skip to Main Content
Apa Itu SEO

Apa Itu SEO

Berbisnis lewat Blog

Belakangan ini, membangun bisnis dengan perantara internet telah menjamur di kalangan masyarakat, terlebih lagi para kalangan businessman muda. Internet dinilai sangat efektif karena hampir semua orang menggunakan cara berkomunikasi ini hampir setiap saat, menggunakan internet untuk berbisnis juga lebih ekonomis bila kita menyewa jasa promosi atau membuat cara mempromosikan produk kita sendiri, dan dengan internet kita dapat dengan mudah mengatur segala kegiatan bisnis kita seperti promosi dan penjualan hingga pemesanan melalui perantara gadget ringkas seperti smartphone atau komputer tablet. Namun, bila kita hanya mengandalkan keberuntungan sampai orang-orang tahu keberadaan blog kita, membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mencapainya. Ada sebuah cara untuk mengoptimalkan “keberadaan” blog kita melalui Search Engine Optimization atau SEO. Sekarang, apa itu SEO?

SEO: Pengertian dan Manfaatnya

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu SEO dan pengertian Backlink Profile. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang dilakukan agar suatu blog dapat “dioptimalkan” penemuan keberadaannya melalui search engine. Sistem kerja search engine seperti google sangat kompleks melalui algoritma yang dipakaikan kepadanya, sehingga membuatnya dapat menemukan hampir apapun yang dilemparkan kepadanya. Namun, hasil penemuan yang ditemukannya bisa dibilang sangat beragam. Hal ini mengakibatkan blog yang kita buat terdeteksi lebih sulit untuk ditemukan melalui pencarian acak. SEO disini gunanya untuk menaikkan kemungkinan ditemukannya oleh berbagai orang melalui mesin pencari. Hasilnya, blog kita akan lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh orang-orang. Namun di tahun sekarang ini mesin pecari sudah mulai pintar dan memilah mana website yang layal dan patut diletakkan di halaman pertama mesin pencarian mereka.

SEO harus dilakukan secara sistematis tidak bisa sekali melakukan lalu berhasil. Karena tujuan SEO adalah meningkatkan volume dan kunjungan trafik seseorang melalui mesin pencari ke situs web tertentu. Memang semua orang yang melakukan SEO untuk menempatkan website mereka pada posisi teratas mesin pencarian dengan kata kunci tertentu yang ingin mereka target. Jadi besar kemungkinan sebuah website yang berada dihalaman pertama sebuah mesin pencari akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kunjungan dan juga penjualan.

Banyak orang kurang begitu suka dengan SEO termasuk saya namun karena kebutuhan biasanya membuat mereka harus belajar SEO untuk mendukung pekerjaan dan juga mengembangkan sebuah website. SEO yang bagus adalah membuat website kita menjadi lebih mudah untuk dijelajahi oleh mesin pencari. Secanggih apapun mesin pencari mereka tidak bisa melihat semua hal yang ada dalam website yang kita kembangkan sama seperti kita melihat dan mengamati orang lain dan juga benda. Yang pasti jika website kita mudah untuk dijelajahi oleh mesin pencari dan isi konten kita juga memberi manfaat maka besar kemungkinan website kita akan mudah ditemukan oleh mesin pencari, sukur – sukur bisa dimunculkan di halaman pertama.

Memang dibutuhkan cara dan tehnik khusus agar sebuah website bisa muncul dihalaman pertama sebuah mesin pencarian. Caranya sangat sederhana dan bisa dibilang bisa tetapi tidak mudah juga, bingung ya?

Kita bisa melakukan SEO sesuai dengan apa yang Google inginkan dan Google biasanya selalu memberitahu garis besarnya kepada semua pemilik website yang menginginkan websitenya muncul dihalaman pertama sebuah mesin pencari. Memang kita semua tidak pernah tahu isi dapur rahasianya mbah Google secara persis tetapi kita bisa mengetahui garis besarnya tentang apa yang Google minta agar sebuah website bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari. Jika kita teliti kita bisa mengetahui apa saja yang Google minta setiap mereka update Algoritma mereka yang baru.

Terdapat dua teknik optimalisasi ala SEO setelah mengetahui apa itu SEO yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan penemuan keberadaan blog kita lewat mesin pencari:

  • On Page Optimization adalah cara atau teknik mengoptimalkan penemuan keberadaan blog kita dengan mengatur isi dari blog kita agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Pertama anda membutuhkan kata kunci yang sering dimasukkan oleh orang-orang ke mesin pencari, teliti kata kunci macam apa sajakah yang sering dimasukkan oleh berbagai orang. Kata kunci sangat penting untuk berada dalam blog anda baik pada judul atau pada isi blog anda. Selanjutnya, kata kunci akan berurusan dengan kepadatannya dalam blog anda. Lebih sering atau tidaknya kata kunci ini muncul akan menentukan penemuan blog anda.
  • Off Page Optimaziation erat hubungannya dengan Backlink Profile. Pengertian Backlink Profile itu sendiri adalah link-link yang diarahkan pada blog atau website kita. Off Page Optimization lebih penting daripada On Page Optimization, kualitas Baclink Profile juga lebih baik daripada jumlahnya, maka dari itu hal ini harus sangat diperhatikan untuk Anda semua yang ingin blognya mendapat perhatian banyak orang, itulah pengertian Backlink Profile. Optimalkan penggunaan Backlink Profile yang baik daripada memperbanyak penggunaan Backlink.

SEO juga erat kaitannya dengan konten yang ada di website Anda, seperti yang kami bilang di awal artikel ini, “sekarang ini mesin pencari sudah pintar memilah website mana yang akan muncul di halaman pertama mesin pencari mereka” sebagai contoh jika Anda ingin mengincar kata kunci yang bersifat transaksi bisa jadi persaingannya akan sangat berat sekali, bisa saja Anda bersaing dengan mereka asalkan Anda mau mengeluarkan biaya promosi yang sangat besar, kalau saya belum mampu dan kemungkinan tidak akan melakukan hal itu untuk saat ini, saya akan melakukan cara yang lebih murah dan tidak sulit untuk masuk ke halaman 1.

buat kontent yang tepat

Untuk mengatasi hal itu maka kita bisa kita membuat konten yang cocok yang bersifat informasi, karena biasanya yang bersifat informasi ini bisa bersaing dan bisa di baca oleh semua orang dan yang lebih penting lagi bisa dishare ke media sosial.

Saat ingin membuat website dan konten website hal ini perlu diperhatikan

  1. Buat konten yang bisa dishare atau bermanfaat buat orang lain. Konten itu tidak harus selalu artikel, kita bisa membuat konten dalam bentuk yang lain, misalnya video, tool atau gambar. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kata kunci yang ingin kita target.

Sebagai contoh ketika kita mengetikkan kata kunci “Beli Monitor DELL” Maka yang akan muncul adalah website – website seperti gambar dibawah ini, semua website itu bukan website artikel bukan?

Hasil pencarian beli Monitor dell

Hasil pencarian keyword cari rumah di bali:

Hasil pencarian cari rumah di bali

  1. Gunakan Keyowrd pada URL dan judul halaman website Anda
  2. Buat backlink untuk website Anda. (Lakukan dengan cara yang benar)

Untuk membuat kontennya tidak harus dalam bentuk artikel, bisa juga membuat video, gambar atau konten lainnya. Kalau banyak yang share konten kita maka google akan menganggap website kita ini penting dan memberi manfaat buat banyak orang. Dan peringkat halaman yang sedang kita promosikan otomatis juga akan ikut naik perlahan – lahan. Jadi sekarang Anda bisa mengerti ya untuk berbisnis di media online dengan menggunakan website ada banyak yang tersangkut, mulai dari membuat website, isi konten dan juga pembuatan backlink yang baik dan natural.

Back To Top