TLS. Google sendiri melarang orang untuk mengunjungi website yang belum menggunakan SSL atau TLS, menurut saya ini parah juga. Ini menurut saya, boleh kan saya punya pendapat sendiri?

Jadi karena Algoritma Google dibuat untuk menyukai website-website yang sudah menggunakan SSL maka mau tidak mau kita harus ngalah dan harus memasang dan menggunakan SSL di website kita, supaya bisa mempunyai harapan untuk muncul di halaman mesin pencari Google.

 

Apakah Saya Membutuhkan Sertifikat SSL untuk Website Saya?

Sekali lagi menurut saya, setiap website untuk saat ini bisa memperoleh banyak manfaat jika menggunakan sertifikat SSL. Secara garis besarnya bisa saya katakan lebih banyak manfaatnya jika Anda menggunakan SSL di website Anda daripada tidak menggunakan SSL.

Pertama. Ingat soal agoritma Google yang saya katakan di atas? SSL adalah salah satu hal yang dilihat oleh Google untuk menjadi faktor peringkat sebuah website bisa berada di mesin pencari daripada yang tidak menggunakan SSL.

 Kedua. Jika ada pengunjung atau orang yang mengunjungi website Anda dan menemukan tidak ada sertifikat SSL di website, maka biasanya akan ada peringatan yang muncul sebagai website yang tidak aman (meskipun peringatan ini tidak sepenuhnya benar), ini bisa sangat mengganggu pikiran pengunjung untuk tidak jadi mengunjungi website Anda. jadi lebih ke nyamanan pengguna menurut saya.

Karena Google adalah hukum untuk semua website yang ada di dunia ini maka dia akan sebisa mungkin memunculkan website-website yang sudah menggunakan SSL. (Menurut saya ini sebuah pemaksaan untuk menggunakan SSL).

Secara keadaan ada beberapa website yang memang harus menggunakan SSL, ingat ini suatu keharusan untuk website yang seperti ini:

1. Pengguna atau Pengunjung Melakukan Pembelian Online

Sebagai pembeli online kita semua pasti setuju tentang privasi online pribadi kita bukan? Dengan adanya sertifikat SSL, sebagai pemilik website Anda tidak hanya akan membantu meningkatkan sisi keamanan website Anda, tetapi juga akan membuat orang-orang yang mengunjungi website Anda benar-benar menyelesaikan transaksi online mereka.

Percaya atau tidak sangat kecil kemungkinan para pengunjung ini tidak mengeluarkan kartu kredit mereka untuk melakukan pembayaran di website-website yang tidak aman – Pasti semua setuju sama saya soal yang satu ini.

2. Anda Menjalankan Website Membership

Biasanya, ketika Anda membangun sebuah website membership, Anda tidak hanya mengumpulkan satu atau dua informasi saja, tetapi banyak informasi penting lannya tentang si pengguna, tetapi mungkin Anda juga akan mengumpulkan beberapa informasi penting seperti perbanka atau kartu kredit para pengunjung Anda ini.

Dengan adanya SSL ini Anda tidak hanya akan meningkatkan sisi keamanan dari website Anda untuk menjaga keamanan informasi anggota Anda, tetapi Anda juga akan membuat para pengunjung ini merasa aman, terlindungi dan akhirnya mau mendaftar.

3. Jika Website Anda Mengharuskan Mengisi Informasi Pengguna

Jika website yang Anda miliki mengharuskan para pengunjung untuk mengisi informasi pengguna, maka wajib bagi Anda untuk menggunakan sertifikat SSL ini yang akan membantu Anda dan juga para pengunjung mengamankan informasi yang dikirimkan para pengunjung website Anda.

Selain itu hal ini juga akan membantu pengunjung Anda ketenangan pikiran kalau data yang mereka kirimkan aman dan tidak jatuh ke tangan orang yang salah.

Sertifikat SSL ini bisa membantu membangun sebuah kepercayaan antara Anda dan pengunjung website Anda kalau Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan diandalkan. Bisnis online harus mengutamakan kepercayaan online seperti ini kepada para pengunjung mereka.

Satu hal lain yang juga ingin saya tambahkan adalah jika website Anda menggunakan sertifikat SSL maka sebaiknya tidak semua halaman di website Anda menggunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsinya, selain tidak perlu hal ini juga bisa memperlambat website Anda jika semua halaman di website Anda di enkripsi. Jadi hal-hal seperti ini juga harus Anda pertimbangkan dan pikirkan.

Bagaimana Cara Menambahkan Sertifikat SSL ke Website Anda

Hal ini bergantung dari hosting masing-masing yang Anda gunakan, tapi dari sepengetahuan saya hampir semua hosting saat ini menyediakan sertifikat SSL yang bisa Anda gunakan, tapi sekali lagi ini bergantung dari hosting yang Anda gunakan. Untuk memastikannya silahkan cek di hosting Anda atau Anda bisa menanyakan langsung ke penyedia hosting yang Anda gunakan.

Sebagai contoh di sini saya menggunakan hosting HawkHost, Anda akan mendapatkan sertifikat SSL gratis untuk semua paket hosting apapun yang Anda pilih dan gunakan, semua sudah dilengkapi dengan sertifikat Let’s Encrypt gratis. Sertifikat SSL ini tidak hanya berlaku untuk domain utama Anda, tetapi juga untuk semua domain atau subdomain yang Anda akan gunakan.

Untuk mulai mengaktifkan dan menggunakan sertifikat SSL, Anda bisa mengaktifkannya melalui halaman hosting control panel Anda.

Setelah Anda berhasil mengaktifkan Sertifikat SSL, Anda harus memastikan domain Anda dialihkan dari HTTP ke HTTPS baru. Caranya bisa menggunakan cara manual dan bisa dengan cara otomatis menggunakan plugin.

Jika Anda menggunakan WordPress untuk website Anda maka Anda bisa menggunakan plugin Really Simple SSL. Untuk panduan cara menggunakan plugin ini silahkan lihat panduan dalam bentuk video.

Setelah Anda mengaktifkan Sertifikat SSL, Anda harus benar-benar memastikan kalau domain yang Anda gunakan dialihkan dari HTTP ke HTTPS. Langkah ini kalau sebelumnya Anda menginstal website Anda dengan HTTP ya, tapi kalau dari awal membuat websitenya sudah menggunakan pilihan HTTPS maka langkah menggunakan plugin ini tidak perlu dilakukan.

Plugin ini benar-benar memudahkan semua orang yang tidak paham cara setting yang rumit-rumit. Setelah plugin ini terpasang yang perlu Anda lakukan hanya perlu pergi ke pilihan setting untuk pengaturan SSL. Jika dilihat sudah ada SSL yang terpasang Anda hanya perlu mengklik tombol Go ahead, activate SSL.

Oh iya, pastikan untuk mengecek pilihan “Enable WordPress 301 redirection to SSL” sudah aktif jika Anda menggunakan WordPress seperti saya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Apa itu SSL dan Perlukah Anda Menggunakan SSL ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Artikel yang mungkin menarik:

  1. Cara Membuat Artikel untuk Website Google AdSense
  2. Teknik SEO yang banyak digunakan untuk merangking website

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top