skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Microstock Dan Apakah Bisa Menghasilkan Uang Dari Microstock

Apa itu Microstock dan Apakah bisa Menghasilkan Uang dari Microstock

Apa Itu Microstock – Dalam dunia internet apapun bisa menghasilkan uang jika kita jeli dan tahu caranya. Jika Anda adalah orang-orang kreatif seperti seniman lukis, desainer grafis, desainer interior, Fotographer atau orang yang suka dengan duania kreatif Anda bisa menghasilkan uang melalui internet dengan menjual karya-karya yang Anda ciptakan.

Apa itu Microstock?

Microstock adalah sebuah wadah sekaligus bisnis online bagi orang-orang kreatif seperti desainer grafis atau fotographer untuk menjual hasil karya mereka dalam bentuk gambar, vector, foto, footage dan ilustrasi.

Tidak seperti toko online yang mendapat keuntungannya penuh dari menjual satu barang yang mereka jual melalui toko online atau marketplace yang mereka jual. Sitem Microstock sedikit berbeda meskipun sama-sama menjual sebuah produk tetapi dalam bentuk digital. Microstok menggunakan sistem royalti. Jadi para seniman atau kreator seperti saya ini bisa mendapatkan keuntungan dari jumlah total karya yang sudah di beli atau di download oleh para pengguna microstock lainnya.

Microstock mungkin sekarang bukan menjadi hal yang baru di dunia. Microstock pertama kali muncul sekitar tahun 2003 dan sejak saat itu sudah mencuri perhatian banyak orang khususnya mereka yang bekerja dalam dunia industri kreatif.

Sebagai Microstock Agencies atau perusahaan mereka menyediakan hampir semua macam foto, Ilustrasi dan Footage yang biasanya dalam bentuk royalti seperti yang saya katakan di atas.

Apa yang di jual oleh kita di Microstock

Mungkin banyak yang masih baru dan ingin mencoba menjual hasil karya mereka di Microstock ingin tahu apa saja sih yang kita jual di sana? Di atas Saya sudah sempat menyebutkan. Jadi Anda bisa menjual hasil karya Anda dalam bentuk Foto, Logo, Ilustrasi dan masih banyak lainnya yang bisa Anda jual lewat Perusahaan Microstock ini. Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan karya Anda. Karena kebanyakan berada di luar negeri jadi komisi yang akan Anda dapatkan biasanya dalam bentuk dolar (USD Dollar)

Siapa Saja yang bisa Bergabung

Siapa saja yang bisa bergabung di dalam bisnis ini? siapa saja bisa bergabung di dalam bisnis ini. Pemula, profesional atau orang-orang yang sekedar hobi juga bisa menjual hasil karya mereka di sini.

Satu Agensi bisa menjual satu foto berkali-kali kepada orang yang berbeda, jadi tidak ekslusif hanya kepada satu orang yang ingin membeli. Jadi dari satu karya saja kita bisa mendapatkan keuntungan secara terus menerus jika karya itu memang laku dan ada yang ingin mendownloadnya.

Royalti free maksudnya bukan berarti image atau foto tersebut bisa di dapat secara gratis loh ya. Royalti free ini mengarti si pembeli atau orang mengunduh foto atau stock image itu berkali-kali di berbagai media yang berbeda-beda tanpa menyalahi dari aturan yang sudah di tetapkan dan kita tidak boleh menjualnya kembali kepada orang lain dan hak cipta dari karya yang dibuat masih tetap di miliki oleh sang Artis / Contributor Microstock jadi bukan milik si Agensi atau yang membeli foto itu.

Cara Kerja Microstock

Sampai di sini mungkin masih ada yang ingin bertanya cara kerja di Microstock itu bagaimana sih? Jadi cara kerjanya sangat enak dan bebas. Anda tidak perlu ke kantor seperti kita bekerja di sebuah perusahaan. Kita juga tidak di kejar-kejar sama yang namanya deadline.

  1. Mendaftar menjadi kontributor microstock (gratis)
  2. Pihak Perusahaan atau Agensi akan meminta kita untuk memberikan beberapa contoh foto atau gambar untuk menjadi pertimbangan mereka
  3. Jika di setujui Anda bisa langsung mengupload semua hasil karya Anda untuk di jual secara online
  4. Jika beberapa orang ada yang tertarik maka dia akan mendownloadnya dan Anda akan langsung mendapatkan keuntungan dari setiap gambar yang di jual

Mungkin hal ini akan membuat beberapa orang kaget dan lemes. Jadi biasanya pada awal-awal setiap gambar yang berhasil di downoad bisa di hargai sebesar $0.25 sampai $0,36an per downloadnya. Kecil sekali bukan?

Memang terlihat sangat kecil…

Tetapi keuntungannya bagi kita adalah gambar ini bisa kita jual ke sebanyak mungkin orang yang ada di dunia ini. Bisa dijual berkali-kali.

Misalnya saja kita mengupload 5 foto atau 5 gambar hasil karya kita. kemudian dalam satu hari ada satu foto atau gambar yang terjual sampai 100 kali kepada orang yang berbeda. Kalau Anda kalikan, kira-kira berapa pendapatan yang bisa Anda hasilkan dari satu foto yang Anda jual itu? Buat saya hal ini sangat masuk akal dan menyenangkan daripada saya mengikuti kontes – kontes desain yang belum tentu bisa menang dan menghasilkan uang.

Mengapa Microstock Kurang diminati?

Kalau ada yang bertanya seperti ini saya juga kurang tahu jawaban pastinya. Tetapi saya bisa memberikan jawaban umum yang kita-kira bisa sedikit menjawab pertanyaan ini.

Microstock sepertinya memang kurang begitu diminati oleh orang-orang. Jika mau kita bandingkan dengan menjual font atau template website orang yang menjadi kontributor Microstock memang jauh lebih rendah. Orang-orang yang menjadi kontributor microstock juga tidak terlalu banyak dan dari orang-orang yang menggunakan atau yang mendownload gambar juga sangat sedikit. Bisa jadi alasannya di sebabkan karena hal ini:

 
  1. Tingginya tingkat pembajakan dan ingin mendapatkan gambar secara gratis. Ini juga membuat beberapa agency tidak mau mentarget Indonesia sebagai target market untuk penjualan mereka. Mungkin karena mudah mendapatkan gambar secara gratis membuat orang-orang malas untuk membeli. Tetapi menurut saya sebaiknya kita ikut saja toh uang yang kita dapat bisa buat tambahan.
  2. Harga untuk perdownloadnya sangat murah. Silahkan lihat langsung harga pergambar yang akan Anda dapatkan dari masing-masing perusahaan.
  3. Awal-awal memang sangat sulit, tetapi seraya waktu berlalu dan mulai banyak gambar-gambar yang Anda upload Anda bisa merasakan hasilnya.

Semakin Banyak gambar semakin banyak Peluang

Memang segala bisnis apapun untuk mengawalinya tentu tidak mudah. Untuk bisa menghasilkan uang dari Microstock setidaknya Anda harus mempunyai sekitar 250 – 300 karya. Mungkin beberapa dari Anda berkata, banyak sekali ya karya yang harus saya buat? Memang banyak, makannya untuk memulai bisnis ini Anda harus suka dengan pekerjaan Anda dan sabar.

Tidak usah terburu-buru karena Anda bisa menambah karya Anda kapan saja Anda mau sambil bekerja dari kantor. Tetapi memang butuh sekali yang namanya kesabaran selama Anda mengumpulkan gambar-gambar yang akan Anda upload. Kita semua bisa dan mampu jika kita fokus dan terus bekerja.

Banyak pemain microstock yang baru mulai sudah menyerah di tengah jalan karena tidak kunjung payout. Main microstock itu memang tidak bisa langsung bisa menghasilkan bahkan banyak dari antara mereka yang sudah jago dan sudah sering mendapat pembayaran biasanya sudah menjalankan bisnis sampingan (saya bilangnya bisnis sampingan) ini lebih dari 2 – 5 tahun. Meskipun lama hasil kerja keras tidak akan pernah bisa menghianati kita.

Menjalankan bisnis online itu harus mempunyai target dan juga motivasi supaya bisa menghailkan dan bekerja dengan terarah.

Keuntungan Bermain Microstock

Seperti yang saya katakan memang menjalankan bisnis ini terlihat sangat kecil sekali. Tetapi apapun yang kita lakukan dengan serius dan fokus bisa menghasilkan juga. Dan untungnya menjalankan bisnis ini adalah kita bisa mendapatkan penghasilan yang terus berkesinambungan. Yang kita perlukan Anda hanya perlu terus berkarya dan berkarya.

Jadi sekarang bukan saatnya bermain-main. Sekarang waktunya menjual dan menghasilkan segalanya dari apa yang Anda ciptakan.

Mulai Mendaftar Menjadi Kontributor Microstock

Saya tidak akan menunjukkan kepada Anda dalam artikel ini tentang caranya Anda mendaftar di di Microstock. Hampir semua perusahaan mau menerima siapa saja tetapi harus memenuhi syarat yang sudah mereka tentukan. Kalau syarat yang mereka sudah tentukan tidak memenuhi syarat maka Anda tidak di terima.

Saat akan mendaftar ke beberapa perusahaan Anda sebaiknya menyiapkan beberapa data-data ini dahulu:

  1. Pasport
  2. Email utama
  3. Mengisi form yang di sediakan (Sebaiknya isi sesuai dengan data asli Anda)
  4. Siapkan username yang ingin Anda gunakan

Daftar beberapa Agency Microstock:

Metode Pembayaran

Setiap perusahaan mempunyai cara dan juga kebijakan pembayarannya masing-masing. Tetapi kebanyakan perusahaan menggunakan metode pembayaran Paypal dan beberapa menggunakan Check.

Ya jadi itu adalah tentang Microstock. Saya tidak ingin mengatakan mengikuti kontes tidak bagus. Jika Anda bisa mengikuti kontes dan bisa mencicil membuat karya dan menjualnya untuk mendapatkan pasive income tentu menjadi jauh lebih baik.

Selain menjadi kontributor Microstock Anda juga bisa menjual karya-karya yang sudah Anda buat dalam bentuk lain misalnya saja dalam bentuk kaos di Teepublic atau Teespring. Anda juga bisa belajar untuk membuat font dan menghasilkan uang dari font yang Anda buat itu.

Investai bisa melalui banyak macam salah satunya bagi orang-orang seperti Anda (orang kreatif) seharusnya mulai dari sekarang sudah berinvestasi membuat karya-karya yang bisa dijual berulangkali untuk masa depan Anda. tidak selamanya kita akan bisa bekerja terus bukan? oleh karena itu selama masih bisa bekerja dan mengumpulkan karya-karya yang bisa laku untuk dijual secara terus menerus mengapa tidak kita lakukan dari sekarang.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Apa Itu Microstock dan Apakah kita bisa menghasilkan Uang dari Microstock ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top