skip to Main Content
Apa Itu Backlink Dan Bagaimana Cara Membuat Backlink

Apa Itu Backlink dan bagaimana cara membuat backlink

Mengenal Apa itu Backlink dan Bagaimana Cara Kerjanya. Banyak orang saat ini mencari tahu Apa itu Backlink? baik pria, wanita, remaja dan orang tua semua ingin mengetahui Apa sebenarnya backlink itu, backlink merupakan salah satu bagian penting yang berpengaruh pada pagerank suatu halaman website kita (meskipin sekarang pagerank sudah tidak di update lagi oleh google) selain itu backlink juga berhubungan dengan SEO.

Backlink sebenarnya merupakan sebuah link atau tautan yang biasanya berbentuk gambar atau teks dari suatu situs tertentu. Jika link tersebut diklik, maka halamannya akan langsung mengarah ke situs Anda sehingga link tersebut menjadi backlink untuk situs Anda.

Mencari backlink merupakan salah satu bagian teknik SEO.

Maka jika backlink yang dimiliki sebuah situs semakin banyak, maka semakin bagus pula situs tersebut di mata search engine dan akhirnya dapat membantu menempatkan situs tersebut di peringkat yang bagus pada hasil pencarian berdasarkan keyword yang ditarget atau yang sesuai dengan tema konten pada website tersebut. Namun, perlu digarisbawahi bahwa banyaknya jumlah backlink belum tentu menunjukkan popularitas sebuah website karena backlink juga belum pasti mewakili situs yang mempunyai konten berkualitas.

Backlink Anda dapat diletakkan di website atau blog milik orang lain. Search engine seperti Google biasanya menyukai situs yang mempunyai banyak backlink berkualitas karena situs tersebut dianggap sudah mempunyai popularitas tinggi. Maka semakin banyak sebuah website atau blog mempunyai backlink berkualitas, semakin baik pula situs tersebut.

Lalu Apa itu Backlink berkualitas?

Backlink berkualitas merupakan backlink yang di dapatkan dari blog atau website lain yang mempunyai pagerank tinggi, dan konten – konten yang berkualitas. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas bisa di bilang sangat sulit, namun yang perlu Anda ketahui adalah Anda tidak perlu memiliki banyak backlink berkualitas, jika Anda mendapatkan 1 atau 4 backlink berkualitas sudah di pastikan website Anda 100% akan sangat AMAN dari resiko PENALTI Google dan pasti akan meranking.

Untuk membuat backlink berkualitas kita tidak bisa mendapatkan backlinknya secara langsung atau seketika itu juga seperti kita membuat backlink di forum-forum atau backlink yang dulu sering orang lakukan (Backlink forum dan juga komentar blog)

Ada langkah – langkah panjang yang harus kita lewati yang pertama kita harus BERSABAR untuk MELAKUKANNYA dan akhirnya kita MENDAPATKAN backlink yang di rekomendasikan, dengan membuat atau mendapatkan backlink berkualitas manfaatnya akan sangat BESAR dan BERBEDA dari backlink yang tadi saya sebutkan, backlink yang direkomendasikan oleh orang lain akan  BERTAHAN LAMA.

Langkah pertama, Membuat Konten yang bermanfaat.

Backlink yang bagus adalah backlink yang kita dapat secara alami (Rekomendasi)

Untuk mendapatkan backlink yang direkomendasikan oleh orang lain tentunya bisa dibilang sangat jarang, dan kemungkinan tidak ada yang mau ngasih backlink kepada website kita!

Jawabannya bisa di bilang tidak ada.

Meskipun tidak ada yang mau memberikan backlink cuma – cuma kepada kita

Jangan menyerah dulu….

Jika Anda membuat artikel yang bermanfaat bagi orang banyak, bisa jadi orang yang tadi membaca artikel di website Anda ketika dia merasakan manfaatnya dia akan merekomendasikan kepada orang – orang lain atau kepada teman-temannya. Kenapa saya bisa yakin mengatakan demikian? Karena saya sering membaca artikel dari website lain dan ketika website itu benar – benar memberikan manfaat buat saya, biasanya saya selalu menyimpan website tersebut di list yang saya miliki atau menyimpannya dalam website yang saya miliki dengan mencantumkan link url website tersebut agar tidak lupa dan orang lain juga bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti saya.

Selain itu Google juga telah semakin canggih dari waktu ke waktu, kini Google sudah bisa menilai mana artikel yang bagus dari sebuah website dan mana yang tidak.

Anda tidak percaya dengan apa yang saya katakan?

Coba lihat dan buktikan sendiri dengan mengunjungi halaman mesin pencari Google, semua hasil pencarian dengan kata kunci tertentu masih di dominasi dengan website – website yang memiliki konten yang bagus dan bermutu.

Jadi konten yang baik adalah langkah awal untuk mendaptkan backlink yang berkualitas.

Buktikan sendiri, walau jumlah backlink Anda sedikit tetapi jika Anda mendapatkan backlink rekomendasi dari satu atau dua orang saja bisa jadi website Anda akan merangking di halaman 1 mesin pencari Google dibandingkan dengan website lain yang kontennya buruk dan memiliki jumlah backlink spam yang sangat banyak.

Langkah ke dua, Meminta Backlink dari pemilik website

Ya kita akan meminta backlink kepada pemilik website atau pemilik social media yang ada di luar sana.

TIDAK USAH MALU untuk meminta Backlink….

Memang hal ini juga tidaklah mudah, namun jika Anda memiliki konten yang sangat berkualitas bisa jadi mereka akan memberikan dengan sukarela jika Anda memintanya apalagi jika orang yang kita minta itu sudah kita kenal, jadi manfaatkan orang – orang yang mengenal Anda untuk mendapatkan backlink dan buat artikel yang semenarik mungkin yang benar-benar membahas tuntas sebuah tema yang sedang di bahas.

Dengan demikian peluang untuk mendapatkan backlink GRATIS akan semakin BESAR.

Hal ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan backlink

  1. Cari beberapa website dengan topik yang sama dan aktif kemudian berikan komentar yang positif di blog mereka dan share di akun sosial media Anda.
  2. Usahakan untuk mendapatkan kontak pemilik website dan menjalin hubungan dengan pemilik website. (membangun hubungan)

Memang pada awalnya bisa jadi mereka akan mengabaikan kita dan bisa jadi juga mereka akan mengabaikan kita selamanya, walaupun kita sudah melakukan langkah di atas dan sudah memulai menjalin hubungan baik lebih dulu dengan mereka dan tidak kunjung mendapatkan hubungan baik jangan pernah menyerah dan kapok.

Lakukan terus dengan pemilik website yang lain sampai Anda mendapatkan hubungan yang baik dan akhirnya saling memberikan manfaat dengan mereka. Cara ini akan memakan waktu tetapi hasilnya sangat luar biasa mantab.

Pada tanggal 17 juni 2016 saya mendapatkan email dari salah satu tim sebuah website yang cukup terkenal. Isinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Meminta Backlink dari pemilik website

Jadi jangan sungkan untuk meminta backlink dari pemilik website yang mempunyai dan membahas topik yang sama dengan website kita.

Cara Kita Melakukan Backlink

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink untuk situs atau blog Anda yaitu dengan One Way, Two Way, dan Three Way Backlink. Pada one way backlink, Anda meletakkan link blog atau web Anda pada situs orang lain tetapi pemilik situs tersebut tidak mewajibkan Anda meletakkn link miliknya di situs Anda.

Cara membuat One way backlink

Langkah pertama: Buat Artikel yang baru dan bermanfaat (Jangan copy paste)

Langkah ini memang akan sangat merepotkan kita, karena kita harus membuat artikel sesuai dengan topik yang ada di website kita dan mensubmitnya ke situs lain yang menerima artikel Anda. Salah satu situs yang biasa digunakan adalah EzineArticles.com dan squidoo.com. pada bagian bawah artikel Anda jangan lupa untuk mengisi bagian resource box untuk menambahkan satu link balik yang menuju situs Anda.

one way backlink - ezinearticles

Langkah ke dua: Anda bisa menjadi penulis tamu

Untuk menjadi penulis tamu sangat mudah sekali, Anda hanya cukup menulis artikel yang tidak hasil copy paste, artikel yang menarik dan bisa diterima oleh pemilik website. Untuk menemukan website yang menerima penulis tamu Anda cukup mengetikkan kata kunci seperti “Submit Post,” “Write for Us” or “Become a Contributor” “Menjadi Penulis Tamu,” “Penulis Tamu,” dll. Anda juga bisa mencari website yang temanya relevan dengan website Anda dan menanyakan kepada mereka apakah mereka menerima penulis tamu atau tidak.

one way backlink - menjadi penulis tamu

Langkah ke tiga: Berkomentar di website yang relevan dengan tema website

Sering – seringlah mengunjungi dan membaca website orang lain, kemudian jalin hubungan dengan mereka dan mulai beri komentar yang postif tentang apa yang mereka tulis di blog mereka, pilihlah website – website yang terpercaya dan aktif, pada saat memberikan komentar jangan lupa untuk mencantumkan URL website Anda.

one way backlink - berkomentar di blog

Langkah ke empat: Menggunakan jaringan Penulis, Wartawan (PR Networks)

Menggunakan jaringan para penulis dan juga PR Networks ini bisa memberikan hasil yang baik untuk menambah backlink yang menuju website Anda, karena biasanya para wartawan atau penulis mempunyai akses untuk memberikan jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang di ajukan oleh pembaca dari artikel yang mereka terbitkan dan mereka diberikan link balik dalam bentuk backlink sebagai penulis tamu.

Langkah ke lima: Memanfaatkan Yahoo Answer

Buat Yahoo! Answer Account. Setelah membuat akun, silahkan cari pertanyaan yang terkait dengan bidang keahlian Anda dan jawab pertanyaan itu dengan menyertakan link URL Anda.

one way backlink - gunakan yahoo answer

Langkah ke enam: Membuat Meme

Buatlah meme sesuai topik yang sedang banyak di bicarakan oleh orang. Untuk mengetahui topik – topik apa yang sedang marak di bicarakan oleh banyak orang di seluruh dunia Anda bisa mengunjungi situs seperti Reddit atau Twitter. Gunakan Photoshop untuk menambahkan teks ke gambar. Kemudian posting meme yang Anda buat tadi ke aku facebook atau twitter Anda. Dan lihat hasilnya.

one way backlink - membuat meme

Langkah ke tujuh: submit URL kita ke website direktori

Langkah ini bisa di bilang susah – susah gampang, walaupun banyak situs direktori yang gratis pada kenyataannya kita harus menunggu informasi dari pemilik website apakah link kita di terima atau tidak di situs mereka. Anda bisa submit ke DMOZ atau ke website direktori lain. Ingat selalu ikuti petunjuk yang mereka minta agar peluang di terima lebih besar. Anda bisa melihat daftar website direktori di situs ini: http://www.directorycritic.com/free-directory-list.html

Submit URL to link-building directories

 

Banyak orang malas untuk mensubmit website mereka di website direktori, karena hal ini bisa memakan waktu, jika Anda malas untuk melakukannya dan memiliki anggaran lebih, silahkan menggunakan Jasa dari Direktory Maximizer. Mengapa kami merekomendasikan website ini? karena website ini sudah sangat terkenal dan jasa mereka memang benar-benar memuaskan dan yang juga harus Anda ketahui adalah kami bekerjasama dengan website ini.

directory maximizer

 

Langkah ke delapan: Meminta Reviews Produk.

Anda bisa mendapatkan reviews dari pemilik website lain dengan menawarkan sampel produk gratis untuk mereka dengan imbalan mendapatkan review dari blogger atau pemilik website lain dengan menyertakan URL website Anda.

one way backlink - meminta review produk

Langkah ke sembilan: Aktif di social bookmarking

Langkah ke delapan ini terbilang sangat mudah, setelah Anda membuat posting artikel atau apapun di website Anda rajin-rajinlah membuat atau memposting url website Anda di reddit, Digg atau StumbleUpon.

one way backlink - reddit - Aktif di social bookmarking

Langkah ke sepuluh: Submit RSS feed

Selalu submit RSS feed ke RSS directories

one way backlink - submit rss feed

Two Way Backlink merupakan cara mendapatkan backlink dengan saling bertukar link. Pada cara ini, Anda dapat meletakkan link Anda di situs orang lain dan Anda juga wajib meletakkan link orang tersebut di situs Anda.

Pada cara Three way backlink, cara ini biasa dilakukan oleh situs tertentu yang akan men-submit situs milik Anda pada situs pihak ketiga. Namun, Anda harus menempatkan link dari situs orang lain di situs Anda terlebih dulu. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan Two Way Backlink. Namun, cara ini lebih mudah dilakukan karena Anda tidak perlu mencari situs yang dapat diajak bertukar link.

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Backlink dofollow adalah link yang dibuat di halaman situs yang menambahkan dofollow pada atribut rel. Atribut ini berfungsi sebagai indikator bahwa link tersebut begitu penting dan relevan untuk situs tertentu. Di mata search engine, link yang memiliki atribut dofollow dianggap spesial. Backlink dofollow yang berhasil ditemukan spider bot biasanya akan mendapat perlakuan istimewa dari search engine dan rangkingnya meningkat di search engine.

Sementara itu bagi yang belum tahu apa backlink nofollow itu, backlink nofollow adalah link yang dibuat di halaman situs yang menambahkan nofollow dalam atribut rel. Atribut ini berfungsi untuk memperkecil kemungkinan spamming pada situs – situs tertentu lewat komentar yang ada di situs tersebut. Search engine akan memperlakukan link yang mendapat atribut nofollow secara berbeda. Jika spider bot menemukan backlink yang berupa nofollow di situs tertentu, backlink nofollow tersebut tidak akan ditelusuri semua search engine untuk di indek dan di crawl tetapi hanya dicatat jika blog tersebut mendapat backlink.

Macam Macam Backlink:

  1. Blog Commenting
  2. Link Profile
  3. Contextual backlinks
  4. Social Bookmarking Backlink
  5. Footer Backlink
  6. Blogroll Backlink / Sidebar Backlink
  7. Guestpost Backlink
  8. Document Sharing
  9. Social Media Backlink / Social signal
  10. Image Sharing Backlink
  11. Article Submission
  12. Directory Submission
  13. Private blog network
  14. Web 2.0

Kami kira sampai di sini dulu pembahasan kami tentang Apa itu backlink, sebetulnya masih banyak Artikel dan pembahasan lain tentang backlink yang terutama adalah bagaimana kita membuat backlink, kami akan membahas hal ini di Artikel selanjutnya bahkan dilengkapi tutorial dalam bentuk Video langkah demi langkahnya sehingga memudahkan Anda yang belum tahu bisa menjadi lebih tahu dan terutama tahu dasar – dasar caranya membuat backlink.

Saya sangat sadar bahwa banyak Artikel yang membahas hal ini sepotong – sepotong bahkan kadang membingungkan orang – orang yang benar – benar ingin belajar.

Jika Anda ingin mendapatkan artikel yang benar-benar di bahas secara tuntas kami akan dengan senang hati berbagi dengan Anda mengenai hal ini secara cuma – cuma, maka teruslah kunjungi website kami secara tetap tentu untuk membaca artikel terbaru kami.

Anda tidak perlu kursus SEO dan mengikuti pelatihan lain, karena nantinya Anda akan mendapatkan semua dasar-dasarnya di situs  ini. Anda juga akan di ajar caranya membuat backlink, jika Anda malas untuk membuat backlink Anda bisa menggunakan jasa backlink kami atau Jasa Backlink lain yang bekerjasama dengan kami seperti: RankCrew.com dan Linksmanagement.com.

Jika Anda ingin membuat Private Blog Networks. Sahabat dekat saya yang bernama Gabriel pemilik domainemporia.com akan membantu Anda membuatkan Private Blog Networks.

loading…


  • amelia zahra

    ok banget infonya, ditunggu kelanjutannya
    jasa lukis dinding

  • stevany

    makasih infonya gan ijin titip lapak
    http://sarangdomino.pokerv77.org

  • Alisa Sibuea

    Hallo mas.. mau tanya nih perkembangan backlink saat ini apa masih berpengaruh untuk meningkatkan posisi website kita di urutan pertama google?
    Lalu jenis backlink yang power menurut sampean itu yang seperti apa ya?
    Bagaimana jika kita hanya mengandalkan konten yang ada pada web kita, apa masih bisa web kita naik ke posisi teratas?
    Terimakasih maaf newbie 🙂
    dMovieone

    • Halo juga Mas,

      – Backlink masih tetep dan akan selalu dibutuhkan untuk sebuah website dan bermain SEO
      – Semua backlink sama pentingnya (*Buat saya, gak tahu kalau orang lain), Saya pakai semua model backlink termasuk PBN juga dll.
      – Konten juga salah satu faktor penting untuk website dan yang juga menjadi pertimbangan sebuah website bisa ada di halaman depan. TETAPI bukan berarti kita tidak membutuhkan backlink, memang ada dalam kasus tertentu beberapa website saya tidak pakai backlink tapi bisa muncul juga di halaman depan (DAN MENGHASILKAN – JOOOS), mungkin tingkat persaingannya kecil kali ya… (*karena saya udah gak cek persaingan lagi jadi gak tahu kalau persaingannya kecil atau sulit. 🙂 )

      Jadi kesimpulannya: semuanya diperlukan dan penting kan :p

Back To Top