skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Lut Dan Bagaimana Cara Menambahkan 3d LUT Ke Video

Apa itu Lut dan bagaimana cara menambahkan 3d LUT ke Video

Sekarang ini ada banyak hal yang terjadi di dalam industri film. Anda mungkin bukan seorang pembuat film layar lebar, Anda hanya ingin membuat video dokumentasi biasa untuk Anda pribadi. Dan beberapa dari Anda mungkin ingin menambahkan 3D Lut.

Lut atau Lookup table juga banyak digunakan untuk mengkoreksi warna video untuk menghasilkan mood tertentu pada sebuah video. Ini nantinya ditujuakn untuk memberi gambaran kepada Anda gambaran tentang bagaimana produksi film hasil akhirnya akan terlihat di layar lebar atau Televisi Anda.

Yang perlu Anda tahu dalam setiap film atau acara apapun yang Anda tonton baik itu di TV atau YouTube akan memiliki tampilan tertentu. Misalnya saja video yang memiliki warna agak kebiruan biasanya untuk memberi kesan pada warna dingin sedangkan warna kuning biasanya untuk memberi penekanan pada kehangatan.

Perkembangan jaman membuat penggunaan LUT banyak digunakan baik untuk foto dan juga video. Belakangan penggunaan LUT menghasilkan color grading yang belakangan kita kenal dengan color grading cinematic, ini banyak kita temukan dalam film-film box office Hollywood.

Beberapa Format File LUT

Perlu kita ketahui bersama Color Lookup Table biasanya memiliki 2 jenis 1D Lut dan 3D Lut. Sebetulnya perbedaan yang sangat mendasar dari ke dua format ini terletak pada infomasi yang tersedia di masing-masing Lut, untuk 3D Lut biasanya informasinya jauh lebih detail sehingga bisa dikatakan jauh lebih lengkap.

Bagaimana Cara Menambahkan 3D Luts ke dalam Video

Untuk menambahkan 3D Luts ke software editing kita sangat mudah, dalam contoh ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya kita menambahkan 3d Luts ke WonderShare Filmora bahkan tanpa harus memiliki pengetahuan editing.

WonderShare sangat mudah digunakan dan Anda bisa menambahkan efek seperti Game of thrones, Walking Dead, Harry Potter dan lainnya yang cukup keren. Ok sekarang kita akan lihat bagaimana caranya kita menambahkan Luts ke dalam WonderShare Filmora.

 

Langkah 1: Import Video

buka WonderShare

Yang perlu Anda lakukan adalah harus membuka WonderSharenya lalu import video ke project Anda, Anda juga bisa drag and drop video yang mau di edit ke media.

Langkah 2: Seret atau letakkan Video ke Timeline

Seret video ke timeline wondershare

Video yang mau kita edit kita seret atau letakkan dulu di timeline kemudian klik videonya setelah itu klik “Advanced Color Tuning” nanti akan muncul menu kotak menu

Langkah 3: Mulai Menambakan Luts

tambahkan luts ke wondershare

Setelah muncul kotak Advanced Color Tuning, silahkan klik “load New Luts” kemudian silahkan cari file dimana Luts yang Anda simpan berada, kemudian klik ok.

Seperti yang sudah Anda lakukan dan lihat sendiri, tidak ada yang rumit bukan tentang cara menambahkan 3d Luts ke dalam video dengan menggunakan software WonderShare Filmora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top