skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Itu Bisnis CPA Marketing

Apa itu Bisnis CPA Marketing

Apa itu Bisnis CPA Marketing. Bagi orang-orang yang bekerja sebagai online marketing atau publisher iklan pasti sering mendengar CPA atau mungkin bagi beberapa orang ini adalah pertama kalinya mereka mendengar istilah atau kata CPA.

Ada yang mengatakan CPA Marketing adalah bisnis online yang paling banyak mendatangkan uang dan yang paling mudah untuk dilakukan.

Tetapi apa sih sebenarnya istilah CPA itu sendiri?

CPA mempunyai kepanjangan Cost per-Action atau Cost per-Acquisition, bisa saya katakan ini adalah turunan dari Affiliate Marketing.

Apakah sama CPA dan Affiliate Marketing?

CPA marketing adalah salah satu bisnis online yang paling banyak diikuti dan sangat populer karena orang yang menjalankan bisnis ini bisa menghasilkan uang dengan komisi yang sangat besar.

Kenapa bisnis ini banyak yang mengikuti dan Populer?

Karena Anda bisa ikut tanpa ikatan dan bisa dilakukan dengan flesibel.

Saya akan mencoba menjelaskan beberapa keunggulan dan cara kerja dalam bisnis CPA ini.

Cara Kerja CPA dan Affiliate Marketing.

Pengertian Affiliate Marketing adalah sebuah bisnis dengan memasarkan sebuah produk milik orang lain melalui website yang kita miliki setelah ada penjualan kita akan mendapatkan komisi, kalau dalam CPA biaya per akuisisi)

Affiliate marketing adalah nama bisnis (industrinya) dan CPA adalah jenis komisinya.

Sebenarnya dalam menjalankan bisnis ini tidak seperti itu, affiliate marketing yang banyak dan ditahu orang adalah seperti yang terlihat pada alur yang saya jelaskan di bwah ini:

  • Anda melihat ada produk yang cocok dan mulai mempromosikan produk affiliasi di website
  • Pengunjung datang ke website Anda dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan
  • Kemudian dia mengunjungi website si penjual melalui website Anda untuk melakukan pembelian produk
  • Anda mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang Anda promosikan

Affiliate marketing selalu untuk penjualan produk seperti yang saya jelaskan di atas, sedangkan CPA banyak digunakan untuk sebuah action saja atau tindakan seseorang. Jadi tahu bedanya ya sampai di sini?

Saya ingin menjelaskan kepada Anda istilah ini sebenarnya memiliki makna lebih dari satu yang kadang-kadang suka menimbulkan keraguan, kekaburan atau ketidakjelasan dan juga sebagainya yang memiliki makna ganda atau yang disbut juga dengan ambigu. Nanti Anda juga akan menemukan beberapa kata turunan atau istilah lain seperti CPI, PPD, CPL dan lainnya.

Yang membuat beda di actionya saja seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Apa saja sih action yang harus dilakukan oleh orang yang akan kita target?

  1. Mengisi sebuah form pendaftaran
  2. Memasukkan email
  3. Mengikuti survey atau mengisi sebuah survey
  4. Memberikan sebuah informasi kartu kredit
  5. Mendownload sebuah file
  6. Subscribe atau berlangganan dari sebuah layanan tertentu
  7. Install software atau sebuah aplikasi (CPI – Cost per install)

Di dalam menjalankan bisnis CPA marketing tugas kita sama seperti seorang marketing di pekerjaan offline yaitu merayu orang untuk mau melakukan sebuah tindakan yang diinginkan seperti yang sudah saya jelaskan dalam action di atas dari layanan tertentu.

Jadi setiap ada orang yang berhasil melakukan hal yang atas kita akan mendapatkan kompensasi atau komisi.

Mungkin ada yang bertanya, berapa komisi yang akan saya dapatkan dari mengikuti program ini? Komisi yang akan Anda dapatkan dari mengikuti program CPA sangat beragam, ada yang $0,01 bahkan ada yang memberikan $50 untuk sekali action saja.

Semua ini bergantung dari tingkat kesulitan syarat penyelesaiannya, kalau syaratnya sangat tinggi dan sulit bisa jadi kita dapat komisi yang sangat besar sebagai contoh misalnya orang itu harus mengisi dan memasukkan email untuk pendaftaran bisa jadi kita akan mendapat komisi yang sangat kecil mungkin sekitar $1-$3 saja untuk satu orang, kalau misalnya orang itu harus mengisi kartu kredit tentu komisinya jauh lebih tinggi lagi.

Mas kenapa sih Komisi CPA sangat Tinggi?

Buat orang yang terbiasa menjadi seorang publisher iklan pasti akan bilang gile ini komisi CPA gede amir ya? Beda jauh dengan apa yang saya lakukan padahal pekerjaannya snagat sepele Cuma di suruh isi email doang.

Mau tahu alasannya…?

Begini…

Misalnya Anda mempunyai produk dan ingin memasarkan produk yang Anda punya dengan model bisnis CPA. Maka Anda harus mendaftarkan produk yang mau Anda jual itu ke CPA network yang pekerjaannya sebagai makelar agar para affiliate seperti saya bisa memasarkan produk Anda melalui website saya.

Biasanya CPA Network akan mendapatkan imbalan atau komisi yang besarnya 1-10% dari hasil penjualan yang berhasil mereka lakukan.

Untuk berhasil menjual dan memasrkan produk CPA biasanya para affiliate marketer banyak menggunakan media iklan sebagi senjata utama mereka. Jadi para affiliate merketer akan membayar komisi untuk jaringan iklan yang mereka buat biasanya banyak menggunakan AdSense, facebook dan publisher iklan.

 

Seorang affiliate akan mendapatkan komisi sekitar 50% dari harga produk yang dijual. Sedangkan untuk iklan yang mereka pasang akan mendapatkan sekitar 1-10% dari harga produk, selain itu komisi yang mereka dapatkan juga harus di bagi dua dengan jaringan iklan dan juga publisher.

Sampai di sini Anda bisa lihat perbedaan pendapatannya bukan? Seorang publisher iklan akan mendapatkan 5% dari harga produk sedangkan seorang affiliate marketer bisa mendapatkan komisi yang jauh lebih besar sampai 50% sendiri.

Inilah yang membuat banyak orang senang melakukan pekerjaan ini karena komisinya besar.

Harus Paham dan Menguasai

Untuk bisa menjalankan bisnis ini ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, apa saja itu?

Harus Bisa Bahasa Inggris

Percaya atau tidak di Indonesia belum ada Affiliate Network dan CPA Network yang menurut saya bisa memberikan kita penghasilan yang baik secara rutin. 100% rutin seperti CPA dan Affiliate Network di luar.

Saya minta maaf kalau mungkin terkesan … terhadap Indonesia… tetapi ini adalah kenyataan dan yang harus saya beritahu kepada banyak orang.

Makannya kalau ada yang nanya saya produk yang di pasarin produk apa saja mas?

Produk luar saya jawab…

Emang produk Indonesia gak ada mas kok malah masarin produk luar…

kadang saya bingung dan malas untuk menjelaskan kepada setiap orang yang tanya berulang-ulang kepada saya. kalau saya jawab jujur seperti di atas pasti banyak yang tidak percaya juga… jadi kebanyakan saya diam saja.

Selain itu daya beli online masyarakat Indonesia menurut saya tidak sebagus orang luar yang apa-apa itu kalau memang butuh dan bermanfaat mereka akan membeli dan tidak pelit untuk mengeluarkan uang.

Sebetulnya ada CPA Network Indonesia dan bisa di hitung dengan jari, meskipun ada saya yakin Anda akan sangat kesulitan untuk memasarkan produk itu kepada banyak orang secara rutin mengingat daya beli masyarakat kita yang lemah secara online, selain itu orang Indonesia itu apa – apa maunya murah dan gratis mulu memang tidak semua orang begitu tapi kebanyakan begitu.

Maka saya sarankan Anda untuk mendaftar di CPA Network luar negeri dan memasarkan produk internasional yang akan memberikan hasil yang rutin kepada Anda.

Wah saya tidak bisa bahasa inggris mas, tidak usah bisa dan fasih banget Anda cukup menguasai dasar-dasar bahasa inggris sudah cukup. Karena ada Google Translate, ada Aplikasi untuk menterjemahkan bahasa yang semua itu bisa Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Anda tahu apakah saya bisa bahasa Inggris? TIDAK…

Belajar Copywriting

Ini adalah pekerjaan untuk “memasarkan” sebuah produk atau jasa kepada orang lain agar mereka yakin untuk melakukan action atau membeli maka Anda membutuhkan yang namanya keahlian copywriting

Menurut saya bukan hanya bisnis online CPA saja yang butuh copywriting, kemampuan ini diperlukan juga dalam bisnis apapun untuk pemasaran secara online dan offline.

Copywriting adalah sebuah cara untuk menyampaikan sebuah gagasan dalam bentuk tulisan (bisa juga tidak tertulis) untuk meyakinkan orang lain agar mereka mau melakukan tindakan sesuai dengan yang kita inginkan.

Bisa Membuat Website

Nah copywriting itu bisa kita tempatkan di dalam sebuah halaman website, dalam halaman itu orang akan membaca semua hal yang ingin kita sampaikan sehingga mereka tahu dan akhirnya melakukan action sesuai yang kita inginkan.

Jadi selain bisa menguasai copywriting Anda juga harus bisa membuat website sendiri dan juga belajar HTML dan CSS.

Tidak usah terlalu pusing dulu ketika saya mengatakan Anda harus bisa menguasai hal itu, karena yang dibutuhkan tidak harus seahli banget dasarnya saja sudah cukup sisanya sambil jalan dan bekerja.

Bahkan Anda mungkin tidak membutuhkan sebuah halaman website khusus jika Anda memasarkan CPA dengan menggunakan metode iklan berbayar.

Tetapi jika Anda bisa dan mempunyai halaman landing page sendiri ini akan jauh lebih efektif. Nanti di pembahasan selanjutnya kita akan membahas hal ini lebih dalam dan saya juga akan mengajarkan bagaimana caranya membuat sebuah website dengan mudah. Jadi jangan lupa untuk memasukkan email dan subscribe channel YouTube kami untuk mendapatkan informasi dan pelajaran yang mungkin penting dan berguna untuk Anda.

Pantang Menyerah dan Mau Belajar

Ini sebenarnya bukan bagian dari syarat untuk mereka yang ingin terjun di bisnis CPA, tetapi kebanyakan orang yang sudah – sudah menyerah di tengah jalan.

Kenapa saya menyebutkan hal ini dan memasukkan tentang ini di artikel ini? Karena ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis CPA. Tahukah Anda kalau dalam bisnis CPA Anda akan selalu menghitung dan bermain dengan angka.

Jika Anda tidak suka angka maka jangan lanjutkan, jika Anda suka dan mau tantangan ini silahkan lanjutkan. Karena CPA hanya untuk orang-orang yang tidak takut dengan tantangan dan suka dengan kerasnya hidup.

Selama menjalankan bisnis ini Anda akan selalu mengalami kegagalan-kegalan. Karena hampir 80% dari pekerjaan CPA dilakukan dengan cara trial dan error.

Takut…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top