skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Google Ads – Cara Menggunakan Google Ads Untuk Bisnis

Apa itu Google Ads – Cara Menggunakan Google Ads untuk Bisnis

Apa itu Google Ads – Dulu Google AdWords

Pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru pertama kali mendengar tentang Google Ads atau Google Adwords. Jadi apa sih sebenarnya Google Adwords atau sekarang yang di sebut dengan Google Ads itu?

Google Ads adalah sebuah tempat atau website dimana Anda dan saya bisa memasang iklan online Anda sendiri. Iklan yang akan dipasang ditentukan oleh Anda sendiri, isi iklannya mau di isi apa dan website mana yang akan di iklankan oleh Anda dan bukan hanya itu saja, mengenai biayanya juga Anda sendiri yang akan menentukan.

Kalau dulu Anda beriklan hanya menggunakan media cetak dan Televisi saja. Sekarang Anda bisa beriklan secara online dengan jangkuan yang jauh lebih luas. Bahkan iklan yang Anda pasang akan sangat spesifik, mau tayang di kota mana saja, atau di negara mana saja, atau Anda hanya ingin target orang-orang tertentu juga bisa.

Saat ini platform periklanan dari Google Ads adalah yang terbesar dan yang terbaik di dunia. Fitur yang ada juga semakin berkembang dan semakin banyak. Perkembangan fitur ini tentu akan memberikan hal baik bagi Anda untuk beriklan tanpa batas.

Pelajari juga artikel tentang Cara Pasang Iklan di Google AdWords.

Iklan Google Ads Anda akan Tampil di mana saja?

Mungkin ini juga pertanyaan kedua yang paling sering ditanyakan banyak orang setelah pertanyaan pertama di atas. Mengapa saya bisa tahu? Karena dulu saya juga menanyakan hal ini dan kalau saya tebak, apa yang menjadi pertanyaan saya juga akan menjadi pertanyaan banyak orang termasuk Anda.

Ketika Anda mulai memasang iklan di Google Ads, iklan yang sudah Anda pasang akan tampil di tempat- tempat yang berbeda di seluruh website yang bergabung dengan jaringan Google Display network, selain itu iklan Anda juga akan tampil berdasarkan bagaimana cara Anda memasang iklan tersebut, misalnya targetnya ke mana, untuk siapa saja Anda menayangkan iklan Anda dan jenis iklan seperti apa yang Anda pasang.

Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan sedetail mungkin dari apa yang sudah saya pahami dan pelajari tentang dimana saja iklan Anda bisa tampil dan kepada siapa saja Anda mau menampilkan iklan itu.

1# Iklan Tampil dihalaman Google Search

Semua iklan yang dipasang akan muncul di Google ketika ada seseorang yang mencari produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Ketika Anda sudah membuat iklan, Anda nanti akan dihadapkan kepada pilihan Kata Kunci ini adalah kata atau frasa yang akan membuat iklan Anda mudah ditemukan atau tampil dihalaman mesin pencari. Jadi begini, ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari Google, iklan dalam bentuk teks biasanya akan muncul di samping, di atas atau di bawah hasil pencarian mesin pencari yang bertuliskan Ads (iklan)

Contoh tampilan iklan dalam bentuk teks Google Ads di Mesin pencari Google:

Contoh tampilan iklan teks Google Ads

2# Iklan Tampil di Jaringan Google display Network

Saat Anda memasang iklan, Anda juga bisa memilih untuk menayangkan iklan kepada siapa saja saat orang-orang itu menggunakan internet. Iklan dalam bentuk teks, gambar dan juga dalam bentuk video bisa tampil di jaringan Google Display network (GDN) seperti yang sudah saya sebutkan di awal-awal artikel ini.

Jaringan ini bisa terdiri dari banyak website dimana calon pelanggan Anda sering mencari sesuatu di Internet saat mereka browsing. Contoh dari website ini misalnya yang sering Anda lihat dan tahu adalah website okezone.com, detik.com, submitclimb.com, bahkan iklan Anda bisa tampil di Gmail, Blogger dan juga YouTube. Ini juga mencakup aplikasi handphone.

Jika kemarin Anda bingung saat menggunakan handphone dan membuka aplikasi tertentu ada banyak sekali iklan-iklan yang muncul atau saat Anda mengunjungi situs web tertentu yang menjadi favorit Anda. Anda penasaran dan bertanya-tanya bagaimana iklan-iklan ini bisa muncul di semua aplikasi dan website yang Anda buka dan kunjungi, sekarang setelah membaca artikel ini Anda menjadi tahu: website dan aplikasi-aplikasi seperti itu merupakan bagian dari jaringan Google Display Network.

Jadi iklan – iklan yang Anda pasang bisa muncul di website-website tertentu berdasarkan pilihan penargetan yang Anda pilih. Di Google Dispay network, Anda bisa memilih beberapa cara metode penargetan iklan:

  • Pilih salah satu kata kunci dan juga topik yang memang berkaitan langsung dengan apa yang sedang anda tawarkan atau jual kepada orang.
  • Pilih salah satu website dengan halaman yang cocok (spesifik)
  • Tentukan orang-orang yang ingin melihat iklan dan yang mengunjungi website Anda mulai dari minatnya, demografi atau anda juga bisa memilih pilihan orang-orang yang sudah pernah mengunjungi halaman website Anda sebelumnya atau tidak.

contoh iklan di kompasiana

Contoh tampilan iklan gambar GDN yang tayang di YouTube Contoh tampilan iklan gambar GDN yang tayang di YouTube

Contoh iklan video yang tayang di YouTube

Contoh tampilan iklan video yang tayang di YouTube

Tampilkan Iklan di Berbagai Perangkat

Perlu Anda ketahui, Anda bisa menampilkan iklan Anda diberbagai perangkat yang digunakan oleh orang-orang saat mereka berselancar di internet atau saat mereka sedang mengunjungi halaman website tertentu entah saat santai atau saat mereka sedang dalam perjalanan:

 
  • Iklan teks yang Anda pasng bisa muncul diberbagai perangkat seperti smartphone dan tablet.
  • Iklan teks dan gambar dan juga video bisa muncul di berbagai situs web yang tergabung dalam jaringan Google display Network (GDN) saat orang-orang browsing atau mengunjungi halaman website tersebut, entah mereka menggunakan smartphone atau tablet.
  • Iklan yang Anda pasang sekarang ini, juga bisa muncul di berbagai aplikasi yang ada. Tentunya yang tergabung di Google display Network. Jika mereka tidak tergabung maka iklan Anda tidak bisa tampil di aplikasi tertentu.

Iklan Tampil Hanya di Lokasi dan Bahasa tertentu saja

Hebatnya lagi jika Anda memasang iklan di Google Ads. Iklan yang Anda pasang bisa di setting agar tampil di Indonesia saja atau di seluruh dunia, lokasi geografis tertentu dan juga kepada para pelanggan di lokasi tertentu yang Anda pilih.

Lokasi dan Bahasa iklan google Ads

Bahkan Anda bisa memilih sampai ke orang-orang yang hanya menggunakan bahasa tertentu saja. Sehingga iklan Anda lebih tertarget. Anda juga bisa membuat iklan dalam kelompok-kelompk bahasa tertentu.

Apakah Anda harus punya website untuk beriklan di Google Ads?

Ini pertanyaan yang juga akan di ajukan orang-orang.  Jawabanya sudah pasti Iya.

Ya, Anda harus memiliki sebuah website untuk bisa beriklan di Google Ads. Karena kalau anda tidak mempunyai website, konsumen Anda akan diarahkan ke mana untuk melihat jasa atau produk yang Anda tawarkan?

Untuk membuat sebuah website sekarang ini sangat mudah, murah dan juga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh Anda. Meskipun Anda belum mempunyai pengalaman untuk membuat website dengan teknologi sekarang semua orang bisa untuk membuat website sendiri.

Pelajari Cara Membuat Website dengan WordPress – Panduan WordPress Gratis

Jika anda ingin menggunakan jasa pembuat website Anda juga bisa mencarinya di Internet atau salah satu yang sering kami gunakan adalah WPBaliweb.

Selain itu Anda juga bisa membuat website gratis yang di sediakan oleh Google untuk bisnis Anda dengan menggunakan Google Bisnisku.

Jika kamu mau lebih irit dan tidak mau membuat website, Anda juga bisa membuat iklan dan mengarahkan iklan Anda ke halaman Facebook dan juga Instagram Anda. Dengan syarat setting Privacy-nya harus “Public” atau (umum) – agar orang-orang bisa melihat produk atau konten yang Anda tawarkan di halaman Facebook atau Instagram Anda tanpa harus log in ke Akun mereka.

Berapa Biaya Pasang Iklan di Google Ads.

Banyak orang sudah takut kalau sudah berbicara pasang iklan berbayar. Pasang iklan online tidak semahal memasang iklan di Televisi dan juga majalah. Anda bisa memasang iklan di Google Ads sesuai dengan dana yang Anda miliki sekarang ini. Tetapi saran dari saya sebaiknya Anda memasang iklan di Google Ads minimum Rp.50.000 untuk perharinya.

Sekali lagi untuk biaya iklan di Google Ads, terserah dengan Anda. Anda juga tidak dipungut biaya pendaftaran dan juga biaya minimum untuk memasang iklan-nya.

Perlu Anda ketahui, Pembiayaan dalam Google Ads ada beberapa cara:

  • Biaya per 1.000 impresi (pay per thousand impression) Anda hanya akan dikenakan biaya untuk setiap 1.000 orang yang sudah melihat iklan Anda. Cuma melihat iklan Anda saja. Tanpa klik iklan Anda. Mungkin bagi beberapa orang ini adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan lebih banyak orang yang melihat iklan Anda di halaman website tertentu atau aplikasi tertentu.
  • Biaya per klik iklan (pay per clik) Di pilihan ini Anda hanya akan dikenakan biaya iklan setiap kali ada orang yang melakukan klik iklan yang Anda pasang. Jika orang-orang yang mengunjungi iklan Anda tidak melakukan apa-apa atau hanya melihat iklan saja, maka Anda tidak akan dikenakan biaya untuk membayar iklan Anda.
  • Biaya Iklan per konversi (Pay per conversion) Ini adalah pilihan iklan yang lebih advanced karena dalam pilihan ini Anda hanya akan dikenakan biaya seandainya tujuan iklan Anda terpenuhi. Sebagai contoh misalnya orang yang melihat iklan Anda melakukan pendaftaran, atau terjadi penjualan atau bisa juga lama waktu dalam kunjungan orang tersebut dan sebagainya.

Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Berapa biaya pasang iklan di google adwords. Di artikel itu saya membahas secara khusus tentang pembayaran di Google Ads yang dilengkapi dengan video.

Cara Pembayaran Iklan Online Anda

Untuk melakukan pembayaran iklan Anda di Google Ads sangat mudah. Anda bisa melakukan pembayaran dengan dua cara:

  1. Menggunakan Kartu Kredit (Bisa juga kartu debit dengan fungsi Visa/Mastercard)
  2. Transfer Dana (bisa melalui ATM, Internet banking, teller bank dan lainnya) Anda juga bisa mempelajari Cara Beriklan di Google AdWords Tanpa Kartu Kredit.

Sistem pembayaran di Google Ads juga ada dua cara:

  1. Pembayaran yang ditagih secara otomatis (pilihan ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang menggunakan Kartu Kredit) Anda beriklan dulu, setelah itu anda baru membayar iklan Anda.
  2. Pembayaran normal. (pilihan ini bisa dilakukan lewat transfer dana) Anda bayar biaya iklan dulu, setelah itu iklan Anda tayang.

Minta Bantuan Pakar Google Jika Mengalami Kesulitan.

Tidak serumit yang dibayangkan. Jika Anda mengalami masalah saat memasang iklan baik itu yang berhubungan dengan pembayaran Anda bisa menghubungi Tim support Google atau Pakar Google Ads Indonesia secara gratis.

1#  Silahkan ajukan pertanyaan kamu di halaman Forum Google Ads agar para pakar yang tergabung di forum ini bisa membantu mengatasi masalah kamu. Klik tombol pink + yang ada di ujung bawah layar untuk memposting pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

2# Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Facebook Private Message yang ada di sini: https://facebook.com/IDGoogleAds

3# Anda juga bisa mengajukan pertanyaan dari dalam akun Google Ads Anda. Pilih Live chat, telepon atau Email atau Anda bisa juga mengisi formulir di sini g.co/BantuanGoogleAds

Cara Mulai Memasang Iklan.

Untuk memulai memasang iklan di Google Ads cukup mudah. Anda hanya perlu membuat email Gmail, kemudian mendaftar akun di halaman pendaftaran yang ada di sini kemudian silahkan mengikuti panduan yang diberikan. Anda juga akan mendapatkan kode promosi berupa kredit iklan sebesar Rp.450.000

Perhatian: Anda bisa membaca panduan cara menggunakan kode promosi dari Google Ads untuk lebih memahami benar-benar caranya memasukkan kode promosi yang diberikan ke akun Google Ads Anda.

Jadi itu adalah penjelasan saya tentang Apa itu Google Ads. Semoga apa yang saya bagikan dalam artikel ini bisa memberi sedikit manfaat dan pengetahuan buat Anda. Oh iya buat Anda yang ingin mengikuti panduan kursus Google AdWords secara Gartis bisa kunjungi halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top