skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Paypal, Apa Kegunaan Paypal Dan Cara Membuat Paypal

Apa Itu Paypal, Apa Kegunaan Paypal dan Cara Membuat Paypal

Apa Itu Paypal?

Mungkin ini adalah pertama kalinya bagi Anda mendengar istilah Paypal, Anda mungkin ingin Tahu Apa itu Paypal, Apa Kegunaan Paypal dan Bagaimana Cara Mendaftar Paypal.

Saya akan mencoba menjawab Apa itu Paypal?

Paypal adalah alat atau sistem pembayaran yang di lakukan secara online – elektronik untuk menggantikan transaksi secara konvensional seperti pembayaran melalui cek dan transfer uang.

Saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya sewaktu saya mau terjun di bisnis online, pertama kali yang di suruh oleh guru saya adalah saya harus mempunyai Rekening Internasional Paypal dan harus membuat Paypal. Pertama mendengarnya seperti takut-takut gimana gitu, karena ini adalah pertama kalinya saya mendengar istilah Paypal dan pertama kalinya juga akan mempunyai Rekening Internasional yang bisa digunakan secara online untuk menerima pembayaran dari Gaji menjadi Affiliate Marketing.

Kisah Saya Saat Membuat Paypal Waktu itu

Kalau saya tidak salah ingat waktu itu di Indonesia orang Bank juga belum banyak yang tahu tentang Paypal, kenapa saya bilang seperti ini, karena sewaktu saya tanya ada tidak transaksi dari Paypal, kalau ada saya minta Kode itu untuk memverifikasi akun Paypal saya. Bahkan mereka (orang bank) bingung malah tanya apa itu Paypal Pak? Tapi sekarang sudah tidak seperti waktu dulu, hampir semua orang di Indonesia sudah tahu yang namanya Paypal dan fungsinya.

Dulu waktu ingin membuat Paypal kita di haruskan untuk memasukkan kartu kredit kita jika akun Paypal kita ingin kita gunakan untuk pembayaran atau belanja. Karena saya waktu itu tidak punya pekerjaan sudah pasti susah sekali yang namnya mau membuat Kartu Kredit wong tidak punya Gaji tetap. Segala cara saya coba supaya saya bisa mendapatkan Kartu Kredit, tapi permohonan saya di tolak. Sedih, marah dan kesal sama orang bank, itu adalah perasaan saya waktu itu. Hidup saya sudah susah, mau maju dan berusaha malah di buat susah sama pihak Bank.

Karena tidak ada jalan keluar akhirnya saya meminta tolong sama istri saya untuk membuat kartu kredit atas nama dia, jika nanti bisa sekalian langsung buat kartu kredit turunan buat saya. Akhirnya permohonan kartu kredit istri saya di terima dan saya bisa juga dapat kertu kredit turunannya dengan nama saya. Sekarang saya sudah punya dua akun PayPal dan memiliki kartu Kredit atas Nama Istri saya dan kartu kredit turunan dari Istri saya atas Nama saya.

Fungi dan Kegunaan Paypal

Di bandingkan sistem pembayaran online lain Paypal-lah yang paling banyak digunakan dan di sukai oleh orang. Dengan Paypal Kita bisa mengakses akun kita dari mana saja dan kapan saja untuk menerima pembayaran dan untuk melakukan pembayaran dari sumber dana yang Anda miliki baik itu dari Kartu Kredit ataupun dari kartu debit dan dari rekening bank.

Paypal banyak membantu orang-orang di seluruh dunia untuk menawarkan alternatif pembayaran untuk pelanggan mereka. Jika Anda ingin mengirim uang ke sesama pengguna Paypal Anda bisa mengirim dana hanya dengan menulis alamat email yang di gunakan mereka di akun Paypal mereka untuk pengganti nomor rekening. Percayalah PayPal sangat simpel dan mudah digunakan.

Tingkat keamanan PayPal juga sangat tinggi dan terjamin jika kita bandingkan dengan sistem pembayaran lain yang serupa. Hebatnya lagi PayPal tidak di batasi hanya oleh satu negara saja, kalau sitem bank biasanya terbatas pada hanya satu bank saja dan membutuhkan waktu yang kadang lebih lama, PayPal mempunyai sistem jaringan yang sangat luas dan bisa di lakukan antar Negara tanpa pakai lama.

Kegunaan PayPal Untuk Penjual

  • Alternatif pembayaran untuk para pelanggan dan sangat mudah untuk ditambahkan ke halaman website Anda.
  • Membayar dan Menerima pembayaran lewat kartu kredit tanpa harus melewati proses pengajuan ke merchant bank lokal.
  • Memiliki informasi untuk mengumpulkan informasi dari pembeli.

Kegunaan PayPal Untuk Pembeli

  • Sebagai alat pembayaran tanpa harus memberi tahu kartu kredit Anda.
  • Pembayaran Aman dan bisa digunakan hampir di seluruh Negara secara online di Internet

Kegunaan PayPal untuk Perorangan

  • Sebagai alat pengiriman uang ke mana saja tanpa di batasi negara manapun
  • Bisa menjadi alat penerima uang.

Syarat untuk membuat Akun Paypal

Memang untuk membuat akun PayPal sekarang ini tidak serumit seperti dulu lagi, sekarang sudah banyak kemudahan – kemudahannya, tetapi saran saya sebaiknya akun PayPal Anda di verifikasi agar bisa mendapatkan banyak kemudahan-kemudahan. Sebelum mulai membuat akun Paypal sebaiknya Anda menyiapkan hal ini:

  • Alamat Email khusus untuk mendaftar akun PayPal. Anda bisa menggunakan akun email yang sekarang Anda miliki, saran saya sebaiknya email untuk berkomunikasi dengan orang dengan email untuk menerima pembayaran di pisahkan saja.
  • Gunakan Nama dan Alamat sesuai dengan Kartu Identitas Anda, karena jika suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan Anda bisa menunjukkan kepada pihak PayPal dan mempermudah penyelesaiaan masalah Anda.
  • Kartu Kredit Yang Masih Aktif untuk proses verifikasi dan kemudahan pembayaran online. Tenang saja kartu kredit Anda tidak akan di tunjukkan kepada merchant manapun selain pihak PayPal yang tahu.

Kenapa dibutuhkan Kartu Kredit Untuk Membuat Akun Paypal?

 

Memang untuk membuat PayPal kadang-kadang bisa menyulitkan seperti pengalaman saya yang sudah saya ceritakan di atas. Syarat untuk bisa membuat akun PayPal adalah kita diharuskan sudah memiliki kartu kredit, karena akun Paypal yang kita buat nantinya akan kita verifikasi dengan kartu kredit yang kita miliki itu. Dan untuk memiliki satu kartu kredit dari pengalaman sayaSULITNYA MINTA AMPUN” apalagi buat Anda yang bekerja secara online khususnya menjadi affiliate marketing dan freelancer Bank kemungkinan akan menolak permohonan kita dan buat yang pengangguran terus pengen mulai kerja online jangan harap bisa tembus tuh kartu kredit. Ini di sebabkan adanya kebijakan dari bank (mungkin bank takut gak dibayar kalau kita ngutang sama dia). Jadi ini adalah salah satu kendala terbesar buat kebanyakan orang saat mereka akan membuat akun PayPal.

Mungkin ada yang bertanya buat apa sih pakai Kartu Kredit segala? Begini, kartu kredit ini gunanya untuk memverifikasi akun PayPal kita kalau akun Paypal yang kita buat itu milik kita dan Kartu Kredit yang kita masukkan untuk di verifikasi juga punya kita dan masih aktif.

Jadi nanti kalau kita sudah punya akun PayPal kalau kita mau membeli barang secara online atau mau mengirim uang tetapi saldo PayPal kita kosong maka kita tetap bisa belanja karena nanti uang pembayaran akan secara otomatis di tarik dari kartu kredit kita yang sudah kita daftarkan di PayPal. Sudah jelas sekarang ya alasan mengapa saat membuat akun PayPal kita membutuhkan kartu kredit untuk proses verifikasinya.

Bagaimana Cara Membuat PayPal?

Jika semua persiapan dan syarat di atas sudah Anda siapkan semua proses pembuatan akun Paypal terbilang sangat cepat bahkan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, palingan saat proses verifikasi saja nanti yang akan memakan waktu 2-4 harian untuk mendapatkan kode dari PayPal yang akan kita minta di bank tempat kita membuat permohonan kartu kredit.

Saya mau mengingatkan Anda sekali lagi, pastikan email yang Anda daftarkan untuk membuat akun PayPal terpisah dari email sehari-hari yang Anda gunakan. Catat nama email Anda, password email serta email cadangan dan no tlp yang digunakan untuk registrasi email kalau sewaktu-waktu Anda lupa password email itu Anda bisa menemukan jawaban dan passwordnya di buku catatan.

Pastikan juga untuk mencatat semua data saat Anda membuat akun PayPal, mulai dari email, Password PayPal, security question dan lain-lain di buku bukan di komputer ya. Mengapa saya menyarankan untuk di catat di buku, kalau Anda catat di komputer siapa tahu komputer rusak data kita ikut rusak, kalau komputer di hack oleh orang data kita juga bisa di curi jadi cara terbaik adalah dengan mencatat di buku.

  1. Buka Website Resmi PayPal di sini: https://www.paypal.com/id/home
  2. Klik Tombol Sign Up di pojok kanan atas (pada saat tutorial ini di buat)
  3. Perhatikan pilihan yang di sediakan oleh PayPal “Buy with PayPal“atau “Receive payments with PayPal” setelah memilih klik Get Started. Banyak orang memilih pilihan Receive payments with PayPal. Jika Anda bingung tenang saja kedua pilihan itu bisa digunakan untuk belanja dan menerima uang dari sesama pemilik akun PayPal.
  4. Masukkan email Anda kemudian klik Next
  5. Kemudian silahkan memasukkan beberapa data atau identitas diri sebenarnya yang di minta, setelah itu silahkan klik setuju dan buat rekening.
  6. Kemudian Anda akan di bawa ke halaman untuk mengisi informasi kartu kredit, jika tidak punya coblah untuk skip step di sini. Sekarang Anda sudah mempunyai akun PayPal hanya saja akun Anda belum terverifikasi dengan Kartu kredit.
  7. Sekarang silahkan cek email Anda lihat apakah ada email masuk dari Paypal, jika ya buka dan klik saja link yang ada di sana “ya, ini email saya”. Ini akan mengkonfirmasi pihak PayPal bahwa email yang di dafatarkan adalah email Anda.
  8. Jika sudah di klik nanti Anda akan di bawa ke halaman website PayPal (pastikan Anda terhubung ke internet)
  9. Silahkan login ke akun PayPal yang sudah Anda buat menggunakan email dan password yang sudah Anda buat dan daftarkan sebelumnya.
  10. Kemudian silahkan masuk ke halaman “PayPal Saya” dengan mengklik “PayPal saya” kemudian silahkan cek apa saja yang belum Anda isi jika sudah semua berarti Anda sudah memiliki akun PayPal. Meskipun Anda sudah memiliki akun PayPal tetapi akun PayPal yang baru saja Anda buat belum bisa digunakan untuk menarik dana atau uang ke rekening lokal yang Anda miliki, supaya bisa menarik dan mencairkan uang dollar ke rupiah Anda harus memasukkan dulu nomor rekening bank lokal Anda. Saya menggunakan BCA sampai hari ini.

PayPal Harus di Verifikasi dengan Kartu Kredit.

Agar kita bisa belanja online dengan mudah akun PayPal kita sebenarnya harus di verifikasi denga Kartu kredit, karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya nanti kalau kita belanja menggunakan PayPal uang nya akan di tarik secara otomatis dari kartu kredit kita.

Buat yang kesulitan mendapatkan kartu kredit akun PayPal kamu bisa di verifikasi dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card) dan menggunakan VCN BNI.

Jadi itu adalah artikel Tentang Apa Itu Paypal, Apa Kegunaan Paypal dan Cara Membuat Paypal. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkan informasi tentang PayPal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top