Apa Itu Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing




Hai semua dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Affiliate marketing, panduan atau artikel ini sebenarnya saya tulis dari banyak sumber untuk membantu Anda yang belum tahu apa apa tentang bisnis affiliate marketing.

Saya akan mencoba menjelaskannya mulai dari macam – macam bisnis affiliate marketing itu sendiri dan bagaimana kita bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Saya sih sangat berharap semoga artikel ini bisa membantu membuka pikiran Anda yang ingin terjun di bisnis ini, sehingga Anda bisa memutuskan apakah bisnis affiliate marketing ini adalah pilihan yang TEPAT untun saya?

Kunci dari bisnis ini adalah Fokus, Praktek dan perhatikan hal – hal yang kecil.

Dalam bisnis ini tidak ada yang instant atau serba cepat….

Sekali lagi Anda harus PRAKTEK….. PRAKTEK… DAN PRAKTEK.

Jangan lupa untuk membaca istilah istilah yang berhubungan dengan Internet Marketing yang ada di artikel selanjutnya.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah sebuah proses untuk mendapatkan penghasila atau uang melalui media internet.

Bagi kebanyakan orang bisnis ini adalah sebuah bisnis yang baru.

Tidak..

Bisnis ini adalah model bisnis yang sangat lama, kita akan dibayar hanya “jika kita berhasil menjual produk atau jasa seseorang”.

Apakah bisnis affiliate marketing ini adalah bisnis yang kecil? Tidak, bisnis ini adalah bisnis yang sangat besar

Dalam bisnis affiliate ada istilah yang akan selalu kita dengar, temui dan baca, apa saja itu?

Yang pertama adalah Merchant atau yang disebut juga affiliate merchant, apa itu affiliate merchant? Ini adalah orang atau bisa juga sebuah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan mereka pasarkan melalui internet.

Yang kedua yang akan sering kita dengar dan baca adalah affiliate marketer atau affiliate. Ada juga sebutan lainnya dari kata ini adalah “associates” atau program partners”. ini adalah orang yang tidak mempunyai produk atau jasa untuk mereka jual.

Kata lain untuk pemilik produk “affiliate merchant” atau “affiliate program”, kata lainnya “bounty programs”,  “referrer programs”, “associate programs”. Semua sebutan atau istilah itu adalah sama dan ini adalah istilah umum yang akan kita gunakan atau sering digunakan secara umum.

Affiliate Marketing Bukan Model Bisnis Baru

Bisnis ini adalah bisnis model lama hanya saja sekarang menggunakan internet dan dan website untuk memasarkannya. Ingatkan jaman jaman sewaktu orang – orang menjual barang keliling dari satu rumah ke rumah lainnya? Nah affiliate marketing adalah model bisnis yang sama seperti itu.

Jika kita berhasil menjual barang atau jasa baru kita akan mendapatkan uang atau komisi.

Cara Kerja Bisnis Affiliate Marketing

Kita yang masih belum pernah mendengar bisnis ini mungkin akan sangat bingung, BAGAIMANA KITA BISA MENGHASILKAN KEUNTUNGANNYA?

Saat kita menjalankan bisnis affiliate marketing kita akan diberikan link atau url khusus untuk mengidentifikasi KITA.

Sebelum kita bisa menjual sebuah produk atau jasa sudah pasti kita harus mencari produk atau jasa yang ingin kita pasarkan dooong….

Dimana carinya?

Ada banyak… misalnya saja sebagai contoh, kita bisa mencari produk yang akan kita pasarkan di:

  1. Markethealth
  2. ShareAsale
  3. Amazoon
  4. CJ.com
  5. clickbank dan masih banyak yang lainnya (ada ribuan cari aja di google dengan kata kunci affiliate merchant, bounty programs, referrer programs, associate programs, affiliate programs.

Setelah kita tahu dimana kita bisa cari produk atau jasa yang akan kita pasarkan, langkah selanjutnya adalah mendaftar di sana.

Setelah kita mendaftarkan diri pada affiliate program itu, biasanya kita diharuskan mengisi form dimana di dalam form itu kita akan diminta untuk mengisi Nama Lengkap kita, alamat lengkap, email dan juga nomor telepon. INGAT isi data yang lengkap dan BENAR!

Kalau tidak isi dengan data diri yang sebenarnya siap siap untuk tidak menerima bayaran (jika alamat rumah Anda isi dengan alamat ngasal atau alamat palsu)

Baca affiliate agreement mereka karena ini adalah dokumen legal yang akan mengikat kita dengan pemilik produk atau affiliate merchant.

Pastikan Anda tidak akan melanggar peraturan yang diminta mereka dalam affiliate agreement itu. Kalau kita sudah ok dan siap mematuhinya tugas kita selanjutnya adalah mulai mempromosikan affiliate link itu.

Bagaimana cara mempromosikan affiliate link yang diberikan? Gampang dengan cara menempatkan di website yang kita miliki atau bisa juga di email signature kita dengan harapan ada orang yang “mengklik” link itu dan orang yang mengklik link itu melakukan “pembelian”.

Nah pada saat orang membeli melalui link yang kita promosikan tadi kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Tetapi perlu Anda ingat mereka harus benar – benar melakukan pembelian.

Lalu kalau Cuma klik link doang dan tidak membeli apakah kita tetap akan menerima komisi?
Ya tentu saja tidak…. Kalau seandainya begitu tentu enak sekali ya buat kita hehehehe….

Nah bagaimana kita caranya kita bisa menghasilkan keuntungannya?

di artikel selanjutnya akan saya jelaskan.

Untuk Membantu Menjelaskan tentang Apa itu Affiliate Marketing, saya sudah membuatkan video singkatnya. Silahkan menonton video yang ada di bawah ini. Video ini juga bisa Anda bagikan kepada teman-teman Anda.