skip to Main Content
5 Tool Riset Keyword Terbaik Untuk Startup

5 Tool Riset Keyword Terbaik Untuk Startup

Berikut ini adalah lima Tool Riset Keyword Terbaik yang saya rekomendasikan untuk Startup untuk memulai mencari dan menemukan kata kunci yang bagus untuk SEO.

1. Google Keyword Planner

Menurut saya Google Keyword Planner adalah tempat pertama dan yang terbaik yang harus Anda kunjungi untuk memulai Riset kata kunci. Memang keyword tool ini di rancang untuk para pengiklan Google, namun Anda bisa menggunakannya untuk meriset kataa kunci organik dengan menyesuaikan  atau membandingkan hasil pencarian Anda dengan salah satu pesaing Anda.

Caranya cukup mudah Anda tinggal memasukkan produk atau Service Anda, Landing Page kompetitor Anda dan produk kategorinya, sesuaikan seting pencarian Anda untuk kata kunci yang di inginkan.

Tool Google Keyword Planner

Dengan keyword planner Anda bisa melakukan:

  • Mencari ide kata kunci baru dan grup iklan
  • Mendapatkan Jumlah volume pencarian (search volume) untuk daftar kata kunci yang Anda masukkan atau kelompokkan ke dalam grup iklan.
  • Mendapatkan perkiraan jumlah traffic untuk kata kunci yang anda bidik
  • Multiply keyword lists untuk mendaptkan ide kata kunci baru.

Anda harus memperhatikan keyword ideas dan ad group ideas, karena keduanya akan membantu Anda dalam SEO. Ad grup berisi sekumpulan kata kunci yang terkait (related keywords) yang mungkin tidak muncul dalam general keyword ideas.

Perhatikan average monthly searches kompetisi, dan metrik yang lain yang tersedia untuk menentukan kata kunci yang relevan dengan yang ingin kita targetkan.

Jika Anda ingin melakukan SEO dan PPC secara bersamaan. Keyword planner bisa membantu Anda menentukan kata kunci mana yang lebih baik kita target secara organik atau dengan iklan.

Anda juga bisa menggunakan saran dari Keyword Planner’s suggestions sebagai dasar untuk membuat kata long tail keywords dengan menggunakan beberapa tool lainnya di bawah ini:

2. KWFinder

KWFInder adalah long tail keyword riset tool dengan tampilan yang bagus. Ini bisa menunjukkan trend, search volume, BPK dan level difficulty persaingan.

Tetapi jika Anda mengklik kata kunci lain di panel kedua akan muncul dan menunjukkan tingkat kesulitan (difficulty level) dan hasil pencarian Google saat ini:

Tampilan Tool KWFinder


 

Tool ini nanti akan menampilkan kepada Anda domain mana yang menargetkan kata kunci, halaman backlink, social share, dan juga traffic. Semua yang ditampilkan dalam kata kunci ini relevan, ini akan sangat bagus jika Anda menerapkan dan mengintegrasikan SEO dengan content marketing.

KWFinder juga bisa membantu Anda menggali lebih dalam riset kata kunci lokal – Anda dapat menargetkan hasil pencarian Anda berdasarkan kota, negara bagian atau Negara. Hebat bukan?

3. Moz Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer adalah toll milik Moz yang menambahkan beberapa extra dimensi untuk riset kata kunci. Selain Volume dan tingkat kesulitan, Keyword Explorer menawarkan:

  • Opportunity: Relative CTR hasil organik pada SERP
  • Importance: Seberapa penting kata kunci promosi Anda?
  • Potensi: Kombinasi semua metrik kata kunci untuk membantu Anda memprioritaskan

Tampilan Tool Moz

Tool ini mengacu pada Keyword Planner, Google Suggest, dan Related Searches. Jika Anda telah memiliki daftar kata kunci dengan menggunakan tool yang berbeda, Anda dapat dengan mudah menguploadnya ke penjelajah kata kunci untuk mendapatkan lebih banyak ide dan memilih mana yang lebih baik.

Keyword Planner juga memberitahu kepada kita mengapa sebuah halaman website tertentu berada di SERPS berdasarkan data baklink dan juga sosial. Ini bisa membantu Anda dalam membuat dan merencanakan strategi seo Anda.

Baca Artikel Terkait ini: Alternatif Keyword Tool Gratis

4. KeywordTool

KeywordTool.io adalah tool yang bagus yang bisa kita gunakan untuk riset kata kunci lebih dalam. Tool ini menggunakan data dari Google Autocomplete untuk membuat database long tail keyword suggestions.

Siapapun yang menggunakan Google keyword planner untuk riset kata kunci sebaiknya juga harus menggunakan keyword tool ini. Karena sejak keyword tool planner di rancang untuk advertiser, tool ini tidak lagi selalu menampilkan long-tail keywords yang menguntungkan buat kita.

KeywordTool bisa Anda gunakan secara gratis dengan menampilkan 750+ saran kata kunci, untuk versi pro Anda bisa mendapatkan saran tampilan kata kunci yang lebih, volume penelusuran, BPK di Adwords dan juga tingkat persaingan. Anda juga bisa mengekspor hasil pencarian Anda ke CSV.

Fitur keren lain yang bisa Anda gunakan di KeywordTool ini adalah Anda bisa mendapatkan long tail keywords untuk YouTube, Bing, Amazon dan App Store.

[GAMBAR]

Anda bisa menggunakan toll ini untuk mendapatkan kata kunci lain yang relevan yang bisa Anda gunakan dan yang kemungkinan besar tidak diketahui oleh pesaing Anda.

5. SEMrush

Para Pebisnis Online mungkin sudah tidak asing dengan keyword tool yang satu ini. Bagi yang belum SEMRUSH adalah keyword tool terbaik yang bisa Anda gunakan setiap hari.

SEO dan Riset PPC

Cari kata kunci yang menguntungkan di Google dan Bing.

Temukan related Keyword dan phrase matches

Gunakan laporan search report untuk menemukan kueri kata kunci alternatif yang relevan untuk latent semantic indexing atau alternatif penargetan. Perlu Anda ketahui SEMrush juga mampu menganalisa kata kunci umum yang ditemukan di 100 domain teratas untuk beberapa istilah pencarian di Google dan juga Bing.

Riset Long tail keywords

Anda juga bisa menggunakan tool dari SEMRush ini untuk kata kunci yang memiliki tingkat persaingan yang rendah.

Gunakan Regional database untuk internasional SEO

SEMRush bisa membantu Anda untuk menyesuaikan kata kunci ke berbagai wilayah internasional dengan menarkan 28 database kata kunci regional. Jika website kita adalah multibahasa SEMRush juga memiliki kemampuan riset kata kunci dalam 16 bahasa (Masih dikit sih).

Analisa Kompetitif

SEMrush juga bisa membantu Anda dalam menemukan kata kunci penting contohnya seperti kata kunci apa saja website pesaing Anda merangking dan sekaligus memberikan informasi berapa nilai dari kata kunci itu.

SEMrush juga bisa membantu Anda menggali lebih dalam halaman landing page pesaing Anda sehingga Anda bisa memikirkan langkah SEO apa yang harus Anda lakukan.

Sebetulnya masih banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan dari SEMrush, bahkan Anda bisa melihat kelemahan dan juga kekuatan website pesaing Anda. Jika Anda bisa mengetahui hal ini Anda akan lebih mudah lagi untuk melakukan SEO untuk website Anda.

Video Cara Menggunakan KeywordTool:

Back To Top