skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Spotify, Apa Kegunaan Spotify Mengapa Harus Spotify Premium

Apa itu Spotify, Apa Kegunaan Spotify Mengapa Harus Spotify Premium

Apa itu Soptify? Musik untuk semua orang, kalimat inilah yang akan Anda baca saat mengunjungi website Soptify. Mungkin banyak dari antara teman – teman yang sudah tahu tentang website (platform) yang satu ini. Buat yang belum tahu saya akan coba menjelaskan dari hasil pembacaan saya di Internet.

Soptify adalah sebuah layanan atau platform musik berbasis streaming, podcast dan juga video komersil dari swedia. Semuanya bisa di akses secara online untuk hiburan. Tidak hanya itu spotify selain sebagai platform untuk musik berbasis streaming dia juga sebagai penyedia hak cipta musik digital yang di upload ke Internet. Jadi kalau kamu menginstall aplikasi ini dan mendengarkan musik yang ada di spotify semua lagu di sana adalah lagu-lagu resmi.

Apa Perbedaan Spotify Gratis dan Spotify Premium

Fungsi-fungsi dasar yang ada di Spotify tidak berbayar, tetapi kita bisa memilih untuk mengupgrade akun kita ke Spotify Premium. Manapun akun yang kita pilih bisa kita gunakan memutar lagu di Spotify. Apa saja yang bisa kita lakukan dengan platform Spotify ini?

  1. Memilih lagu mana yang mau kita putar
  2. Bisa melihat dan mendapatkan rekomendasi dari fitur yang ada di Spotify seperti Daily Mix, Release radar dan Discovery Weekly.
  3. Mengelompokkan musik kesukaan kita atau koleksi kita.
  4. Membuat Staiun Radio kita sendiri.

Platform Spotify juga tersedia dalam beragam perangkat yang sering kamu gunakan sehingga dengan demikian kamu bisa memutar lagu-lagu kesayangan kamu dari komputer, smartphone, tablet, Televisi dan juga perangkat lainnya dan hebatnya lagi kita bisa sebebas mungkin pindah dari satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan menggunakan fitur Spotify Connect.

Mau Tahu Sejarah Spotify?

Dari hasil pembacaan kami dari situs WikiPedia Spotify ini adalah gabungan dari “Spot” dan “identify”. Pada wal-awal perusahaan ini dikembangkan hanya dengan beberapa orang saja di tahun 2016 di Stockhom, swedia, mereka diantaranya adalah Daniel Ek, Martin Lorentzon dan Maria Giovani Anggasta Santosa.

Awal-awal pertma didirikan tepatnya pada tanggal 7 oktober 2008 spotify tidak menghasilkan sesuatu yang mereka harapkan. Karena pada waktu itu pengembang menerapkan untuk mereka yang menggunakan spotify harus berbayar dan untuk mereja yang ingin menggunakan fitur gratis harus melalui undangan. Kerugian awal ini mencapai $4,4 juta. Uang yang banyak sekali. Seandainya ada yang mau ngasih saya modal sebanyak itu untuk membangun modal villa dan rumah-rumah sewa di bali pasti akan jalan.

 

Setahun kemudian mereka mencoba merambah inggris dan pada tahun 2010 mereka mendapatkan dana dari Founder Fund. Di tahun itu juga mereka kemudian mengumumkan ada dua paket yang akan mereka luncurkan yaitu Soptify Open dan Spotify Unlimited. Setelah itu popularitas Spotify semakin terkenal bahkan sampai ke Indonesia.

Perbedaan Spotify Gratis dan Spotify Premium

Spotify Gratis

  1. Ada iklan yang akan kita dengarkan tetapi tidak banyak biasanya dari 10 lagu akan ada iklan yang muncul satu.
  2. Kita tidak bisa download lagu untuk di dengarkan secara offline
  3. Kamu bisa dengarkan jutaan lagu meskipun menggunakan akun Spotify gratis

Spotify Premium

  1. Lagu tanpa iklan
  2. Bisa mendownload lagu secara offline untuk kita dengarkan tanpa harus online
  3. Hanya bisa di dengarkan di satu perangkat saja jika menggunakan paket Premium dalam satu waktu. Jadi begini maksudnya, jika kamu mendengarkan lagu di iPhone kemudian kamu buka Spotify di Tablet kamu maka aku di iPhone akan dipindahkan ke Tablet kamu untuk sementara waktu.
  4. Gunakan paket Familu untuk bisa menggunakan di 6 perangkat sekaligus

Musik yang ada di Spotify sangat banyak sekali karena Spotify selalu memperbaharui musik-musik mereka setiap minggunya. Fitur andalan dari platform ini adalah playlist-nya. Untuk mendapatkan playlist yang keren-keren kamu bisa follow akun orang-orang yang membuat playlist seperti label rekaman musik, musikus, media dan juga pengguna biasa seperti kita dan kamu tidak perlu mendengarkan lagu yang itu-itu saja.

Buat kamu yang mungkin kalau mengikuti akun orang lain terlalu ribet dan malas, kita bisa memanfaatkan fitur playlis Discover Weekly. Kenapa saya menyarankan Playlist ini? Karena seperti yang saya bilang sebelumnya mereka selalu memperbaharui lagu setiap hari senin dengan lagu-lagu terbaru mereka sebanyak 30 lagu. Lagu-lagu yang selalu ditambahkan ini dipilih oleh algoritma yang canggih dimana algoritma ini bisa memperkirakan musik apa saja yang menjadi kesukaan kita atau favorit kita dan juga dari pengguna lain.

Fitur Spotify yang pintar untuk mobile juga bisa merekomendasikan Playlist yang akan didasarkan dari kebiasaan penggunanya, namanya fitur Now.

Cara Pendaftaran di Spotify

Untuk mendaftar akun di Spotify sangat mudah Anda dan bisa saya katakan cara mendaftarnya sama seperti kita membuat akun untuk email dan di sosial media. Di Spotify Anda bisa mendaftar dengan menggunakan akun media sosial dan juga menggunakan email. Setelah Anda masuk dan mendaftar akun di Spotify Anda bisa melihat lagu-lagu apa saja yang didengarkan oleh teman-teman Anda di Twitter atau di Facebook. Keren ya.

Itu saja yang bisa saya share tentang platform Spotify. Sekarang kamu bisa mencobanya sendiri dan mendengarkan musik-musik kesukaan kamu. Jujur saya sendiri kurang begitu sering mendengarkan musik dan kalaupun mendengarkan musik biasanya suarnya sangat kecil supaya tidak terdengar sampai keluar rumah agar tidak mengganggu tetangga saya. karena tidak semua orang suka dengan musik yang kita putar dan tidak semua orang sedang santai, siapa tahu ada yang baru pulang kerja dan ingin istirahat atau ada yang baru nidurin anak mereka. Ok itu saja kalau kalian ada pertanyaan silahkan menyampaikannya melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top