skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Riset Keyword

Apa itu Riset Keyword dan Apa Manfaatnya untuk website

Apa itu Riset Keyword dan Apa Manfaatnya untuk website – Ini adalah bagian yang sangat penting untuk Anda yang baru ingin membuat website dan juga untuk Anda yang sudah mempunyai website yaitu tentang research keywords atau meriset kata kunci. Kenapa ini penting, karena setiap SEO yang akan kita lakukan, harus di mulai dengan langkah melakukan riset keyword. Jika Anda salah melakukan riset kata kunci kemungkinan website Anda sulit untuk merangking atau malah sama sekali tidak bisa merangking di mesin pencari. Makannya pada bagian ini, saya meminta Anda untuk memperhatikan bagian dasar yang sangat penting ini.

Silahkan membaca artikel sebelumnya: Tehnik SEO yang banyak digunakan untuk Merangking Website

Apa itu Keyword?

Keyword adalah sebuah kata atau terdiri dari beberapa kata yang digunakan oleh orang untuk mencari dan menemukan sebuah topik di halaman website tertentu dengan menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google, Bing dan lainya.

Apa itu Riset Keyword?

Riset kata kunci atau keyword research adalah sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk bisa menemukan kata dan frasa (alias “kata kunci”) yang akan digunakan oleh orang-orang untuk mencari sesuatu di mesin pencari seperti Bing, Google dan YouTube. Di sini saya tidak menggunakan Yahoo karena belakangan Yahoo sudah jarang digunakan dan mungkin, cepat atau lambat Yahoo tidak akan lagi menjadi sebuah mesin pencari.

Kenapa Riset Keyword itu menjadi bagian yang penting?

Riset keyword, seperti yang sudah saya katakan di awal artikel ini bisa mempengaruhi setiap tehnik SEO yang akan Anda lakukan, ini termasuk untuk menentukan topik konten yang akan Anda buat, on page SEO, menjangkau orang untuk mau melakukan langganan email dan juga melakukan promosi konten.

Itulah salah satu alasan yang paling mendasar mengapa melakukan riset keyword menjadi bagian yang paling terpenting untuk setiap kampanye SEO.

Sebagai contoh untuk memudahkan Anda memahami hal ini:

Sebuah keyword atau kata kunci bisa kita umpamakan seperti sebuah kompas untuk setiap kampanye SEO yang akan Anda lakukan, kata kunci atau keyword ini akan memberitahu Anda dan juga saya ke arah mana sebaiknya kita pergi dan apakah kita mengambil jalan yang benar atau tidak, apakah Anda membuat kemajuan atau tidak dengan menggunakan kata kunci itu.

Sebagai tambahan, jika Anda melakukan riset kata kunci, ini akan membantu Anda untuk memahami target audiens Anda. karena, riset kata kunci ini akan membantu Anda memberikan wawasan tentang apa saja yang di cari oleh para calon pelanggan… dan kata atau frasa apa yang mereka gunakan di mesin pencari.

Dengan kata lain bisa saya katakan: riset kata kunci ini adalah melakukan riset pasar untuk abad ke 21. Setiap proses Riset keyword yang Anda lakukan akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit jika Anda ingin menggunakan beberapa tool riset keyword berbayar.

Apa Manfaat riset keyword untuk website Anda?

Kita sudah tahu kalau tujuan utama melakukan riset keyword adalah untuk bisa menemukan dan menentukan sebuah topik yang akan kita buat dan banyak di cari oleh orang-orang di mesin pencari.

Kata kasarnya itu, riset keyword akan membantu Anda untuk tidak capek – capek membuat sebuah artikel yang tidak di baca oleh orang.

Saya akan coba membuat list manfaat riset keyword:

1. Untuk menemukan ide artikel

Jika Anda baru pertama kali membuat sebuah blog atau website pastikan untuk melakukan riset kata kunci untuk bisa mematangkan blog kalian sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Jangan sampai pas di tengah jalan Anda bingung, ini blog mau di isi apa lagi ya artikelnya.

Jangan sampai Anda mengalami masalah yang banyak di alami oleh banyak orang. dengan melakukan riset kata kunci Anda bisa mencari dan mengumpulkan berbagai macam ide atau topik yang akan Anda buat menjadi artikel.

2. Kerja yang terstruktur

Biasanya, jika Anda melakuka riset kata kunci Anda bisa membuat dan menyusun artikel mana yang harus di dahulukan untuk di tulis. Anda bisa membuat daftar keyword mulai dari yang tingkat persaingan rendah sampai yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi. Dari daftar yang Anda buat itu Anda bisa:

  • Membuat artikel yang lebih dulu di buat di awal
  • Mampu mengetahui keyword mana saja yang mempunyai tingkat persaingan tinggi dan rendah
  • Mengetahui topik apa saja yang cocok untuk website Anda

Jadi, jika website Anda masih baru, usahakan untuk mencari dan menemukan kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah agar mudah untuk di rangkingkan di mesin pencari. Tetapi bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi ya, Anda boleh saja menggunakan keyword yang punya tingkat persaingan tinggi, tetapi biasanya keyword – keyword seperti ini sangat lama saat Anda melakukan optimasi website.

Bagaimana Menemukan ide Keyword

Sekarang waktunya bagi Anda untuk mempelajari seluk beluk tentang caranya melakukan riset kata kunci. Ini adalah bagian penting bagi Anda untuk membuat beberapa daftar kata kunci yang akan Anda gunakan dan strategi untuk bisa menemukan BANYAK ide kata kunci baru.

Brainstorming Daftar Topik

Di sinilah Anda akan mendapatkan beragam topik yang mungkin di minati atau di cari oleh para pelanggan Anda.

Sebagai contoh, misalnya saja Anda akan menjalankan bisnis digital marketing agency.

Sekarang, cobalah Anda bertanya kepada diri sendiri: “kira-kira topik apa sih yang akan di cari oleh orang yang berhubungan dengan bisnis yang sedang Anda jalani?”

Mungkin beberapa topik yang berhubungan dengan hal itu adalah

  • Social media
  • Website traffic
  • Content marketing
  • Email marketing
  • PPC
  • Blogging

Catatan: Topik yang saya buat di atas bukanlah keyword, meskipun itu adalah benar-benar sebuah keyword. Saya lebih senang menyebutnya sebagai topik luas yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menggali lebih dalam kata kunci tertentu yang lebih spesifik.

Sebagai contoh:

 

Katakanlah kita akan menggunakan kata WordPress. Jika Anda mentarget kata kunci WordPress tingkat persaingan SEO-nya sangat sulit, apalagi jika website Anda masih baru.

Kalau misalnya Anda ingin mentarget kata kunci “WordPress Theme” Anda bisa memvariasikannya menjadi:

  • Premium WordPress Theme
  • Jual Theme WordPress
  • Premium WordPress Theme Murah
  • Cheap WordPress Theme

Jadi kalau Anda menggunakan keyword dua sampai tiga suku kata di keyword, Anda bisa masuk ke beberapa keyword sekaligus.

jadi kalau Anda menggunakan keyword satu suku kata, biasanya tingkat persaingannya sangat sulit, meskipun tidak semua seperti itu. Anda bisa mencoba menggunakan dua suku kata atau memvariasikannya dengan cara seperti yang saya tunjukkan di atas itu.

Katakanlah Anda saat ini mentarget kata kunci WordPress Theme. Ketika Anda memvariasikan dengan kata “Premium WordPress Theme Murah” Anda bisa mentarget empat kata kunci sekaligus atau mungkin lebih:

  1. WordPress Theme Murah
  2. Premium WordPress Theme
  3. Premium WordPress Theme Murah
  4. WordPress Theme

Keyword berdasarkan maksud dan tujuan

Keyword Berdasarkan maksud dan tujuan mempunya dua fungsi

  1. Informational keyword (kata kunci yang berisi informasi)
  2. Commercial keyword

Sebagai contoh informational keyword misalnya “Cara memilih Laptop atau Cara Mememelihara Ikan lele” sedangkan contoh untuk Comercial keyword, biasanya selalu ada kata Terbaik, termurah, Harga dan lain lain. misalnya seperti ini: “Laptop Editing Terbaik” Laptop Gaming Termurah, Harga Laptop Editing”.

Keyword Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, keyword mempunyai dua jenis:

  • Global keyword (Topik luas)
  • Targetted keyword

Sebagai contoh Global keyword ini misalnya “Penjualan Laptop”. Kata kunci seperti ini termasuk dalam Global keyword.

Sedangkan untuk contoh Targetted keyword itu misalnya, Jual Tas Gunung, Jual tas wanita, Jual Kamera bekas, Jual laptop bekas dan lain sebagainya. Nah, keyword-keyword seperti ini sangat tertarget. Sedangkan keyword yang global (keyword luas) itu biasanya sangat luas sekali, sebagai contoh Penjualan Laptop. Laptop di sini sangat luas, tidak di sebutkan mereknya apa? Karena laptop itu kan ada banyak merek.

Kedua jenis keyword itu bisa Anda gunakan, tetapi kalau ingin cepat mendapatkan penjualan (uang), maka Anda bisa menggunakan keyword yang sangat tertarget.

Langkah Apa yang Harus Saya Lakukan untuk SEO Website Saya

Kita sekarang sudah tahu tentang apa itu keyword. Manfaat keyword untuk website kita, dan kita juga tahu ada beberapa macam jenis keyword dan juga ada Informational keyword, ada Targetted keyword. Sekarang, apa yang harus Anda lakukan?

Pertama. Langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu menggunakan satu keyword Global dan dua keyword Targetted, jika website yang Anda buat adalah website yang menjual sebuah produk atau jasa.

Jadi kalau memang website yang Anda buat itu di khususkan untuk menjual produk tertentu, misalnya Penjualan Kaos. Maka Anda harus menggunakan satu keyword Global dan di tambah dengan keyword Targetted. Di contoh ini kita menggunakan Penjualan Kaos sebagai Global keyword. Anda bisa menambahkan atau menggunakan dua atau lebih Targetted keyword, misalnya Jual Kaos Bali, Jual Kaos Barong Bali.

Kedua. Gunakan sebanyak mungkin informational keyword, dan sedikit mungkin commercial keyword, apabila website Anda adalah sebuah blog atau website umum. Jika website Anda menjual produk maka kebalikan dari ini.

Tips Memilih Keyword yang benar

Setelah kita melakukan riset keyword dan menemukan beberapa keyword yang ingin kita gunakan dan menurut kita sangat berpotensi, pastikan hal itu:

  1. Jangan menggunakan keyword yang tingkat persaingannya sangat tinggi, jika Anda masih pemula di SEO atau website Anda masih baru. Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering di lakukan oleh mereka yang masih pemula atau yang masih baru belajar SEO. Mereka hanya memperhatikan, wah pengunjungnya banyak, tetapi mereka lupa memperhatikan tingkat persaingan keyword itu sendiri.
  2. Gunakanlah variasi keyword global dan keyword targetted, supaya optimasi SEO yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal.
  3. Usahakan untuk menggunakan 3 keyword saja untuk satu konten yang di buat, maksimal empat keyword. Tetapi ini bukan berarti Anda tidak boleh memasukkan banyak keyword dalam satu artikel ya. Saran saya gunakan 1 sampai tiga keyword saja supaya Anda bisa mengoptimasinya.

ya, jadi itu adalah yang bisa saya bagikan di materi ini. setelah membaca artikel ini, Anda sudah bisa mengetahui Apa itu Keyword, global keyword, targetted keyword, informationak keyword dan juga buying keyword atau commercial keyword. Semua pengetahuan Ini bisa Anda terapkan untuk di halaman utama website Anda. Sampai ketemu di pembahasan selanjutnya ya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Apa itu Riset Keyword dan Apa Manfaatnya untuk website ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top