skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Apa Efek Makan Telur Setiap Hari, Apakah Baik Atau Buruk?

Apa Efek Makan Telur Setiap Hari, Apakah Baik atau Buruk?

Efek Makan Telur Setiap Hari – Telur Ayam, Siapa yang tidak suka makan telur ayam? Saya rasa hampir semua orang suka makan telur ayam, anak-anak, remaja dan orang tua suka makan telur ayam. Telur Ayam banyak sekali digunakan untuk menu sarapan pagi. Alasannya sangat jelas, telur ayam sangat mudah untuk di konsumsi dan di sajikan setiap hari. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, telur siap untuk dihidangkan di meja makan.

Meskipun mudah di dapat dan mudah juga untuk di sajikan, banyak yang bertanya, apakah aman untuk mengkonsumsi telur setiap hari? Apakah baik atau buruk, dan apakah ada efeknya?

Saya membahas hal ini di dalam website SUBMITClimb karena saya mempunyai anak kecil yang baru berumur 2 tahun 8 bulan. Anak saya kurang begitu suka makan sayur dan makanan yang lainnya. Jadi supaya dia mau makan, saya sering membuatkan telur rebus atau telur goreng supaya dia mau makan, karena kalau tidak begitu, anak saya pasti akan sedikit sekali makannya.

Karena sering memberikan telur kepada anak saya, maka saya punya sebuah pertanyaan seperti yang saya katakan di atas, Apakah Aman untuk makan telur setiap hari?

Kemudian saya mulai mencari-cari jawabannya di Internet dan juga dari beberapa sumber yang menurut saya bisa dipercaya.

Kalau kita lihat dari segi nutrisi, Telur Ayam mempunyai nutrisi yang cukup lengkap. Tidak hanya itu, telur juga merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan asam amino esensial yang ada di dalam kandungannya telur ayam yang kita makan termasuk salah satu yang mempunyai kandungan protein yang berkualitas tinggi.

Selain itu saya juga mendapatkan informasi, dengan memakan telur, ini berkaitan dengan penurunan resiko penyakit orang kaya yaitu penyakit jantung, stroke dan juga beberapa jenis penyakit kanker. Saya sendiri merasa informasi ini bisa jadi benar bisa juga belum tentu benar sepenuhnya. Karena mengingat kita adalah manusia yang tidak sempurna, bisa saja kita tiba-tiba jatuh sakit karena apa yang kita makan sangat beragam sekali setiap harinya. Dan pengetahuan kita juga masih sangat terbatas, jadi kita tidak bisa mengetahui 100% hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang atau beberapa lembaga tertentu tentang mengkonsumsi telur setiap harinya.

Di dalam telur juga ada selenium, vitamin B dan juga vitamin D. Nah dengan semua nutrisi yang ada tersebut, apakah aman kalau kita mengkonsumsi telur setiap harinya?

Belum Ada Bukti Yang Pasti dan Kuat

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah yang sudah dilakukan beberapa pakar saya akan menjawab sesuai dengan apa yang saya baca.

Sebuah Studi yang dilakukan pada tahun 2016 di American Journal of Clinical Nutrition, mereka menemukan, memakan 1 butir telur setia hari tidak ada kaitannya dengan peningkatan terkena resiko penyakit jantung. Jadi ini merupakan sebuah jawaban untuk mematahkan mitor yang berhubungan dengan makan telur bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Sekali lagi ingin saya ingatkan, jawaban ini bukan jawaban dari saya ya.

Selain studi itu juga ada sebuah penelitian lain yang membuktikan kalau kita mengkonsumsi telur bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan makanan lain, ini bagus untuk orang yang ingin makan lebih sedikit. Tapi anehnya kalau saya makan telur biasa saja ya, malah makannya juga banyak dan kadang kalau lapar banget bisa nambah-nambah, apalagi kalau di tambah sambal, petai dan telur goreng.

Penelitian yang dilakukan dalam European Journal of Nutrition itu berlangsung pada tahun 2013 dengan melibatkan sekitar 30 orang pria yang sehat sebagai partisipannya. Orang-orang ini di minta untuk makan 3 makanan sarapan pagi yang berbeda yaitu roti anggang dengan ditambah telur, susu dengan cornflakes, dan croissant atau roti panggang dengan ditambah minum orange juice. Semua menu sarapan itu di santap di minggu yang berbeda-beda, jadi tidak di hari yang sama.

Sebagai hasilnya, semua partisipan yang sarapan dengan menggunakan telur merasakan hal yang sama, mereka merasa lebih kenyang dan keinginan untuk makan lebih banyak berkurang jika dibandingkan dengan makan sarapan yang lain, bahkan ketika makan siang dan waktu makan malam tiba mereka makan lebih sedikit.

Telur Punyak Banyak Nutrisi, Tetapi telur juga Tidak Baik Bagi Kesehatan

Meskipun telur mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita, telur juga mempunyai hal yang tidak baik bagi kesehatan manusia, telur mengandung lemak jenuh. Kalau Anda terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh secara berlebihan ini bisa mengakibatkan meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh dan resiko terkena serangan penyakit jantung katanya juga bisa semakin bertambah.

Serem juga ya kalau kita baca pengetahuan semacam ini. kita jadi takut makan yang berlebihan dan makan sembarangan. Di tambah lagi sulitnya mencari uang dan pekerjaan kadang membuat orang nekad untuk menjual produk-produk yang tidak layak dan melakukan segala cara untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya. Misalnya saja, kita pernah mendengar ada ayam yang di suntik air dan segala macam. Pokoknya ngeri deh kalau baca berita sekarang.

Untuk informasi dan sebagai perbandingan, 1 butir telur bisa mengandung 180 mg kolesterol. Berdasarkan informasi yang saya dapat kita dianjurkan dalam sehari boleh makan makanan yang mengandung kolesterol sebaiknya tidak lebih dari 300 mg. Ribet juga sih menurut saya, kalau mau makan saja kita harus menghitung-hitung jumlah nutri, vitamin dan lain-lainnya. Anda pernah bertanya tidak, orang zaman dulu, manusia pertama (Adam dan Hawa) makan apa?

 

Saya menemukan jawabannya di dalam buku Tua (baca: Alkitab) yang mengatakan bahwa sejak manusia pertama Adam dan Hawa di ciptakan, Allah memberikan segala macam tmbuhan yang berbiji yang ada di seluruh permukaan bumi dan setiap pohon yang buanya berbiji. Biarlah itu menjadi makananmu. Allah juga berfirman kepada Adam, “Setiap pohon yang ada di taman ini boleh kau makan buahnya sampai puas, dan Allah menambahkan larangan makan buah dari satu pohon, yakni pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat – Kejadian 1:29, 30; 2:16, 17 Baca selengkapnya di sini: Makanan. Jadi sejak waktu itu sampai ke Air Bah, tidak ada satu petunjukpun yang ada di dalam Alkitab bahwa manusia makan daging binatang dalam menu makanan mereka. Baru setelah Air Bah Allah memperbolehkan memakan makanan daging dalam menu makanan mereka. – Kejadian 9:3, 4

Efek yang ditimbulkan Akibat Makan Telur Terlalu Sering

Berikut ini beberapa fakta yang saya dapatkan dari internet dan yang ingin saya tambahkan ke dalam artikel ini tentang efek terlalu banyak mengkonsumsi telur setiap harinya.

1. Menyebabkan Bisul

Salah satu efek akibat terlalu sering makan telur setiap hari adalah bisul. Mengapa bisa menimbulkan bisul? Karena kandungan lemak yang ada di dalam telur sangat tinggi. Nah kandungan lemak yang tinggi ini pasti bisa merusak minyak alami yang ada di dalam lapisan kulit kita sehingga bisa menyebabkan tumbuh bisul, atau bisul-bisul kecil. Memang bukti nyata tentang hal ini masih belum didukung dengan hasil riset yang cukup kuat, sehingga banyak orang yang menganggap hal ini sebagai sebuah mitos belaka.

2. Menyebabkan Asam Urat

Hal lain yang juga sering kita dengar adalah, terlalu banyak mengkonsumsi telur setiap harinya juga bisa membahayakan bagi orang-orang yang punya penyakit asam urat. Mengapa di larang untuk penderita asam urat? Karena zat fosfor yang ada di dalam telur bisa membahayakan jumlah asam urat yang ada di persendian kita. Mulai hari ini jika Anda mempunyai keluarga yang punya asam urat, ingatkan untuk tidak terlalu sering makan telur setiap harinya.

3. Menyebabkan Alergi dan Mual

Hal lain yang juga bisa membahayakan tubuh kita adalah jika terlalu banyak makan telur bisa menimbulkan alergi dan juga mual. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena telur mempunyai kandungan gas dan kandungan gas pada telur bisa membuat iritasi pada lambung kita.

4. Membuat Berat Badan Cepat Naik

Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan juga lemak yang berlebihan ini akan membuat metabolisme tubuh kita menjadi sedikit terhambat. Mengapa telur bisa membuat metabolisme kita menjadi tidak baik? Itu di sebabkan telur mempunyai kadar lemak yang sangat tinggi, jadi kalau kita makan telur terlalu sering hal itu bisa menyebabkan tubuh kita menjadi cepat gemuk. Saya secara pribadi terlalu percaya akan hal ini. Karena apa yang kita makan biasanya bukan hanya telur saja, ada nasi, sayur dan lauk pauk lainnya.

5. Bisa Menimbulkan Jerawat

Efek yang sering kita dengar saat terlalu banyak mengkonsumsi telur setiap hari adalah bisa menimbulkan jerawat. Ini bisa terjadi karena kandungan lemak dan juga kandungan kolesterol yang ada di dalam telur bisa menyumbat pori-pori di dalam tubuh kita terutama bagian kulit. Kita tahu wajah kita banyak menyerap debu dan juga sinar radikal bebas yang pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jadi itu adalah beberapa efek akibat terlalu banyak mengkonusmsi telur setiap hari yang sering kita dengar dan baca dari internet. Memang tidak ada jawaban yang benar-benar 100% membuat kita yakin kalau telur bisa mengakibatkan efek samping jika kita makan setiap harinya.

Saya juga membaca yang di muat dalam sebuah Journal Hearth mengatakan kalau seseorang mengkonsumsi telur bisa melindungi tubuhnya. Apalagi kalau orang itu mengkonsumsi telur setiap hari dia bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung sekitar 11 persen lebih rendah dari orang lain. Dan orang itu juga 18 persen bisa terhindar kematian akibat terkena serangan jantung. Resiko terkena strok juga bisa dihindari sekitar 26 persen.

Saya suka telur, saya yakin Anda juga suka telur. Meskipun telur baik untuk kesehatan. Sebaiknya porsi untuk makan telur juga tidak terlalu banyak dan harus seimbang.

Baca Juga:
Manfaat Olahraga Setiap Hari Bagi Kesehatan
Mengatasi Mata Lelah
Mengenal Gejala Kanker Serviks
Penyebab Skoliosis

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top