skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Content Marketing Dalam Bisnis Online

Apa itu Content Marketing dalam bisnis online

Prinsip Menjalankan bisnis online sama dengan menjalankan bisnis offline, saya pernah membahas hal ini di “Pelajaran tentang Bisnis Online”. Untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis online Anda harus membutuhkan yang namanya content marketing dan Anda harus bisa menguasai Internet Marketing dengan baik paling tidak dasar-dasarnya, karena dengan demikian Anda bisa bertahan dan melakukan pemasaran bisnis yang Anda jalankan dengan cara yang maksimal.

Memang tidak mudah untuk bisa melakukan ini, tetapi tidak juga sesulit yang kita bayangkan bagi Anda yang masih pemula. Sulit karena sekarang tingkat persaingan bisnis secara online tidak semudah dulu, hampir semua orang sekarang sudah bisa menggunakan internet dan mulai berbisnis secara online. Hal inilah yang membuat bisnis online semakin sulit.

Salah satu cara pemasaran dalam bisnis online adalah dengan memaksimalkan content marketing. Kenapa harus memaksimalkan di content marketing? Karena pada dasarnya hampir semua bisnis online apapun terutama yang menggunakan website atau web blog atau marketplace sekalipun membutuhkan yang namanya content marketing, karena ini menjadi sesuatu yang wajib untuk dibuat demi kelancaran dalam berbisnis online.

Selain itu banyak orang yang mengatakan content marketing adalah salah satu pemasaran digital marketing yang terbilang ampuh untuk saat ini.

Apa Pengertian Content Marketing?

Apa itu content marketing dan mengapa banyak orang berlomba-lomba untuk membuat pemasaran konten dalam konteks digital marketing?

Dan mengapa strategi ini sangat efektif daripada menggunakan pemasaran secara tradisional?

Mari kita cari tahu jawabannya…

Content Marketing adalah

Kita membuat konten (artikel) untuk tujuan sebuah pemasaran produk atau jasa.

Pengertian lengkap dari content marketing adalahsebuah strategi pemasaran di mana kita membuat dan mempromosikan konten yang sudah kita buat untuk menarik pelanggan atau audiens yang tertarget, dan kemudian secara perlahan-lahan kita membuat mereka untuk menjadi kustomer kita”.

Jadi kalau kita rangkum tujuan dari pembuatan content marketing adalah:

  • Menarik calon pelanggan baru untuk mengetahui dan mengenal bisnis kita
  • Secara perlahan-lahan mengajak mereka untuk menjadi calon pelanggan tetap kita.

Mungkin beberapa dari Anda masih ada yang bingung, gimana caranya melakukan ini, apa maksudnya ini?

Nah saya akan kasih sebuah contoh yang mungkin sering kita terima dan lihat.

Coba Anda ingat-ingat salah satu akun dari sebuah perusahaan yang paling besar bisa perusahaan atau brand-brand yang Anda sukai dan follow yang ada di social media.

Pernahkan Anda menerima sebuah email dari mereka atau update terbaru yang menarik dari mereka?

…bentuknya bisa berupa apa saja, bisa video, artikel, atau foto hanya untuk sekedar update status mereka.

Nah semua itu yang dinamakan dengan content marketing.

Konten untuk sebuah content marketing bentuknya bisa bermacam-macam seperti yang sudah saya sebutkan di atas contohnya: Audio, gambar, video dan tulisan seperti yang sedang Anda baca ini.

Kita juga bisa membedakan conten dari sifatnya, sebagai contoh ada konten yang: menghibur, emosional, mendidik dan masih banyak yang lainnya.

Yang paling penting dan yang ingin saya tekankan dalam pembahasan kita kali ini adalah konten yang kita buat harus menarik.

Coba bayangkan kalau konten yang Anda buat tidak bisa membuat orang tertarik apa ada yang mau baca? Apa ada yang mau datang? Jika sudah begitu berarti Anda TELAH GAGAL dalam pembuatan dan pemasaran content marketing.

Mengapa Content Marketing Sangat Efektif?

kalau kita membandingkan strategi pemasaran digital dengan tradisional maka bisa dikatakan model pemasaran digitallah yang paling mudah untuk saat ini. Kalau zaman dulu mungkin susah karena orang belum semuanya bisa terhubung dengna internet.

Selain itu ada masalah lagi yang timbul di kehidupan yang sudah semakin maju seperti sekarang ini yaitu strategi pemasaran baik ofline maupun online sudah tidak memberikan efektivitas lagi.

Mari kita cari tahu kenapa bisa seperti itu

Pemasaran Tradisional:

  • Orang memasarkan dengan media iklan cetak
  • TV
  • Billboard

Apa yang menurut Anda lemah dari pemasaran seperti itu?

 

…menurut saya model pemasaran seperti itu sudah tidak efektif lagi. Banyak orang sudah tidak perduli lagi dengan yang namanya promosi produk selebaran dan sejenisnya.

Memang sekarang ini bukan hanya yang melakukan promosi seperti itu yang sudah membuat orang malas dan kebal sama iklan, iklan yang di pasang secara online juga sudah membuat orang malas dan dianggap sebagai angin lalu sama mereka.

Jadi saat ini iklan apapun itu offline dan online sudah tidak lagi memberikan banyak manfaat seperti dulu lagi untuk orang lain.

Meskipun iklan sudah kurang begitu efektiv, Anda dan saya masih bisa menggunakan iklan untuk melakukan strategi pemasaran dengan cara yang berbeda:

Sekarang saya ingin mengajukan pertanyaan kepada Anda tentang hal ini:

Menurut Anda mana yang lebih menarik bagi Anda ketika melihat iklan yang mempromosikan sebuah produk atau iklan yang muncul mempromosikan tentang sebuah konten gratis yang bisa memberi manfaat kepada Anda dan saya?

Pasti jawaban Anda dan saya sama “konten”.

Nah dari sini kita bisa merubah cara kita beriklan, iklan yang kita buat bukan untuk mempromosikan sebuah produk tetapi lebih kepada sebuah konten yang memberi manfaat bagi banyak orang.

Tapi ingat ya, bukan berarti kita tidak sama sekali membuat iklan untuk mempromosikan produk kita.

Mungkin samapi di sini ada yang ingin mengajukan pertanyaan seperti ini:

Kalau kita mempromosikan sebuah konten apa penjualan produknya bagus?

Coba ingat kembali apa sih tujuan sebuah content marketing yang Anda buat nantinya? Ya, untuk menarik audiens atau calon pelanggan baru dan membuat mereka secara perlahan-lahan untuk menjadi pelanggan kita (melakukan transaksi pembelian).

Sudah mengerti ya sampai di sini…

Sekarang saya ingin menjelaskan hal selanjutnya.

Jika Anda langsung mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada orang, saya yakin orang ini tidak mengetahui siapa Anda, kredibilitas Anda dan lain sebagainya.

Mengapa bisa demikian?

Ini di sebabkan karena Anda hanya menunjukkan kepada mereka tentang apa yang Anda jual kepada mereka.

Maka konversi penjualan Anda bisa sangat kecil.

Sedangkan kalau Anda membuat sebuah konten yang bisa memberi manfaat bagi banyak orang dan bisa langsung mereka praktekkan atau terapkan saat itu, orang akan tahu siapa Anda, bisnis Anda dan akhirnya ini bisa membuat konversi Anda menjadi meningkat.

Manfaat untuk Jangka Pendek dan jangka Panjang Content Marketing

Sebuah bisnis yang menjalankan dan menggunakan sebuah pemasaran tradisional biasanya akan memasang iklan seperti yang saya bilang di atas, ini akan membuat jumlah yang membeli produk akan semakin meningkat.

Coba apa yang terjadi jika iklan yang meraka pasang dihentikan?

Penjualan akan menjadi turun bukan, malah mungkin bisa kembali ke 0.

Ini disebabkan karena sewaktu Anda memasang iklan orang hanya tahu Anda lewat iklan yang di pasang tadi bukan?

Nah content marketing tidak akan terpengaruh oleh hal itu.

Saat Anda membuat sebuah konten yang memberi manfaat dan bisa langsung diterapkan oleh pembaca Anda, maka orang-orang lain tetap bisa menemukan Anda. Malah bisa jadi konten Anda akan di share di akun social media mereka.

Orang-orang yang menerima manfaat dari Anda akan dengan sukarela menjadi follower Anda, mau subscribe dan kemungkinan besar mereka mau juga menjadi pelanggan Anda. Dan siapa tahu mereka juga akan dengan sukarela mempromosikan produk atau jasa Anda kepada orang lain.

…selain itu dengan membuat sebuah konten yang meberi manfaat bagi banyak orang ini juga akan membantu Anda untuk bisa mendatangkan pengunjung lain setiap harinya selain Anda menggunakan promosi dengan memasang iklan, karena bisa jadi kita bisa mendatangkan pengunjung dari:

  1. Mesin pencari
  2. Social media yang di share oleh pengunjung Anda
  3. Website milik orang lain yang merekomendasikan tulisan Anda
  4. Email dan lain sebagainya.

Inilah alasannya mengapa kita sebaiknya memanfaatkan dan membuat content marketing untuk bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung untuk jangka panjang. Semoga artikel yang membahas tentang Apa itu content marketing ini bisa sedikit membantu Anda untuk memahaminya dan menerapkannya dalam bisnis online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top