skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Podcast Dan Bagaimana Cara Membuat Podcats

Apa itu Podcast dan Bagaimana Cara Membuat Podcats

Apa itu Podcast. Orang Indonesia mungkin belum banyak yang tertarik untuk membuat podcast, atau malah banyak juga yang belum banyak yang tahu tentang podcast. Melalui artikel kali ini, saya akan berbagi informasi kepada Anda tentang podcast dan bagaimana Anda bisa membuat podcast, mulai dari persiapan pembuatan konsep, alat rekaman dan menguploadnya ke internet.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang hal ini mari saya jelaskan sedikit kepada Anda Apa itu Podcast dan mengapa Anda perlu memulai membuat konten dengan cara yang satu ini.

Ingat ya, Artikel ini saya buat khusus buat mereka yang sama sekali belum tahu tentang Apa itu podcast, untuk apa podcast itu dan mengapa mereka repot-repot sampai membuat podcast?

Apa itu Podcast?

Podcasting adalah sebuah rekaman yang dibuat dalam bentuk dan bisa di dengarkan oleh semua orang. mirip seperti radio tetapi bukan radio.

Kitapun bisa memilih siaran podcast milik siapa secara online, karena orang yang membuat podcast sendiri juga sangat banyak. Bahkan ada ribuan kategori dengan topik yang bisa Anda pilih, sebagai contoh Arts, Bisnis, komedi, education, games, hobby dan lain – lain.

Sejarah Podcast.

Podcast sendiri sudah ada sejak tahun 2015 dan populer pada tahun 2007, sejak saat itu pendengar podcast semakin bertambah banyak.

Mungkin banyak yang juga ingin tahu Podcast sendiri berasal dari kata apa? Podcast sebenarnya gabungan dari kata “iPod” dan “Broadcasting”. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau iPod adalah sebuah produk milik Apple.

Rekaman dalam bentuk audio sudah ada sejak lama, tetapi cara untuk mendapatkan rekaman dalam bentuk audio yang terorganisasi dan didapatkan secara terus menus melalui media seperti ini pertama kali yang mengusung adalah apple. Ini terjadi pada saat Apple baru mengeluarkan iPod dan juga iPhone.

Podcast kini tidak hanya bisa kita akses melalui iPhone dan juga Mac. Sekarang Anda sudah bisa mengaksesnya melalui Tablet, Android dan media sejenis lainnya.

Apa saja Kelebihan Podcast?

Sekarang kita sampai kepada pertanyaan yang mungkin banyak orang ingin tahu, apa saja kelebihan podcast ini jika kita bandingkan dengan radio dan juga rekaman audio dalam bentuk Mp3?

  • Pilihan podcast sangat banyak. Seperti yang sudah saya katakan di atas, orang yang membuat podcast sangat banyak sekali dan kategorinya juga sangat banyak. Jika dibandingkan dengan stasiun radio, mungkin sangat terbatas dan juga bisa dihitung. Sedangkan kalau kita mendengarkan podcast, kita bisa mendapatkan banyak pilihan. Saya yakin, Anda pasti akan bingung sendiri mau dengar yang mana karena saking banyak sekali.
  • Radio ada iklan, tetapi podcast tidak ada. Ini salah satu kelebihan dari podcast.
  • Bisa di dengar kapan saja dan di mana saja. Enaknya podcast adalah Anda bisa mendengarkan kapan saja dan di jam berapa saja. Anda juga bisa mendengarnya secara berulang-ulang.
  • Episode baru bisa di dengar dari Smartphone. Setiap ada episode baru Anda akan secara otomatis bisa langsung mendengarnya dari HP Anda. Dan jika filenya sudah tidak Anda butuhkan bisa Anda hapus sehingga tidak memenuhi space memori HP Anda.

Jenis-jenis Podcast

Setelah kita mengetahui apa saja kelebihan podcast, sekarang kita masuk ke jenis-jenis podcast.

1# Interview Podcast.

Podcast jenis ini biasanya terdiri dari satu atau dua host menginterview tamu yang berbeda-beda setiap episodenya. Podcast jenis ini adalah podcast yang paling populer karena tidak harus memerlukan format tertentu.

Persiapan yang perlu dilakukan biasanya meneliti orang-orang yang mau anda interview dan membuat daftar pertanyaan apa saja yang ingin diajukan. Untuk bisa melakukan podcast jenis ini Anda juga perlu memiliki keterampilan yang baik untuk bisa menjalankannya, seperti meyakinkan orang yang ingin diinterview untuk mau berpatisipasi, keterampilan mewawancara orang dan tentunya mampu membuat episode-episode podcast yang baru secara teratur.

2# Solo Podcast

Jika Anda masih baru dan bertanya bagaimana caranya memulai sebuah podcast, mungkin podcast jenis ini yang cocok untuk Anda. Podcast ini biasanya hanya disajikan sebagai sebuah monolog saja, terdiri dari satu orang (Anda sendiri) yang berbicara.

Konten yang bisa dibuat juga bebas sekali, bisa opini, berita terkait, tanya jawab agaya orang lain yang bisa dijadikan bahan pembicaraan di setiap episodenya. Secara teknis Podcast solo jauh lebih mudah untuk diproduksi karena yang akan kita butuhkan adalah suara Anda sendiri

3# Podcast Multi Host

Podcast yang satu ini biasanya terdiri dari dua host atau lebih, menjalankan podcast jenis ini menurut saya lebih dinamis daripada kalau kita menjalankan podcast solo. Jika dalam beberapa hari belakangan ini Anda sudah melakukan riset untuk menjalankan sebuah podcast dan Anda mempunya mitra yang cocok, Anda bisa menjalankan podcast jenis ini dan hasilnya pasti akan lebih fantastis.

Podcast multi host bisa membawa sebuah diskusi yang lebih menarik dan memiliki pendapat dan juga prespektif yang berbeda-beda, dan menurut saya ini akan lebih menambah nilai bagi pendengar dan juga lebih menghibur ketimbang membawakan podcast secara solo. Ide-ide yang akan dibicarakan juga biasanya akan lebih banyak dan beragam.

Tips Menjalankan Podcast

Dengan begitu banyaknya podcast baru yang muncul setiap harinya Anda mungkin memiliki pemikiran, saya sudah terlambat untuk memulainya. Tidak masalah.

Meskipun Anda baru akan memulai, di Indonesia sendiri podcast belum begitu banyak. Saya sendiri berpikir tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai sesuatu. Jika Anda bisa memulai podcast yang bisa berkomunikasi dan juga menghibur dengan audiens, Anda kemungkinan akan menjadi pemenang.

Bukan berarti tidak ada persaingan. Persaingan itu wajar dan sudah pasti selalu akan ada. Tetapi dengan perencanaan yang tepat, cermat dan membuat episode-episode yang terstruktur akan membantu Anda untuk meningkatkan audiens. Berikut ini beberapa tips untuk memulai podcast dengan benar versi SUBMITClimb.

1# Membuat Preview atau Pengantar

Jika anda berencana membuat podcast dalam beberapa episode, pastikan setiap episodenya nyambung dengan episode sebelumnya jika memang itu tidak bisa dibahas dalam satu episode. Pastikan Anda memiliki format yang konsisten untuk setiap episode Anda.

Satu tips yang bagus untuk Anda, selalu perkenalkan tamu istimewa di setiap awal rekaman, atau sertakan bagian berulang seperti “Top Trend” atau “Ask Me anything.” Dengan melakukan itu pendengar Anda akan selalu menantikan dan jika mereka bosan mereka bisa langsung pindah ke waktu di mana Anda membahas tentang topik yang mereka tunggu dan ingin dengarkan.

2# Ikuti Aturan Podcast Yang Ideal

Panjang dan lamanya mempublikasikan sebuah podcast yang ideal adalah satu diskusi yang paling banyak dibicarakan dan ditanyakan. Ada yang mengatakan yang paling baik untuk membuat podcast adalah seminggu sekali. Sedangkan yang lain ada yang mengatakan satu bulan satu kali sudah cukup. Tetapi Anda mungkin bertanya, mana yang paling baik untuk membuat dan memposting podcast Anda? Mari kita ikuti tips dari Buffer yang akan membantu kita untuk memutuskan.

Frekuensi ideal untuk mempublish podcast: Mingguan

Ada orang yang menerbitkan satu episode perminggu dan yang lain ada yang dua kali perminggu.

Panjang ideal durasi podcast untuk setiap episode adalah 22 menit

Stitcher, situs podcast dan radio online, mengatakan bahwa rata-rata orang masih mau mendengarkan podcast dalam waktu 22 menit.

3# Tentukan Tema dan Topik Anda

Podcast bisa membahas tema tentang apa saja. Tetapi seorang podcast terbaik di duniapun tidak akan berbicara tentang tema yang luas kepada semua orang. Cobalah pikirkan Anda mau mengangkat tentang tema apa? Dan mulailah berfokus kepada hal itu dan berusahalah untuk menarik audiens pendengar Anda terlebih dahulu. Karena dengan berfokus pada tema yang sama, para audiens Anda bisa tahu konten seperti apa yang sebenarnya Anda bahas. Setelah Anda mulai mendapatkan pengikut, silahkan jika Anda mulai berpikir untuk pindah atau menarik pendengar yang lain dengan tema yang lain.

4# Bawakan dengan Santai, Fun dan Bergaya Wawancara

Saat Anda akan membawakan podcast dengan gaya wawancara, coblah untuk mengobrol dengan tamu Anda sebelum merekam acara ini. Mengapa ini harus dilakukan, karena ini akan membantu Anda bersantai saat percakapan dimulai. Selain itu pastikan membawakannya dengan santai. Host podcast terbaik biasanya selalu membawakannya dengan santai dan mereka juga tidak terlalu terburu-buru untuk mengajukan pertanyaan selanjutnya.

Ok jadi itu adalah beberapa tips sederhana dari saya bagaimana Anda dan saya bisa memulai dan menjalankan podcast dengan baik. Sekarang setelah Anda mengetahui semua hal itu, kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya, Peralatan.

Peralatan Apa saja Yang Anda Butuhkan Untuk Memulai Podcast?

Ini adalah bagian yang penting dan yang paling banyak dinantikan oleh banyak orang. pada bagian ini, saya akan membahas secara singkat tentang peralatan apa saja dan juga software apa saja yang bisa Anda gunakan untuk memulai Podcast.

Bisa saya katakan uang kita akan banyak habis di mikrofon, ini bisa mahal bisa juga murah, bergantung dari mikrofon apa yang Anda pilih. Anda bisa menggunakan mikrofon XLR (XLR ini adalah jenis mikrofon dengan konektor listrik, biasanya banyak digunakan pada peralatan audio para profesional) yang biasanya terhubung ke mixer, dan dengan bantuan mixer ini Anda bisa mendapatkan kualitas audio yang cukup bagus. Namun Anda juga bisa menggunakan mikrofon yang menggunakan USB, kualitas suara mikrofon yang menggunakan USB juga cukup baik bagi kebanyakan orang dan saya sendiri sudah membuktikannya.

USB Mikrofon untuk Podcating Terbaik dan Terpopuler

Semua komputer memiliki setidaknya satu port USB yang bisa memungkinkan Anda mencolokkan kabel mikrofon ke sana. Hampir semua mikrofon USB adalah plug and play, ini berarti tidak memelukan instalasi USB dan juga driver.

Inilah daftar mikrofon USB terbaik pilihan SUBMITClimb.

Samson Q1U Mikrofon USB Dinamis.

Samson Q1U Dynamic USB Microphone

Ini adalah Mikrofon basic dengan desain dan bentuk yang sering kita lihat, Anda cukup plug and play jika Anda menggunakan mikrofon ini. Mikrofon ini dilengkapi dengan kabel USB dan juga dudukan standar untuk mikrofon. Untuk kualitas audionya juga cukup baik sesuai dengan harga yang di tawarkan. Mikrofon ini sangat bagus dan cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu banyak mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Untuk membeli di Aliexpress | Untuk Membeli di Tokopedia

Rode NT-USB Microphone

Rode NT-USB Microphone

Ini adalah mikrofon yang saya gunakan untuk di ruang kerja saya. kelebihan jika kita menggunakan mikrofon ini adalah Anda bisa mengubah FX, EQ trek Anda dan fitur lainnya di aplikasinya. Mikrofon ini sudah dilengkapi dengan pop pelindung, zip case, desktop stand, headphone jack monitor, kontrol level dan kabel USB sepanjang 20”. Mikrofon ini memang memiliki harga yang cukup mahal, tetapi kualitas yang kita dapatkan sangat sepadan dengan harganya.

Blue Yeti USB Microphone

Blue Yeti USB Microphone

Ini adalah mikrofon lama yang saya gunakan sebelum saya menggunakan Rode NT-USB. Kualitas audionya cukup baik sesuai dengan harganya. Ini adalah mikrofon yang paling populer dikalangan podcast. Mikrofon ini mudah sekali dihubungkan ke komputer, cukup plug and play saja dan juga sudah dilengkapi dengan dudukannya sendiri.

Mikrofon Profesional untuk Podcasting terbaik

Shure SM58

Shure SM58

Mikrofon ini mungkin sering terlihat digenggam oleh penyanyi utama di sebuah konser-konser. SM58 sangat kuat bahkan bila tejatuh atau dibantingpun masih tetap bisa bertahan, mungkin ini cocok buat mereka yang ingin melakukan rekaman di studio.

RODE PROcaster Broadcast Dynamic Vocal Microphone

RODE PROcaster

Ini adalah mikrofon yang memiliki kualitas yang baik. Ideal sekali untuk broadcast dan mikrofon voice over, karena dirancang untuk memberikan suara yang kuat dan menghalangi suara bising di belakang dan mencegah distorsi dan aoutput audio Anda. Mungkin harganya cukup mahal di daftar yang saya buat ini, tetapi ini layak saya masukkan karena memiliki kualitas yang cukup bagus sekali.

Alat Tambahan untuk Meningkatkan Kualitas Suara

Pop Filter

pop filter

Peralatan podcast ini akan membantu mencegah suara noise mulut Anda saat melakukan perekaman saat Anda berbicara terlalu dekat dengan mikrofon. Saat Anda melakukan perekaman podcasting alat ini bisa sangat membantu Anda untuk mengatur jarak ketepan di mana Anda harus berbicara.

Zoom H1 Handy Portable Digital Recorder

Zoom H1 Handy Portable Digital Recorder

Ide yang bagus jika Anda juga merekam audio Anda menggunakan tool perekam external. Ini untuk berjaga-jaga jika Audio di kamera atau di komputer Anda mengalami masalah. Ini hanya optional saja. Alasannya jika terjadi masalah Anda masih mempunyai cadangan file yang direkam secara terpisah dengan menggunakan alat ini. Alat ini tidak mengharuskan kita terhubung dengan komputer atau kamera kita, karena bisa kita pegang atau kita taruh di meja saat melakukan perekaman.

Software Perekam & Editing Audio

Sekarang kita akan masuk ke bagian software apa saja yang bisa kita gunakan untuk merekam Audio kita? saya akan memberitahu kepada Anda mulai dari yang gratis sampai yang berbayar yang paling banyak digunakan oleh orang.

Audacity (Mac & PC)

Harga: Gratis

 

audacity software

Software yang satu ini memberikan fitur perekaman yang bagus dan juga lengkap. Sehingga Anda bisa merekam dan juga sekaligus mengedit audio Anda. Meskipun gratis bukan berarti software ini memiliki fitur dan juga tampilan yang jelek. Software ini bisa saya katakan memiliki tampilan yang bagus dan fiturnya juga seperti software profesional. Bahkan banyak orang menggunakan software ini. Mudah digunakan dan alternatif untuk software pengedit audio berbayar.

GarageBand (Mac)

Harga: Gratis

GarageBand untuk podcast

Ini adalah software untuk pengguna mac dan biasanya sudah terinstall di Mac. Software ini bisa Anda gunakan untuk melakukan perekaman podcast dan pengeditan audio kemudian menyimpannya dalam format MP3.

Adobe Audition (Mac & PC)

Harga: Berbayar (bualanan)

Adobe Audition for podcast

Buat anda yang ingin menggunakan software yang lebih profesional bisa menggunakan Adobe Audition. Anda bisa merekam, mengededit dengan banyak filter dan fitur. Apalagi jika Anda melakukan perekaman dengan menggunakan peralatan yang memiliki harga mahal dan digunakan untuk profesional yang menggunakan mixer, maka software yang satu ini patut menjadi pilihan Anda. Untuk mendapatkan jamunya Anda bisa mengunjungi Facebook Group SUBMITClimb.

Jadi itu adalah beberapa software yang bisa Anda gunakan. Jika Anda ingin tahu software apa saja yang saya gunakan untuk merekam audio. Saya menggunakan Audacity dan Adobe Auditon.

Musik untuk Intro dan Outro Saat Membuat Podcast

Podcast biasanya memiliki musik Intro dan juga Outro, sama seperti video YouTube. Tetapi banyak sekali pertanyaan yang muncul tentang musik ini jika kita menggunakannya dari internet, Copyright. Sebenarnya ada begitu banyak sumber musik yang bisa kita gunakan saat kita mendownload dari internet. Saya mencoba membuat daftar dimana Anda bisa mencari musik dan Anda gunakan di dalam podcast Anda secara legal tanpa kena pelanggaran Copyright – berikuti ini adalah beberapa pilihan daftar lagu yang bisa Anda gunakan untuk podcast Anda.

Koleksi Musik Wistia.

wistia music - apa itu podcast

Harga: Gratis

Wistia memiliki kumpulan lagu-lagu gratis bebas royalti yang bisa Anda gunakan. Untuk mendapatkan musik dari wistia Anda hanya perlu memasukkan alamat email Anda dan nanti mereka akan mengirim email dimana Anda bisa mendapatkan musik bebas royalti ini.

Pond5

POND5 - Apa itu Podcast

Harga: Berbayar (bulanan atau tahunan)

Ini adalah website yang sangat populr yang memiliki banyak sekali koleksi stok gambar, video clips dan trek musik yang bebas royalti. Mereka memiliki lebih dari 400.000 pilihan musik yang bisa Anda gunakan untuk intro podcast atau YouTube. Memang banyak sekali website seperti ini, tetapi jika kita bandingkan harga yang ada di sini jauh lebih murah dibandingkan website lain. Untuk bisa mengakes semua daftar musik yang ada di website ini Anda akan dikenakan biaya keanggotaan.

Untuk mendapatkan daftar musik lain yang bebas royalti mulai dari yang gratis hingga berbayar, Anda bisa mendapatkan di akhir artikel ini. Selain itu Anda juga bisa membeli atau memesan musik intro dan autro di Fiverr dengan harga yang cukup murah.

Bagaimana Caranya Memulai Membuat Podcast

Perlu Anda ketahui, membuat podcast itu gampang sekali. Meskipun mudah bukan berarti asal rekam, edit lalu kita publikasikan. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk membuat sebuah podcast yang menarik dan enak untuk di dengar oleh audiens.

Jika Anda menguasai topik atau ahli dibidang yang akan Anda bicarakan, cara bicara dan juga apa yang mau Anda bicarakan akan lebih mudah.

Cobalah sebelum Anda benar-benar membuat podcast dan mempublisnya, pastikan Anda mempunyai cukup banyak hal yang ingin Anda bicarakan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buatlah 8-10 daftar episode. Setelah itu Anda bisa mencari ide di iTunes dan Spotify yang mirip-mirip dengan tema yang Anda bicarakan. Itu bisa Anda jadikan untuk membuat daftar episide podcast selanjutnya. Perhatikan juga bagaimana mereka membuat podcast, mengapa bisa populer dan mengapa jumlah pengikut mereka sangat banyak – Mempelajari semua ini akan membantu Anda mendapatkan konten yang layak untuk dibahas dan diminati atau tidak.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum Merekam Podcast

Sebelum Anda mulai merekam, podcast ada beberapa hal yang akan kita persiapkan.

Podcast ArtWork: Hal yang perlu Anda ketahui ketika Anda belajar membuat podcast adalah hasil karya karya seni Anda haruslah bisa menarik perhatian banyak orang. Jika anda bisa menggunakan software desain garfis dan bisa sedikit menguasai desain Anda harus membuat cover podcast Anda menarik. Gunakanlah gambar dan juga font yang bisa terlihat dengan jelas. Ukuran yang digunakan 2048 x 2048 dan ukuran minimum 1400 x 1400. Jika anda tidak bisa menguasai software desain grafis, saya menyarankan Anda untuk menggunakan jasa seorang desainer grafis untuk membantu anda membuatkan cover podcast Anda dari Fiverr, UpWork atau bisa juga dari Sribulancer. Anda juga bisa belajar dasar-dasar desain grafis di channel YouTube Submitclimb dan Facebook Page Submitclimb, jadi pastikan untuk follow dan subscribe channell ini.

Nama Podcast: Nama Podcast yang Anda buat juga harus mencerminkan tentang apa podcast itu, sehingga calon pendengar Anda bisa tahu dan mau mendengarkan. Sebagai contoh katakanlahlah judulnya “My Bali Story Podcast – Semua hal tentang Bali Yang perlu Anda tahu.” Sangat jelas bukan podcast ini, anda dan saya bisa langsung tahu topik apa yang dibahas di podcast ini. Jika Anda menggunakan nama podcast yang tepat, Anda bisa berharap podcast Anda ditemukan oleh orang lain saat mereka mencari topik yang berhubungan dengan topik podcast Anda.

Podcast Description: salah tips yang akan kami sarankan kepada Anda adalah sebisa mungkin memasukkan sebanyak mungkin frase dan kata kunci yang relevan ke dalam deskripsi podcast Anda – konten yang diminati orang lain dan di cari. iTunes dan Spotify adalah mesin pencari, dan kebanyakan orang akan menemukan podcast Anda di sana. Jadi pastikan untuk memasukkan dan menggunakan kata kunci di dalam deskripsi Anda.

Host Name: ini bisa, nama Anda (atau nama bisnis Anda) – usahakan untuk memasukkan beberapa kata kunci untuk membantu meningkatkan peringkat podcast Anda. Template untuk Host Name Anda [nama Anda]: keyword.

Kategori & Sub Kategori Podcast. Ada begitu banyak sekali kategori dan subkategori yang berbeda untuk podcast jika Anda lihat di iTunes – mulai dari fashion sampai ke entrepreneurship. Pilihlah kategori Anda yang paling cocok dengan subjek Anda, tetapi tidak harus tepat. Jika Anda mengalami masalah dan bingung untuk memilih kategori, cobalah untuk melihat podcast di iTunes dan Spotify lain yang mirip dengan Anda kemudian lihat mereka menggunakan kategori yang mana.

Merekam Podcast Pertama Anda.

Kini saatnya mulai masuk ke tahap perekaman! Tetapi sebelum Anda mulai merekam podcast pertama Anda ada baiknya saya akan menunjukkan hal-hal lain apa yang harus Anda perhatikan.

Pertama. Mikrofon yang sudah Anda pilih dan beli perlu dihubungkan ke komputer Anda dan pastikan itu bisa digunakan di software seperti Audacity. Pastikan inputnya menggunakan mikrofon yang Anda gunakan jika suara Anda tidak masuk di software audacity.

Buat kalian yang belum menggunakan Audacity bisa lihat video ini: Cara Download dan Install Audacity yang bisa Export MP3.

untuk merekam episode pertama Anda dengan Audacity, ini adalah software untuk podcast gratis yang sudah saya sebutkan di atas, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

1# Buka Audacity dan pastikan mikrofon Anda sudah terpilih sebagai perangkat input default. Jika belum silahkan pilih dan lakukan pengetesan.

2# Tekan “R” untuk merekam atau tombol rekam yang berwarna merah untuk mulai merekam.

Audacity stop dan record - Apa itu podcast

3# Tekan tombol “P” atau tombol “Pause” untuk menghentikan sebentar perekaman sebelum melanjutkan perekaman kembali. Di dalam mode ini Anda tidak bisa mengedit audio Anda.

4# Tekan Spacebar atau tombol “Stop” untuk menghentikan perekaman (Stop recording).

5# Jika Anda ingin memulai perekaman lagi dari tempat Anda berhenti merekam Anda cukup tekan “R” kembali maka Anda bisa melanjutkan perekaman kembali.

Jika Anda adalah seorang pengguna Mac maka panduan dalam video ini akan sangat membantu Anda bagaimana Anda bisa mereka dengan menggunakan GarageBand. Selamat mempelajari video panduannya.

Mempublikasikan Podcast Anda

Setelah Anda selesai membuat dan mengedit podcast Anda. Anda bisa mulai mempublikasikan podcast Anda ke beberapa direktory podcasting berikut ini:

iTunes/Apple Podcast

iTunes adalah big player di dunia podcast. Saya rasa semua orang sudah tahu tentang ini.

Anda harus menggunakan Apple Podcast/iTunes jika Anda menginginkan podcast Anda bisa ditemukan oleh orang banyak. Untuk bisa upload ke sini Anda memerlukan akun iTunes dan memerlukan waktu beberapa hari untuk bisa mendaftar ke sini. Tetapi dari pengalaman beberapa orang kita hanya akan membutuhkan waktu beberapa hari saja, karena mereka nanti akan meminta sampul podcast Anda dengan ukuran setidaknya 1400 x 1400 pixel.

Anda harus mendaftar melalui Podcasts Connect (sebelumnya iTunes connect)

Spotify

Baru-baru ini Spotify membolehkan kita mengupload podcast, sehingga sekarang Spotify menjadi pilihan no 2 untuk mendengarkan podcast.

Google Play Music

Google kadang-kadang juga akan menampilkan podcast Anda di hasil pencarian mereka, tentu Anda ingin agar podcast Anda berada di Google Play music. Ini masih baru, pasti kita semua ingin menempatkan podcast kita di sana dan dilihat oleh para audiens.

Untuk mendaftar bisa melalui Google Play Music Podcast Portal.

Stitcher

Stitcher adalah salah satu direktori podcast paling populer dengan lebih dari 8 juta pengguna yang terdaftar dan lebih dari 64.000 podcast. Jadi ini adalah salah satu tempat dimana podcast kita terdaftar.

TuneIn

TuneIn adalah aplikasi dan direktori podcast populer yang juga banyak digunakan. Tentu Anda juga tidak ingin melewatkan untuk mendaftarkan podcast Anda di sini.

Tidak ada salahnya memasukkan podcast Anda ke situs-situs podcast direktori. Saya sangat menyarankan Anda untuk memasukkannya sebanyak mungkin dan semampu Anda.

Spreaker

Situs yang satu ini memiliki segalanya untuk Anda. Aplikasi podcast, direktori, hosting podcast, desktop software dan masih banyak lainnya.

Anda bisa membuat akun gratis di Spreaker dan meletakkan RSS Anda di sana.

Blubrry

Blubrry adalah penyedia hosting podcast, mereka juga memiliki direktori podcast yang populer. Silahkan bergabung di Blubrry di sini.

Soundcloud

Saya secara pribadi tidak merekomendasikan untuk menggunakan hosting podcast di Soundcloud, tetapi lebih bagus untuk mengupload file MP3 Anda ke Soundcloud dengan menggunakan akun gratis Anda.

Sekarang Anda sudah tahu tentang Apa itu Podcast dan Bagaimana Cara Membuat Podcats. Anda juga bisa mendapatkan ide untuk setiap episode podcast yang akan Anda buat. Mulai hari ini cobalah untuk mendengarkan podcast milik orang lain yang temanya sama dengan Anda.

Jika Anda sudah mempunyai mikrofon, cobalah untuk merekam dan belajar setiap hari. Dengan latihan Anda bisa melatih cara berbicara Anda dengan leluasa.

Dari latihan-latihan yang Anda lakukan, filenya tidak perlu Anda upload. Cukup untuk Anda simpan sebagai file latihan dan dari file itu Anda bisa melihat kemajuan-kemajuan apa saja yang sudah Anda buat.

Pelajari Lebih Lanjut:

Daftar Situs Baru Tempat Download Musik Tanpa Hak Cipta
Cara Mendapatkan Musik Untuk YouTube
Cara Mendownload Lagu di YouTube Tanpa Iklan
Mengapa Membuat Produk digital dan Menjualnya secara Online
Cara Menghilangkan Suara Noise Audio Menggunakan Audacity

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top