skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Landing Page Dan Apa Manfaat Landing Page Itu?

Apa itu Landing Page dan Apa Manfaat Landing Page itu?

Apa itu Landing Page. Jika Anda pemilik usaha atau pemilik sebuah website entah itu toko online, blogger atau apapun itu Jika Anda dapay meningkatkan keuntungan dari pemasaran yang Anda lakukan setiap harinya dengan menggunakan Landing Page.

Tapi saya ingin tanya dulu, apakah Anda belum tahu apa itu Landing Page?

Saya yakin jawabannya pasti, TIDAK TAHU!

Kenapa saya bisa tahu jawabannya tidak tahu? Karena saat ini Anda sedang mengunjungi website SUBMITClimb untuk mencaritahu jawabnnya.

Tidak usah malu, dulu saya juga tidak tahu apa itu landing page, apa manfaat landing page untuk kita dan bagaimana cara membuatnya?

Nah di dalam artikel ini saya akan membantu kalian dengan menjelaskan tentang Apa itu landing Page dan Apa saja sih manfaat dari landing page yang kita buat nantinya. Meskipun saya kurang begitu pintar dalam menulis, saya akan berusaha menyampaikan materi ini dengan selengkap mungkin dari awal sampai akhir. Jadi pastikan kamu terus membaca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman khusus yang dibuat di dalam website Anda untuk menawarkan sesuatu atau bisnis Anda dengan informasi yang detail biasanya berisi alamat kontak Anda dengan mindset marketing. Di halaman ini marketing (Anda) bisa menempatkan form untuk mendapatkan informasi pelanggan seperti nama, alamat, no HP, email dan juga informasi lainnya.

Landing Page yang bagus biasanya berfokus pada traffic tertentu. Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin mempromosikan eBook melalui kampanye email ke halaman landing page tertentu dengan karakteristik orang-orang yang memiliki ketertarikan tertentu.  Karena Anda sudah mendapatkan data dari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan informasi yang ada di dalam eBook itu maka nantinya Anda bisa mengubah pengunjung website Anda menjadi pembeli atau melakukan follow up.

Apa Manfaat Landing Page?

Landing Page bisa digunakan dan banyak digunakan untuk tujuan marketing khususnya untuk mengcapture informasi pengunjung website (pengunjung potensiao /leads) dengan imbalan mereka akan mendapatkan informasi penting bermanfaat atau sebuah pengetahuan baru. Ini bisa berupa sebuah eBook, email newsletter, online course, industri event, free product trials, keanggotaan dan juga berupa sebuah aplikasi dan lain sebaginya.

Semua Landing Page mempunyai fungsi dan tujuan yang hampir sama: men-generate leads untuk bisnis Anda. Anda bisa menentukan prospek ini ke dalam beberapa cara dan memberikan lebih dari satu konten agar mereka dan Anda sama-sama bisa mendapatkan manfaat.

Jadi seperti yang sudah saya katakan di atas Landing Page bisa dipakai untuk mendapatkan semua informasi para pengunjung website baik yang berpotensial maupun yang tidak. Nanti pengunjung ini akan di saring dan kemudian di jaga oleh bisnis itu. Tentunya para calon pelanggan ini memang diharapkan bisa melakukan pembelian.

Kedua Landing Page juga mempunyai fungsi untuk melakukan percepatan transaksi. Biasanya halaman yang dibuat itu sangat simpel dan minim dari menu-menu dan juga tombol navigasi. Bisa dikatakan landing yang dibuat ke dua ini untuk membangun pengunjung bisa segera mungkin untuk mengakses produk yang ingin dibelinya.

Jenis Landing Page

Landing Page sendiri memiliki beberapa jenis. Pertama Lead generation landing pages landing page seperti ini biasanya disebut juga dengan lead gen atau lead capture page. Dan Landing Page yang kedua adalah click-through landing pages.

Sekarang mari kita bahas satu persatu ke dua jenis landing page ini.

lead generation dan click through landing pages

Click through landing pages

Landing Page jenis ini biasanya dipakai di dalam bisnis e-commerce atau marketing B2C. halaman landing page seperti ini biasanya sangat simpel sekali dan hanya berisi satu atau beberapa tombol yang akan mengajak pengunjung untuk melakukan action. Tombolnya biasanya bertuliskan “Beli Sekarang”, atau bisa juga “Beli Sekarang” dan lain sebaginya.

Ingat ya Landing Page yang kita buat dengan jenis ini akan langsung mengajak pengunjung untuk mau melakukan pembelian.

Lead Generation Landing Pages

Landing page jenis ini fungsinya adalah hanya untuk mengumpulkan informasi para calon pelanggan Anda. Umumnya data yang atau informasi yang di dapat berupa Nama dan alamat email. Hanya dengan bermodalkan ke dua data ini, Anda bisa melakukan hubungan dengan para calon pelanggan Anda.

Jadi nama dan email ini nantinya akan Anda gunakan untuk mengirim email promo kepada para calon pelanggan Anda, bisa berupa diskon, berita artikel baru blog Anda dan juga konten-konten menarik lainnya (eBook, checklist dan materi-materi yang bisa mereka download) Marketing seperti ini biasanya di sebut dengan marketing B2B.

Mungkin teman-teman ada yang sudah membuat website dan ingin bertanya “Apa bedanya Landing Page dengan Homepage website kita?

Baik ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat bagus. Mari kita jawab pertanyaan ini sekarang.

Apa Perbedaan Homepage dan Landing Page website?

Saya akan mencoba menjelaskan perbedaan keduanya dengan menggunakan sebuah hasil pencarian dari halaman mesin pencari Google.

Dari gambar yang kita lihat itu, itu adalah hasil pencarian yang biasanya kita temukan di mesin pencari Google saat kita mencari sesuatu dengan menggunakan keyword tertentu.

hasil pencarian Google search results ads 1
  1. Hasil Pencarian muncul paling atas mesin pencari, ini adalah Paid search results (Iklan Google Ads – Search campaign)
  2. Feature Snippets
  3. Oragnik search results
  4. Hasil pencarian Iklan Google Ads

Hasil pencarian yang kita lihat di nomer 2 dan nomer 3 adalah adalah pencarian organik dengan menggunakan tehnik SEO baik itu secara onsite dan off page. Ini membutuhkan dasar SEO yang baik dan mungkin agak sulit tetapi bisa Anda pelajari.

Kalau hasil pencarian no 1 dan 4 biasanya adalah hasil pencarian dari paid search results. Untuk bisa tampil di sini dan mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda perlu membuat sebuah Landing Page. Maka itu Anda perlu sekali untuk membuat sebuah landing page, jika toko online Anda belum mempunyai landing page maka bisa jadi konversinya jauh lebih lambat, meskipun tidak selalu begitu.

Jadi dari sini bisa kita jawab perbedaan landing page dan homepage. Kalau homepage biasanya hanya menjelaskan segalanya secara khusus sedangkan landing page punya dua tugas dan fungsi yang lebih khusus.

 
Beda Landing Page dan Homepage
Kiri Homepage – Kanan Landing Page

Jika kita ingin menggunakan perumpamaan sebuah rumah maka Homepage ini bisa kita katakan sebagai halaman teras rumah Anda. Tampilan dari keseluruhan rumah Anda. Biasanya kita tertarik membeli sebuah rumah salah satu daya tariknya adalah tampilan depan sebuah rumah bukan?

Biasanya di depan rumah selalu dihias dengan hiasan dan dekorasi yang sangat cantik dan indah untuk membuat orang tertarik dan suka. Di dalam sebuah website ini biasanya berupa tombol-tombol dan juga gambar-gambar yang manis, video dan juga tulisan yang mengajak orang untuk mau membeli.

Lalu sebuah Landing Page ini kalau kita ibaratkan dengan rumah tadi, ini adalah ruangan-ruangan khusus tertentu yang ada di dalam rumah kita seperti misalnya ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, atau kamar madi.

Karakteristik Sebuah Homepage website:

  • Memuat Tampilan utama sebuah website dan berisi informasi penting tentang bisnis itu sendiri.
  • Halaman depan dan halaman utama yang dikunjungi dari sebuah website.
  • Berisi tombol-tombol atau link-link yang menuju halaman lain seperti halaman produk.

Karakteristik Sebuah Landing Page website

  • Mampu mendorong dan meyakinkan pengunjung website
  • Biasanya berisi ajakan untuk membeli
  • Memiliki tujuan sebagai pemasaran dengan tenik khusus

Mengapa sebuah Landing Page sangat penting?

Banyak pemilik website dan mungkin termasuk Anda sendiri membuat promosi untuk mengarahkan pengunjung ke halaman utama website mereka. Sebetulnya ini adalah sebuah peluang yang sangat besar yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget dengan menggunakan sebuah landing page.

Katakanlah Anda memasang dan menjalankan iklan Google Adwords untuk mentarget salah satu kunci yang menurut Anda paling baik. Sekalipun produk yang Anda jual mungkin belum dikenal oleh orang dan iklan Anda di klik orang, dari iklan yang Anda pasang itu Anda ingin mengarahkan mereka ke halaman mana? Kalau mereka menuju homepage Anda, apa yang harus mereka lakukan setelah itu dan apa yan Anda ingin mereka lakukan untuk Anda selanjutnya?

Jika Anda mengetahui tindakan apa yang ingin pengunjung website Anda lakukan, pikirkan caranya untuk membuat mereka lebih mudah melakukan hal itu. Silahkan arahkan mereka ke halaman yang nantinya dihalaman itu mengharuskan mereka untuk menyelesaikan sebuah tindakan yang ingin Anda capai. Dengan cara seperti ini saya yakin Anda akan melihat efektifitas dari pemasaran online Anda menjadi lebih meningkat.

Apa yang membuat sebuah landing page sangat efektif?

Anda siap untuk membuat sebuah landing page pertama Anda, atau Anda ingin meningkatkan landing page yang sudah Anda buat? Berikut ini beberapa elemen penting yang bisa membantu landing page Anda bekerja lebih baik:

Batasi Penggunaan Navigasi yang terlalu Banyak

Anda sudah berhasl mengarahkan pengunjung website Anda ke halaman di mana mereka selanjutnya bisa melakukan tindakan sesuai dengan yang Anda inginkan. Pastikan halaman Anda itu tidak mengalihkan perhatian mereka! Ingat batasi jumlah link keluar dari halaman itu sehingga pengunjung website Anda bisa fokus untuk mengisi form Anda. Bagian terpenting di sini adalah menghapus elemen-elemen penting seperti navigasi yang terlalu banyak karena ini akan membantu pengunjung tetap fokus di halaman yang dia kunjungi dan yang sedang Anda tawarkan.

Aktifkan Ikon Sharing

Untuk menambah pengunjung dengan cara yang gratis silahkan aktifkan ikon berbagi yang mengarah ke halaman landing page dan juga di halaman landing page itu sendiri untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda.

Mempunyai Nilai dan Memberi Manfaat

Pertama dan yang paling utama. Jika Anda mempunyai penawaran yang mungkin berharga untuk orang lain khususnya pengunjung website Anda, mereka akan memberikan informasi kontak mereka sebagai imbalan dari yang Anda tawarkan.

Sekarang coba Anda pikirkan, apakah penawaran yang Anda tawarkan itu memang benar-benar menarik bagi pengunjung Anda atau tidak? Pastikan juga apakah landing page Anda itu mempunyai nilai lebih dan memberikan manfaat atau tidak. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai lebih adalah dengan menunjukkan kepada audiens Anda tentang konten yang akan mereka dapatkan setelah mereka mengisi form di halaman itu.

Buat Semuanya Lebih Pendek

Jangan membuat halaman landing page yang terlalu panjang dan bertele-tele. Buatlah halaman ini singkat tetapi berisi ini akan membantu prospek Anda untuk lebih mudah mengisi form yang Anda tawarkan (meningkatkan konversi).

Ingat, yang Anda butuhkan dari para pengunjung website adalah Nama depan dan nama belakang, diikuti dengan alamat email mereka. Cukup itu saja! Jadi pastikan form yang Anda buat tidak terlalu banyak dan membingungkan orang.

Ingin Membuat Landing Page?

Sampai di sini Anda sudah banyak belajar dan tahu apa itu Landing Page dan manfaat Landing Page di website untuk kemajuan bisnis Anda. Jika sekarang Anda ingin membuat landing page itu sangat bagus sekali. Saya secara pribadi sangat berharap apa yang saya sampaikan ini bisa memberikan manfaat buat Anda.

Kalau ada di antara Anda yang baru pertama kali ingin memulai bisnis online silahkan cek Video Tutorial SUBMITClimb yang bisa Anda pelajari secara gartis tanpa biaya apapun, cukup subscribe dan pencet loncengnya maka Anda sudah bisa menonton semua panduan yang kami buat. Pastikan Anda menggunakan Hosting Terpercaya yang bisa membantu menunjang bisnis Anda.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb. * Akun klonengan dan meragukan tidak akan di Approve.

Pelajari Lebih Lanjut:

Template Blogger Terbaik 2019 Yang Paling Banyak di Download
Strategi Content Marketing Untuk Mendatangkan Pengujung dan Penjualan
Drag and Drop Page Builders Terbaik Untuk WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top