skip to Main Content
Apa Itu Asuransi Jiwa – Apakah Kita Membutuhkan Asuransi Jiwa

Apa itu Asuransi Jiwa – Apakah kita Membutuhkan Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah sebuah bantuan berupa keuangan yang diberikan kepada orang-orang yang memiliki tanggungan seseorang jika orang tersebut meninggal dunia.

Asuransi seperti ini atau layanan asuransi seperti ini banyak digunakan seluruh negara sebagai perlindungan finansial atau pendapatan orang itu jika Ia mengalami kematian, asuransi seperti ini juga banyak membantu keluarga-keluarga yang ditinggal untuk melunasi hutang-hutang mereka yang belum terbayar setelah pencari nafkah atau kepala keluarga mereka mengalami cedera atau meninggal dunia.

Kemungkinan besar di banyak negara sudah mengenal dan menggunakan jenis-jenis asuransi tertentu. Tetapi ada juga di beberapa negeri ada juga yang sama sekali tidak mengenal jenis asuransi tertentu. Untuk mendapatkan asuransi biaya dan juga jenis perlindungan yang diberikan sangat-sangat beragam antara negara yang satu dengan negara yang lain.

Tetapi satu hal yang akan selalu sama adalah prinsip fundamental asuransi, apa itu? Yaitu berbagi resiko akan selalu tetap sama.

Anda bisa jadi sering mendengar kata “Asuransi” tetapi saya sangat yakin Anda belum tentu mengerti apa yang dimaksud dengan kata Asuransi itu sendiri dan juga konsep yang diterapkan di dalam asuransi.

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan asuransi, mereka lebih banyak memberikan pengalaman tentang “betapa kecewanya mereka menggunakan asuransi”. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan juga pemahaman mereka akan perjanjian yang dibuat di polis asuransi yang mereka tandatangani. Maklum orang-orang lebih banyak suka dan tergiur dengan ucapan ketimbang membaca peraturan dan juga syarat yang boleh dan tidak dari sebuah perjanjian.

Semakin ke sini semakin berkembang berbagai macam jenis asuransi dan juga manfaat yang diberikan, asuransi juga bisa disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda. Dengan mempelajari dan mengetahui jenis-jenis asuransi hal ini bisa membantu Anda menemukan asuransi yang tepat untuk Anda dan juga apakah Anda benar-benar membutuhkan asuransi itu atau tidak.

Apakah bijaksana atau tidak jika kita memiliki uang yang lebih untuk mengikuti asuransi, meskipun kita nantinya tidak pernah untuk mengajukan klaim? Jika Anda memiliki kendaraan entah itu mobil atau motor, jika Anda memiliki ban serep apakan itu susuatu yang sia-sia, meskipun ban serep yang Anda miliki tidak pernah Anda gunakan? Uang yang kita keluarkan untuk membeli ban serep tadi bisa membuat kita merasa aman jika kita berkendara jauh atau dimalam hari. Meskipun kompensasi finansialnya tidak bisa menggantikan kerugian tertentu, tetapi dengan memeiliki ban serep hal ini bisa mengganti kerugian lain yang kita butuhkan sewaktu – waktu.

Ketahui Jenis Asuransi

Kita akan membahas jenis-jenis asuransi, karena dengan mengetahui jenis-jenis asuransi hal ini bisa membantu kita mengetahui kerugian apa saja yang dijamin dari polis asuransi yang akan kita ikuti itu.

Tahukah Anda banyak dari asuransi yang dibeli oleh orang biasanya terdiri dari beberapa kategori seperti:

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kewajiban
  3. Asuransi kesehatan
  4. Asuransi ketidakmampuan dan
  5. Asuransi jiwa

# Asuransi Properti: Asuransi jenis ini melindungi properti yang Anda miliki dari kerugian properti, seperti rumah, bisnis, kendaraan atau bisa juga dengan harta benda yang Anda miliki lainnya. jenis asuransi seperti ini biasanya banyak diabaikan oleh orang-orang termasuk saya, bayangkan saja jika Anda memiliki sebuah bengkel kerja, atau studio musik yang tiba-tiba terbakar, kita akan mengalami kerugian jika kita tidak memiliki asuransi properti.

Ingat polis asuransi rumah biasanya hanya melindungi dari barang-barang tertentu yang Anda miliki di rumah. Jika Anda merasa ada barang yang sangat penting untuk Anda adalah bijaksana untuk membuat daftar barang-barang yang ada di rumah yang ingin Anda ikut sertakan di dalam asuransi. Biasanya kita suka membuang Tanda terima pembelian barang bukan? Mulai sekarang simpan semua tanda terima pembelian barang yang anda beli, jika nanti sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak kita inginkan kita akan lebih mudah untuk mengajukan klaim saat kita lakukan.

# Asuransi Kewajiban: Mungkin ketika Anda membaca tentang asuransi kewajiban Anda sempat berpikir sejenak. Jangan bingung ini memaksudkan untuk semua orang yang memiliki kendaraan dan mengemudikan mobil, orang yang memiliki rumah, villa atau real estate lainnya, orang yang memiliki dan sedang menjalankan bisnis dan juga orang-orang yang sedang mempekerjakan orang lain di perusahaan yang sedang dia jalankan (kecil-menengah ke atas). Semua orang-orang yang saya sebutkan itu pasti memiliki yang namanya resiko kecelakaan bukan? Semua kecelakaan yang akan di alami bisa jadi akan mengakibatkan kerusakaan kendaraan, bangunan, alat-alat, cedera bahkan bisa juga kematian orang-orang yang bekerja. Para pengendara kendaraan ini, juga pemiliki properti dan pemilik bisnis harus berkewajiban membayar perbaikan dan juga perawatan medis orang lain. Di negara lain, para majikan (bos) diwajibkan untuk memiliki asuransi kewajiban untuk membantu membayar semua biaya itu jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan itu menimpa mereka. Bahkan di negara lain yang tidak mewajibkan untuk memiliki asuransi, seseorang yang memiliki kendaraan, pemilik properti dan juga majikan, mereka harus bertanggung jawab secara hukum dan juga moral untuk segera membantu korban akibat kecelakaan dan juga keluarga mereka. Sayangnya di Indonesia hukum seperti ini masih kurang baik dan tegas ditambah lagi masyarakat kita yang pendidikan dan tingkat kesadaraanya masih jauh dibandingkan negara maju lainnya.

# Asuransi Kesehatan: Hampir di semua negara memiliki yang namanya bentuk asuransi yang disponsori sebuah negara yang memberikan keuntungan menarik seperti dana pensiun untuk para lansia dan juga perawatan medis. Meskipun iming-iming dan penawaran mereka sangat gencar dan menarik hampir semua asuransi seperti ini nantinya hanya akan membayar setengah dari biaya kesehatan atau perawatan rumah sakit pada saat Anda mengalaminya. (Yang pernah mengalami pasti akan sangat setuju). Banyak orang yang memiliki lebih dari 1 asuransi yang akan membantu mereka membayar sisa dari biaya rumah sakitnya.

# Asuransi Jiwa dan ketidakmampuan: seperti yang sudah kami jelaskan di awal artikel asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menyediakan bantuan dalam bentuk keuangan kepada orang yang ditanggung oleh orang yang meninggal (misalnya meninggal karena kecelakaan dll). Sedangkan asuransi ketidakmampuan akan memberikan bantuan pendapatan kepada orang yang mengalami cedera dan ia tidak mampu lagi untuk bekerja. Semua jenis asuransi ini akan membantu dan menjamin kehidupan terutama keuangan selanjutnya dari orang tersebut atau keluarga serta pendidikan anak mereka yang ditinggalkan.

Dari semua penjelasan di atas mungkin Anda sudah mulai bisa membedakan jenis-jenis asuransi dan juga kerugian asuransi. Apakah asuransi sudah sangat dikenal dan digunakan ditempat Anda atau tidak, asuransi bisa saya artikan sebagai “suatu jaminan atau perlindungan atau keamanan”.

Seperti apa yang dikatakan dalam Alkitab (satu dari sekian banyak kitab suci yang ada di Bumi) “waktu dan juga kejadian yang tidak terduga” bisa menimpa setiap orang. Sebaiknya kita hdup dengan cara yang sehat dan juga berhati-hati agar tidak perlu mengambil resiko yang mungkin tidak perlu kita alami, dengan begitu kita bisa mengurangi cedera atau kerugian yang akan kita alami.

 

Pikirkan Hal-hal ini Untuk Menjaga Kehidupan dan Kesehatan Anda:

Kurangi Resiko dengan Sadar akan Keamanan.

Anda dan saya bisa mengurangi terjadinya banyak resiko dalam kehidupan hanya jika Anda dan saya sadar akan keamanan. Apa sih maksud dari kata-kata ini?. Menurut Anda sendiri, kira-kira berapa banyak kecelakaan kendaraan yang akan terjadi di seluruh dunia jika mereka, Anda dan saya mengemudi dengan sangat hati-hati dan menggunakan kecapatan yang sangat aman?

Coba pikirkan hal ini…

Berapa banyak nyawa yang bisa diselamatkan, apabila tidak ada seorang pun yang memiliki kendaraan dan mengemudikan kendaraannya dalam keadaan lelah, mabuk (setelah minum alkohol), mengecek rem tekanan angin dan selalu rutin services kendaraan mereka?

Pasti Anda sering sekali melihat orang-orang yang sedang mengendarai motor atau mobil sambil menggunakan telepon selular mereka?

Orang seperti itu bisa membahayakan dirinya sendiri dan juga membahayakan kehidupan Anda dan saya.

Hasil dari penelitian mengatakan jika ada orang yang menggunakan telepon seluler mereka saat berkendara hal itu bisa meningkatkan resiko kecelakaan empat kali lipat.

Jika Anda tidak lupa menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, sabuk pengaman juga bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang fatal. Tetapi yang perlu Anda hindari adalah pemikiran seperti ini, jangan pernah menganggap bahwa jika Anda memiliki dan menggunakan sabuk pengaman serta kantung udara di kendaraan, Anda sudah aman. Memiliki pemikiran seperti ini akan menghasilkan lebih banyak kecelakaan.

Sadar akan Keamanan di rumah dan tempat kerja juga bisa membantu mengurangi hal yang tidak kita inginkan. Jika Anda tinggal di tempat kerja dan rumah yang berbahaya selalu perhatikan sekeliling rumah dan tempat kerja Anda. Lihat apakah ada benda-benda yang bisa membahayakan orang lain atau diri Anda terpelesat? Apakah benda tajam dan juga peralatan rumah tangga di taruh pada tempat yang dulit dijangkau oleh anak-anak? Lihat dan jauhkan benda – benda yang mudah terbakar, awasilah benda-benda yang sekiranya itu bisa membahayakan anak-anak seperti alkohol, produk pembersih beracun dan berbahaya untuk dijauhkan dari jangkauan anak – anak.

Selalu Menjaga Kesehatan

Sadar akan keamanan juga berlaku atas kesehatan diri kita. Milikilah pengetahuan yang baik tentang penyakit. Kita tidak harus sepintar dokter, cukup memiliki beberapa pengetahuan dasar umum saja sudah merupakan investasi asuransi. Saat Anda merasa kurang sehat segeralah melakukan tindakan pencegahan agar masalah penyakit tidak berkembang. Ingat pepatah yang selalu kita dengar, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Jadi milikilah pola makan dan gaya hidup yang sehat.

 

 

Lalu Apakah Asuransi itu?

Asuransi tidak bisa kita samakan dengan sebuah investasi yang darinya seseorang akan mendapatkan kembali uang yang di investasikan. Asuransi juga bukan judi. Orang yang berjudi akan mengambil resiko kehilangan uang, sedangkan asuransi selalu menawarkan perlindungan kepada orang yang mengikuti program asuransi dari resiko-resiko yang ada. Jadi bisa dikatakan Asuransi adalah cara berbagi resiko dengan orang lain.

Baca Juga Artikel: Manfaat Olahraga Setiap Hari Sangat Baik Untuk Kesehatan

Mencari Perusahaan Asuransi yang dapat di Andalkan.

Apakah anda sekarang ini membutuhkan asuransi? Jika ya, ada begitu banyak macam asuransi, mana yang baik dan cocok untuk Anda? Untuk bisa menemukannya Anda harus sangat hati-hati dan membuat perbandingan.

Semua asuransi selalu didasarkan pada prinsip membayar uang sekarang untuk bisa mendapatkan proteksi finansial di masa yang akan datang, jadi yang perlu Anda perlu ketahui adalah banyak perusahaan asuransi yang mengundang begitu banyak penipu khususnya di negara-negara yang sudah sangat maju dan berkembang.

Anda mungkin baru tahu dari artikel ini kalau banyak perusahaan asuransi yang mengundang banyak penipu. Nah untuk mengatasi hal ini sangat bijaksana jika Anda harus berhati-hati dalam memilih dan menemukan perusahaan asuransi yang bisa dipercaya, mudah, tidak belat belit pada saat kita klaim.

Berhati-hatilah terhadapap asuransi yang menawarkan asuransi dengan biaya sangat murah! (low cost insurance) dan juga harus waspada dari semua rancangan asuransi yang mencurigakan manapun. Karena banyak sekali orang yang tergiur dari ucapan dan tawaran marketing asuransi yang belakangan akhirnya menyesal (tertipu) dan pada akhirnya mereka tidak mendapatkan apa – apa pada saat perusahaan itu tidak bisa membayar polis mereka pada saat dibutuhkan – ada juga yang kabur dan menghilang begitu saja! (udah banyak terjadi)

Buatlah perbandingan antara satu asuransi dengan asuransi yang lainnya, hal ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan. Karena ada beberapa perusahaan yang bisa jadi memberikan bunga yang rendah untuk asuransi kesehatan jika kita tidak merokok. Tetapi bagaimana kita bisa benar-benar menemukan sebuah perusahaan asuransi yang benar-benar bisa diandalkan dalam segalanya.

Beberapa cara untuk menemukan asuransi yang bisa di andalkan:

  • Cari tahu dari pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan asuransi tersebut.
  • Lihat Reputasi Perusahaan
  • Reputasi Pelayanan
  • Kejujuran Agen
  • Minat pribadi mereka
  • Pantau berita tentang perusahaan asuransi yang sedang mengalami masalah
  • Lihat riwayat keadaan finasila perusahaan itu di perpustakaan, toko buku, internet dll.
  • Jawab pertanyaan ini, apakah perusahaan itu aman secara finansial? Apakah perusahaan asuransi itu masih berjalan sampai sekarang? Apakah saat ada klaim perusahaan itu dikenal tidak belat belit?

Ingatlah meskipun ada begitu banyak panduan penilaian asuransi, kita sebaiknya tidak selalu menganggap semua itu benar.

Apakah Anda Memerlukan Asuransi?

Memang tidak semua orang berada dalam keadaan situasi yang sama, bisa jadi saya atau Anda memiliki tangungan istri dan juga anak yang masih kecil (atau Anak yang memiliki keterbelakangan mental) yang belum bisa mencari nafkah sendiri, maka kita harus menanggung mereka. Kita bisa saja mulai menyisihkan dana untuk menyediakan nafkahnya dan juga keluarga (1 Timotius 5:8 —Ayat Alkitab).

Selama kita masih memiliki kemakmuran ekonomi (relatif) kita bisa saja menyisihkan uang untuk asuransi. Kita bisa saja mengikuti pepatah sedia payung sebelum hujan-Menyisihkan sedikit uang untuk masa susah yang datang tanpa di duga-duga.

Jaman Alkitab dulu ada seorang pria yang bernama Yusuf, ia menjadikan dirinya “Seorang yang bijaksana dan juga berhikmat” ia pada waktu mengumpulkan bahan makanan sewaktu masa-masa negri Mesir makmur. Belakangan rupanya Mesir dilanda kelaparan yang sangat hebat, tindakan yang Yusuf lakukan di masa makmur dengan menyisihkan makanan rupanya membawa manfaat untuk Negeri Mesir dan juga keluarganya sendiri —Kejadian 41:33-36.

Dewasa ini banyak anak muda yang mapan yang belum menikah mengikuti asuransi Jiwa, tujuan mereka adalah untuk bisa memperoleh pelayanan yang mereka butuhkan dan juga yang bisa melindungi diri mereka dari berhutang jika sewaktu-waktu mereka mengalami kecelakaan yang tidak mereka inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top